,

Indahnya Pulau Leebong, Surga Tersembunyi di Belitung

Membicarakan tentang wisata bahari Pulau Belitung nggak bakal ada habisnya! Terlalu banyak pantai dan pulau-pulau kecil yang menawarkan sejuta pesona. Salah satunya adalah Pulau Leebong. Pulau ini memang belum cukup terkenal, tapi justru karena itu asik untuk dikunjungi karena masih tidak ramai. 

Sudah banyak lho yang bilang bahwa Pulau Leebong adalah Maldives-nya Indonesia! Keren kan? Pulau ini cocok untuk di eksplor bagi siapa saja yang ingin merasakan liburan serasa di pulau milik pribadi. Mau honeymoon disini juga bisa banget!

Fasilitas di pulau ini bisa dibilang cukup lengkap. Kamu juga bisa nginap di villa yang ada disini atau kesana setengah hari saja dari pagi sampai sore. Atur aja sesuai dengan budget mu yaaa.

Mengunjungi Pulau Leebong

Pulau Leebong adalah pulau kecil yang terletak di pantai Barat pulau Belitung, tepatnya di Pegantungan, Badau. Jaraknya dari daratan Belitung hanya sekitar 3 km.

Kalau mau cari suasana yang tenang, kamu bisa deh mengunjungi pulau ini. Nih rangkuman tiket.com soal Pulau Leebong biar kamu ada bayangan. Happy Reading!

Pulau Leebong, Surga Tersembunyi di Belitung

Sumber: Shutterstock.com

Saat kamu menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Pulau Leebong, kamu akan disambut pemandangan hutan mangrove yang cantik di sepanjang sisi pelabuhan. Dari tempat ini, kamu cukup berjalan beberapa ratus meter untuk menuju pantai. 

Pemandangan di pulau ini sangatlah alami karena alamnya masih terjaga. Hamparan pasir putih dan lautan biru kehijauan yang luar biasa jernih dengan latar langit yang berwarna biru muda akan membuat jantungmu berhenti berdetak sepersekian detik! 

Dengan luas sekitar 37 hektar, kawasan Pulau Leebong kebanyakan masih berupa hutan yang dijaga kelestariannya. Hewan-hewan seperti burung, rusa, dan kancil bisa ditemukan di hutan pulau ini. Pokoknya natural banget deh. 

Cuaca disini juga cukup bersahabat dan ombaknya jarang-jarang sehingga kamu bisa berenang atau snorkling dengan tenang. Kalau mau nyantai sambil foto-foto coba deh ke Pantai Chicas yang dengan dilengkapi gazebo beratap warna-warni.

Suasana di Pulau Leebong yang nyaman dan tenang yang bisa bikin hati dan pikiranmu adem. Berlibur disini berasa liburan di pulau pribadi yang fasilitasnya sudah lengkap karena dikelola dengan baik oleh sebuah perusahaan swasta. Fasilitas umum seperti toilet, tempat bilas, wahana permainan sampai tempat untuk berolahraga sudah ada. 

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Leebong, dari Naik ke Rumah Pohon sampai Jetski. 

1. Naik ke Rumah Pohon

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selama berada di pulau ini. Tinggal pilih mana yang sesuai selera kamu. Mau nyantai, hunting foto hingga olahraga air. Lengkap deh tinggal pilih. 

Menyusuri Pulau Leebong, kamu akan menemukan beberapa rumah pohon yang tepat berada di tengah-tengah pulau. Kamu bisa naik kesana dan melihat keindahan pantai dari ketinggian. 

Sumber: Shutterstock.com

Spot ini juga sempurna buat foto-foto. Kamu nggak akan berhenti motret deh selama disini. Siapin memori yang banyak ya. Instagram kamu bakal dipenuhi dengan berbagai foto yang oke punya dan pasti bikin temen-temen kamu pengen ikutan!

Lagi pengen nyari ketenangan? Kamu bisa juga nih merenung disini. Dengan udara yang luar biasa segar, beban pikiranmu juga pasti jadi lebih enteng jadinya.

Mau yang romantis? Kamu bisa melihat keindahan pantai di atas rumah pohon bareng pacar. So sweet banget. Serasa dunia milik berdua!

2. Naik Sepeda Keliling Pantai

Yupps! Kamu bisa naik sepeda di sepanjang Pantai Chicas di Pulau Leebong ketika air sedang surut. Pengelola pulau ini nyediain sepedanya kok. Kamu bisa meminjamnya dengan gratiss! Asyik banget lho jalan-jalan keliling pulau dan menyusuri pantai dengan sepeda. Momen ini nggak bisa kamu dapatkan di setiap destinasi wisata. 

Jangan lupa minta teman atau pacar kamu untuk ngambil fotomu saat lagi naik sepeda. Dijamin bagus banget deh. Air laut di Pantai Chicas biasanya surut dari pagi hingga sore dan pasang pada malam hari. 

Ditengah pulau juga ada tracking yang bisa kamu lalui dengan sepeda. Track-nya aman kok dan sejuk. Suasananya juga tenang karena berada ditengah hutan kecil.

3. Olahraga Air

Ada setidaknya 4 olahraga air yang bisa kamu lakukan selama berada di Pulau Leebong. Ada yang gratis dan ada juga yang bayar. Silakan disimak!

  • Kayaking

Kayak merupakan perahu kecil yang menyediakan maksimal dua lubang untuk penumpangnya. Karena perairan Pulau Leboong tidak terlalu dalam, hanya sekitar 3 meter saja, kayaking aman nih buat dilakukan disini. Fasilitas ini gratis kalau kamu nginap di pulau ini. 

  • Snorkeling

Alam bawah laut di sekitar Pulau Leebong indah banget lho. Jadi kamu harus mencoba snorkeling pas lagi disini. Peralatannya bisa kamu dapatkan dan sewa di pulau ini dengan kisaran harga Rp45.000.

Kamu akan mendapatkan peralatan yang lengkap untuk snorkeling seperti masker selam, kaki katak, dan jaket pelampung. Jadi, kamu yang nggak bisa berenang pun bisa melakukannya! Jangan lupa tanya spot-spot yang bagus sama penyewanya ya. 

  • Banana Boat

Naik banana boat itu seru banget, sobat tiket. Kamu perlu nyoba saat liburan kesini. Perahu banana boat bisa menampung 3-10 orang dengan perahu motor yang akan menarik perahu karet ini selama 15 menit. Harga untuk sekali naik banana boat sekitar Rp65.000/5 orang. Kamu akan dipinjamkan pelampung kok, jadi jangan takut. 

  • Paddle Board

Bentuk paddle board ini seperti kayak cuma bedanya bentuknya berupa papan datar. Kamu bisa duduk di atas papan ini dan harus terus mendayung sambil menjaga keseimbangan biar nggak jatuh. Paddle board bisa dinaiki maksimal oleh 2 orang dan fasilitas ini gratiisss!

  • Jetski

Ini olahraga air yang paling mahal karena kalau mau naik jetski, kamu harus menyiapkan uang kurang lebih Rp250.000/orang. Dengan biaya segitu, kamu bisa menaiki jetski selama 15 menit saja. Tapi memang seru banget sih naik jetski, boleh dicoba kalau kamu ada budget lebih. 

Cara ke Pulau Leebong

Untuk bisa mencapai Pulau Leebong, kamu harus ke Pelabuhan Tanjung Ruu yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 50 menit dengan kendaraan bermotor dari pusat kota Tanjung Pandan. Lalu, kamu harus menyewa perahu untuk perjalanan pulang pergi dengan cara reservasi di travel agent. 

Paling enak sih ikutan paket tour, sobat tiket. Dengan harga sekitar Rp470.000/orang, selain biaya perjalanan ke pulau, kamu juga bisa dapat makan siang komplit dengan aneka olahan laut seperti ikan dan cumi sebagai menu utama. Ada free flow air mineral dan teh juga.

Kalau ikut tour, perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Ru biasanya dimulai dari jam 09.00 dan pulang jam 17.00. Kalau mau nginap juga bisa, cuma rate harga villa disini mahal banget bisa lebih dari 4 juta rupiah semalam! 

Gimana nih pendapatmu tentang Pulau Leebong? Mantul kan? Segera nabung dan siapkan rencana perjalananmu ke Belitung dan ke Pulau Leebong dari sekarang. Kuy, pesan tiket pesawatmu di tiket.com! Saat di Belitung jangan lupa ya nyicip kuliner lezat khas Belitung. Makanan enak pasti bikin liburanmu makin menyenangkan.