Perbedaan Kelas Kereta Api & Sub Kelasnya

,

Perbedaan Kelas Kereta Api di Indonesia & Sub Kelasnya, Kamu Wajib Tahu!

Suka jalan-jalan naik kereta? Moda transportasi kereta api memang selalu bisa jadi andalan kamu karena cepat dan anti macet. Namun, apakah kamu pernah bertanya-tanya mengenai perbedaan kelas kereta api dan sub kelas yang disediakan oleh PT KAI?

Nah Sobat Tiket, mengetahui perbedaan kelas kereta api di Indonesia dan sub kelasnya sangat penting buat kamu yang mau pesan tiket kereta api. Kenapa? Tentu aja agar fasilitas dan layanan yang kamu dapatkan sesuai keinginan kamu.

Sebenarnya apa sih definisi dari kelas kereta api dan sub kelas kereta api itu sendiri? Jenis kelas kereta api adalah penggolongan jenis fasilitas dan layanan yang akan kamu dapatkan saat melakukan perjalanan dengan kereta api, sementara sub kelas kereta api adalah pembagian zona tempat duduk di dalam kereta api, Sobat Tiket.

Nah, setelah tahu masing-masing definisinya, kamu perlu tahu juga kalau ada perbedaan kelas kereta api dan sub kelas kereta api di Indonesia.

Perbedaan Kelas Kereta Api di Indonesia

  1. Kelas Ekonomi
Jenis Kelas dan Sub Kelas Kereta Api - Gerbong Kereta Api Kelas Ekonomi
Source: penumpang.kai.id
  • Harga Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi

Jenis kelas kereta api yang pertama adalah Kelas Ekonomi. Sesuai namanya, harga tiket kereta api untuk kelas ekonomi ini paling ekonomis di antara semua kelas tiket kereta.

  • Formasi Tempat Duduk Kereta Api Kelas Ekonomi

Perbedaan kelas kereta api juga dilihat dari formasi tempat duduk, nih, Sobat Tiket. Formasi tempat duduk di kereta api kelas ekonomi adalah berhadapan 2-3 dan 3-3, tergantung keretanya. Untuk sandaran kursi, kamu harus siap duduk dengan punggung lebih tegak ya, Sobat Tiket. Soalnya, kursi untuk jenis kelas kereta api ekonomi nggak bisa dimiringkan sesuai keinginan kamu.

  • Fasilitas Pendingin Udara/AC di Kereta Api Kelas Ekonomi

Kamu pasti penasaran dengan perbedaan kelas kereta api dari segi layanan. Di dalam gerbong kereta api kelas ekonomi tetap ada AC atau pendingin udara, lho. Makanya, sekarang penumpang udah nggak boleh lagi merokok. Kalau ketahuan merokok, penumpang yang melanggar aturan tersebut bisa diturunkan di stasiun selanjutnya.

  • Colokan Listrik & Ketersediaan Bantal/Selimut

Buat kamu yang pengin mengisi daya buat gadget, tersedia colokan listrik yang bisa kamu gunakan bersama penumpang di hadapanmu. Tersedia juga satu meja kecil. Untuk makan, bantal, dan selimut kamu bisa memesannya dengan biaya tambahan.

  • Durasi Perjalanan

Kalau kamu naik kereta api kelas ekonomi, durasi perjalanan yang kamu lewatkan akan lebih lama dibandingkan dengan jenis kelas kereta api lainnya. Hal itu dikarenakan kereta api kelas ekonomi berhenti di hampir semua stasiun kereta yang dilalui. Selain itu, jika kebetulan berpapasan jalur, kereta api kelas ekonomi harus mendahulukan kereta eksekutif agar lewat terlebih dahulu.

  1. Kelas Bisnis
  • Harga Tiket Kereta Api Kelas Bisnis

Poin pertama tentang perbedaan kelas kereta api bisnis adalah dari segi harga. Tiket kereta api kelas bisnis memang nggak semurah kelas ekonomi, tapi karena penumpang utamanya adalah segmen kelas menengah, harga tiket kereta api bisnis masih relatif terjangkau dibanding kelas eksekutif.

  • Formasi Tempat Duduk Kereta Api Kelas Bisnis

Nggak mau duduk berhadapan di dalam kereta? Pesan tiket kereta api kelas bisnis sepertinya cocok buat kamu. Kursi kelas bisnis disusun dengan formasi 2-2. Sandaran kursi kelas bisnis memang nggak bisa diatur kemiringannya, tapi posisi sandarannya nggak tegak lurus. Ruang kaki untuk penumpang kereta api kelas bisnis juga lebih lebar dibanding kelas ekonomi.

  • Fasilitas Pendingin Udara/AC di Kereta Api Kelas Bisnis

Gerbong kereta api kelas bisnis dilengkapi dengan pendingin udara atau AC yang cukup dingin. Ingat, kamu dilarang merokok juga di kereta kelas bisnis karena akan diturunkan di stasiun selanjutnya.

  • Colokan Listrik & Ketersediaan Bantal/Selimut

Mau main game atau mendengarkan musik sampai puas saat jalan-jalan dengan kereta kelas bisnis? Bisa! Tersedia colokan listrik di bawah jendela yang paling dekat denganmu. Namun, sama dengan kereta api kelas ekonomi, kereta api jenis kelas bisnis juga nggak menyediakan bantal dan selimut gratis buat penumpang.

  • Durasi Perjalanan

Durasi tempuh kereta bisnis untuk rute perjalanan yang sama nggak secepat kereta api kelas eksekutif, Sobat Tiket.

  1. Kelas Eksekutif
Jenis Kelas dan Sub Kelas Kereta Api - Gerbong Kereta Api Kelas Bisnis
Source: penumpang.kai.id
  • Harga Tiket Kereta Api Kelas Eksekutif

Ingin jalan-jalan naik kereta dengan kenyamanan kelas premium? Kamu berarti harus banget buat pesan tiket kereta api kelas eksekutif. Tiket kereta api kelas eksekutif menyediakan layanan premium. Soal harga, tentu ada kualitas berarti ada kuantitas, Sobat Tiket. Harga tiket kereta api eksekutif lebih mahal dibandingkan kelas ekonomi dan bisnis.

  • Formasi Tempat Duduk Kereta Api Kelas Eksekutif

Perbedaan kelas kereta api kelas eksekutif dari kelas lainnya tentu kenyamanan tempat duduk yang lebih maksimal. Formasi tempat duduk di kereta api kelas eksekutif adalah 2-2. Kursinya empuk dan sudut kemiringan sandarannya bisa kamu atur sesuka hati, Sobat Tiket. Ruang kakinya juga cukup lebar, plus ada pijakan kaki di depan biar nggak pegel.

  • Fasilitas Pendingin Udara/AC di Kereta Api Kelas Eksekutif

Fasilitas pendingin udara juga jadi perbedaan kelas kereta api eksekutif dibanding kelas lain. AC kereta api kelas eksekutif itu dingin banget, Sobat Tiket. Kalau malem, kamu kayaknya harus pakai selimut biar nggak kedinginan pas tidur di kereta. Di kereta api ekskutif juga dilarang merokok ya, sama seperti peraturan di jenis kelas kereta api yang lainnya.

  • Colokan Listrik & Ketersediaan Bantal/Selimut

Kereta api kelas eksekutif juga menyediakan colokan listrik yang bisa kamu gunakan. Asyiknya lagi, tersedia fasilitas bantal dan selimut yang bisa kamu pakai secara gratis.

  • Durasi Perjalanan

Jenis kelas kereta api kelas eksekutif nggak berhenti di setiap stasiun, Sobat Tiket. Karena itu, durasi perjalanan kereta api eksekutif lebih cepat dibandingkan kereta ekonomi dan bisnis untuk jarak tempuh yang sama.

Perbedaan Sub Kelas Kereta Api di Indonesia

Selain memiliki perbedaan kelas kereta api, ada juga perbedaan sub kelas kereta api yang harus kamu tahu nih, Sobat Tiket. Nah, jenis sub kelas kereta api Indonesia dibagi menjadi:

  1. Sub Kelas Kereta Api Ekonomi: C, P, Q, S, Z (harga tertinggi untuk sub kelas C dan harga terendah reguler untuk sub kelas S, sub kelas Z adalah harga tiket promo).
  2. Sub Kelas Kereta Api Bisnis: B, K, N, O, Y (harga tertinggi untuk sub kelas C dan harga terendah reguler adalah sub kelas O, sub kelas Y adalah sub kelas dengan harga promo).
  3. Sub Kelas Kereta Eksekutif: A, H, I, J, X (harga tertinggi untuk sub kelas A dan harga terendah reguler adalah sub kelas J, sedangkan X adalah sub kelas dengan harga promo).

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa ada perbedaan harga untuk masing-masing sub kelas? Soalnya beda zona tempat duduk, beda juga kenyamanannya. Sub kelas dengan harga termahal biasanya mendapatkan tempat duduk di bagian tengah gerbong atau dekat dengan gerbong makan untuk memesan snack, makanan, dan minuman. Lebih asyik, kan?

Perbedaan kelas kereta api dan sub kelas kereta api
Source: penumpang.kai.id

Gimana, sekarang udah tahu dong perbedaan kelas kereta api di Indonesia & jenis sub kelasnya? Kalau dilihat dari perbedaan kelas kereta api di Indonesia di atas, kamu lebih suka naik kereta kelas apa, Sobat Tiket?

Perbedaan kelas kereta api memang ada, tapi keputusan buat naik jenis kelas kereta api ekonomi, bisnis, atau eksekutif, semua tergantung pilihan kamu! Yang jelas, apa pun pilihan kelas kereta apimu, jangan lupa pesan tiket kereta api murah cuma di tiket.com.

Tapi gimana nih kalau kamu udah terlanjur pesan tiket kereta dan ingin membatalkan karena terjadi sesuatu hal diluar dugaan? Baca artikel Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Tanpa Ribet buat antisipasi, ya.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!