,

Tips Liburan ke Thailand untuk Pemula, Baca Dulu Supaya Nggak Salah Tingkah!

Pesona negeri gajah putih sudah banyak didengar di tanah air. Keindahan wisata alam dan buatan di Thailand memang menarik untuk dikunjungi. Berbagai kemudahan pemesanan tiket pesawat di tiket.com ke negeri pagoda ini juga menggoda sobat tiket untuk berlibur disana. Mudah dan murah.

Rasa khawatir dan ragu bisa saja hinggap di hati ketika akan mengunjungi Thailand untuk pertama kali. Bahasa, budaya, gaya hidup, makanan serta berbagai hal lain yang berbeda dengan Indonesia menjadi faktor pemicu keraguan sobat tiket. Tidak perlu khawatir, karena tiket.com punya tips menarik khusus untuk kamu!

Pakaian hingga Informasi Penting yang Wajib Diketahui

Thailand terkenal dengan kepercayaan Buddha yang identik dengan pagoda. Beberapa kuil di Thailand dibuka untuk umum dan menjadi lokasi wisata. Kamu juga bisa mengunjungi berbagai pantai dengan keindahan yang menawan dan mencoba kegiatan yang ekstrim. Untuk memilih akomodasi yang kece, kamu bisa banget pesan di tiket.com! Simak tips berikut untuk kamu agar tetap nyaman selama liburan di Thailand, ya!

Sapaan Hangat Masyarakat Thailand

Masyarakat Thailand termasuk ramah dan suka menyapa. Salam dengan menundukkan kepala sambil mengatupkan telapak tangan di depan dada disebut “wai”. Sobat tiket tinggal membalas salam tersebut dengan cara yang sama dan jangan lupa tersenyum. Kamu bisa menyapa terlebih dahulu masyarakat di Thailand.

Berbeda dengan masyarakat umum, jika sobat tiket ingin menyapa biksu di kuil bungkukkanlah badan sambil menundukkan kepala dan mengatupkan kedua telapak tangan di depan dada. Dengan salam seperti ini, kehadiranmu akan mudah diterima oleh masyarakat maupun biksu di Thailand. Selamat mencoba!

Jangan Lupa Bawa Pakaian Ini!

Beberapa kuil di Thailand seperti Grand Palace adalah tempat sakral yang juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Pakaian yang sopan saat mengunjungi beberapa tempat sebagai bentuk penghormatan. Tempat tertentu sampai tidak memperbolehkan kamu masuk jika menggunakan pakaian yang tidak sesuai.

Sumber: Shutterstock.com

Meskipun ada tempat persewaan kain penutup untuk kamu yang terlanjur menggunakan pakaian terbuka, sebaiknya bawa outfit yang sesuai. Gunakan baju dengan lengan dipadukan rok atau celana panjang. Menggunakan sepatu dan topi juga sangat membuatmu nyaman karena Thailand memiliki sinar matahari yang terik di siang hari.

Transportasi Selama di Thailand

Menjelajahi setiap sudut Thailand tidak terlepas dari alat transportasi. Buat para backpacker di Thailand, menggunakan transportasi umum adalah pilihan yang paling pas. Untuk kamu yang baru pertama kali ke Thailand, ada beberapa transportasi yang tidak ada di Indonesia. Sebagian transportasi sudah dilengkapi bahasa Inggris untuk informasi rute. 

Skytrain atau BTS (Bangkok Mass Transit System) bisa kamu gunakan untuk keliling di Bangkok. Kereta bawah tanah atau MRT (Metropolitan Rapid Transit) menghubungkan Bangkok dengan kota-kota lain. Sedangkan ARL (Airport Rail Link) transportasi yang khusus digunakan dari bandara ke Bangkok.

Transportasi umum lain adalah bus. Bentuknya sama seperti di Indonesia, namun tulisan rute sering menggunakan bahasa Thailand. Kamu bisa bertanya atau melihat angka pada masing-masing trayek. Taksi dan tuk-tuk (mirip bajaj di Indonesia) jadi pilihan transportasi yang siap mengantarmu kemana saja.

Barang-barang yang Harus ada Dalam Tas

Selain barang berharga seperti uang tunai, kartu identitas dan kartu ATM, sebaiknya selalu membawa lotion anti nyamuk jika mengunjungi spot seperti hutan, air terjun dan gua. Jika tujuan wisatamu adalah pantai dan taman nasional, pastikan tabir surya sudah kamu gunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat.

Pisahkan barang berharga seperti ponsel, uang tunai, dan kartu ATM di tempat yang berbeda. Hal ini untuk mengantisipasi jika kamu mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan. Catat nomor-nomor telepon penting di kertas agar tetap bisa komunikasi jika ponselmu mengalami musibah.

Makan di Street Food atau Restoran?

Makanan khas negeri gajah putih ini memang banyak macam dan tampak menggiurkan. Kuliner lezat di Thailand tidak hanya ada di restoran, makanan jalanan atau street food juga patut sobat tiket cicipi. Bagi umat muslim, perhatikan kehalalan makanan karena mayoritas negara ini adalah non muslim.

Sumber: Shutterstock.com

Restoran dengan konsep unik akan banyak kamu temui di negara yang tidak pernah dijajah ini. Perhatikan kebersihan tempat makan, terutama jika kamu memilih untuk mencicipi makanan di street food. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan. Jangan lupa untuk mengunggah foto makanan di sosial media selama di Thailand. Udah pengen banget liburan ke Thailand? Jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat promo di tiket.com!

Bebas Khawatir saat Berbelanja di Pasar Tradisional

Pasar tradisional di Thailand memang terkenal dengan harganya yang murah meriah. Sobat tiket bisa membeli pakaian, makanan, hingga oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Agar kegiatan belanjamu menyenangkan, siapkan uang tunai yang sudah ditukar ke baht untuk mempermudah transaksi. Tenang, money changer banyak ditemui di sana.

Berencana belanja banyak barang? Bawalah kantong belanja dengan ukuran besar sendiri dari rumah. Selain menjaga lingkungan, kamu juga bisa membawanya dengan mudah. Tawar menawar di pasar Thailand adalah hal yang biasa. Jadi, kamu tidak perlu sungkan untuk menawar harga dari penjual.

Tiket Pesawat di Tangan, Perjalanan jadi Nyaman

Perjalanan ke Thailand bukanlah perjalanan yang sebentar. Dapatkan tiket pesawat dari jauh-jauh hari keberangkatanmu agar mendapat harga terbaik. Liburan pada saat low season juga jadi pilihan yang tepat agar tidak repot memilih akomodasi idaman sobat tiket selama di Thailand.

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket bisa mengakses tiket.com melalui website atau download aplikasinya sekarang dan pilih akomodasi impianmu. Tinggal pilih jadwal liburan, lakukan pemesanan, bayar melalui ATM, internet banking, atau minimarket terdekat dan siap-siap merasakan liburan yang menyenangkan. Mudah kan?

Belajar Bahasa Thailand sebelum Liburan

Thailand memang salah satu tujuan wisatawan internasional yang cukup banyak setiap tahunnya. Rata-rata penduduk Thailand paham Bahasa Inggris. Namun, di beberapa daerah masyarakatnya juga belum banyak yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Kamu akan mengalami kesulitan jika harus menjelaskan dengan bahasa tubuh.

Menyapa masyarakat Thailand dengan bahasanya dan ucapan seperti terimakasih, maaf, dan salam ketika bertemu akan membuat mereka bahagia. Selain itu, sedikit belajar bahasa Thailand memudahkanmu untuk tawar menawar harga transportasi juga barang belanjaan. Jika masih mengalami kesulitan, kamu bisa mengunduh aplikasi untuk alih bahasa.

Last but not Least, Catat ya!

Hitung dengan matang budget liburan selama di Thailand. Perbanyak informasi mengenai tempat wisata tujuanmu. Jika menggunakan transportasi umum, perhatikan tarif sebelum naik terutama untuk taksi dan tuk-tuk yang bisa kamu tawar sebelum naik. Seperti liburan di tempat lain, perhatikan barang bawaan selama perjalanan berlangsung.

Pertama kali ke Thailand jadi tidak salah tingkah dan bingung kan? Kalau kamu ingin liburan di Indonesia saja, ada gua yang indahnya tidak kalah dengan Thailand di Sumba. Beli tiket pesawat ya di tiket.com dengan harga yang pas di kantong!