,

Wajib Baca! Ini Tips Liburan ke Surabaya Buat Si Pemula

Sebelum berangkat liburan tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Apalagi kalau berkunjung ke kota besar seperti Surabaya, kamu pasti tidak ingin melewatkan agenda dan aktivitas seru yang ada di kota ini. Baru pertama kali menginjakkan kaki di kota pahlawan? Cari tahu dulu serba-serbi tentang kota ini ya! 

Beberapa dari sobat tiket mungkin belum pernah menghabiskan waktu liburan di Surabaya sebelumnya. Tak apa, karena liburan bisa jadi momen tepat untuk mencoba hal baru. Tidak kalah dari destinasi wisata lain di Indonesia, Surabaya bisa jadi tujuan wisata yang seru dan menyenangkan. Apa saja sih yang harus disiapkan?

Siapkan Ini Sebelum Berangkat Liburan!

Sebelum berangkat, ada beberapa hal yang tak boleh lupa disiapkan nih, sobat tiket! Mulai dari menyiapkan bujet, mengatur itinerary, memesan hotel yang nyaman, hingga memilih moda transportasi yang akan digunakan. Nggak usah cemas, simak tips menarik ini untuk kamu yang baru pertama kali liburan ke Surabaya:

1. Pilih Moda Transportasi Tepat

Sumber: shutterstock.com

Akses menuju ke kota Surabaya bisa ditempuh dengan berbagai moda transportasi. Mulai dari transportasi darat, laut, dan udara. Kamu bisa menyesuaikan pilihan dengan bujet dan arah keberangkatan kamu. 

Untuk sobat tiket yang berada di wilayah yang masih dekat dari Surabaya, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti Bus Kota. Jika ingin perjalanan lebih nyaman, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum berangkat, sempatkan waktu untuk memeriksa kesiapan kendaraan, ya! 

Jika berangkat dari Jakarta, kamu bisa menggunakan opsi pesawat atau kereta api. Kedua opsi ini sama-sama memiliki kelebihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Untuk yang ingin menikmati perjalanan jauh sambil melihat pemandangan, kamu bisa menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Gubeng. Supaya lebih nyaman, kamu bisa memilih kereta eksekutif yang bikin perjalanan panjang jadi nggak berasa. Eits, tenang aja! Kereta ekonominya juga nggak kalah nyaman, kok! 

Kalau enggan menghabiskan waktu lama di perjalanan , kamu bisa menggunakan pesawat terbang. Waktu tempuh Jakarta – Surabaya menggunakan pesawat hanya satu setengah jam saja, lho! Kamu bisa lebih santai menghabiskan waktu dan mengeksplor kota Surabaya.

2. Cari Hotel yang Strategis

Sumber: shutterstock.com

Memilih lokasi hotel juga nggak boleh sembarangan, sobat tiket! Sebelum berangkat, cari tahu terlebih dahulu lokasi hotel yang paling strategis yang dekat dengan pusat kota dan objek wisata di kota ini. 

Beberapa wilayah di Surabaya yang dikenal cukup strategis adalah Jalan Tunjungan dan Jalan Basuki Rahmat. Di sini, kamu bisa menemukan banyak rekomendasi hotel dengan fasilitas lengkap dan harga terjangkau. Pas banget buat kamu yang hobi staycation.

Bukan hanya itu, saat memilih hotel di kedua lokasi tersebut, kamu juga mendapatkan akses yang lebih dekat menuju beberapa objek wisata ikon di Surabaya seperti museum, pusat perbelanjaan, hingga spot wisata kuliner. 

Sesuaikan juga pilihan hotel dengan itinerary liburan yang sudah dibuat. Pastikan jarak hotel dan destinasi wisata pilihan tidak terlalu jauh, agar perjalanan tidak terlalu memakan waktu. Apabila sobat tiket menggunakan transportasi umum, ada baiknya untuk mencari tahu rute dan opsi transportasi umum yang bisa kamu gunakan. 

3. Harus Coba Surabaya Heritage Track

Sumber: shutterstock.com

Berkunjung ke Surabaya pertama kali, sobat tiket tentu bingung mau ke mana. Sebelum berpetualang ke objek wisata yang jauh, kamu bisa coba dulu wisata tengah kota. Kalau kamu cari wisata keliling kota yang cuma-cuma, Surabaya Heritage Track bisa jadi solusinya. 

Sesuai dengan namanya, Surabaya Heritage Track menawarkan pengalaman wisata unik tur keliling kota sambil mengunjungi keindahan gedung bersejarah di kota pahlawan. Kendaraan yang digunakan berbentuk bus menyerupai trem yang unik dan tentunya menarik perhatian. 

Tersedia banyak pilihan rute untuk sobat tiket yang ingin mencoba tur dengan Surabaya Heritage Track. Rute tersebut dibedakan menjadi dua pilihan, yakni Weekdays Tour dan Weekend Tour. 

Untuk sobat tiket yang datang di hari kerja, kamu bisa memilih tiga opsi yang tersedia. Opsi pertama memiliki tema wisata edukasi, dengan mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Gedung Telkom Garuda dan Sekolah Ongko Loro. 

Opsi kedua adalah wisata dengan “Surabaya Kota Pahlawan”. Jika memilih rute ini, kamu akan diajak berkeliling ke tempat bersejarah di Surabaya yang berkaitan dengan sejarah perjuangan para pahlawan. Selain mengunjungi berbagai taman dan museum, kamu juga bisa mampir dan  melihat kemegahan Monumen Tugu yang menjadi ikon kota ini. 

Kamu yang hobi belanja bisa mengikuti opsi tur yang ketiga dengan tema “Surabaya Kota Dagang”. Kamu bisa berkeliling kota dan mampir di beberapa tempat keren seperti Menara Syahbandar dan Pasar Pabean. 

Untuk yang ingin berkunjung di akhir pekan, kamu bisa memilih tiga opsi rute dengan tema yang berbeda juga, yakni Kampung dari Seberang, Surabaya Kampung Metropolitan, dan Badab Surabaya. Berbagai rute ini melewati objek wisata yang unik di Surabaya seperti kawasan Chinatown, Kampung Ampel, Kampung Peneleh, dan Kampung Bubutan.

Seluruh aktivitas di Surabaya Heritage Track bisa kamu nikmati setiap hari Selasa hingga Minggu dari jam 10 pagi hingga 4 sore. Selain rute terjadwal, pihak pengelola juga sering mengadakan tur dengan tema tertentu untuk menarik pengunjung.  

4. Luangkan Waktu untuk Wisata Kuliner Khas

Sumber: shutterstock.com

Selain memiliki banyak spot wisata kota dan alam yang keren, Surabaya juga memiliki banyak pilihan wisata kuliner yang lezat rasanya. Kalau belum pernah berkunjung ke Surabaya, kamu bisa cari tahu informasi tentang makanan khas kota ini sebelumnya. 

Dari makanan murah kaki lima hingga makanan legendaris yang ramai pelanggan, mencicipi makanan khas di Surabaya bisa jadi agenda yang wajib masuk ke itinerary liburan kamu. Masalah harga nggak perlu cemas, karena aneka makanan ini bisa dibeli dengan harga terjangkau. 

Beberapa dari sobat tiket mungkin belum familiar dengan beberapa makanan yang ada di Surabaya. Saat berkunjung ke kota ini, nggak ada salahnya kamu mencoba kenikmatan makanan khas seperti Lontong Balap, Tahu Tek, dan Rujak Cingur dengan cita rasa yang otentik. 

Liburan Menyenangkan, Butuh Persiapan!

Lengkapi juga momen liburan kamu dengan mengabadikan foto-foto keren untuk dipajang di media sosial. Nggak perlu bingung cari tempat foto, kamu bisa langsung mengunjungi 10 Spot Instagramable di Surabaya yang kekinian dan hits banget! 

Berkeliling Surabaya semakin nyaman dan asyik dengan sewa mobil di tiket.com. Tersedia juga jasa supir yang siap mengantarmu berkeliling kota Surabaya dengan nyaman dan aman tanpa paparan sinar matahari. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi tiket.com dan rasakan kemudahan liburan yang lebih maksimal. Selamat berpetualang ya, sobat tiket!