Peta Jalur MRT Jakarta 2019 Terbaru dan Terlengkap

,

Peta Jalur MRT Jakarta 2019 Terbaru dan Terlengkap

Siapa saja yang sudah coba naik kereta MRT? Yup, moda transportasi umum ini memang menarik banyak sekali perhatian dari masyarakat ibukota. Menawarkan perjalanan yang cepat dan nyaman, tidak heran MRT akan menjadi transportasi favorit untuk beraktivitas. Kira-kira sobat tiket sudah tahu belum peta jalur MRT Jakarta? Untuk lebih jelasnya, simak artikel di bawah ini!

Peta Rute Jalur MRT Jakarta Terbaru 2019

1. Rangkaian Jalur Kereta MRT Jakarta

Peta Jalur MRT Jakarta 2019 Terbaru dan Terlengkap - Peta MRT

Setelah melalui proses pembangunan sejak 10 Oktober 2013, akhirnya moda transportasi MRT Jakarta resmi beroperasi pada 24 Maret 2019 kemarin. Kereta memulai perjalanan dari stasiun awal di Lebak Bulus kemudian berakhir di Bundaran HI. Melewati 13 stasiun pemberhentian, jalur MRT ini memiliki jarak sepanjang 15,7 km.

Pembangunan transportasi umum ini telah selesai satu dari dua fase yang direncanakan. Adapun setelah rute Lebak Bulus – Bundaran HI, jalur MRT Jakarta kedua akan dilanjutkan dari Sarinah – Kota dengan tujuh stasiun pemberhentian. Memiliki panjang sekitar 8,1 km, diperkirakan rute kedua ini akan mulai beroperasi pada tahun 2024.

2. Jalur MRT Jakarta 2019

Tahukah sobat tiket kalau pada 13 stasiun MRT Jakarta yang baru beroperasi terdapat dua jalur yang berbeda? Jalur MRT ini terbagi atas jalur layang, yaitu jalur kereta yang melintas di atas jalan-jalan utama Jakarta dengan pilar besar yang menopangnya. Sementara jalur bawah tanah, seperti namanya kereta melintas melalui terowongan di bawah tanah kota Jakarta. Simak lebih lengkapnya di sini:

Jalur Layang (Stasiun Lebak Bulus – Stasiun ASEAN)

Peta Jalur MRT Jakarta 2019 Terbaru dan Terlengkap - Kereta Jalur Layang

Melintas diantara pilar-pilar penopang rel kereta yang besar, jalur MRT ini memiliki 7 stasiun yang terletak di berbagai lokasi berbeda:

  • Stasiun Lebak Bulus, merupakan stasiun yang menjadi titik awal keberangkatan kereta MRT dan juga menjadi Dipo MRT yaitu tempat perawatan kereta-kereta yang beroperasi. Para masyarakat yang ingin menuju ke sini bisa menggunakan bus Transjakarta menuju Halte Lebak Bulus.
  • Stasiun Fatmawati, merupakan stasiun yang terletak di daerah Cilandak, Jakarta Selatan. Pada jalur MRT Jakarta ini, sobat tiket bisa melihat kereta yang melintas melewati jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.
  • Stasiun Cipete Raya, tidak jauh dari Stasiun Fatmawati, Stasiun Cipete Raya juga berada di daerah Cilandak dan jalur ini dibangun di atas Jalan Raya Fatmawati.
  • Stasiun Haji Nawi, berlokasi di daerah Gandaria Selatan, nama stasiun ini diambil dari mendiang saudagar betawi yang memiliki tanah di kawasan ini.
  • Stasiun Blok A, melintas di daerah Cipete Utara, Jakarta Selatan, jalur ini berada di lokasi yang dahulu terkenal sebagai sentral area perdagangan dan komersil di Jakarta Selatan, Kawasan Blok A.  
  • Stasiun Blok M, berada di dekat bangunan Mal Blok M Plaza, jalur ini memiliki jembatan penghubung menuju langsung ke dalam mal. Stasiun ini juga dapat terintegrasi dengan terminal bus serta halte Transjakarta Blok M.
  • Stasiun ASEAN, sebelumnya bernama Stasiun Sisingamangaraja, lokasi stasiun ini berada di depan persis Gedung Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional dan Gedung Sekretariat ASEAN. Stasiun ini adalah jalur MRT layang terakhir sebelum melintas masuk menuju bawah tanah.

Jalur Bawah Tanah (Stasiun Senayan – Stasiun Bundaran HI)

Peta Jalur MRT Jakarta 2019 Terbaru dan Terlengkap - Kereta Jalur Bawah Tanah

Memasuki terowongan bawah tanah, jalur MRT ini melewati 6 stasiun bawah tanah dari Jakarta Selatan menuju Jakarta Pusat. Stasiun-stasiun itu antara lain:

  • Stasiun Senayan, menjadi stasiun bawah tanah pertama, pada jalur ini akan terintegrasi langsung dengan halte Transjakarta Bundaran Senayan. Stasiun ini dekat dengan pusat perbelanjaan Ratu Plaza serta Senayan City, Plaza Senayan dan Senayan Trade Center.
  • Stasiun Istora Senayan,  dibangun di bawah jalan utama Jenderal Sudirman, stasiun ini menjadi pemberhentian bagi sobat tiket yang ingin menuju kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK)
  • Stasiun Bendungan Hilir, stasiun bawah tanah ketiga ini berada di bawah kawasan gedung perkantoran Sudirman dan sekitarnya. Jalur ini biasanya menjadi tempat pemberhentian masyarakat yang sebagian besar merupakan karyawan swasta.
  • Stasiun Setiabudi Astra, masih berada di kawasan Sudirman, stasiun ini dinamakan demikian karena dekat dengan Gedung Astra.
  • Stasiun Dukuh Atas, terletak di daerah Kebon Melati, Jakarta Pusat, pada jalur ini terintegrasi dengan beberapa layanan transportasi lainnya mulai dari Transjakarta, KRL Commuter Line hingga kereta cepat Bandara Soekarno Hatta.
  • Stasiun Bundaran HI, stasiun bawah tanah pemberhentian selanjutnya terletak di kawasan internasional Jakarta. Terletak dengan pusat perbelanjaan, gedung kantor kedutaan, hingga landmark khas kota Jakarta yaitu, Patung Selamat Datang.

Keren bukan, sobat tiket? Kalau kamu penasaran dan ingin mencoba semua jalur MRT Jakarta yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa baca cara naik MRT Jakarta yang baik dan benar di sini, loh!

Bagi sobat tiket yang berada di luar pulau Jawa dan berencana liburan ke Jakarta, kamu bisa mencari beberapa hotel di Jakarta melalui tiket.com. Liburan ke Jakarta dijamin makin asyik, karena bisa keliling kota tanpa harus kena macet lagi sekarang dengan beragam transportasi umum yang semakin banyak.