Tempat Bersejarah di Surabaya

,

Tempat Bersejarah di Surabaya untuk Peringatan Hari Pahlawan

Tempat Bersejarah di Surabaya – Setiap tahun kita akan memperingati hari pahlawan pada tanggal 10 November. Di tanggal tersebut, semua warga Indonesia akan memberikan penghormatan kepada pahlawan pejuang kemerdekaan dengan cara mengibarkan bendera satu tiang penuh. Hal tersebut dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam satu peristiwa besar yang terjadi di Surabaya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia hingga titik darah penghabisan.

Banyak sekali yang bisa kamu lakukan untuk memperingati atau mengenang Hari Pahlawan. Salah satunya adalah dengan mengunjungi tempat bersejarah di Surabaya. Ada banyak sekali peninggalan bersejarah di kota ini dan beberapa di antaranya juga berkenaan langsung dengan peristiwa pertempuran 10 November. Apa saja tempat bersejarah di Surabaya? Simak daftarnya berikut ini.

Tempat Bersejarah di Surabaya untuk Peringatan Hari Pahlawan

Surabaya tidak hanya memiliki kekayaan alam yang sangat indah seperti gunung Bromo, namun juga situs-situs bersejarah yang dapat memperkaya wawasan kita terhadap peristiwa yang terjadi di masa lampau. Selain itu mengunjungi tempat-tempat tersebut juga dapat menjadi suatu sarana rekreasi yang menyenangkan. Oleh karena itu ayo kita datangi tempat bersejarah di Surabaya berikut ini.

1. Tugu Pahlawan

Salah satu tempat bersejarah di Surabaya adalah Tugu Pahlawan. Seperti namanya, tugu ini dibangun untuk menghormati para prajurit Surabaya yang gugur selama pertempuran besar melawan penjajah yang ingin menduduki kota tersebut pada 10 November 1945. Tugu Pahlawan ini terletak tepat di depan kantor gubernur Surabaya, di jalan Tembaan.

Tempat Bersejarah di Surabaya

Tugu ini dibangun dengan bentuk menyerupai sebuah paku yang terbalik dengan ketinggian mencapai 40,45 meter. Diameter dari tugu ini adalah 3,1 meter pada bagian bawahnya, dan 1,3 meter di bagian atas. Selain itu di bagian bawah dari tugu tersebut kamu juga bisa melihat adanya hiasan berupa ukiran Trisula bergambar Cakra, Stamba, dan Padma untuk melambangkan api perjuangan.

Sebagai salah satu tempat bersejarah di Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa yang terjadi di tahun 1945 yang kini menjadi tanggal bersejarah tak hanya bagi penduduk Surabaya saja, melainkan juga seluruh rakyat Indonesia.

2. Monumen Bambu Runcing

Seperti yang diketahui bahwa bambu runcing adalah senjata tradisional yang digunakan oleh para tentara Indonesia untuk bertempur melawan Belanda. Pada saat itu, para pejuang memanfaatkan bambu yang bagian ujungnya sudah dibuat meruncing seperti sebuah tombak untuk menyerang lawan. Bambu runcing tersebut digunakan karena keterbatasan senjata yang dimiliki oleh rakyat Surabaya pada masa itu. Keterbatasan tersebut tidak menurunkan semangat juang para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan. Monumen Bambu Runcing dibangun untuk memperingati nilai juang dan patriotisme yang sangat tinggi tersebut.

Sebagai salah satu tempat bersejarah di Surabaya, Monumen Bambu Runcing terletak di jalan Panglima Sudirman atau tepat di jantung kota Surabaya. Monumen ini terdiri dari lima buah pilar dengan ukuran tinggi yang berbeda-beda. Di sekitar monumen tersebut terdapat taman kecil yang mengelilingi dan dipenuhi oleh beragam tumbuhan indah. Fungsi taman tersebut tak hanya memperindah suasana di sekitar monumen, namun juga berfungsi sebagai penyerap polusi udara.

3. Monumen Jenderal Soedirman

Tempat bersejarah di Surabaya yang ketiga adalah Monumen Jenderal Soedirman yang berada di jalan Yos Sudarso. Di jalan tersebut, masyarakat Surabaya ramai berlalu-lalang setiap hari dan dapat menyaksikan ada banyak bangunan penting seperti Gedung Parlemen Surabaya, Gedung Balai Kota, pintu masuk ke Balai Pemuda, Hotel New Garden Palace, dan juga Mess lapangan Angkatan Laut Yos Sudarso.

Di bawah patung Jenderal Soedirman terdapat pahatan beberapa kalimat yang disampaikan oleh Panglima Jenderal Soedirman. Kalimat-kalimat tersebut memberikan semangat bagi semua orang agar terus berjuang mempertahankan tanah air Indonesia, dan tak pernah patah semangat atau menyerah serta selalu berjuang bagi bangsa dan negara.

Monumen ini dibangun dengan menghadap ke arah Monumen Bambu Runcing sebagai sebuah simbol kota pahlawan. Selain itu salah satu tempat bersejarah di Surabaya ini juga terletak dekat dengan gedung Balai Kota yang merupakan kantor dari Walikota Surabaya.

4. Museum WR Soepratman

Wage Rudolf Soepratman adalah salah seorang pahlawan bagi bangsa Indonesia. Pada bulan Oktober tahun 1928 diadakan sebuah Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda. Pada malam penutupan dari acara tersebut, Soepratman mengalunkan lagu buatannya di depan semua peserta. Saat itu merupakan kali pertama lagu Indonesia Raya disuarakan di depan umum. Semua peserta takjub mendengarnya, dan setelah itu lagu tersebut selalu dimainkan di setiap kongres yang diadakan.

Kamu dapat mengunjungi museum WR Soepratman untuk mengenang jasanya. Museum tersebut terletak di Jalan Tambaksari Surabaya. Di dalamnya kamu dapat melihat tulisan asli dari WR Soepratman ketika beliau membuat lagu Indonesia Raya serta instrumen biola yang menemaninya saat menciptakan lagu-lagu kebangsaan.

Museum tersebut menjadi salah satu tempat bersejarah di Surabaya dan berada dekat dengan makam Soepratman yang meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938. Lagu terakhir yang beliau ciptakan adalah Matahari Terbit. Namun lagu tersebut juga lah yang membuatnya dipenjara di Kalisosok hingga pada akhirnya meninggal. Pada tanggal 26 Juni 1959, Pemerintah Regulasi 44 mengumumkan bahwa Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Negara Indonesia.

5. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau sering juga disebut dengan nama Monkasel merupakan sebuah museum kapal selam tempat bersejarah di Surabaya. Monumen ini terbuat dari sebuah kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan salah satu armada Angkatan Laut Indonesia. Kapal selam tersebut dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952 dan pernah terlibat dalam Pertempuran Aru Samudera untuk membebaskan Papua Barat dari kependudukan Belanda.

Tempat Bersejarah di Surabaya

Kapal selam tersebut kemudian dibawa ke daratan lalu digunakan sebagai sebuah monumen dalam rangka memperingati keberanian para pahlawan Indonesia dan menjadi salah satu tempat bersejarah di Surabaya. Kamu bisa berkunjung ke monumen ini yang terletak di Jalan Pemuda, di samping Plaza Surabaya.

Surabaya merupakan salah satu kota terpadat yang ada di Indonesia. Ibukota dari provinsi Jawa Timur ini sering sekali dianggap sebagai sebuah destinasi wisata yang sangat menarik bagi para turis domestik maupun internasional berkat kekayaan sejarah nasional. Selain itu juga terdapat banyak tempat bersejarah di Surabaya untuk peringatan Hari Pahlawan. Jika kamu berangkat ke Surabaya naik kereta maka kamu akan menemukan salah satu dari 7 jalur kereta api dengan pemandangan terindah. Kalau butuh penginapan, kamu bisa memesan hotel di Surabaya dengan mudah dan cepat di tiket.com.