,

Tips Liburan ke Luar Negeri Meski Lagi Bokek, Bisa Banget!

Bisa liburan ke luar negeri adalah impian banyak orang. Apakah sobat tiket juga salah satu orang yang pengen bisa liburan ke negeri orang? Kalau iya, udah seberapa jauh nih perencanaan liburannya? Apakah sudah di tahap mau berangkat, atau masih mengumpulkan uang?

Ngomongin soal ngumpulin uang buat liburan, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan biar kamu bisa liburan ke luar negeri dengan bujet yang terbatas. Pelajari trik di bawah ini, dan niscaya kamu bisa berangkat liburan tanpa membuat anggaran membengkak.

Cara Hemat Pergi Liburan ke Luar Negeri

Liburan ke tempat-tempat yang menakjubkan di dunia ini nggak harus bikin kamu ngeluarin uang dalam jumlah yang sangat banyak. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan biar kamu bisa tetep liburan ke luar negeri dengan bujet terbatas. Ini dia caranya!

1. Pesan Tiket Pesawat PP dari Jauh Hari

Dimulai dari tips sebelum kamu berangkat. Satu hal yang harus kamu pastikan terlebih dulu dari awal adalah transportasi bolak-balik dari & ke negara tujuanmu. Kamu harus mengalokasikan uangmu untuk membeli tiket pesawat pulang-pergi.

Selain kurang ideal, pergi liburan tanpa merencanakan transportasi pulang juga merupakan langkah yang salah banget. Karena bisa saja kamu lupa menghitung dan ternyata uangmu habis untuk berbelanja di sana.

Kamu bisa pesan tiket pesawat di tiket.com yang punya fitur Smart Trip. Fitur ini bisa bikin kamu dengan mudah pesan tiket pesawat pulang-pergi dengan harga yang lebih murah. Selain itu ada juga fitur Tiket Anti Galau yang bisa jamin uang refund 100% kalau kamu terpaksa harus membatalkan perjalananmu. Keren kan!?

2. Tepat Memilih Jadwal Penerbangan

Tiket pesawat di hari-hari biasa, alias bukan hari libur atau akhir pekan cenderung lebih murah. Kamu bisa pesan tiket di hari senin – jumat misalnya. Selain itu, pergi liburan di luar hari libur juga bisa bikin kamu tak perlu banyak mengantri karena tidak banyak orang yang bepergian di waktu tersebut.

Kamu juga sebaiknya pilih kelas penerbangan ekonomi, tidak perlu upgrade ke kelas yang lebih mewah. Jam penerbangan juga sedikit banyak punya pengaruh dalam hal harga. Penerbangan di pagi buta atau paling malam biasanya tersedia dalam harga yang lebih murah.

Kalau kamu terpaksa hanya bisa berangkat di hari libur atau di akhir pekan, usahakan untuk membawa barang seminimal mungkin. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengurangi biaya bagasi pesawat.

3. Hindari Musim Liburan

Selain terbang di luar hari libur, usahakan juga untuk tepat memilih momen liburanmu. Hindari waktu-waktu di mana sekolah sedang musim libur, karena di saat itu biasanya harga tiket akan lebih mahal dari biasanya. Kamu bisa cari tahu informasi tentang negara yang ingin kamu tuju dari internet.

Keuntungan lain dari pergi liburan di luar musim libur tidak lain dan tidak bukan adalah harga tiket yang lebih murah. Udah bukan rahasia lagi, itu adalah trik dari industri perjalanan dan pariwisata untuk menarik minat wisatawan.

4. Rencanakan Liburanmu dengan Baik

Petualangan yang dilakukan secara spontan memang bisa memberikan pengalaman dan kesan yang menyenangkan, apalagi kalau ke luar negeri. Tapi dengan catatan kamu akan berurusan dengan harga last-minute yang mahal.

Nah, kalau kamu terbatas oleh anggaran, maka kamu harus rencanakan liburanmu dengan baik. Kamu tak perlu membuat itinerary yang sangat padat, setidaknya kamu cukup memperhitungkan berapa lama kamu bisa pergi liburan ke suatu negara dengan dana yang kamu miliki.

Dengan kata lain, usahakan kamu sudah meminimalisir atau mengantisipasi adanya pengeluaran yang tak penting. Karena harga tiket pesawat dan penginapan yang kamu pesan secara mendadak akan cenderung lebih mahal.

5. Perhatikan Tempat Menginap

Ngomong-ngomong soal penginapan, ini juga merupakan salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Buang jauh-jauh pemahaman mengenai penginapan murah itu nggak nyaman. Nyatanya ada banyak hotel murah yang bisa bikin betah.

Selain itu, menginap di satu tempat bersama-sama juga bisa meringankan beban biaya karena kamu bisa membagi tarif hotel bersama teman-teman. Jadi, dengan tarif hotel yang murah ditambah patungan bareng teman-teman, maka masalah penginapan pun sudah terselesaikan alias solved!

Kalau mau tau cari paling mudah buat dapetin hotel yang murah dan kepastian kenyamanan, kamu bisa pesan kamar hotel lewat tiket.com. Lewat tiket.com, kamu bisa cari tahu informasi lengkap dari hotel yang kamu inginkan.

6. Jangan Ada yang Ketinggalan

Pastikan kamu sudah membuat daftar barang apa saja yang harus dibawa supaya tidak ada yang ketinggalan. Tidak ada barang yang ketinggalan artinya kamu nggak perlu beli barang yang kamu perlukan di negara tujuanmu, kecuali tentu saja oleh-oleh.

Beberapa barang yang harus kamu bawa ke mana pun antara lain adalah celana jeans, jaket hangat, dan jaket tahan air untuk mengantisipasi cuaca yang tak bisa ditebak. Jangan lupa juga beberapa barang yang wajib dibawa saat liburan ke luar negeri.

7. Sehemat Mungkin di Negara Tujuan

Masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menekan pengeluaran selama sedang liburan ke luar negeri. Misalnya, kamu bisa pilih beli makan siang di tempat-tempat yang murah seperti supermarket atau di pasar lokal daripada di restoran atau kafe.

Trik lain untuk berhemat adalah dengan berjalan kaki, selama itu masih bisa dijangkau. Kalau jaraknya udah terlalu jauh, misalnya kamu ingin ke negara lain di Benua Eropa, usahakan untuk memilih jalur darat seperti menggunakan bus atau kereta yang pasti lebih murah dari pesawat.

Pulang dari Luar Negeri dengan Kenangan Bahagia

Kumpulan tips hemat liburan ke luar negeri di atas bisa kamu aplikasikan langsung ke rencana liburan kamu yang selanjutnya. Sudah semakin yakin buat berangkat? Ayo langsung pesan tiket pesawat ke negara impianmu!