,

Ini 5 Event dan Festival Seru di Belitung, Jangan Sampai Lewat!

Sobat tiket tahu nggak, ternyata ada banyak event dan festival di Belitung yang nggak bisa kamu temukan di wilayah lain di Indonesia? Ini lho, yang menjadi alasan kenapa Bangka Belitung sekarang jadi tujuan wisata yang nggak kalah ramainya dengan wilayah lain di Indonesia.

Jadi, kalau sobat tiket belum tahu mau ke mana liburan nanti, bisa banget ke Belitung sebagai destinasi. Mau sama keluarga, teman, atau pasangan, Belitung tetap asyik, kok! Mau bukti? Simak sampai habis ulasan ini ya!

Event dan Festival Paling Seru di Belitung

Kalau ditanya, sekarang wisata budaya semakin kalah pamor dengan wisata yang lebih hits atau kekinian. Padahal, sebenarnya budaya itu nggak boleh dilupakan, justru harus tetap dilestarikan supaya bisa tetap dinikmati generasi muda mendatang.

Sebenarnya, wisata itu nggak melulu ke gunung, ke pantai, ke pusat belanja atau taman bermain aja. Coba deh, sobat tiket lebih memperhatikan budaya daerahnya. Seperti misalnya kalau main ke Belitung.

Kalau waktunya tepat, sobat tiket bisa banget melihat langsung event dan festival budaya di Belitung yang seru banget. Jadi, selain jalan-jalan, kamu juga bisa berinteraksi langsung sama penduduk lokal di Belitung. Kuy, catat tanggalnya ya!

1. Beragam Atraksi Menarik di Belitung Beach Festival

Pesona Belitung Beach Festival diadakan mulai tanggal 30 Agustus hingga 1 September. Lokasinya ada di Pantai Tanjung Pendam. Ada banyak atraksi menarik yang bisa kamu saksikan pada festival budaya ini.

Pada hari pertama, akan ada pengumuman pemenang fotografi tingkat nasional. Sembari menyaksikan pengumuman, kamu juga bisa melihat-lihat bazaar produk hasil kerja sama dengan Dinas KUMKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung.

Esoknya, ada lomba mewarnai dan lomba musik grup alias band serta workshop menarik seputar fotografi. Malamnya, kamu bisa melihat langsung pawai talong yang digelar di sekitar Pantai Tanjung Pendam. Hari terakhir, ikuti jalan sehat dan senam pada pagi hari, dan acara puncak sekaligus penutupan pada malam harinya.

Jadi, kapan lagi sih main ke pantai seharian sambil menikmati beragam pertunjukan dan mencoba berbagai kuliner khas Belitung yang enaknya nggak tergantikan? Kamu harus tahu, Mendengar debur ombak malam-malam lebih seru daripada ombak pagi atau siang, lho!

2. Festival Olahraga Seru di Belitung Triathlon

Event dan festival di Belitung selanjutnya adalah Belitung Triathlon, yang digelar pada tanggal 6 hingga 7 Juli. Festival budaya ini digelar di Pantai Tanjung Kelayang dan diikuti oleh ratusan atlet dari seluruh dunia! Wah, pasti seru banget, ya!

Sebenarnya, Belitung Triathlon ini termasuk dalam serangkaian acara kejuaraan olahraga Tri Factor Asian Championship Series 2018 – 2019 Indonesia Series Belitung. Bidang olahraganya sendiri adalah lari, berenang, dan bersepeda.

Tujuan acara ini sendiri nggak lain untuk lebih mengenalkan pariwisata Belitung di kancah internasional. Jadi, nggak cuma kalau ada lomba doang, nantinya wisatawan mancanegara tertarik untuk berkunjung lagi ke Belitung.

Nah, kalau sobat tiket hobi banget sama lari, renang, atau bersepeda, langsung saja daftar untuk periode tahun depan, ya! Kebetulan nih, ketiga bidang olahraga tadi kan lagi hype banget ya di Indonesia. Jangan sampai terlewat, ya!

3. Mengenal Belitung Lebih Dalam di Festival Tanjung Kelayang

Setelah puas nonton para atlet dari seluruh dunia berlomba di Belitung Triathlon, sobat tiket bisa nih main lagi ke Belitung di tanggal 15 sampai 19 November mendatang. Ada apa sih di tanggal itu? Tentu saja ada Festival Tanjung Kelayang, tempatnya ya di Pantai Tanjung Kelayang!

Seru nggak? Pastinya dong! Pasalnya nih, sobat tiket bisa melihat 10 atraksi paling menarik di Belitung. Mulai dari Bangka Belitung Fashion Carnaval, Festival Kuliner Hasil Laut, Lomba Foto dan Vlog, Festival Layang-Layang, sampai Pameran Pariwisata dan Festival Band.

Festival ini diadakan setiap tahunnya. Jadi, kalau misalnya kamu kelewat di tahun kemarin, kamu bisa langsung agendakan liburan ke Belitung tahun ini. Tenang saja, kalau kurang puas, tahun depan ada lagi, kok!

Sebaiknya, datang sebelum acara dimulai ya, jadi sobat tiket bisa jalan-jalan keliling Belitung dulu! Mungkin bisa jalan-jalan ke pantai yang ada di Belitung, atau nyobain kuliner-kuliner enak yang dimiliki pulau ini.

4. Festival Cap Go Meh, Tanda Meleburnya Budaya dan Adat di Indonesia

Sumber: Shutterstock.com

Sudah tahu kan ya, kalau Indonesia itu punya banyak banget adat, budaya, ras, suku bangsa, dan agama? Nah, supaya semua melebur dan toleransi makin terjaga, diadakan Festival Cap Go Meh di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Belitung.

Festival ini diadakan 15 hari setelah perayaan Imlek, jadi waktunya bisa berubah-ubah. Pada Festival Cap Gomeh di Belitung, kamu nggak hanya bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal keturunan bangsa Tionghoa, tetapi bisa nonton kembang api dan barongsai juga!

Dahulu, event dan festival di Belitung ini selalu diadakan dengan begitu meriah. Masyarakat setempat akan menerbangkan lampion warna-warni di rumah masing-masing. Memang, ada sedikit perubahan seiring dengan waktu berjalan, tetapi nggak lantas membuat perayaan ini kehilangan keseruannya.

Pastinya, digelarnya Festival Cap Go Meh ini sekaligus untuk memajukan pariwisata Belitung. Jadi, nggak sebatas pada upaya untuk melestarikan budaya dan agama saja. Akulturasi tetap perlu dijaga dan dipertahankan, ya nggak?

5. Titik Temu Belitung, Pertunjukan untuk Mempertahankan Kearifan Lokal

Digelar di Pantai Ujung Seberang, Kabupaten Belitung, Titik Temu Belitung adalah festival teater yang menampilkan tarian khas Bangka Belitung dengan sedikit kreativitas. Tujuannya adalah mengenalkan budaya Suku Sawang dalam bentuk tari dan musik.

Di sini, kamu bisa menyaksikan langsung Tari Sambut untuk menyambut tamu-tamu yang hadir. Lalu, ada pula Tari Beripat Beregong, Tari Memetik Lada, dan tarian yang menceritakan tentang Sriwijaya dalam sebuah pertunjukan teater yang begitu unik dan otentik.

Pada puncak acara, sobat tiket bisa menyaksikan Parade Kapal Perang yang dibawakan oleh pasukan TNI Angkatan Laut. Tak ketinggalan, pengibaran Sang Saka Merah Putih sebagai bukti jiwa nasionalisme warga negara Indonesia.

Kalau sobat tiket datang ke Belitung sama pasangan, pasti pengen dong buat momen romantis berduaan. Nih, rekomendasi tempat romantis di Bangka Belitung, dijamin momen berdua makin nggak terlupakan deh!

Kuy, Eksplor Bangka Belitung!

Ternyata, ada banyak event dan festival di Belitung yang seru banget, ya! Jadi, sobat tiket jangan sampai ketinggalan. Pantau terus informasi terbaru, karena ada beberapa festival yang diadakan di waktu yang berbeda setiap tahunnya.

Kalau sudah dapat event pilihan yang ingin didatangi, sobat tiket harus segera pesan tiket dan akomodasi. Belitung akan ramai dengan wisatawan, tiket dan hotel pun sangat cepat ludes terjual. Supaya lebih mudah booking-nya, sobat tiket pakai saja aplikasi tiket.com.

Mau pesan hotel, mau pesan tiket pesawat, mau pesan tiket kereta, atau mau beli tiket masuk atraksi menari, semua bisa! Bahkan, ada banyak banget promo dan penawaran seru yang menanti, lho! Kuy, pesan sekarang sebelum kehabisan!