Taman Maccini Sombala

,

Bermain ke Taman Maccini Sombala, Banyak Aktivitas Seru Bisa Kamu Lakukan di Sini!

Taman Maccini Sombala – Berwisata ke Makassar nggak akan lengkap kalau belum mampir ke Taman Maccini Sombala. Soalnya, taman agrowisata ini punya keunikan tersendiri, sehingga menarik untuk dijelajahi. Sebelum menjadi taman budidaya hasil perkebunan, dulu kawasan ini merupakan sungai dan tambak ikan.

Memasuki tahun 2014, pemerintah setempat melakukan terobosan dan menyulap wilayah ini menjadi taman cantik. Taman Maccini Sombala sengaja dibangun seindah mungkin demi membuat nyaman masyarakat lokal. 

Selain menjadi destinasi wisata, taman ini juga merupakan bagian dari penataan ekosistem yang baik demi terjaganya kelestarian lingkungan. Belakangan, Taman Maccini Sombala menjadi ramai dikunjungi para turis. Berbagai event seru pun pernah diselenggarakan di sini. 

Seperti Pekan Flori Flora (PF2N) dan juga Hari Pangan Sedunia (HPS), hingga berbagai konser, pentas seni dan spot untuk pre-wedding. Karena kawasannya yang luas dan nyaman, kini Taman Maccini Sombala menjadi destinasi favorit turis untuk refreshing dan relaksasi. 

Pepohonan hijaunya yang rindang menambah kesejukan udara di sekitarnya. Dibuat free entry untuk umum, jalan-jalan ke taman seluas empat hektar ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang lagi ingin liburan seru tapi tetap irit!

Aktivitas Seru di Maccini Sombala Park

Sumber: Shutterstock.com

Terdapat empat area dengan berbagai fasilitas menarik bagi para pengunjung. Untuk kamu yang hobi olahraga, tersedia cycling track dan jogging area dengan panjang 1100 x 2 meter. Pedestrian way seluas 1300 meter juga tersedia bagi kamu yang mau jalan-jalan santai menikmati sejuk dan segarnya lingkungan sekitar.

Selain itu, terdapat juga air mancur, bangku duduk dan mini taman yang bermandikan bunga dan tanaman rambat di setiap tiangnya, lavatory, hingga kanal buatan sepanjang 1500 meter untuk kamu yang hobi memancing atau sekadar ingin berkeliling dengan menyewa perahu bebek.

1. Santai Sejenak di Gazebo Cantik

Area plaza yang pertama kerap menjadi tempat bersantai idaman buat seluruh masyarakat. Deretan gazebo cantik yang mengelilingi lapangan luas akan menyambutmu yang baru saja tiba di taman ini. Area gazebo ini cocok menjadi tempat bercengkrama bersama keluarga atau tempat bermain anak-anak.

Kalau sobat tiket lagi mager, dengan hanya duduk-duduk rileks di gazebo sambil memandangi view di sekelilingnya saja sudah bisa membantumu meredakan stress kok. Mendengar gemericik air mancurnya juga bisa membuatmu bersantai sejenak.

Suasana alam yang teduh dan rindang akan membuatmu lebih adem saat ingin menyendiri, atau sekadar menggali inspirasi. Dijamin ampuh banget deh untuk mengusir galau dan menentramkan pikiran!

2. Belajar Berkebun dan Wisata Edukasi

Area perkebunan ini berada di plaza kedua taman. Kamu akan disuguhi pemandangan hijau dan asri. Berbagai pot berbentuk kapal phinisi, kebun labu, tanaman obat hingga buah dan sayuran seperti cabai, oyong, pare dan kacang panjang. Semuanya tersusun rapi. Tampak siap untuk dieksplorasi.

Selain berfungsi sebagai ruang terbuka hijau (RTH), taman ini juga menjadi tempat budidaya dan pelestarian berbagai macam tanaman hasil berkebun. Contohnya seperti mangga, melon, jambu, kelengkeng dan srikaya.

Jika kebetulan kamu berkunjung saat musim panen tiba, kamu bisa memetik dan mencicipi langsung kesegaran buah-buahan yang ditanam di sini.

Tak hanya buah-buahan, berbagai sayur-mayur dan bunga yang dirawat secara hortikultural dan agrikultural juga, seperti bunga anggrek salah satunya.

Jadi kamu bisa sekalian belajar berkebun dan wisata edukasi seputar teknik menanam dan cara perawatan terbaik bagi pengembangan tanaman. Pulang-pulang nanti, kamu udah nambah ilmu yang bermanfaat deh. Seru banget kan, sobat tiket?

3. Ber-selfie Ria di Lapangan Bermotif Bunga

Sumber: Shutterstock.com

Taman ini juga terkenal dengan spot favorit untuk selfie. Terletak di plaza ketiga, terdapat lapangan luas bermotifkan bunga cantik dan besar seperti mandala di tengahnya. Karena lingkungannya yang indah dan Instagramable, banyak anak muda lokal yang kerap berselfie ria di sini.

Selain itu, taman-taman mini yang indah dan catchy juga cocok dijadikan background untuk para penyuka foto-foto selfie. Tak hanya penggalan surga bagi penggemar taman, tempat ini juga surganya penggemar fotografi!

4. Berolahraga di Lingkungan yang Sejuk

Momen liburan bukan berarti lupa menjaga kesehatan dong? Entah itu jogging menyusuri sungai atau bersepeda santai melingkari taman, sensasi berolahraga di taman ini tentu berbeda.

Kamu akan ditemani kicauan burung liar yang merdu, plus udara yang segar dan menyejukkan. Pemandangan bapak-bapak memancing ikan, sekumpulan anak muda yang bersepeda dan bermain skateboard, hingga riuh gelak tawa anak-anak yang bermain di area plaza keempat taman ini bikin meriah sekaligus menyejukkan pikiran.

Setelah lelah membakar lemak, kamu bisa rehat sebentar di sini. Area ini merupakan tempat istirahat dan kongkow favoritnya para pengunjung, lho.

5. Menyusuri Sungai dengan Perahu

Sobat tiket juga bisa mengajak keluarga dan orang tersayang untuk mengelilingi kanalnya yang cantik. Tersedia perahu bebek yang dapat disewa dengan harga terjangkau.

Dengan menaiki perahu bebek, kamu bisa menikmati segarnya udara dan pemandangan indah sambil menelusuri aliran sungai yang jernih. Dijamin momen liburanmu kali ini akan semakin seru dan penuh kenangan menyenangkan.

6. Memancing Ikan di Pinggir Kanal

Masih belum puas mengeksplor taman ini? Satu lagi kegiatan yang bisa dijajal sobat tiket di sini adalah memancing. Posisi taman yang berada di dekat perairan menjadikannya sangat cocok untuk kegiatan memancing berbagai jenis ikan.

Selain itu, memancing juga bermanfaat untuk melepas stress, melatih kemampuan motorik dan juga baik untuk otot dan persendian. Mau coba?

Alamat dan Jam Buka Taman Maccini Sombala

Terletak di tengah kota, lokasi Taman Maccini Sombala berada persis di depan Universitas Atmajaya, di sebelah kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Selatan.

Melalui Jalan Tol Insinyur Sutami, taman ini bisa diakses setelah berkendara sekitar 45 menit.

Alamat: Jalan Nuri Lama dan Jalan Manunggal, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224.

Maccini Sombala Park of Indonesia dibuka setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WITA.

Sarana Rekreasi Seru dan Edukatif

Tak hanya menjadi alternatif hiburan untuk liburan seru, Taman Maccini Sombala merupakan tempat wisata yang edukatif karena kaya akan sumber pengetahuan.

Mulai dari sejarah berdirinya, fungsi utama, hingga keindahan alamnya yang memukau bakal bikin hati adem dan nggak mau pulang! Alhasil, lelah dan penat pun akan musnah seketika setelah bermain ke sini.

Penasaran pengen mampir ke Maccini Sombala Park of Indonesia? Nah, untuk akomodasi lengkap liburan ke Makassar, sobat tiket nggak perlu khawatir. Biar perjalananmu lebih mudah, kamu bisa pesan tiket pesawat ke Makassar di tiket.com sekarang. Sombala Park, I’m coming!

Dan kalau sobat tiket masih belum puas jelajah Kota Ujung Pandang alias Makassar, yuk tambahkan keseruan liburanmu dengan mencicipi 7 menu andalan untuk kuliner malam di Makassar yang khas dan menggiurkan. Momen jalan-jalan pun jadi semakin asyik dan mengesankan.