Menu Makanan Khas Kemerdekaan

,

5 Menu Makanan Khas di Berbagai Daerah Saat Peringatan Kemerdekaan

Menu Makanan Khas Kemerdekaan – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tentu serangkaian perayaan sudah mulai terlihat ya, sobat tiket. Mulai dari pernak-pernik khas 17 Agustusan, hingga acara-acara yang mulai dipersiapkan untuk menyambut Hari Kemerdekaan.

Namun ternyata, ada juga lho makanan khas di beberapa daerah, yang menjadi menu makanan khas khusus di Hari Kemerdekaan. Tentunya, ada sejarah yang terkandung di baliknya ya, sobat tiket. Mengapa makanan tersebut menjadi makanan khas saat peringatan kemerdekaan.

Kamu mau tau kira-kira apa saja makanan khas kemerdekaan tersebut, dan kisah di baliknya? Ayo simak ulasan berikut ini ya, sobat tiket!

5 Menu Makanan Khas Kemerdekaan, Udah Pernah Coba?

Ada beberapa menu makanan khas kemerdekaan yang mungkin tidak asing lagi bagi kamu nih, sobat tiket. Namun, kamu pastinya belum pernah dengar sejarah di baliknya kan? Kalau belum tau, dan penasaran kira-kira seperti apa, berikut ini penjelasannya!

1. Nasi Goreng Tiwul – Kediri

Kamu tentu tau kan, sobat tiket, pada zaman penjajahan dulu masyarakat Indonesia dipaksa untuk menyerahkan hasil pangan kepada para penjajah? Dengan sistem tersebut, tentunya menjadikan rakyat Indonesia, terlebih di Pulau Jawa mengalami kesulitan pangan.

Menu Makanan Khas Kemerdekaan - Nasi Goreng Tiwul

 

Sedangkan satu-satunya hasil panganan yang tidak diminati oleh penjajah adalah singkong. Oleh rakyat di Pulau Jawa khususnya, bahan singkong ini diolah menjadi makanan lezat yaitu tiwul.

Nasi goreng tiwul merupakan salah satu olahan makanan berupa nasi yang dicampur dengan tiwul dan beberapa bumbu sederhana sebagai pelengkap rasa. Hingga saat ini, menu makanan yang mengingatkan pada masa penjajahan menjadi makanan yang banyak digemari masyarakat luas.

2. Nasi Jagung – Madura

Tidak berbeda jauh dengan nasi goreng tiwul, nasi jagung merupakan makanan olahan antara nasi dan jagung. Hal ini dikarenakan jagung juga salah satu makanan yang melimpah ruah untuk dijadikan panganan.

Menu Makanan Khas Kemerdekaan - Nasi Jagung

Sedangkan beras atau nasi merupakan bahan makanan yang sulit untuk didapatkan. Sehingga, para rakyat di Madura menjadikan jagung sebagai bahan makanan yang dicampur dengan nasi. Makanan yang mengandung protein dan sumber energi protein ini yang menjadi makanan para pejuang di tanah Madura silam.

3. Tumpeng Merah Putih – Jawa

Tumpeng merah putih sebenarnya sama dengan tumpeng pada umumnya kok, sobat tiket. Namun, kalau biasanya tumpeng yang kita temui berwarna kuning, tumpeng merah putih memiliki warna merah dan putih seperti namanya.

Menu Makanan Khas Kemerdekaan - Tumpeng Merah Putih

Tumpeng juga identik dengan acara syukuran kan, sobat tiket? Untuk itu, adanya tumpeng merah putih ini juga memiliki arti sebagai perayaan dan peringatan Hari Kemerdekaan Merah Putih. Lauk yang menjadi pendamping tumpeng merah putih ini pun sama kok dengan tumpeng pada umumnya.

4. Perkedel Jagung – Sulawesi Utara

Kalau menu makanan khas kemerdekaan yang satu ini datang dari kota Sulawesi Utara nih, sobat tiket. Masih ingat kan? Kalau jagung merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dan harganya pun murah pada zaman penjajahan dulu.

Supaya tidak bosan, maka munculah kreasi perkedel jagung yang lezat sebagai panganan para masyarakat di Sulawesi Utara di zaman penjajahan dulu.

5. Soto Tangkar – Betawi

Satu lagi menu makanan khas kemerdekaan yang hingga saat ini masih sangat digemari masyarakat luas. Soto Tangkar merupakan menu makanan khas Betawi yang terbuat dari olahan jeroan sapi. Meskipun begitu, rasa dari menu makanan yang satu ini lezat banget lho!

Kamu tau nggak nih, sobat tiket? Kalau di zaman penjajahan Belanda dulu, para penjajah hanya akan menyantap bagian daging sapi saja. Sehingga, bagian lain yang tidak dikonsumsi diberikan kepada rakyat.

Nah, dari olahan tersebut di buatlah menu makanan berupa Soto Tangkar, yang bahkan juga disukai oleh para penjajah di zaman tersebut. Kalau sobat tiket, sudah pernah belum coba menu makanan khas kemerdekaan yang satu ini?

Nikmati Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Cara yang Berbeda

Hari Kemerdekaan sudah semakin dekat nih, sobat tiket. Kamu sudah punya rencana untuk merayakannya dimana belum? Sebagai anak muda, tentu jiwa petualangan kamu masih sangat tinggi kan, sobat tiket?

Tempat unik memperingati kemerdekaan RI berikut ini bisa menjadi referensi untuk kamu, lho! Rencanakan memperingati hari kemerdekaan anti mainstream bersama dengan teman-teman atau keluarga kamu.

Pesan tiket pesawat di tiket.com untuk menuju destinasi yang kamu inginkan!