wisata anak keluarga dan anak di makassar

,

Liburan dengan Keluarga ke Makassar, Makin Seru Sambil Mengunjungi 10 Tempat Wisata Ini!

Makassar merupakan ibu kota Sulawesi Selatan yang kerap jadi tujuan favorit banyak wisatawan. Kota ini memiliki banyak wisata alam eksotis yang hadir dengan pesona alam luar biasa. Salah satu wisata alam yang populer adalah pantai di Makassar.

Eits, tapi nggak hanya wisata alamnya yang menarik buat dikunjungi. Masih ada banyak jenis wisata lainnya seperti wisata budaya, hingga yang kekinian. Selain itu, wisata-wisata ini juga ternyata cocok buat dikunjungi bersama keluarga.

Destinasi Wisata di Makassar yang Cocok Buat Keluarga

Selain jadi tujuan wisata alam, Makassar juga cocok dijadikan destinasi wisata keluarga, lho. Ibu kota Sulawesi Selatan ini memiliki beragam jenis wisata yang cocok dijelajahi bersama keluarga. Selain fasilitas seru, tempat wisata ini juga kids friendly, lho. Yuk simak rekomendasinya dari tiket.com!

1. Tujuan Wisata Seru di Ekowisata Mangrove Lantebung

Sesuai namanya, destinasi ini merupakan hutan bakau yang membentang sepanjang dua kilometer hingga ke laut lepas. Menariknya, destinasi ini menghadap tepat ke arah Selat Makassar. Oleh karena itu, tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata keluarga.

Di antara rerimbunan mangrove, terdapat sebuah jembatan kayu berwarna-warni. Jembatan sepanjang 270 meter ini membentang sebagai dermaga menuju pantai. Di akhir terdapat perahu-perahu nelayan yang berlabuh.

Ekowisata Mangrove Lantebung ini berada di pesisir utara Makassar. Buat yang tertarik kemari, kamu bisa langsung menuju Kampung Latenbung di Kelurahan Bira. Dari Bira, kamu tinggal mengikuti jalur yang ada hingga menemukan papan dengan tulisan ‘Mangrove Center Makassar’.

2. Berburu Spot Foto di Pantai Losari

Liburan bareng keluarga ke Makassar nggak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Pantai Losari. Pantai ini merupakan ikon wisata kota Daeng yang menjadi daya tarik wisatawan. Waktu yang paling sempurna mengunjungi pantai ini sekitar sore hingga malam hari.

Sembari duduk-duduk di pinggir pantai menikmati semilir angin, kamu bisa menikmati sunset di sana. Jangan lupa menjajal kuliner yang tersedia sepanjang garis pantai, serta mengabadikan setiap momen karena tersedia spot-spot foto yang kece abis!

3. Menikmati Beragam Wahana Permainan Seru di Trans Studio Makassar

wisata anak keluarga dan anak di makassar
Sumber: shutterstock.com

Kalau lagi nggak mau mengunjungi wisata alam, Trans Studio Makassar bisa jadi pilihan kamu dan keluarga lho, sobat tiket. Wisata keluarga satu ini juga jadi ikon wisata kota Makassar. Seperti taman bermain lainnya, di dalam Trans Studio ini terdapat beragam wahana yang seru untuk dinaiki.

Terdapat empat wahana yang ada, mulai dari Studio Central, Lost City, Cartoon City, hingga Magic Corner. Trans Studio Makassar berlokasi di Jalan H. M. Dg. Patompo. Kamu harus membayar biaya sebesar Rp200.000 per orang jika ingin menikmati wahana di dalamnya.

4. Bersantai Sambil Menjelajahi Kuliner Makassar di Kampoeng Popsa

Mengunjungi Makassar, tentu nggak lengkap kalau kamu nggak mencicipi aneka kuliner khas di sini. Salah satu destinasi yang pas untuk nongkrong dan berwisata kuliner yang sempurna dikunjungi keluarga adalah Kampoeng Popsa.

Sembari menikmati aneka sajian kuliner di Kampoeng Popsa, kamu bisa sekalian bersantai. Bercengkrama bareng keluarga makin menyenangkan sambil menikmati pemandangan Pantai Losari yang terlihat dari sini. Kampoeng Popsa ini terletak di Jalan Penghibur, tepat di depan Benteng Rotterdam, lho. Strategis banget kan?

5. Ajak Keluarga Mengenal Sejarah Kerajaan Gowa Lewat Museum Balla Lompoa

Mengunjungi museum bisa jadi wisata sejarah yang menyenangkan, terutama jika kamu pergi dengan keluarga. Di museum ini kamu mengenal kerajaan Gowa yang berkuasa abad ke-13 sekaligus melihat berbagai peninggalan kerajaan.

Dalam bahasa Makassar, Balla Lompoa memiliki arti “rumah besar”. Museum ini juga memiliki bentuk seperti rumah besar berbentuk panggung khas Bugis. Asiknya, untuk menjelajahi museum penuh sejarah ini kamu nggak perlu membayar sepeser pun alias gratis!

6. Berwisata Sambil Belajar Budaya di Desa Wisata Lakkang

Ajak keluargamu berkunjung ke Desa Wisata Lakkang buat pengalaman wisata budaya yang mengasyikan. Salah satu desa wisata yang kaya akan budaya dan tradisi khas Makassar adalah desa wisata satu ini. Ada banyak hal yang bisa dieksplor dan dikenal, termasuk berbagai peninggalan masa penjajahan Jepang.

Desa ini terletak di antara Sungai Talli dan Sungai Pampang. Nah, buat mengunjungi desa ini, kamu harus menyebrangi sungai yang ada menggunakan perahu dari dermaga Universitas Hasanuddin. Kamu harus membayar sekitar kurang lebih Rp3.000 dan mengarungi 30 menit perjalanan untuk sampai. Setelah dekat, kamu akan melihat deretan pohon nipah dan mangrove yang mengelilingi desa, cantik banget!

7. Menjelajahi Semarak Kawasan Pecinan Chinatown Makassar

Kalau mendengar Chinatown apa nih yang mampir di pikiran? Yap, tentunya gambaran kawasan pecinan yang kental dengan nuansa Tionghoa bakal terlintas. Keseruan ini bisa juga kamu rasakan saat mengunjungi Chinatown Makassar.

Ada banyak yang bisa kamu jelajahi bareng keluarga. Serunya, selain berburu spot-spot foto berlatar bangunan jadul khas Tionghoa, kamu juga bakal mengenal sejarah panjang. Setelah itu, kamu bisa mengunjungi klenteng Xian Ma yang ada sejak tahun 1864 lho.

Momen paling pas buat mengunjungi kawasan ini adalah saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Perayaan meriah dan festival semarak bakal menyambut para wisatawan! Chinatown terletak di seputaran Jalan Ahmad Yani.

Kawasan pecinan ini terbagi menjadi ke dalam dua wilayah kecamatan yakni Kecamatan Wajo dan Kecamatan Ujungpandang. Nggak sulit kok menemukan kawasan ini, gerbang utamanya hanya berjarak 400 meter dari lapangan Karebosi.

8. Main Air Jadi Makin Seru di Bugis Waterpark

Jika dalam rombongan keluargamu terdapat keponakan-keponakan kecil, kamu bisa mengajak mereka ke Bugis Waterpark, nih. Waterpark dengan beragam wisata air yang menyenangkan tentu bakal jadi favorit anak-anak.

Serunya, waterpark pertama di Makassar ini jadi yang terbesar di Indonesia timur, lho. Nggak perlu khawatir juga soal keselamatan,semua wahana di sini sudah berstandar internasional. Ada berbagai seluncuran seru yang memacu adrenalin, lazy pool, atau juga kidy pool buat anak-anak.

Waterpark yang jadi favorit banyak orang ini berlokasi di Jalan Sektor Mahamero, Antang. Kamu harus membayar mulai dari Rp150.000 per orang nya. Tertarik buat main air di sini?

9. Mencoba Aneka Fasilitas Seru di Taman Maccini Sombala

Destinasi keluarga yang seru buat dikunjungi selanjutnya adalah Taman Maccini Sombala. Nggak hanya sejuk, ada beragam aktivitas yang bisa kamu sekeluarga lakukan di sini. Mulai dari berburu spot foto, jalan-jalan, bahkan hingga berkebun.

Taman yang dibangun tahun 2014 ini bisa menjadi wisata edukasi yang seru buat anak-anak. Selain itu, kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan adalah memancing. Hal ini karena taman ini dibangun di atas lahan bekas tambak.

Taman ini berlokasi di Jalan Nuri Baru, tempatnya strategis karena berada dekat dengan Pantai Losari dan tempat wisata lainnya. Patokannya mudahnya adalah Universitas Atmajaya dan BNN Sulawesi Selatan.

10. Relaksasi Tubuh Setelah Jalan-Jalan di Pemandian Air Panas Lejja

Lelah mengelilingi beragam tempat wisata, paling pas rasanya mengistirahatkan badan sambil berendam air panas. Nah, salah satu pemandian air panas yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga adalah Pemandian Air Panas Lejja, lho.

Pemandian air panas yang berlokasi di Marioriawa, Soppeng ini terkenal akan pemandangan alamnya yang cantik. Sambil berendam, kamu bakal dimanjakan oleh pemandangan alam indah yang mengelilingi tempat ini. Momen relaksasi tubuh bareng keluarga sambil berendam bareng pun makin seru!

Liburan Bareng Keluarga di Makassar Jadi Makin Seru!

Wah, emang nggak salah sih kalau kamu memilih berwisata bareng keluarga ke kota ini. Makassar sendiri memiliki beragam destinasi wisata yang seru buat dikunjungi. Nah, setelah puas mengunjungi banyak tempat wisata, kamu bisa lanjut mencoba aneka kuliner malam di Makassar ini. Biar liburan makin sempurna, sewa mobil di Makassar di tiket.com aja, sobat tiket!