,

Pulau Macan, Surga Kecil di Kepulauan Seribu

Pengen liburan ke pantai yang jauh dari keramaian kota Jakarta? Kepulauan Seribu jawabannya. Kepulauan ini punya sederet pulau yang siap dijelajahi. Kepulauan Seribu juga termasuk dalam destinasi 10 Bali Baru, daftar tempat wisata unggulan yang jadi prioritas promosi pemerintah. Kepulauan Seribu bersanding dengan sejumlah destinasi wisata lain seperti Danau Toba, Wakatobi, dan Labuan Bajo.

Artinya kecantikan Pulau Seribu udah enggak perlu diragukan lagi. Buat sobat tiket yang tertarik ke Pulau Seribu tapi masih bingung mau singgah ke pulau yang mana, tiket.com mau rekomendasikan salah satu pulaunya, yakni Pulau Macan. Pengan tahu ada apa aja di Pulau Macan? Baca terus ya artikel di bawah ini. 

Pulau dengan Konsep Eco Resort

Sumber: Shutterstock.com

Pulau Macan merupakan salah satu pulau resort di Kepulauan Seribu. Bedanya dengan pulau resort yang lain, pulau ini mengusung konsep eco resort. Salah satunya bisa dilihat dari penggunaan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik di pulau ini.

Uniknya lagi, Pulau Macan juga mengompos sampah yang nantinya dipakai untuk berkebun. Hasil panen dari perkebunan itu selanjutnya diolah menjadi bahan pangan yang pastinya lezat dan aman untuk dihidangkan pada wisatawan yang datang. Jadi, kamu tetap bisa memilih untuk mengkonsumsi makanan sehat meski sedang liburan.

Penginapan yang Ramah Lingkungan

Sebagai pulau resort, pastinya penginapan di Pulau Macan tak akan mengecewakan. Sejalan dengan konsep eco resort, penginapan di pulau ini terbilang unik. Penginapan yang tersedia di sini adalah Pulau Macan Eco Village & Resort. Biar enggak kehabisan, kamu bisa memesannya langsung di situs resmi Pulau Macan yang mengelola penginapan tersebut. Tinggal pilih penginapan berupa pondok (hut) atau ruangan kamar. 

1. Hut

Sobat tiket yang ingin lebih dekat dengan alam bisa memilih untuk menginap di hut. Ada hut yang tersedia dalam varian harga mulai dari Rp2,3* juta per orang untuk menginap 2 hari, 1 malam di hari biasa. Harga tentunya akan sedikit lebih tinggi bila menginap di akhir pekan, mulai dari Rp2,42 juta* per orang. Setiap hut punya kapasitas masing-masing yang berkisar 2-6 orang.

Buat pemburu sunset bisa memilih Sunset Hut, yang juga hut favorit. Sudah bisa ditebak, Sunset Hut menghadap ke arah barat, tempat matahari terbenam. Hut ini jadi pilihan tepat untuk kamu yang tengah berbulan madu. Tenang, kamu yang liburan bareng teman atau keluarga juga bisa tinggal di Sunset Hut kok karena kapasitas maksimalnya untuk 6 orang.

Kamu yang nggak kebagian Sunset Hut, bisa memesan hut yang lain. Ada Island Hut yang menyediakan sundeck, tempat untuk berjemur. Dilengkapi juga dengan kamar mandi privat yang terbuka dan luas. Keren banget!

2. Kamar

Beralih ke ruangan kamar, ada pula beberapa pilihan. Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada kamar berdinding kayu ala kabin atau berdinding bata merah. Ada juga bungalo dari bambu yang senada dengan suasana pantai.

Satu lagi kelebihan bungalo ini, menghadap arah matahari terbenam. Wah! Dengan membayar sekitar Rp1,87* per orang, kamu bisa menginap di ruangan kamar pilihanmu untuk 2 hari 1 malam pada hari biasa.

Semua penginapan di Pulau Macan tidak menggunakan AC. Beberapa dekorasi hut dan kamar juga berasal dari bahan daur ulang seperti sofa yang berada di rumah kabin. Walau daur ulang, desainnya tetap berkelas.

Kegiatan Seru di Pulau Macan

Sumber: Shutterstock.com

Pulau Macan dikenal dengan pasir putih dan lautan biru. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan di sini. Dari sekadar relaksasi di pinggir pantai sampai bertualang di lautan. Penasaran? Langsung aja simak beberapa pilihan kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Macan.

1. Snorkeling

Kegiatan satu ini wajib banget kamu lakukan. Melihat indahnya terumbu karang dan hewan laut tentu enggak boleh dilewatkan. Air laut yang jernih membuat kamu leluasa menikmati pemandangan bawah laut.

2. Scuba Diving

Sobat tiket tertarik untuk menjelajah keindahan laut dalam? Boleh coba scuba diving. Nantinya, kamu akan dibawa dengan speed boat menuju beberapa spot yang cocok untuk diving. Di dekat pulau, juga ada ruang dekompresi, tempat pemulihan bagi penyelam yang mengalami gejala-gejala yang diakibatkan oleh perubahan tekanan air.

3. Island Hopping

Kamu yang ngakunya berjiwa petualang, pasti mau dong coba island hopping. Kamu bisa menjelajah ke beberapa pulau kecil di sekitar. Salah satunya, Pulau Macan Kecil yang masih merupakan bagian Pulau Macan tapi tak berpenghuni. Makin seru kalau kamu island hopping dengan kano atau paddle board. Sensasi mendayung sendiri bikin berasa seperti pelaut sungguhan.

4. Menanam Terumbu Karang

Kalau bisa berlibur sambil melestarikan lingkungan, kenapa enggak? Kamu bisa ikut menjaga alam di Pulau Macan dengan menanam terumbu karang. Selain punya dampak positif, kamu juga menambah pengalaman baru. Sekalian biar lebih akrab dengan alam Indonesia. Siapa tahu kamu bisa menyaksikan terumbu karang yang kamu tanam pas balik liburan ke sini lagi nantinya.

5. Santai di Pantai

Sumber: Shutterstock.com

Enggak ada kata bosan untuk menatap pantai. Sambil menunggu matahari terbenam, kamu bisa keliling pantai, berenang atau bermain pasir pantai yang halus. Yang suka berjemur, manfaatkan sundeck yang ada. Lepaskan semua stres sambil mendengar embusan angin pantai dan suara ombak yang bikin makin betah.

Kamu juga bisa bawa hammock dan mengikatkannya di pepohonan sekitar pantai. Pilih posisi yang terbaik supaya bisa melihat birunya pantai dan hijaunya pepohonan sekaligus.

6. Main Games

Buat yang liburan bersama keluarga atau teman, paling asyik kalau bisa main rame-rame terus ketawa bareng. Salah satu cara memancing tawa adalah dengan main games bersama. Kamu bisa menjajal aneka permainan yang disediakan. Ada board games, frisbees, sampai paddle balls.

7. Menatap Bintang

Di malam hari, sempatkan waktu melihat langit malam. Kalau beruntung, kamu bisa melihat bintang-bintang cantik. Enggak setiap hari kan kamu punya waktu untuk menatap bintang di langit? Di alam terbuka, kamu bebas melemparkan pandanganmu tanpa halangan.

Reservasi dan Biaya Berlibur

Kamu yang berencana liburan di sini wajib melakukan reservasi dulu. Kalau bisa dari jauh-jauh hari terutama saat liburan panjang. Soalnya, banyak yang berminat menghabiskan waktu di Pulau Macan.

Bukan cuma wisatawan lokal tapi banyak juga wisatawan mancanegara. Apalagi kapasitas wisatawan dibatasi hanya maksimal 45 orang. Tak hanya untuk liburan pribadi, Pulau Macan juga terbuka bagi karyawisata sekolah, kegiatan team building, dan acara khusus tertentu.

Sobat tiket yang berminat, bisa mengontak langsung pengelola Pulau Macan Eco Village & Resort. Atau bisa melalui berbagai jasa tur yang ada. Tersedia juga one day tour mulai dari Rp950 ribu*

Cara Menuju Pulau Macan

Usai akomodasi, kamu harus tahu juga mengenai transportasi menuju pulau. Untuk tiba di Pulau Macan, kamu harus menumpang speed boat dari Pantai Marina, Ancol. Cukup duduk manis selama 1,5 – 2 jam, kamu sudah bisa merasakan pasir pantai menyentuh kakimu.

Bagi yang masih belum tahu enaknya ke Ancol naik apa, bisa sewa mobil di tiket.com. Lebih praktis karena kamu juga bisa pilih jenis mobilnya, lho. Jadi, enggak bakal ada cerita ketinggalan karena mobilnya enggak muat.

Setelah tahu Pulau Macan sekeren itu, tunggu apa lagi? Buruan tentuin tanggal buat liburan. Ajak keluarga dan sahabatmu dengan bilang “kuy, jelajahi pantai-pantai cantik di Jakarta.”

*keterangan harga saat artikel dibuat