4 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu, Kata Siapa Jakarta Cuma Ada Polusi?

,

4 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu, Jakarta Punya Pulau Cantik

Jakarta identik dengan kesibukan sehari-hari yang padat, namun, jika sobat tiket merasa bosan dan butuh liburan, nggak usah jauh-jauh apalagi harus ke luar kota. Melipir sedikit dari Jakarta yang sibuk kamu akan menemukan Kepulauan Seribu yang sanggup membayar semua kerja keras dari Senin sampai Jumat. 

Kepulauan Seribu, Tempat Retret dari Keramaian Kota

Kepulauan Seribu merupakan salah satu kabupaten administratif di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Selain memiliki sebelas pulau berpenghuni, Kepulauan Seribu pun dikenal dengan pulau-pulau wisatanya yang populer. 

Keindahan pulau-pulau wisata di Kepulauan Seribu merupakan sisi lain dari hiruk pikuk Ibukota. Jika sobat tiket berencana liburan ke sini, nih, tiket.com kasih rekomendasi pulau terindah di Kepulauan Seribu.

1.  Ribuan Aktivitas Wisata di Pulau Tidung

Salah satu yang tersohor dari Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung. Banyak wisatawan yang memilih paket lengkap Pulau Tidung dan merasa lebih dari cukup dengan hanya menjelajah satu pulau ini saja. Bagaimana tidak puas, jika ribuan hal bisa kamu lakukan di sini.

Mari kita mulai dari eksplor Pulau Tidung besar. Meski merupakan pulau berpenghuni, namun, berbaur dengan penduduk di sini juga menjadi hal yang seru untuk dilakukan. Kamu tetap dapat bisa liburan dengan tenang sambil bermain di laut atau di atas pantai pasir putih yang menawan.

4 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu, Kata Siapa Jakarta Cuma Ada Polusi?
Sumber: Shutterstock.com

Jika ingin liburan yang lebih nyaman dan privat, datanglah ke Pulau Tidung Kecil. Berada di Kawasan Hutan Mangrove, pantai pasir putih dan laut biru menjadikan pulau ini amat pantas sebagai destinasi wisata utama saat berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Untuk menikmati sunset dengan spot terbaik, datanglah ke Jembatan Cinta yang menjadi ikon utama Pulau Tidung. Selain bentuknya yang unik, nama jembatan sepanjang 800 meter ini pun menjadi daya tarik wisatawan.

Satu lagi yang nggak boleh kamu lewatkan saat bertandang ke Kepulauan Seribu adalah, taman bawah lautnya. Nikmati pemandangan bawah laut seperti ikan bermacam spesies dan terumbu karang indah dengan menyewa peralatan menyelam. Air yang jernih, bikin kamu pasti ketagihan snorkeling di sini!

Cara menuju ke sini: Naik perahu penyeberangan dari Muara Angke

HTM: Gratis

Jam buka: 24 Jam

2. Sunset Terbaik dari Bukit Matahari Pulau Pari

Pulau Pari merupakan salah satu primadona Kepulauan Seribu, selain karena pantainya, matahari terbenam di sini pun sangat cantik, belum lagi wisata kulinernya yang menggugah selera. Masukkan Pulau Pari sebagai itinerary kamu saat berkunjung ke Kepulauan Seribu ya, sobat tiket!

Di Pulau Pari terdapat banyak pantai yang jernih dan menawan. Paling populer adalah Pantai Perawan. Disebut demikian, mungkin karena kondisi pantai yang masih sangat asri dan belum banyak terjamah. Keunggulan pantai ini juga tampak dari hutan bakau yang mengelilingi pantai sehingga suasana sejuk dan segar pun terasa. 

4 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu, Kata Siapa Jakarta Cuma Ada Polusi?
Sumber: Shutterstock.com

Liburan ke pulau dan pantai, nggak akan lengkap kalau nggak menyaksikan matahari terbenam. Di Pulau Pari, sobat tiket bisa mengunjungi Bukit Matahari yang disebut-sebut merupakan spot terbaik menikmati sunset tercantik. Bahkan, alasan pemberian nama Bukit Matahari pun dikarenakan alasan tersebut. 

Selain menikmati panorama alam, Pulau pari pun terkenal dengan kuliner khasnya yaitu Landak Laut atau biasa dikenal Bulu Babi. Binatang laut yang beracun ini diolah menjadi panganan yang amat lezat oleh penduduk setempat. Dagingnya berwarna kuning mirip telur ikan dan bercita rasa gurih lembut.

Untuk oleh-oleh, sobat tiket bisa memboyong makanan hasil budidaya laut lainnya seperti manisan rumput laut, asinan cumi-cumi. Selain itu, manisan buah ceremai dan keripik sukun pun bisa jadi oleh-oleh yang menggembirakan.

Cara menuju ke sini: Dari dermaga Marina Ancol atau Pelabuhan Kaliadem Muara Angke, menyewa speedboat seharga Rp300.000 atau naik kapal ferry dengan ongkos Rp50.000 menuju Pulau Pari. 

HTM: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

3. Spot Snorkeling Terbanyak Ada di Pulau Harapan

Meskipun termasuk wilayah kelurahan dan merupakan pulau berpenghuni, tapi, Pulau Harapan tidak kalah potensial dibanding pulau wisata lainnya di Kepulauan Seribu. Terdapat fasilitas umum seperti puskesmas, masjid, sekolah, pemakaman, kantor kelurahan bahkan pabrik pembuatan garam yang berdampingan dengan spot-spot wisata.

Kebersihan Pulau Harapan patut diacungi jempol berkat kerjasama penduduk setempat dalam melestarikan lingkungan. Selain lautnya yang jernih dan bersih, Pulau harapan pun merupakan pulau dengan spot snorkeling terbaik. Hal ini dikarenakan semua keindahan biota laut termasuk terumbu karang mendapat perlindungan dari Taman Nasional Kepulauan Seribu. 

4 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu, Kata Siapa Jakarta Cuma Ada Polusi?
Shutterstock.com

Objek menarik lainnya di Pulau Harapan adalah wisata Hutang Mangrove dan Penangkaran Penyu. Aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di ini selain snorkeling adalah berenang, memancing, naik banana boat hingga donat boat. 

Cara menuju ke sini: Menyewa speedboat dari dermaga Marina Ancol seharga Rp300.000 atau naik kapal ferry dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke dengan ongkos sebesar Rp50.000 per orang menuju Pulau Harapan.

HTM: Gratis

Jam buka: 24 Jam

4. Bermain Bersama Lumba-Lumba di Pulau Bidadari

Ada banyak hal seru dan menarik yang bisa sobat tiket lakukan di pulau dengan pantai pasir putih dan laut berwarna hijau tosca ini. Salah satunya adalah bermain dengan lumba-lumba. Bahkan tersedia dua paket wisata untuk menikmati hiburan ini, yaitu feeding dolphin dan swim with dolphin.

Di Pulau Bidadari pun terdapat puing-puing Menara Martello  peninggalan VOC yang kini menjadi spot wisata sejarah. Kesan kuno di spot ini sering dijadikan latar foto prewedding bagi para pengunjung.

4 Pulau Terindah di Kepulauan Seribu, Kata Siapa Jakarta Cuma Ada Polusi?
Sumber: Shutterstock.com

Bagian dari Kepulauan Seribu ini pun ditumbuhi pohon-pohon langka yang diberi papan nama sehingga sobat tiket dapat mengetahui dengan jelas jenis-jenis pohon langka yang ada di sana. Sisi edukasi pun bisa didapatkan dengan menginjakkan kaki di Saung Kreatif, yaitu sebuah tempat daur ulang kertas, pembuatan kompos berbahan dasar daun hingga pengolahan limbah sederhana. 

Satu lagi yang menarik adalah adanya mitos yang beredar tentang Pohon Jodoh. Konon, jika sepasang kekasih berfoto di bawah pohon tersebut, maka hubungan mereka akan langgeng. Percaya nggak, sobat tiket?

Aneka fauna langka seperti rusa tutul pun dapat kamu jumpai di sini. Jangan kaget jika menemui banyak biawak di sini ya,sobat tiket.Mereka nggak ganggu, kok!

Cara menuju ke sini: Sama seperti akses menuju pulau lainnya di Kepulauan Seribu, untuk dapat bertandang ke Pulau Bidadari pun cukup menaiki alat transportasi dari Dermaga Marina Ancol atau Pelabuhan Kaliadem Muara Angke.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 24 Jam

Demi Jakarta, Jangan Lupa Untuk Tetap Melestarikan Lingkungan

Biar Jakarta tetap sehat meski sangat sibuk, kuy lestarikan lingkungan. Kamu bisa mulai dari tidak mencemari alam saat bertandang ke Kepulauan Seribu serta  meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi dengan memanfaatkan transportasi umum yang ada. Biar Keliling Kota Makin Mudah, Ini Tips Transportasi Umum di Jakarta.

Untuk pengalaman liburan yang lebih seru, Cari hotel di tiket.com saja, ya! Dapatkan promo dan penawaran menarik di setiap transaksinya. Selamat liburan!