Masjid Terindah di Lombok

,

Berwisata ke Pulau Seribu Masjid, Ini 3 Masjid Terindah di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Sobat tiket tahu kan pulau mana yang dapat julukan Pulau Seribu Masjid?

Bener banget, Pulau Lombok adalah jawabannya! Julukan itu disandang Lombok bukan tanpa alasan, lho. Di pulau yang luasnya sekitar delapan kali luas DKI Jakarta ini, ada ribuan masjid yang tersebar di berbagai penjuru.

Penduduk Lombok mayoritas beragama Islam. Wajar kalau kamu sering mendengar kumandang adzan setiap waktu salat tiba. Apalagi, dalam satu desa saja bisa berdiri lebih dari satu buah masjid. Jadi, sobat tiket yang muslim tetap bisa liburan sambil menunaikan ibadah tanpa takut kesulitan menemukan rumah ibadah berupa Masjid di sini. 

Suku Sasak dan Islam Wetu Telu

Data Badan Pusat Statistik tahun 2017 mencatat jumlah masjid di NTB sudah menyentuh angka 5.224 masjid. Ini belum menghitung mushola dan langgar ya. Menariknya, akar Islam yang begitu kuat di masyarakat ini bisa berjalan harmonis, lho, dengan industri pariwisata.

Sobat tiket bisa memilih wisata religi sebagai salah satu aktivitas liburan di Lombok. Apalagi, pemeluk agama Islam di Lombok mayoritas berasal dari suku Sasak. Boleh dibilang Islam yang dianut suku Sasak mewakili sebagian kecil keragaman wajah Islam Indonesia. 

Sobat tiket akan menjumpai deretan kebiasaan unik orang Sasak yang nggak dimiliki umat Islam lainnya. Contoh paling nyata adalah kehidupan penduduk Desa Bayan di Lombok Utara. Warga keturunan Sasak di desa ini menganut Islam Wetu Telu.

Berbagai sumber menyebutkan, penamaan Wetu Telu itu berarti muncul dari tiga hal. Salah satunya, ajaran yang diyakini penganut Islam Wetu Telu bersumber dari tiga otoritas, yaitu Alquran, hadis, dan ijma. 

Kalau sobat tiket sempat membandingkan praktik ibadah penganut Islam Wetu Telu dan Islam secara umum, memang akan muncul beberapa perbedaan. Mulai dari perbedaan ritual puasa, shalat, pengucapan kalimat syahadat, hingga berzakat.

Namun, perbedaan itu membuat tradisi penganut Islam Wetu begitu menarik untuk sobat tiket kenali lebih dekat. Kamu bisa bikin itinerary khusus berkunjung ke Desa Bayan. Ngobrol-ngobrol langsung dengan warga setempat bakal bikin kamu sadar, betapa Indonesia ini negeri yang kaya tradisi warisan leluhur!

3 Masjid Terindah di Lombok

Nah, buat sobat tiket yang ingin berwisata religi di Lombok, beberapa masjid indah di Lombok ini bisa masuk dalam destinasi pilihan. Ayo, kita simak ulasannya berikut ini!

1. Kemegahan Masjid Islamic Center yang Memukau

Masjid Islamic Center ini bakal mencuri perhatian sobat tiket begitu tiba di kota Mataram. Berdiri di atas tanah seluas 6,7 hektar, masjid yang bernama asli Masjid Raya Hubbul Wathan ini tampil kontras dengan bangunan di sekitarnya.

Kubah raksasa berkelir emas dengan motif batik sasambo hijau tua terlihat menonjol. Perlu sobat tiket tahu, sasambo adalah motif batik khas NTB dan mewakili tiga suku utama NTB, yaitu Sasak, Samawa, dan Mbojo.

Masjid Terindah di Lombok - Masjid Islamic Centre
Sumber: Shutterstock.com

Empat menara dengan tinggi 66 meter tampak menjulang di tiap sudut masjid. Sedangkan, satu menara utama setinggi 99 meter berdiri kokoh di pintu utama masjid dan menambah kemegahan Masjid Islamic Center ini. Oya, sobat tiket bisa naik ke menara utama ini untuk melihat pemandangan kota Mataram dari ketinggian. 

Masjid Islamic Center selalu dipadati pengunjung setiap bulan Ramadan tiba. Rangkaian kegiatan keagamaan rutin diselenggarakan selama bulan suci tersebut. Bahkan, banyak pengunjung rela jauh-jauh ke sini hanya untuk menunaikan shalat tarawih di masjid kebanggaan masyarakat Lombok ini.

2. Kubah Cantik Masjid Agung Praya

Masjid Agung Praya bisa sobat tiket kunjungi di Lombok Tengah. Masjid ini sudah dibangun sejak tahun 1979 dan dulunya hanya berupa mushola kecil yang berada di lahan bekas perkebunan tebu. 

Sejarah pendirian Masjid Agung Praya tidak bisa dipisahkan dari inisiatif Bupati Lalu Sri Gede ketika itu. Salah satu program kerja sang bupati adalah menata infrastruktur jalan, perkampungan, serta sarana dan prasarana kegiatan masyarakat. Masjid Agung Praya adalah buah pemikiran sang bupati dan masih berdiri gagah hingga kini.

Masjid Terindah di Lombok - Masjid Agung Praya
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket pasti nggak akan bisa berpaling dari motif geometrik kubah masjid cantik ini. Kombinasi warna biru tua, biru muda, dan kuning membuat kubah masjid ini begitu unik. Dinding putih masjid tampak selaras dengan kubahnya, sehingga menghasilkan tampilan masjid yang menawan.

Suasana adem dan sejuk juga bakal sobat tiket rasakan, berkat kehadiran taman kecil di sekitarnya. Coba kamu bayangin, duduk santai menikmati angin sepoi-sepoi di area masjid usai menunaikan shalat ashar. Bikin sobat tiket betah berlama-lama kan?  

3. Napak Tilas di Masjid Bayan Beleq

Bagi sobat tiket yang ingin merasakan langsung wisata religi dan wisata sejarah budaya sekaligus, datang ke Desa Bayan jadi pilihan utama. Kamu bisa napak tilas sejarah masuknya Islam di Masjid Bayan Beleq. Usia masjid bersejarah ini hampir 300 tahun, lho! 

Bangunan masjid ini memang sekilas mirip dengan rumah-rumah yang ada di desa tersebut. Namun, kamu bisa bertanya dengan warga setempat di mana masjid ini berada. Masjid Bayan Beleq adalah masjid pertama yang berdiri di Pulau Lombok, jauh sebelum ribuan masjid lain dibangun di seantero Pulau Lombok ini.

Ukuran masjid kuno ini cuma 9 x 9 meter saja. Dinding bangunan terbuat dari anyaman bambu, menopang atap berbentuk tumpang dari susunan bilah bambu. Pondasi lantai masjid juga berasal dari batu kali dengan lantai tanah liat yang dilapisi tikar buluh. 

Masjid Terindah di Lombok - Masjid Bayan Beleq
Sumber: Shutterstock.com

Ada empat tiang utama yang berdiri kokoh di empat sudut masjid, berbahan kayu nangka dan berbentuk silinder. Lalu, sebuah bedug kayu digantung pada tiang atap masjid. Penamaan beleq karena di dalam masjid terdapat makam besar (beleq) penyebar agama Islam pertama di Desa Bayan, yaitu Gaus Abdul Rozak. 

Masjid Bayan Beleq tidak lagi digunakan sebagai tempat beribadah sehari-hari oleh penduduk setempat. Namun, saat hari besar agama Islam tiba, masjid ini akan ramai dikunjungi orang-orang, baik dari penduduk setempat maupun wisatawan.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad adalah salah satunya. Sobat tiket bisa datang dan mengikuti rangkaian perayaan kelahiran Nabi Muhammad selama dua hari di Masjid Bayan Beleq. Bahkan, kamu wajib memakai baju adat Sasak, seperti sapuk dan dodot jika ingin berpartisipasi dalam ritual ini. Gimana, kamu berminat jadi orang Sasak sehari? 

Transportasi Andalan Keliling Lombok

Ingin keliling Lombok aman dan nyaman? Sewa mobil di tiket.com aja! Kamu cukup duduk manis menikmati perjalanan dan siap-siap mengagumi 3 masjid indah di Lombok dari dekat, tanpa khawatir soal cara menuju ke sana. 

Sewa mobil di tiket.com pasti recommended karena kamu nggak usah pusing-pusing cari referensi jasa sewa mobil terpercaya. Oya, kamu bisa pilih jenis mobil dan paket sewa sesuai kebutuhan. Kalau boleh saran nih, ambil paket sewa mobil lengkap dengan sopir dan sudah termasuk BBM aja. Lebih praktis deh buat kamu!

Sebelum pulang kembali ke kota asal kamu, jangan lupa beli oleh-oleh khas Lombok untuk keluarga atau orang tersayang di rumah ya! Selamat jalan-jalan di Lombok!