,

10 Spot Wisata Alam di Surabaya, Kamu Wajib Mampir!

Bingung memilih destinasi wisata untuk agenda liburan selanjutnya? Surabaya punya banyak pilihan wisata seru untuk liburan, lho! Selain kota yang bersih dan masyarakatnya yang ramah, banyak juga spot menarik yang wajib sobat tiket singgahi saat berkunjung ke kota ini. Di mana saja sih itu? 

Wisata Lengkap dan Serba Ada di Surabaya

Kamu yang suka cari pengalaman liburan baru nggak boleh melewatkan momen liburan di kota ini. Mulai dari wisata alam yang memanjakan mata, wisata sejarah yang kaya ilmu, hingga spot foto kekinian yang instagramable, semuanya bisa kamu dapat di Surabaya. Penasaran? Ini dia rekomendasi tempatnya:

1. Pantai Ria Kenjeran

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Sukolilo No 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya.

Menghabiskan waktu di pantai bisa jadi agenda yang seru saat liburan ke Surabaya. Kalau kamu ingin paket lengkap, Pantai Ria Kenjeran bisa jadi pilihan. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, ada banyak banget kegiatan seru yang bisa dilakukan di pantai ini. 

Pantai Ria Kenjeran menawarkan pilihan wisata pantai yang lebih modern dan kekinian. Selain pemandangan laut yang indah, terdapat berbagai fasilitas seru seperti playground untuk anak-anak, waterpark, kolam pemancingan, hingga pacuan kuda yang bikin pantai ini semakin ramai pengunjung. 

2. Hutan Kota Pakal

Alamat: Jl. Pakal, Sidorejo, Surabaya

Destinasi wisata alam selanjutnya yang bisa dikunjungi saat kamu di Surabaya adalah Hutan Kota Pakal. Spot wisata alam yang satu ini memiliki konsep yang unik, yakni hutan tengah kota. Berada di area seluas kurang lebih 6 hektar ini, ada lebih dari 60 jenis tanaman yang tumbuh subur dan asri. 

Rindangnya pepohonan dan suasana teduh yang ada di Hutan Pakal sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai. Terdapat juga kolam ikan dan kebun kecil, yang menambah keindahan tempat ini. Selain dijadikan lokasi untuk bersantai dan menikmati pemandangan, sobat tiket juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing, dan berpiknik bersama teman maupun keluarga. 

Posisi Hutan Kota Pakal ini terbilang dekat, hanya berjarak 500 meter dari jalan utama Surabaya. Tapi karena minim petunjuk jalan, banyak pengunjung yang salah arah dan akhirnya susah menemukan hutan ini. Bagi sobat tiket yang ingin berkunjung jangan sampai tersesat, ya! 

3. Hutan Bambu Keputih

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya

Kamu tentu familiar dengan hutan bambu Arashiyama yang ada di Jepang, kan? Eits! Surabaya juga punya hutan bambu yang nggak kalah keren, lho! Namanya Hutan Bambu Keputih

Suasana rindang dan sejuk bagai di Jepang ini bisa sobat tiket rasakan dengan mengunjungi Hutan Bambu Keputih. Selain melihat indahnya deretan pohon bambu yang tertata rapi, kamu juga bisa mengabadikan foto untuk media sosial. Tidak jauh dari hutan bambu, terdapat juga kebun sakura yang bikin suasana terasa seperti di negeri tirai bambu.

Untuk sobat tiket yang ingin berkunjung ke Hutan Bambu Keputih, kamu bisa mengambil rute menuju RS Bersalin Putri, lalu ke arah Perumahan Araya. Ambil jalur lurus sekitar 2,2 km hingga bertemu pertigaan. Setelah itu, silahkan ambil jalur kanan ke arah Terminal Keputih, Sukolilo dan ikuti petunjuk jalan menuju lokasi.

4. Bukit Kapur Sekapuk

Alamat: Jl. Sekapuk, Ujungpangkah, Gresik

Berada di Kabupaten Gresik yang hanya berjarak kurang lebih satu jam dari Kota Surabaya, Bukit Kapur Sekapuk bisa jadi pilihan wisata yang cukup menarik dan sayang jika dilewatkan. Di area tambang yang cukup luas  ini, kamu bisa menjumpai bebatuan kapur berwarna putih yang eksotis dan indah.

Pemandangan unik yang dimiliki objek wisata ini juga cocok dijadikan latar foto kekinian kamu. Pasang gaya terbaikmu, dan dapatkan foto favorit yang instagramable untuk koleksi kamu di media sosial. 

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Bukit Kapur Sekapuk dari Surabaya bisa melewati akses jalan tol Surabaya – Gresik maupun melewati Jalan Pantura, dan mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke daerah Sekapuk, hingga sampai ke lokasi. 

5. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Sumber: shutterstock.com

Alamat:  Jalan Raya Wonorejo No. 1, Kecamatan Rungkut, Wonorejo, Surabaya.

Masih seputar wisata alam di Surabaya, destinasi yang satu ini bisa jadi pilihan tepat buat sobat tiket, nih! Sesuai dengan namanya, Ekowisata Mangrove Wonorejo ini menawarkan pemandangan indah hutan mangrove yang bikin kamu jatuh cinta. 

Dibangun di area seluas 800 hektar, Ekowisata Mangrove Wonorejo juga memiliki banyak fasilitas penunjang wisata seperti pendopo, kolam pancing, jogging track, kantin, hingga toko oleh-oleh. Kalau belum puas berkeliling, sobat tiket bisa menjelajahi kawasan mangrove dengan perahu yang disewakan di sekitar area ini. 

Ekowisata Mangrove Wonorejo bisa diakses melalui tol Waru – Juanda lalu keluar di pintu exit Tambak Sumur. Putar balik ke Jalan Raya Taman Asri dan ikuti petunjuk jalan melalui Jalan Raya Rungkut – Menanggal, Jalan Zamhuri, Jalan Raya Rungkut Madya, dan Jalan Wonorejo Indah Timur yang mengarah ke Ekowisata Mangrove Wonorejo

6. Taman Flora

Alamat: Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya

Dijuluki sebagai salah satu paru-paru Kota Surabaya, Taman Flora bisa jadi destinasi yang tepat untuk sobat tiket yang suka dengan suasana alam yang asri . Di taman seluas 2,5 hektar ini, kamu bisa menikmati suasana tenang sambil menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga.

Meski bernama Taman Flora, ada juga beragam binatang yang kamu bisa temui di taman ini. Kamu bisa puas berpose dengan Rusa, Burung Unta, Merak, dan binatang lucu lainnya. Ketika cuaca cerah, jangan lupa sempatkan mampir ke taman ini ya, sobat tiket! 

7. Tanjung Gaang

Alamat: Desa Kumalasa, Sangkapura, Gresik. (Pulau Bawean)

Ingin petualangan alam yang lebih seru? Kamu yang ada di Surabaya bisa mampir dan mengunjungi Tanjung Gaang. Objek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan yang indah, dan petualangan yang lebih seru.

Daya tarik yang dimiliki oleh Tanjung Gaang adalah keindahan tebing dan bukit karang yang berada di pinggir laut. Selain pemandangan indah, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti mendaki dan berkeliling bukit karang, atau melihat jernih air laut sambil menaiki kano atau kapal nelayan.

Tanjung Gaang berada di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Untuk sampai ke objek wisata ini, kamu harus berkendara menuju Pelabuhan Gresik, lalu menaiki kapal ferry menuju Pelabuhan Bawean dan melanjutkan perjalanan hingga sampai ke Tanjung Gaang

8. Pantai Klayar

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Pacitan, Jawa Timur

Berada di daerah Jawa Timur, Pantai Klayar adalah destinasi selanjutnya yang bisa dikunjungi saat kamu berada di Surabaya. Selain keindahan pantai pasir putih, tempat ini juga terkenal dengan batu karang tengah laut yang menjadi ikonnya.

Selain karang tengah laut, Pantai Klayar juga terkenal dengan semburan air laut dari celah karang yang cukup unik. Fenomena alam yang terjadi secara alami ini mirip seperti air mancur di kolam, lho! 

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Pantai ini adalah Seruling Samudera. Seruling Samudera adalah sebuah bebatuan karang di sekitar pantai, yang mengeluarkan suara merdu dan unik saat angin berhembus melewati celahnya. Momen inilah yang dinanti oleh pengunjung yang datang. 

Pantai Klayar berada di daerah Pacitan, Jawa Timur. Sobat tiket yang berada di Surabaya bisa menempuh jalur darat menuju pacitan yang memakan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Setelah sampai ke Pacitan, ambil rute menuju pertigaan Dadapan, lalu ke Desa Candi, dan ikuti petunjuk arah yang mengarah ke Pantai Klayar.

9. Taman Bungkul

Alamat: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya 

Berada di pusat kota Surabaya, Taman Bungkul menjadi salah satu ruang publik yang menarik untuk dikunjungi. Selain karena suasana yang asri dan rindang, taman ini juga terkenal karena adanya Makam Sunan Bungkul, tokoh ulama yang memiliki peran penting dalam perkembangan islam di Surabaya. 

Selain dijadikan tempat ziarah, Taman Bungkul juga memiliki fasilitas olahraga buat kamu yang suka jogging. Jangan lupa mampir ke area Pujasera yang ada di belakang taman,ya!  Tersedia banyak pilihan makanan khas Surabaya yang siap memanjakan lidah sobat tiket semua. 

10. Kebun Bibit Wonorejo

Sumber: shutterstock.com

Alamat: Jl. Raya Kendalsari No.70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya 

Kota Surabaya memang terkenal memiliki banyak ruang publik yang asri. Salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Bibit Wonorejo. Pemandangan yang memanjakan mata yang ada di sini bisa bikin sobat tiket betah deh berlama-lama di tempat ini. 

Kamu juga bisa berinteraksi dengan sekumpulan rusa dan berbagai binatang lucu lainnya, lho! Sempatkan juga untuk mampir ke danau indah yang sering dijadikan latar foto oleh para pengunjung kebun ini, ya! 

Libur Panjang Anti Bosan di Surabaya

Beberapa objek wisata di atas bisa jadi rekomendasi ketika sobat tiket berencana mengunjungi kota Surabaya. Selain itu, kamu  juga bisa menjelajahi keindahan pulau Madura dan mampir ke 8 Tempat Wisata di Madura yang sayang banget jika dilewatkan.

Jadikan momen liburan kamu semakin nyaman dengan pesan kamar hotel di Surabaya lewat tiket.com. Ada banyak rekomendasi tempat menginap yang bikin rileks dan hemat bujet, lho! Ayo segera agendakan liburan dan jelajahi keindahan alam di Surabaya!