Cara Naik Kereta Api Pertama Kali

, ,

Cara Naik Kereta Api Pertama Kali dengan Aman & Mudah

Cara Naik Kereta Api Pertama Kali – Moda transportasi kereta api selalu punya penggemar tersendiri. Banyak orang yang jalan-jalan dengan kereta api ke luar kota karena moda transportasi publik yang satu ini relatif murah dan cepat.

Banyak orang yang bingung bagaimana cara naik kereta api pertama kali. Pasalnya, sekarang diberlakukan prosedur check in kereta api sebelum naik kereta api, Sobat Tiket.

Nah, mungkin di antara kamu ada yang masih penasaran, gimana sih cara naik kereta api pertama kali dengan aman sesuai prosedur? Kemudian, bagaimana juga cara check in kereta api yang harus kamu lakukan?

Oke, Sobat Tiket. Kalau kamu pengin tahu cara naik kereta api pertama kali, simak deh langkah-langkah cara naik kereta api untuk pemula di bawah ini. Caranya mudah & nggak ribet kok!

Cara Naik Kereta Api untuk Pemula

  1. Pesan Tiket Kereta Api

Kalau zaman dulu, calon penumpang yang ingin naik kereta api harus rela mengantre di loket stasiun untuk mendapatkan tiket. Namun, sekarang ada cara kekinian buat pesan tiket kereta api, yaitu pesan tiket kereta via online.

Salah satu partner resmi PT Kereta Api Indonesia yang menjual tiket kereta api online dengan rute terlengkap adalah tiket.com. Kamu bisa pesan tiket kereta api murah secara online melalui website atau aplikasi tiket.com. Asyiknya, kamu juga bisa pilih jenis kelas dan tempat duduk sesuai keinginan. Kalau kamu masih bimbang mau pilih kelas kereta api yang mana, cek perbedaan kelas kereta api dan sub kelasnya sebelum pesan tiket.

Perbedaan kelas kereta api memiliki fasilitas yang berbeda, Sobat Tiket.

Setelah pembelian tiket selesai, jangan lupa, simpan kode booking di e-tiket yang kamu dapatkan via e-mail. Kode booking ini diperlukan saat check-in untuk mendapatkan boarding pass. Kalau memang tiketmu berbentuk tiket elektronik, kamu nggak harus mencetaknya sebelum berangkat ke stasiun. Yang penting kamu simpan kode booking-nya baik-baik, ya.

Sudah pesan tiketnya? Kalau sudah, yuk lanjut ke cara naik kereta api yang ke-2.

  1. Check-In & Cetak Boarding Pass

Ini nih salah satu langkah dalam cara naik kereta api yang sering jadi pertanyaan banyak orang. Naik kereta sekarang juga butuh check-in lho, Sobat Tiket. Cara check-in kereta api adalah dengan mendatangi mesin check-in mandiri atau CTM yang disediakan di stasiun keberangkatan. Masukkan kode booking tiket kereta yang kamu miliki ke kolom yang disediakan, kemudian cetak boarding pass kamu. Boarding pass ini berisi nama penumpang, tanggal keberangkatan, nama kereta api, dan nomor perjalanan.

Nah, kalau boarding pass sudah di tangan, berarti proses check-in kamu sudah selesai. Simpan boarding pass kamu untuk ditunjukkan pada petugas sebelum masuk peron, ya.

Perlu dicatat, Sobat Tiket, untuk stasiun yang belum menerapkan sistem check-in, disediakan mesin cetak tiket mandiri yang bisa kamu gunakan untuk mencetak tiketmu.

  1. Tunjukkan Boarding Pass dan Kartu Identitas Kepada Petugas

Ini adalah cara naik kereta api yang ke-3. Sebelum masuk peron, tunjukkan boarding pass dan kartu identitas kamu pada petugas. Nantinya boarding pass kamu akan di-scan dan dicocokkan dengan identitas dirimu. Kalau sudah, kamu tinggal masuk dan menunggu waktu keberangkatan. Jangan lupa, boarding pass-nya tetap disimpan karena akan ditanyakan petugas di dalam kereta api.

  1. Naik ke Gerbong Kereta & Cari Tempat Dudukmu

Ini cara naik kereta api langkah ke-4. Tanyakan kepada petugas di peron sebelah mana keretamu akan datang. Setelah penumpang diperkenankan naik, segera cari gerbong kereta dan tempat dudukmu. Simpan barangmu di tempat penyimpanan barang, duduklah dengan nyaman, dan tunggu kereta berangkat. Jangan lupa, petugas juga akan berkeliling menghampirimu untuk menanyakan kartu identitas dan boarding pass. Jadi, simpan baik-baik, ya.

Nah, kalau semua sudah beres, kamu tinggal duduk manis dan kereta api akan membawamu ke tujuan. Mudah banget kan cara naik kereta api pertama kali yang dipaparkan di atas?

Jangan lupa, untuk semua jenis kelas kereta api yang disediakan oleh PT KAI, semua sudah dilengkapi dengan pendingin udara. Jadi semua penumpang dilarang keras untuk merokok selama perjalanan kereta api. Kalau ketahuan merokok, penumpang akan diturunkan di stasiun selanjutnya meskipun belum sampai ke tujuan. Nggak mau banget pastinya, kan?

Jadi, jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku selama melakukan perjalanan dengan kereta api supaya perjalanan kamu aman & nyaman sampai ke tujuan. Kalau mau pesan tiket kereta, pesannya di tiket.com aja. Selain murah & mudah, tiket.com juga menyediakan rute kereta terlengkap untuk kamu pilih sesuai keinginan.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!