Wisata Keluarga di Lombok

,

Kunjungi 10 Tempat Wisata Keluarga di Lombok Ini Biar Liburan Jadi Makin Seru!

Selain cocok sebagai tempat berbulan madu karena suasana yang romantis, Lombok juga pas buat jadi destinasi liburan keluarga. Hal ini karena ada banyak banget pilihan tempat wisata yang ada di Lombok, mulai dari wisata alam, budaya, hingga sejarah. Bahkan kuliner khas Lombok pun jadi daya tarik sendiri.

Selain itu, Lombok yang jadi magnet banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentunya destinasi wisata di sana sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Oleh karena itu, Lombok juga pas dijadikan pilihan berwisata satu keluarga, lho.

Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Nah, biasanya apa sih yang dicari saat kamu memilih sebuah tempat wisata family friendly? Tentunya fasilitas yang lengkap dan kids friendly adalah dua poin utama. Terutama jika dalam keluarga kamu masih terdapat anggota di bawah umur. Tenang, Lombok juga menyediakan beragam pilihan tempat wisata keluarga yang menyenangkan. Yuk, langsung aja simak rekomendasinya dari tiket.com!

1. Mau Ke Tempat Hits? Narmada Botanic Garden Jawabannya!

Wisata keluarga di lombok
Sumber: shutterstock.com

Kalau kamu dan keluarga sedang mencari tempat wisata hits di Lombok, Narmada Botanic Garden ini pilihan yang pas. Tempat wisata ini masih tergolong baru nih, sobat tiket. Hal ini menjadikan taman ini sebagai salah satu destinasi agrowisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

Taman ini dibuka pada 11 Maret 2018, berdiri di atas areal persawahan seluas satu hektar yang kini disulap menjadi tempat wisata. Fasilitas yang terdapat di sini pun beragam, salah satunya adalah kebun kejujuran, di mana pengunjung bisa memetik buah sendiri. Selain itu, ada juga area bermain panah yang asik buat dicoba.

Jika kamu suka dengan bunga, panorama bunga matahari di taman ini juga akan memanjakan mata lho, sobat tiket. Selain menikmati indahnya bunga ini, kamu pastinya bisa berburu spot foto yang ciamik! Selain itu, masih banyak tempat berfoto lain yang bisa dieksplor. Salah satunya adalah rumah hobbit yang instagenic.

Lokasi: Jl. Wirabakti, Narmada, Kabupaten Lombok Barat

2. Belajar Sejarah Lombok Makin Menyenangkan di Taman Mayura

Masih berada di Lombok Barat, ada Taman Mayura yang cocok jadi tempat wisata anak dan keluarga, lho. Tempat wisata ini juga cocok buat jadi wisata edukasi anak, karena di sini mereka bisa mengenal sejarah peradaban Lombok di masa lalu. Cara menyenangkan buat belajar sejarah kan, sobat tiket?

Nama Mayura sendiri diambil dari bahasa Sansekerta, yang memiliki arti burung merak. Burung ini memiliki peranan penting di Lombok pada masa lalu, salah satunya mengusir ular yang mengganggu ketenangan warga. Selain berfungsi sebagai sebuah tempat wisata sejarah dan budaya, nuansa alami juga masih terasa di sini.

Lokasi: Jalan Purbasari, Mayura, Kota Mataram.

Jam buka: 08.00 – 18.00.

3. Indahnya Pantai dan Bukit di Pantai Kuta Mandalika

Wisata keluarga di lombok
Sumber: shutterstock.com

Liburan ke Lombok nggak akan lengkap kalau kamu nggak mengunjungi pantai-pantainya yang cantik. Salah satu pantai yang keindahannya nggak boleh dilewatkan adalah Pantai Kuta Mandalika. Pantai ini hadir dengan garis pantai yang sangat panjang. Satu hal yang unik dari pantai ini adalah pemandangan bukit-bukit kecil yang menambah keindahan.

Warna biru lautnya yang begitu mempesona, disempurnakan oleh hamparan pasir bersih yang berkilauan. Menikmati semilir angin di pantai ini terasa begitu memikat dan jadi pengalaman nggak terlupakan deh, sobat tiket. Apalagi saat cuaca sedang cerah, perpaduan warna langit dan laut terlihat begitu memukau!

Jika kamu datang ke sini, kamu akan melihat pemandangan para wanita menjajakan kain tenun cantik yang bisa dijadikan sebagaioleh-oleh. Keindahan ini jadi destinasi yang pas buat kamu dan keluargamu berlibur, nih. Pantai ini berlokasi di Lombok Tengah, dekat dengan bandara juga, jadi mudah buat diakses.

4. Belajar Menenun di Desa Sade

Wisata budaya jadi pilihan tempat wisata yang bisa kamu datangi bersama keluarga lho, sobat tiket. Salah satu pilihan favorit di Lombok adalah mengunjungi desa wisata budaya yang masih kental dengan adat dan tradisinya. Desa Sade menjadi salah satu yang populer di kalangan wisatawan.

Menariknya, di sini kamu bisa melihat secara langsung kegiatan Suku Sasak yang tinggal di kawasan ini. Suku Sasak sendiri merupakan suku asli Lombok, lho, sobat tiket. Jika berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melihat secara langsung kegiatan warga suku asli Sasak ini.

Lokasi ini juga merupakan salah satu lokasi wisata yang ramah anak di Lombok. Anak-anak bisa melihat rumah adat dan kehidupan sederhana suku Sasak. Wisatawan juga bisa melihat berbagai kerajinan tangan seperti kain tenun lengkap dengan proses pembuatannya.

Lokasi: Rembitan, Pujut, Lombok Tengah.

5. Pura Terbesar di Lombok, Pura Lingsar Lombok

Wisata keluarga di lombok
Sumber: shutterstock.com

Destinasi wisata keluarga berikutnya adalah Pura Lingsar yang merupakan pura terbesar di Lombok. Pura ini populer di kalangan wisatawan sehingga menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi. Pura ini menjadi representasi sejarah sebagai peninggalan kerajaan jaman dahulu. Selain itu, Pura Lingsar ini sering juga digunakan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai upacara keagamaan.

Lokasi: Jl. Raya Lingsar, Batu Kumbung, Lombok Barat

6. Mengenal Lebih Dekat Islam Lewat Islamic Center NTB

Setelah mengunjungi destinasi wisata budaya, kali ini kamu dan keluarga yang beragama Islam bisa mengunjungi Islamic Center NTB. Islamic Center ini adalah salah satu wisata religi terbesar dan sekaligus ditetapkan sebagai objek wisata syariah di Indonesia. Destinasi wisata religi ini juga cocok buat anak-anak, lho.

Wisatawan juga bisa menikmati beragam fasilitas wisata syariah yang tersedia di sana. Selain itu, sambil belajar agama, anak-anak juga akan mendapatkan pembelajaran agar lebih dekat dengan sang Pencipta. Mau berkunjung ke tempat yang berbeda? Islamic Center adalah jawabannya!

Lokasi: Dasan Agung, Selaparan Gomong, Mataram.

7. Bersua dengan Penyu di Konservasi Penyu Gili Trawangan

Wisata keluarga di lombok
Sumber: shutterstock.com

Gili Trawangan menjadi lokasi wisata yang sangat populer di Lombok. Kamu bisa menjelajah pulau ini dan mencoba berbagai kegiatan menarik. Diving serta snorkeling jadi dua kegiatan favorit di kawasan ini. Eits, nggak hanya itu kok, sobat tiket. Di pulau ini juga terdapat konservasi penyu yang pas buat wisata edukasi anak serta keluarga, lho!

Penangkaran penyu ini memungkinkan kamu untuk melihat penyu dari jarak yang dekat. Selain itu, sobat tiket juga bisa belajar mengenai perkembangbiakan penyu. Penangkaran ini dibentuk dengan tujuan mulia oleh masyarakat Gili Trawangan. Setelah penyu menjadi lebih besar, maka nantinya penyu akan dilepas ke lautan luas.

Jika beruntung, kamu dan keluarga juga bisa menyaksikan secara langsung proses pelepasan penyu ke laut lepas. Konservasi yang bertujuan melestarikan penyu ini berdiri sejak 1996. Jenis penyu yang ditangkarkan adalah penyu hijau, penyu lekang, dan penyu sisik.

Lokasi: Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai yang Cocok Buat Anak-Anak di Pantai Sire

Selain pantai Kuta Mandalika, Pantai Sire juga wajib jadi tujuan liburan bersama keluarga. Asiknya, pantai ini merupakan pantai yang aman bagi anak. Ombak yang ada nggak terlalu besar sehingga anak-anak bebas bermain pasir atau berenang tanpa takut terbawa ombak.

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan sisi timur Gunung Rinjani yang indah. Pantai ini juga terkenal sebagai lokasi melihat sunset Lombok yang memesona. Selain berenang, ada snorkeling atau kano yang bisa kamu coba.

Berada di Lombok Utara, pantai ini berada 43 meter dari kota Mataram. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Lokasi: Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara

9. Wisata Alam yang Menyenangkan Buat Keluarga di Sembalun

Sembalun adalah salah satu kawasan wisata alam pegunungan yang berada di kaki Gunung Rinjani. Kecantikan pemandangan alamnya membuat banyak orang terpikat. Kawasan ini juga sering dituju para pendaki Gunung Rinjani untuk melakukan pendakian.

Di sana banyak terdapat kawasan wisata yang cocok buat anak-anak dan keluarga, lho. Anak-anak bisa bebas menghirup udara segar dan bermain di perkebunan warga. Wisatawan juga bisa memetik buah stroberi secara langsung. Anak bisa belajar mengenai tanaman dan tata cara menanam hingga memanen buah stroberi di sana.

10. Serunya Naik Gajah Berkeliling Lombok Elephant Park

Tempat wisata buat keluarga terakhir di Lombok adalah Lombok Elephant Park. Jika membawa anak kecil, kamu bisa mengajaknya merasakan pengalaman seru naik gajah sambil berkeliling kebun binatang nih, sobat tiket. Nggak hanya gajah, tempat ini juga jadi konservasi berbagai satwa, seperti burung kakak tua, siamang, dan satwa tropis lainnya.

Lombok Elephant Park atau dikenal juga sebagai atau Lombok Wildlife Park terletak di Jl. Tanjung Sire, Sigar Penjalin, Lombok Utara. Jika berangkat dari Kota Mataram, kamu bisa menempuh rute Gunung sari-Pusuk-Pemenang-Sigar Penjalin-Lombok Elephant Park.

Kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai Senggigi saat pergi kemari dengan menempuh rute Mataram-Senggigi-Pemenang-Sigar Penjalin-Lombok Elephant Park.

Liburan di Lombok Makin Seru Bareng Keluarga!

Indah dan eksotisnya pulau Lombok cocok bagi berbagai kalangan dan usia, lho. Nggak hanya pas mengajak pasangan buat liburan romantis, liburan bareng keluarga juga bisa terasa seru. Supaya liburan makin seru dan praktis, kamu bisa lho sewa mobil di Lombok di tiket.com. Simak tips menyewa mobil tersebut di sini, ya.