Akses Transportasi Dari Makassar ke Tanjung Bira, Meski Jauh, Perjuangan Terbayar!

,

Akses Transportasi Dari Makassar ke Tanjung Bira, Meski Jauh, Namun Worth It!

Tanjung Bira terletak di ujung daratan Sulawesi Selatan yang berarti berjarak 200 kilometer dari Makassar. Meski jauh, namun, banyak pelancong yang rela datang ke Tanjung Bira naik transportasi umum. Keindahan pantai ini, dengan pasir putih yang lembut dan lautan biru jernih memang nggak ada duanya, sih, sobat tiket.

Sulitnya Transportasi ke Tanjung Bira Dari Makassar

Satu-satunya transportasi yang bisa mengantarkan sobat tiket dari Makassar menuju Tanjung Bira adalah menaiki bus lalu kemudian menyeberang naik kapal ferry. Itupun tidak mudah, sebab jadwal keberangkatan kapal ferry ke Tanjung Bira hanya satu kali dalam sehari. Harus tepat waktu banget, sobat tiket!

Sulitnya menyamakan jadwal keberangkatan dengan kapal ferry, membuat banyak wisatawan yang hendak mengunjungi Tanjung Bira memilih jalur darat. Ada dua pilihan transportasi, yaitu naik travel atau naik panther. Nah, kedua transportasi itu pun tidak sampai langsung ke Tanjung Bira, sobat tiket. Melainkan harus oper-oper dulu.

Seindah Apa sih Tanjung Bira ini?

Perjuangan para pelancong untuk mencapai Tanjung Bira dari Makassar yang berjarak 200 kilometer, pasti membuat sobat tiket bertanya-tanya, seindah apa sih, Tanjung Bira ini? 

Deskripsi singkatnya, Pantai Tanjung Bira adalah laut lepas berwarna biru yang jernih dan pantai pasir putih yang sangat halus hingga bertekstur selembut tepung. Pemandangan matahari terbenam di sini pun tak ada duanya, seperti menatap langsung matahari hilang ditelan laut.

Alam bawah laut pun tak kalah menariknya. Fasilitas wisata snorkeling yang bisa kamu dapatkan dengan membayar seharga Rp500.000 ini akan memanjakan kamu dengan pesona alam bawah laut Tanjung Bira. Ragam spesies ikan, terumbu karang dan keindahan biota laut lainnya tidak akan kamu temui di tempat lain.

Langit biru yang bersih pun akan menjelma menjadi lautan bintang saat kamu berbaring di atas pasir pantai saat malam hari. Deburan ombak yang menghanyutkan suasana, serta kondisi yang masih sepi dan terawat, menjadikan liburan kamu amat berkesan.

Harga tiket masuk Tanjung Bira pun sangat terjangkau, yaitu Rp10.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 per orang untuk wisatawan asing. Sungguh harga yang pasti membuat sobat tiket heran, mengapa bisa semurah itu untuk pantai yang seindah ini.

Jika sobat tiket tidak mau langsung pulang karena tersihir oleh keindahan pantai ini, atau tidak rela berpisah dengan pantai ini mengingat perjuangan yang melelahkan, jangan khawatir. Di sini tersedia banyak penginapan yang menghadap ke laut. Hmm, kayaknya Tanjung Bira ini cocok juga untuk destinasi honeymoon deh!

Transportasi Dari Makassar Menuju Tanjung Bira

Nah, sebelum sobat tiket makin penasaran, berikut ini daftar akses transportasi dari Makassar ke Tanjung Bira. tiket.com merangkum tiga jenis transportasi, panduan lengkap! Kuy, kita lihat!

1. Naik Bus ke Selayar, Menyeberang Dengan Kapal Ferry

Ini satu-satunya transportasi yang sempat dibahas tadi. Jalur laut lebih praktis, memang. Sobat tiket tinggal naik bus tujuan Selayar dari Terminal Malengkeri Makassar. Bus akan naik kapal ferry untuk menyeberang ke Selayar. Sebelum sampai di Selayar, kapal ferry akan melewati pelabuhan di Tanjung Bira, yakni, Pelabuhan Bira.

Turunlah di Pelabuhan Bira. Transportasi ini harus banget disiplin waktu, karena selain cuma punya satu keberangkatan, kapal ferry berhenti di Pelabuhan Bira pun cuma sejenak, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Selayar. Bus yang menuju Selayar ini berangkat setiap jam 10 pagi, dengan tarif Rp100.000 per orang.

2. Naik Travel ke Bulukumba, Kemudian Naik Pete-Pete

Opsi kedua transportasi umum untuk mencapai Pantai Tanjung Bira adalah dengan menggunakan jasa travel, BMA Trans. Sobat tiket tinggal naik travel ini dari pool travel yang terletak di Jl. Veteran Utara No. 156 Makassar.

Tarif naik travel ini adalah mulai dari Rp60.000 per orang. Jadwal keberangkatan paling awal adalah pukul 07.00 sementara paling malam adalah pukul 19.00. Kekurangan naik travel ini adalah, kendaraan hanya mengantar sampai Bulukumba, setelah itu sobat tiket perlu naik angkot atau pete-pete dalam bahasa Makassar, untuk sampai di Tanjung Bira.

Harus pintar-pintar mengatur waktu saat memanfaatkan transportasi satu ini. Pasalnya, pete-pete yang menuju Tanjung Bira dari Bulukumba hanya beroperasi hingga pukul 4 sore saja, sedangkan estimasi waktu perjalanan pakai travel ke Bulukumba adalah 5 jam. 

Sangat disarankan untuk naik travel keberangkatan paling awal ya, sobat tiket. Oh, ya.Ongkos naik pete-pete dari Bulukumba adalah Rp8.000 per orang.

3. Naik Panther, Turun Langsung di Tanjung Bira

Disebut Panther, karena merujuk kepada jenis mobilnya yang serupa Panther, seperti Innova dan Avanza. Angkutan mobil jenis Kijang ini ditandai dengan plat-plat kuning dan biasanya banyak ditemukan di Terminal Malengkeri. 

Panther ini akan mengantarkan sobat tiket dari Terminal Malengkeri Makassar menuju Tanjung Bira dengan dikenakan tarif Rp100.000 per orang untuk jarak tempuh 192 kilometer. Tanpa oper-oper, Panther ini bisa mengantar kamu langsung ke Tanjung Bira, bahkan ke depan penginapan kamu.

Kekurangan dari transportasi ini adalah lamanya waktu ngetem di Terminal Malengkeri maupun saat di jalan. Sopir yang bermaksud mengambil keuntungan bahkan akan menjejalkan penumpang lain saat kondisi di dalam sudah sesak. Belum lagi beberapa oknum sopir yang ugal-ugalan mengebut di jalan.

Satu lagi, biasanya kamu akan dimintai tarif tambahan jika penginapan yang kamu tuju terletak cukup jauh melewati Tanjung Bira. Tarif Panther seharga Rp100.000 per orang hanya mengantar sampai Tanjung Bira. Titik!

4. Transportasi Paling Aman, Sewa Mobil!

Transportasi paling nyaman untuk sampai ke Tanjung Bira adalah naik mobil sewa. Jarak tempuh yang memakan waktu 5-6 jam, memungkinkan bebas berhenti di mana saja untuk beristirahat. Sekadar menepi untuk mencicipi jajanan tradisional Makassar, perjalanan pun akan semakin terasa santai dan menyenangkan.

Sewa mobil pun paling pas buat sobat tiket yang bermaksud liburan ke Tanjung Bira beramai-ramai bersama teman atau keluarga. Atau ingin duduk bersantai di perjalanan? Sewa mobil plus sopir di tiket.com, bisa banget!

Harga yang ditawarkan oleh tiket.com adalah harga terbaik dan termurah. Banyak pilihan jenis mobil dan partner rental mobil di Makassar yang terpercaya dan terbaik.

Transportasi Aman, Liburan ke Tanjung Bira Dimulai!

Akhirnya kamu sampai di Tanjung Bira! Yeay! Selamat mengeksplor pantai pasir putih nan biru ini, ya, sobat tiket! Selain sewa mobil, kamu juga bisa mengandalkan pesan hotel dari tiket.com.

Ragam pilihan hotel terbaik, termurah tapi nggak murahan bisa kamu pilih sendiri di sini. Sewa mobil bisa, pesan kamar hotel bisa. Sobat tiket tunggu apalagi? Kuy, main-main ke website tiket.com untuk pengalaman liburan terbaik ke Tanjung Bira!