,

Bawa 7 Snack Khas Thailand Ini untuk Keluarga di Tanah Air, Pastinya Menggoyang Lidah!

Menjelajahi keindahan Thailand tentu tidak terlepas dari mencicipi kulizer lezat asli dari daerah tersebut. Di negeri gajah putih, ada berbagai macam makanan menggiurkan yang bisa sobat tiket coba.

Rad na (kwetiau lebar yang digoreng dengan daging sapi, ayam atau seafood), tom yam, hingga kari merah bisa kamu nikmati langsung di Thailand. Sobat tiket juga ingin membawakan cita rasa khas negeri pagoda ini untuk keluarga di tanah air? Mari simak ulasan dari tiket.com berikut ini.

Cita Rasa Menggiurkan dari Negeri Gajah Putih

Thailand tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata yang menawan, tetapi juga deretan kuliner yang menggiurkan untuk dicicipi. Thailand bisa jadi salah satu tempat liburan ke luar negeri meski sedang bokek karena termasuk negara dengan biaya murah. Jangan lupa bawa oleh-oleh makanan berikut untuk keluarga tercinta di tanah air.

1. Tao Kae Noi, Olahan Rumput Laut yang Gurih

Kalau biasanya sobat tiket memakan rumput laut di dalam es campur, berbeda dengan Tao Kae Noi. Rumput laut diolah sehingga berbentuk seperti kertas lalu digoreng. Rasanya cenderung asin dan sedikit amis gurih karena terbuat dari rumput laut asli. 

Sumber: Shutterstock.com

Makanan ringan ini bisa jadi pilihan oleh-oleh yang tepat untuk anak-anak hingga dewasa. Beberapa varian berbentuk seperti kertas yang dikemas dalam plastik, kamu bisa membawa banyak Tao Kae Noi tanpa khawatir menghabiskan ruang bagasimu.

2. Pad Thai, Kwetiau Nikmat dari Negeri Gajah Putih

Kwetiau atau mie beras direndam dalam air, kemudian ditumis dengan telur atau tahu, ditambah bumbu khas Thailand yang sedap dan aneka topping, kenikmatan yang sayang untuk dilewatkan. Kuliner ini sering ditemui di penjual kaki lima hingga restoran di Thailand. Rasanya yang otentik membuat kamu tidak bisa berhenti menyantap hingga habis.

Tidak perlu khawatir, rasa dari bumbu kwetiau yang nikmat ini bisa juga kamu bawa sebagai buah tangan. Sudah ada beberapa perusahaan mie yang mengemasnya menjadi instan. Tinggal seduh dan mudah dibawa kemana-mana.

3. Bawakan Bento Squid Thailand untuk Pecinta Pedas

Aroma tajam langsung semerbak ketika kemasan dibuka. Terbuat dari cumi-cumi dan ikan segar pilihan, rasa cumi-cumi yang paling banyak dicari oleh wisatawan dan warga lokal. Bento Squid Thailand tersedia dalam rasa original dan pedas. Berbentuk seperti lembaran kertas, makanan ringan satu ini mudah dibawa dalam jumlah banyak.

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket dengan mudah menemukan oleh-oleh yang satu ini di toko oleh-oleh di Bangkok dan beberapa kota lainnya. Bento Squid ini bebas dari bahan pengawet buatan, sehingga rasanya enak seperti makan cumi-cumi asli. Tidak hanya Thailand, Makassar juga punya jajanan tradisional yang nikmat.

4. Dehydrated Fruit, Cara Beda Makan Buah

Dehydrated fruit di Thailand kebanyakan terbuat dari buah yang ditanam secara organik alias tidak menggunakan pestisida kimia. Ada dua jenis dehydrated fruit yang bisa sobat tiket temui di Thailand, buah kering dan acar. Harga oleh-oleh yang satu ini berkisar 45-200* baht.

Buah segar dikeringkan kemudian dikemas dalam wadah plastik. Ada beberapa merek yang sudah terkenal, ada juga yang dijual dengan kemasan plastik bening. Aneka macam buah yang dikeringkan rasanya cenderung manis dan segar. Rasa mangga dan kiwi adalah rasa yang paling banyak diincar wisatawan.

*Harga saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

5. Raja Buah yang Jadi Keripik di Thailand

Makan buah durian asli sudah biasa, coba cicipi keripik yang terbuat dari raja buah dari Thailand. Ada dua bentuk dari olahan durian ini, berbentuk tipis seperti keripik pada umumnya dan durian utuh yang dikeringkan (sering disebut vacuum-freeze dried durian). Wah, jadi penasaran kan rasanya seperti apa. 

Sumber: Shutterstock.com

Keripik durian bisa jadi alternatif cara memakan durian tanpa mencium aromanya yang semerbak. Ya, untuk kamu yang kurang suka dengan aroma durian bisa makan durian dengan tenang. Keripik durian yang tipis kebanyakan diproduksi oleh usaha rumahan di Thailand. Belanja sekaligus mendukung usaha masyarakat, wajib dicoba nih!

6. Makanan Tradisional dari Campuran Biji-bijian

Beras yang diproses sampai mengembang dicampur dengan kacang tanah dan biji-bijian lain menjadi bahan utama kra ya sart. Campuran biji-bijian dicampur dengan gula dan santan kelapa agar menyatu. Pada tahap akhir, adonan dipotong segi empat dan dikemas. Bentuknya mirip seperti ting ting kacang di Indonesia. 

Makanan tradisional ini sering dibuat masyarakat untuk menyambut bulan baru, biasanya sekitar bulan September. Seiring berkembangnya zaman, sobat tiket bisa menikmati kra ya sart yang dibeli dari toko oleh-oleh di Thailand. Bahkan pemasarannya sudah meluas tidak hanya di Thailand saja.

7. Royal Chitralada Milk Candy

Rasa coklat atau susu asli bisa sobat tiket pilih jadi oleh-oleh yang pas untuk keponakan tercinta di tanah air. Tidak hanya anak, rasa manis bercampur susu yang nikmat juga disukai orang dewasa. Permen susu ini termasuk oleh-oleh dengan harga yang terjangkau. Bisa jadi pilihan yang tepat saat kantong mulai menipis usai berbelanja di Thailand.

Sumber: Shutterstock.com

Tips Memilih Oleh-oleh Makanan dari Thailand

Berkeliling di Thailand, toko oleh-oleh adalah destinasi wajib bagi wisatawan seperti sobat tiket. Sebelum membeli oleh-oleh makanan, baca dulu tips dari tiket.com agar aman dan nyaman.

Belanja oleh-oleh. Di Thailand terdapat banyak pasar tradisional maupun modern yang menyediakan oleh-oleh. Pilih lokasi yang terpercaya dan menunjukkan daftar harga sebelum kamu memutuskan untuk membeli. Jika kamu memilih pasar tradisional, gunakan keahlian tawar menawar yang kamu miliki untuk mendapatkan harga terbaik.

Coba dulu. Ada baiknya kalau kamu mencicipi terlebih dahulu oleh-oleh makanan sebelum dibeli. Setelah sobat tiket mencicipi, bisa memutuskan untuk membeli sebagai oleh-oleh atau tidak. Selamat icip-icip!

Harga. Ada harga ada rupa, begitulah  yang sering dikatakan orang. Jangan tergiur dengan harga murah dan tampilan yang menarik, bisa jadi isinya tidak sesuai dengan ekspektasi. Sobat tiket bisa membandingkan harga untuk produk yang sama dari toko satu dengan yang lain.

Jenis makanan. Makanan kering sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di tanah air. Selain masa kadaluarsanya lama, sobat tiket juga tidak kerepotan saat membawa di dalam pesawat. Membawakan oleh-oleh makanan untuk umat muslim pastikan ada label halal pada kemasan.

Tanggal kadaluarsa. Perhatikan tanggal kadaluarsa setiap makanan yang kamu beli. Pastikan sudah memberikan oleh-oleh kepada keluarga sebelum tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Pilih makanan dengan tanggal kadaluarsa paling lama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sobat tiket sudah tidak tahan untuk mencicipi langsung tom yam di Thailand? Instal aplikasi  tiket.com di smartphone kamu dan nikmati berbagai kemudahan transaksi pemesanan tiket pesawat. Selain tiket pesawat, sobat tiket juga bisa pesan hotel untuk kamu dan sahabat tercinta selama liburan di Thailand.