,

Keliling Kota Makin Mudah, Ini Tips Transportasi Umum di Jakarta

Sebagai ibu kota negara Indonesia dan kota yang berkembang, Jakarta punya transportasi umum yang memadai untuk memudahkanmu berkeliling. Pilihannya juga cukup beragam, di mana yang terbaru adalah Lintas Rel Terpadu (LRT).

LRT nantinya makin memudahkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk bepergian. Selain LRT, Jakarta punya berbagai transportasi umum yang enggak kalah keren. Apa aja tuh? Simak terus ulasan berikut ya.

Transportasi Umum di Jakarta yang Bikin Nyaman Bepergian  

Sobat tiket yang lagi di Jakarta wajib tahu keunggulan masing-masing transportasi umum yang ada. Biar waktu perjalanan kamu lebih efisien dan sampai tepat waktu di tempat tujuan. Penjelasan lengkapnya bisa kamu baca di bawah ini.

1. Banyaknya Pilihan Rute Transjakarta

Sumber: Shutterstock.com

Transjakarta sering juga disebut busway. Soalnya transportasi berbentuk bus ini umumnya punya halte dan jalur khusus atau busway. Salah satu keunggulannya adalah rute super banyak yang tersebar dalam 13 koridor. Setiap koridor punya lebih dari 1 rute. Oh ya, sobat tiket juga bisa mampir ke Depok, Tangerang, dan Bekasi karena Transjakarta terintegrasi dengan bus Transjabodetabek.

Kamu yang baru pertama kali naik Transjakarta kemungkinan bakal bingung dengan banyaknya rute ini. Tapi jangan panik ya. Sebelum naik, kamu bisa melihat rincian rute di situs Transjakarta atau plang peta berukuran besar yang biasanya tersedia di setiap halte.

Enggak perlu takut nyasar karena jalur TransJakarta saling terhubung. Jadi kamu leluasa berpindah rute di halte transit untuk sampai di tempat tujuan. Kamu juga enggak perlu bingung dengan beragam ukuran dan warna bus ya. Jika ragu, tanyakan saja rute bus pada petugas yang ada. Cukup sisihkan Rp3,5 ribu* untuk membayar ongkos naik Transjakarta. Murah, kan?

Bagi sobat tiket yang ingin berwisata dengan Transjakarta, bisa menjajal bus wisata #JakartaExplorer. Bus wisata ini punya 7 rute unik. Kamu bisa menjelajahi rute untuk melihat sejarah Jakarta, kesenian & kuliner hingga tempat belanja di Jakarta. Serunya lagi, bus ini adalah bus bertingkat dan gratis. Sebelum naik, cek rute dan waktu operasi bus wisata ini ya di situs resmi Transjakarta. Karena enggak semua rute beroperasi setiap hari.

Jam operasional: 05.00 – 22.00** dan 24 jam untuk beberapa rute**

2. Praktisnya Naik KRL Commuterline

Sumber: Shutterstock.com

Kereta rel listrik (KRL) Commuterline menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk sampai di tempat tujuan, sobat tiket perlu tahu 7 stasiun transit KRL yaitu stasiun Duri, stasiun Tanah Abang, stasiun Manggarai, stasiun Jakarta Kota, stasiun Jatinegara, Stasiun Kampung Bandan dan stasiun Citayam.

Baru pertama kali naik KRL? Jangan khawatir. Kamu bisa kok mengakses informasi tentang KRL dengan mudah. Cek langsung rute KRL Jakarta lengkap untuk mengetahui rute yang harus diambil. Ada juga aplikasi KRL Access yang bisa mengabarkan posisi dan estimasi waktu kereta tiba di stasiun.

Oh ya, besaran ongkos kereta juga bisa dilihat dari aplikasi ini lho. Fasilitas berupa plang informasi posisi kereta juga tersedia di stasiun. Kamu mau lebih update lagi? Pantau aja akun Twitter Info Commuter Line. Akun ini selalu aktif berbagi info dan siap sedia menjawab pertanyaan penumpang. Praktis banget kan?

Soal ongkos, sudah pasti terjangkau banget yaitu mulai dari Rp3 ribu*. Ongkos ini bergantung dengan jarak tempuh. Semakin jauh jarak tempuh kamu berarti semakin besar biaya yang harus kamu bayar.

Pembayaran KRL hanya bisa dengan kartu khusus ya. Kamu bisa membeli kartu multi trip di stasiun atau menggunakan kartu elektronik bank. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp30 ribu*, kamu akan mendapat kartu multi trip bersaldo Rp 10 ribu*.

Kalau habis, tinggal isi ulang saldo di loket stasiun atau menggunakan vending machine yang tersedia di stasiun. Sudah dapat kartu? Langsung tempelkan pada gerbang penumpang dan silakan naik KRL. Jangan lupa menempel kartu kembali untuk keluar di stasiun tujuan.

Jam operasional: berbeda – beda setiap stasiun keberangkatan. Jadwal paling pagi dari stasiun keberangkatan mulai sekitar pukul 04.00** dan paling terakhir sekitar pukul 00.00**

3. Si Cepat Mass Rapid Transit (Moda Raya Terpadu)

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket pasti pernah mendengar MRT dong? Itu lho transportasi terbaru di Jakarta yang resmi beroperasi tahun 2019 ini. Kamu yang lagi buru-buru menuju ke suatu tempat, MRT cocok banget untuk kamu.

Dengan jalur layang dan bawah tanah, kamu dijamin sampai tempat tujuan tepat waktu. Meski kereta MRT berjalan sangat cepat, kamu dijamin tetap merasa nyaman dan aman karena kecanggihan sistem yang digunakannya. Jalanan yang mulus bikin kamu enggak sadar tiba-tiba udah sampai aja di stasiun tujuan.

Saat ini, MRT punya 13 stasiun yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Kamu bisa menggunakan kartu elektronik bank atau membeli kartu MRT untuk merasakan kereta cepat ini. Ada kartu single trip dan multi trip. Single trip bisa digunakan maksimal sampai 7 hari setelah pembelian atau isi ulang terakhir. Sedangkan multi trip bisa dipakai selama saldo kartu masih ada.

Kedua kartu ini bisa sobat tiket beli lewat loket atau mesin penjual tiket di stasiun. Setelahnya, tinggal tempel kartu pada gerbang penumpang untuk masuk dan keluar stasiun. Ongkos sekali jalan dengan MRT mulai dari Rp3 ribu*.

Di dalam stasiun MRT, terdapat plang tentang estimasi waktu tiba kereta. Jalur di stasiun MRT juga dilengkapi dengan pintu otomatis. Pintu ini akan terbuka dan tertutup mengikuti pintu kereta MRT. Jadi, MRT ini aman banget ya terutama jika sobat tiket bepergian dengan anak kecil. Gimana, mudah banget kan naik si cepat MRT?

Jam operasional: rute Lebak Bulus Grab – Dukuh Atas, paling awal pukul 05.30** dan paling akhir pukul 21.55**. Rute Bundaran HI – Fatmawati, paling pagi pukul 05.36** dan paling akhir pukul 22.01**. Waktu dihitung dari stasiun keberangkatan.

4. Menanti Light Rail Transit (Lintas Rel Terpadu)

Sumber: Shutterstock.com

Meski belum resmi beroperasi, sobat tiket sudah bisa mencoba LRT lewat program uji coba. Sampai saat tulisan ini dibuat, uji cobanya masih gratis lho. Cukup bawa kartu identitas langsung ke stasiun, kamu udah bisa menikmati LRT.

Total ada 6 stasiun LRT hingga saat ini yaitu stasiun Velodrome, stasiun Equestrian, stasiun Pulomas, stasiun Boulevard Selatan, stasiun Boulevard Utara, dan stasiun Pegangsaan Dua. Semuanya berlokasi di Jakarta.

Jarak stasiun satu hingga keenam sekitar 5,8 kilometer dan bisa ditempuh cuma selama 13 menit. Nantinya, harga tiket LRT seharga Rp5 ribu* untuk sekali jalan.

Kalau jarak dari stasiun LRT ke tempat tujuan kamu masih lumayan jauh, kamu bisa menyambung naik Transjakarta. Di stasiun mana aja ya? Tenang, keenam stasiun LRT terintegrasi dengan Transjakarta kok. Sobat tiket bisa lihat rute integrasi Transjakarta di situs resmi LRT.

Jam operasional: 05.30 – 23.00**

Serunya Berwisata di Jakarta dengan Transportasi Umum

Setelah tahu banyak pilihan transportasi umum di Jakarta, sobat tiket enggak perlu ragu lagi nih untuk berwisata ke Jakarta. Seru kali ya berlibur dengan relaksasi di 5 tempat spa di Jakarta terus tinggal menginap di hotel. Biar praktis, kamu bisa pesan hotel di tiket.com. Pilih hotelnya yang dekat dengan stasiun atau halte biar kamu lebih gampang ke mana-mana. Kuy cobain transportasi umum untuk berwisata di Jakarta.

*Keterangan harga saat artikel dibuat

** Keterangan waktu saat artikel dibuat