oleh-oleh khas surabaya

, ,

Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian yang Enak dan Murah

Oleh-Oleh Khas Surabaya – Tau nggak sih Sobat Tiket, kalau Surabaya ini termasuk kota terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah DKI Jakarta? Meskipun Surabaya terkenal dengan kota yang panas dan padat penduduk, namun kota ini tetap menjadi destinasi wisata yang cukup digemari oleh para wisatawan.

Selain tempat wisatanya yang beragam, ada hal yang nggak boleh kamu lupain nih, Sobat Tiket saat mengunjungi kota pahlawan ini. Yap, apalagi kalau bukan oleh-oleh khas Surabaya. Surabaya juga cukup dikenal dengan kota yang memiliki banyak pilihan oleh-oleh khas nya lho.

Ada banyak oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan untuk keluraga atau kerabat saat berkunjung ke kota ini. Mulai dari oleh-oleh khas Surabya yang melegenda sampai yang kekinian. Pastinya, oleh-oleh ini affordable alias murah banget! Penasaran kan, apa aja sih kira-kira oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu jadikan buah tangan. Simak ulasan berikut ini ya, Sobat Tiket!

Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian yang Enak & Murah

  1. Kue Spikoe Surabaya

Kue spikoe atau kue lapis 3 warna ini menjadi pilihan oleh-oleh yang paling melegenda. Kue spikoe yang paling terkenal adalah spikoe resep kuno. Sesuai dengan namanya nih, Sobat Tiket, dibuat dari resep kuno sehingga cita rasanya tetap sama dan melegenda.

oleh-oleh khas surabaya-spikoe-surabaya

Untuk bisa membeli spikoe resep kuno yang legendaris ini kamu bisa mengunjungi Jalan Rungut Madya 41, Surabaya.

  1. Lapis Surabaya

oleh-oleh khas surabaya-lapis-surabaya

Siapa yang nggak tau Kue Lapis Surabaya? Kue yang terkenal hingga mancanegara ini memang memiliki cita rasa yang enak dan juga bertekstur lembut. Berbeda dengan kue lapis pada umumnya, kue ini memiliki tekstur lembut seperti bolu dan hanya memiliki 2 warna saja. Rasanya yang manis memang cocok banget untuk dijadikan cemilan saat bersantai atau menjadi buah tangan yang bisa kamu berikan untuk kerabat.

 

  1. Kue Bikang

Untuk pecinta jajanan tradisional, memilih kue bikang sebagai oleh-oleh khas Surabaya menjadi pilihan yang tepat banget. Jajanan tradisional khas Surabaya ini terbuat dari adonan tepung beras, kelapa, dan gula. Bentuknya yang menyerupai bunga mekar memiliki keunikan tersendiri nih, Sobat Tiket.

oleh-oleh khas surabaya-kue-bikang

Oleh-oleh yang murah ini bisa kamu temui di pasar tradisional terdekat kok, Sobat Tiket. Masyarakat Surabaya juga biasa menyajikan kue bikang sebagai santapan di acara-acara tertentu lho.

  1. Surabaya Patata

Selain oleh-oleh khas Surabaya yang legendaris, saat berkunjung ke kota ini kamu juga bisa lho menemukan oleh-oleh khas Surabaya kekinian. Salah satunya adalah oleh-oleh kekinian seperti Surabaya Patata. Kalau kamu belum tau, Surabaya Patata ini miliknya Oki Setiana Dewi dan juga Ria Ricis.

oleh-oleh khas surabaya-surabaya-patata
Source : https://surabayapatata.com/

Nggak mau kalah dengan artis-artis lainnya yang juga meluncurkan berbagai merek kue oleh-oleh kekinian, kakak beradik ini juga membuka cabang pertamanya di Surabaya. Kamu juga bisa lho menjadikan Surabaya Patata sebagai oleh-oleh khas Surabaya kekinian. Ada banyak varian rasa dengan harga yang affordable banget. Kunjungi store Surabaya Patata ini di Jalan Raya Dharmahusada Indah No.187, Mojo, Gubeng, Surabaya.

  1. Vini Vidi Vici Cake

Satu lagi oleh-oleh kekinian yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke kota Surabaya. Yap, kue artis satu ini punyanya penyanyi terkenal Vidi Aldiano. Vini Vidi Vici Cake ini juga menyediakan 5 varian rasa yang bisa kamu pilih.

oleh-oleh khas surabaya-vinividivici
Source : http://vidivinivici-surabaya.com/

Berbaha dasar bolu, pastinya kue oleh-oleh khas Surabya kekinian ini cocok di lidahnya orang Indonesia deh. Apalagi bentuknya yang bulat dan besar menyerupai donat, dijamin bikin kamu puas nyicipinnya deh. Untuk mendapatkan Vini Vidi Vici Cake ini, kamu bisa mengunjungi store nya yang terletak di Jalan Diponegoro No. 48 Surabaya.

  1. Bolu Joeang Surabaya

Tidak hanya Surabaya Patata dan Vini Vidi Vici, kota Surabaya ini juga memiliki oleh-oleh kekinian lainnya yaitu Bolu Joeang Surabaya. Oleh-oleh Surabaya ini milik dari aktris cantik Ariel Tatum dan Aktor tampan Dion Wiyoko. Terletak di Jalan Jl. Dharmahusada No.72, Mojo, Gubeng, Kota Surabaya, oleh-oleh kekinian ini memiliki interior ruko yang unik.

oleh-oleh khas surabaya-bolu-joeang
Source : http://bolujoeang-surabaya.com/

Sesuai dengan julukan sebagai Kota Pahlawan, wallpaper dari ruko ini menampilkan beberapa tokoh pahlawan seperti Ir. Soekarno, R.A. Kartini, Jendral Sudirman, dan H.S. Cokroaminoto. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas Surabaya yang murah di tempat ini. Karena harga yang dibanderol hanya berkisar di Rp 60.000,- aja lho.

  1. Surabaya Snow Cake

Nggak kalah kekiniannya, Surabaya Snow Cake milik designer ternama Zaskia Sungkar ini merupakan pelopor utama oleh-oleh khas Surabaya kekinian di kota pahlawan ini. Ciri khas dari kue kekinian ini adalah bentuk evolusi dari kue lapis Surabaya yang pada umumnya memiliki 3 lapis, tapi Snow Cake ini terbuat dari susunan kue lembut seperti bolu yang diapit oleh puff pastry yang renyah ditambah taburan salju.

  1. Almond Crispy

Sobat Tiket pasti tau kan cemilan enak yang tipis banget satu ini? Makanan khas Surabaya ini memiliki 3 varian rasa, yaitu original cheese, cokelat, dan green tea. Mencoba makanan ringan satu ini emang bakal bikin kamu selalu ngerasa kurang deh, Sobat Tiket.

Almond crispy ini menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang wajib banget untuk dibeli. Kamu bisa mengunjungi Wisata Rasa yang teretak di Jalan Raya Jemursari No. 164 untuk mendapatkan produsen Almond Crispy terbaik.

  1. Sambal Bu Rudy

Nah, ini dia nih yang nggak boleh ketinggalan saat kamu berada di Kota Surabaya. Sambal Bu Rudy, memang menjadi sambal favorit yang rasa enaknya sudah di akui oleh masyarakat luas lho. Salah satu jenis sambal yang menjadi favorit para pembeli adalah sambal udang nya.

Katanya sih, sambal udah Bu Rudy ini memiliki cita rasa yang nggak bisa ditemuin di sambal udang lainnya! Penasaran kan, sama rasanya? Kamu juga bisa kok memilih jenis sambal lainnya seperti sambal bawang dan sambal bajak yang nggak kalah endues nya. Untuk membeli oleh-oleh satu ini kamu bisa mengunjungi salah satu cabangnya yang ada di Jalan Dharmahusada 140, Surabaya.

  1. Kue Mente

Oleh-oleh satu ini merupakan olahan dari kacang mente. Kue satu ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis dan enak. Biasanya, Kue Mente ini dikemas didalam kardus berlogo ikon Kota Surabaya, yaitu Sura dan Baya.

Kamu bisa menemukan Kue Mente ini di berbagai pusat oleh-oleh kok, Sobat Tiket. Harganya yang terjangkau serta rasanya yang khas menjadikan Kue Mente ini sebagai oleh-oleh yang wajib untuk dibeli di Surabaya.

 

Itu dia 10 oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu jadikan referensi saat mengunjungi kota sura dan baya ini.

Jangan lupa baca juga artikel oleh-oleh khas Jogja ya, Sobat Tiket!

Pergi ke Surabaya, pesan tiket pesawat online ke Surabaya nya di tiket.com aja.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!