wisata alam di lombok

,

10 Tempat Wisata Alam Cantik Ini Wajib Dikunjungi Kalau Kamu ke Lombok

Sobat tiket sedang merencanakan liburan? Lombok bakal jadi rekomendasi yang sempurna! Pulau dengan luas hampir 4.800 kilometer ini akan menawarkan sebuah pengalaman berwisata yang sulit buat dilupakan, lho.

Nggak hanya Bali, Lombok juga hadir dengan beragam destinasi wisata alam yang keindahannya memukau. Mulai dari pantai hingga air terjun, pesona kecantikan wisata alam di Lombok populer di kalangan wisatawan.

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Alam Terbaik di Lombok

Bicara soal wisata alam di Lombok, apa sih yang ada dalam bayangan sobat tiket? Pasti kamu membayangkan pantai eksotis dan laut biru jernih, deh. Eits, tapi nggak cuman pantai yang bisa kamu datangi, masih banyak destinasi lain yang nggak kalah serunya kok.

Ada juga bukit, gunung, bahkan air terjun yang keindahannya bakal bikin liburan di Lombok makin sempurna. Daripada penasaran, yuk simak rekomendasi wisata alam di Lombok terbaik dari tiket.com di bawah ini!

1. Mengunjungi Pantai Anti Mainstream Lombok di Pantai Semeti

wisata alam di lombok
Sumber: shutterstock.com

Sebagai pulau yang dikelilingi oleh pantai, Lombok hadir dengan berbagai destinasi pantai eksotis yang bisa dikunjungi. Nggak heran, banyak pantai yang jadi tempat wisata populer. Namun, jika kamu ingin menyusuri pantai yang belum banyak diketahui wisatawan, Pantai Semeti ini jadi pilihan yang pas.

Pantai ini memiliki karakter yang unik, dengan hamparan pasir putih diselingi batuan dan tebing karang berbagai ukuran. Menariknya, ketika air surut, kamu akan bisa melihat banyak sekali biota laut yang tersembunyi dalam batuan tebing karang.

Buat mengabadikan momen, kamu bisa nih mendaki batu karang yang ada di sana. Jangan lupa pakai sepatu anti licin kalau berencana foto di sana, ya. Birunya air laut yang terhampar sebagai latar belakang bikin foto kamu makin kece.

Pantai ini terletak di Lombok Tengah, bersebelahan dengan Pantai Mawi. Pantai Mawi ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisatawan yang gemar berselancar. Sayangnya, jalan yang menjadi akses ke pantai ini agar sedikit sulit dilewati. Saran tiket.com, kamu bisa menggunakan jasa local guide untuk sampai ke pantai ini!

2. Segara Anak, Indahnya Danau Vulkanik Sebiru Laut di Rinjani

Nggak hanya pantai yang jadi destinasi wisata alam primadona di Lombok, lho. Gunung dan danau juga jadi pilihan favorit lainnya dari para wisatawan. Salah satu yang menarik buat dikunjungi adalah Segara Anak. Segara anak merupakan danau vulkanik yang nggak asing lagi bagi para pendaki Gunung Rinjani.

Danau vulkanik ini memiliki kedalaman 230 meter, terbentuk dari kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air. Keindahan danau ini terletak pada airnya yang berwarna biru laut yang begitu menyita mata.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan lain dari Gunung Barujari dari sekitar danau. Gunung barujari sendiri memiliki julukan “gunung di atas gunung”, merupakan anak Gunung Rinjani yang masih aktif hingga saat ini.

Segara Anak yang berada di ketinggian 2.000 Mdpl ini kerap dijadikan tempat singgah atau bermalam para wisatawan yang ingin mendaki Rinjani. Buat kamu yang tertarik menuju danau ini, aksesnya bakal sama seperti mendaki gunung Rinjani kok, sobat tiket.

3. Menaklukan Rinjani, Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia

wisata alam di lombok
Sumber: shutterstock.com

Lombok memang lekat dengan keberadaan Gunung Rinjani yang menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia. Buat yang suka mendaki gunung, tentunya Rinjani nggak boleh kamu lewatkan. Gunung dengan ketinggian 3.762 mdpl ini sendiri dikelilingi oleh area taman nasional seluas 40.000 hektar.

Tertarik buat menaklukan gunung ini? Ada dua jalur pendakian resmi yang bisa kamu pilih, Jalur Senaru di Lombok Utara dan Sembalun di Lombok Timur. Menawarkan pemandangan luar biasa, gunung ini juga jadi destinasi favorit para wisatawan, mulai dari area lereng hingga ke puncak tertingginya yang bernama Puncak Dewi Anjani.

Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo maka Rinjani memiliki Segara Anak yang nggak kalah indahnya. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi pemandian air panas alami yang lokasinya tidak jauh dari Segara Anak. Tertarik buat mendaki gunung ini?

4. Nikmati Kuliner Lombok Ditemani Pemandangan Pesisir Pantai Senggigi

Selain Gunung Rinjani, ikon wisata alam lain yang populer di Lombok adalah Pantai Senggigi. Kalau kamu kurang suka dengan gunung atau hutan, pantai ini pas banget jadi tujuan. Pantai berpasir putih bersih ini jadi magnet utama bagi wisatawan.

Pantai cantik ini terbentang sepanjang 10 kilometer dan membentuk sebuah teluk yang berada dekat dari Mataram. Kamu bisa menyusuri garis pantai, bermain pasir, berenang, menikmati senja, bahkan hingga snorkeling. Senggigi juga terkenal dengan pemandangan karang bawah lautnya yang memukau.

Lelah mengeksplor pantai, kamu bisa beristirahat sambil mencicipi kuliner khas Lombok di sekitar pantai. Suasana dan nuansa tropis khas Lombok begitu terasa di sini. Sebuah pengalaman yang bikin Lombok recommended jadi tempat wisata.

Pantai ini terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok, bisa ditempuh sekitar 40 menit dari Kota Mataram. Kamu bisa berkendara menggunakan motor atau mobil ke sana. Jika kamu berencana mengunjunginya dari Bali, kamu bisa menaiki Feri selama 3 jam setengah ke pelabuhan Padang Bai. Kemudian lanjut ke Kota Mataram dari Pelabuhan Lembar.

5. Meresapi Megahnya Rinjani Saat Senja dari Bukit Pergasingan

wisata alam di lombok
Sumber: shutterstock.com

Setelah mengunjungi gunung dan pantai, kali ini Lombok memiliki wisata alam Bukit Pergasingan yang cantik. Bukit ini menjadi solusi alternatif buat kamu yang ingin mengagumi kemegahan Rinjani tanpa perlu mendaki hingga puncak, lho.

Bukit ini terletak di sebelah timur Rinjani, kecantikannya menjelma jadi destinasi yang kian populer di kalangan wisatawan. Jalur pendakiannya juga nggak begitu sulit karena tersedia ratusan anak tangga hingga ke atas bukit.

Sesampainya di atas bukit, kamu bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Rinjani yang indah luar biasa. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan matahari tenggelam Lombok langsung di sini. Sebuah pengalaman menarik kan?

Bukit Pergasingan berada di Sembalun, Lombok Timur. Kamu bisa menjangkaunya dengan melakukan perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Mataram. Gimana, tertarik buat merasakan pengalaman menakjubkan di sini, sobat tiket?

6. Gili Trawangan, Snorkeling Sambil Melihat Keindahan Surga Terumbu Karang

Gili Trawangan menjadi ikon wisata lain yang nggak terpisahkan dari Lombok. Pastinya, kamu pernah mendengar nama ini, dong? Setelah puas bermain di Pantai Senggigi, destinasi andalan selanjutnya adalah pulau kecil satu ini.

Pulau yang juga dikenal dengan sebutan “Gili T” ini juga menawarkan pemandangan laut yang indah dan memesona. Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini, salah satunya adalah snorkeling sambil menikmati keindahan bawah laut yang eksotis.

Kamu bakal dimanjakan oleh pemandangan bawah laut seperti terumbu karang berwarna-warni dan beragam ikan-ikan cantik. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri sekitar pantai sambil mencoba beragam kuliner Lombok. Bisa juga mencoba jasa mengepang rambut yang ditawarkan warga setempat sambil menikmati suasana.

Kalau kamu ingin kemari, ada dua pilihan transportasi air yang ada. Kamu bisa memilih naik kapal umum dari Pelabuhan Bangsa atau menyewa speedboat dari Teluk Nare, Senggigi. Jika sedang berhemat, kamu bisa naik kapal umum. Namun jika sedang ingin menghemat waktu, speedboat bisa jadi pilihan, lho. Tinggal pilih sesuai kebutuhan!

7. Mari Menjelajah Kemegahan Kerajaan Lombok Masa Lalu Lewat Taman Narada

wisata alam di lombok
Sumber: Shutterstock.com

Masih terletak di sekitar Rinjani, ada Taman Narmada yang bisa jadi pilihan destinasi di Lombok berikutnya. Taman ini terletak di Lombok Barat, tepat di bawah kaki Gunung Rinjani. Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah keberadaan taman raja seluas 3 hektar yang cantik.

Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1700-an di Lombok, dinamai Taman Narmada. Saat memasuki kawasan ini, kamu akan disambut keberadaan kolam tirta yang jadi pemandian zaman dahulu dan pura. Pura ini sendiri merupakan replika dari keagungan Rinjani, dibangun untuk memudahkan raja sepuh agar nggak perlu mendaki gunung saat akan melakukan acara kesucian.

Taman ini bakal cocok buat kamu yang ingin tahu tentang kehidupan para raja di Lombok pada masa lalu. Saat berkunjung kemari, kamu bisa memasuki sebuah pura dengan air suci di dalamnya. Kamu juga bisa membasuh wajah dan beberapa bagian tubuh dengan air ini.

Buat yang penasaran, Taman Narmada ini terletak di Desa Lembuak, jaraknya 10 kilometer di sebelah timur dari Kota Mataram. Sempurna buat jadi destinasi anti mainstream di Lombok, nih!

8. Suasana Tenang dan Intim Gili Meno, Cocok Buat Honeymoon

Selain Gili Trawangan, ada juga Gili Meno yang jadi destinasi Lombok wajib dikunjungi berikutnya. Eksotisme yang sama seperti di Gili Trawangan bakal kamu dapatkan di sini. Kamu bisa berjemur, berenang, atau menyelam dalam lautnya yang jernih.

Saat malas bermain air, kamu juga bisa mengunjungi penangkaran penyu buat melihat proses induk penyu menetaskan tukik, lho. Selain sebagai tempat berlibur, tempat ini juga cocok banget buat jadi destinasi honeymoon karena suasana yang tenang dan intim.

Gili Meno terletak di barat daya Lombok, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Trawangan. Kamu bisa mengakses pulau ini dengan mudah memakai speed boat dari Bali atau kapal umum dari Senggigi.

9. Melepas Penat dan Menikmati Ketenangan Air Terjun Benang Kelambu

wisata alam di lombok
Sumber: Shutterstock.com

Kali ini ada destinasi yang sedikit berbeda yakni Air Terjun Benang Kelambu. Puas menyusuri teriknya pantai yang eksotis, kamu bisa menyegarkan diri dengan berkunjung kemari. Wisata alam ini akan menawarkan kecantikan lain yang nggak kalah mempesona.

Air terjun ini terbagi menjadi beberapa aliran air yang bersebelahan kemudian jatuh di antara hutan belantara. Sesuai namanya, Benang Kelambu, air yang mengalir di sini terlihat kecil mengalir seperti benang tipis. Gemericik air yang terdengar pun begitu halus dan menenangkan.

Bagi yang ingin mencari destinasi wisata yang tenang buat melepas penat, Air Terjun Benang Kelambu ini terasa sempurna. Tempat ini terletak di Air Berik, Lombok Tengah. Bisa kamu tempuh dari Kota Mataram dengan 1 jam berkendara, lho.

10. Menikmati Pantai Sembari Duduk di Bawah Pepohonan Rindang A la Gili Air

Ingin mencari destinasi wisata yang lebih sunyi dan menenangkan? Gili Air ini jadi destinasi yang sesuai dengan keinginan kamu. Pulau kecil ini letaknya paling dekat dengan Lombok, namun lebih tenang ketimbang Gili Meno dan Gili Trawangan.

Kamu bisa menikmati keindahan pasir putih sambil duduk di bawah pepohonan rindang. Bisa juga menyelam sambil melihat indahnya pemandangan bawah laut Lombok yang tampak seperti surga. Buat yang tertarik kemari, kamu bisa mengaksesnya dengan menaiki kapal umum dari Senggigi, sama seperti dua pulau kecil lainnya!

Ayo, Liburan Sambil Menikmati Eksotisme Lombok yang Nggak Ada Duanya!

Gimana sobat tiket, udah kebayang dong bakal seseru apa liburan di Lombok dengan beragam destinasi alam indah yang bisa dikunjungi? Eksotisme Lombok ini kerap disandingkan dengan Bali, lho. Tapi, Lombok memiliki keindahan alamnya sendiri yang membuat banyak wisatawan terpikat.

Sebelum kemari, kamu bisa baca tips soal transportasi yang bisa kamu gunakan di Lombok ini. Nah, buat kamu yang berencana liburan ke sini, segera pesan tiket pesawat ke Lombok di tiket.com. Jadikan tiket.com sebagai partner perjalanan yang bisa kamu andalkan.