,

Liburan Ke Lombok? Jangan Lupa Icip 8 Jajanan Tradisional Khas yang Unik Ini!

Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke, menghadirkan pulau-pulau dengan beragam wisata alam nan indah. Salah satu yang sering kali disebut sebagai ‘surga dunia’ adalah pulau Lombok. Pulau seluas 5.435 km persegi ini memiliki banyak sekali destinasi alam yang menarik buat dikunjungi wisatawan.

Satu hal yang membuat Lombok dicintai wisatawan adalah eksotisme pemandangan alam dan tempat wisatanya. Namun, nggak hanya itu, semuanya bakal makin sempurna dipadu kuliner khas Lombok yang menggoyang lidah. Oleh karena itu, kamu wajib mengunjungi Lombok dan mencoba berbagai kulinernya meski hanya sekali seumur hidup!

8 Jajanan Unik Khas Lombok, Kamu Wajib Coba!

Bicara soal kuliner Lombok, apa yang mampir dalam pikiran sobat tiket, nih? Pulau eksotis bercuaca terik ini nampaknya memiliki kuliner dengan cita rasa semarak dan kuat. Yap, pedas dan menggoyang lidah jadi ciri khas kuliner-kuliner yang ada di pulau ini.

Nah, buat kamu yang lagi berencana liburan ke Lombok, siapkan daftar terbaik kuliner yang ada di Lombok, mulai dari jajanan hingga makanan berat yang wajib dicoba. Nggak usah bingung, kali ini tiket.com kasih rekomendasi daftar kuliner khas Lombok yang bisa dicoba!

1. Sate Bulayak

Jajanan tradisional lombok
Sumber: shutterstock.com

Kuliner pertama dari Lombok yang bisa kamu coba adalah Sate Bulayak. Buat yang penasaran, hidangan sate ini berbeda dengan sate yang biasa kamu coba, lho. Sate bulayak dibuat dari sate ayam, jeroan, dan daging sapi sebagai bahan utamanya. Kemudian ditusuk hingga berbentuk sate.

Sekilas, sate ini nampak seperti sate pada umumnya. Eits, jangan salah, ciri khasnya terletak pada bulayaknya, lho. Bulayak merupakan lontong yang dililit daun aren atau enau. Ukurannya lebih kecil dari lontong kebanyakan, hadir dengan tekstur lembut dan gurih.

Bulayak ini akan disantap bersama sate, yang diberi bumbu kacang pedas yang diracik bersama santan dan bumbu rempah lainnya. Wah, jadi ngiler pengen nyoba!

2. Kue Bantal

Kamu pasti membayangkan kalau jajanan yang diberi nama Bantal, bentuknya akan menyerupai bantal tidur. Tebakan kamu nggak salah, kok. Jajanan ini dinamakan bantal karena bentuknya yang mirip dengan bantal.

Bedanya Bantal khas Lombok dengan kue bantal yang ada di tempat lain, kue ini dibuat dari ketan yang ditambahkan pisang. Kemudian, dibungkus dan dimasak dalam panci berisi air panas. Sebelum dimasak, adonannya akan dibentuk dengan menggunakan cetakan dari daun aren berbentuk kubus, lho.

Uniknya, jajanan ini hanya ada di bulan Ramadhan, dijadikan camilan untuk menemani diri saat tadarus Al-Quran. Sayangnya, kini Bantal udah mulai susah ditemui nih di Lombok.

3. Kue Keciput, Primadona Saat Lebaran Tiba

Dari Bantal, kita beralih ke Kue Keciput sebagai kue tradisional khas Lombok berikutnya. Kue ini digemari oleh warga Lombok dan sering jadi primadona saat lebaran. Dari segi visual, kue ini mirip seperti onde-onde dengan ukuran lebih mungil.

Namun, Kue Keciput ini berbeda dari onde-onde ya, sobat tiket. Jika Onde-Onde berisi kacang hijau, Kue Keciput nggak ada isinya alias kopong. Kue ini dibuat dari bahan dasar beras ketan. Terdapat dua jenis kue, yakni keciput biasa dan keciput hitam.

Perbedaannya, yang hitam dibuat dari ketan hitam sedangkan yang biasa dari ketan putih. Kue ini sering juga dijadikan oleh-oleh para wisatawan dari Pulau Lombok, lho.

4. Poteng Jaje Tujak

Dalam bahasa Indonesia, nama dari makanan ini berarti Tape Jajan Tumbuk. Sesuai namanya, penganan ini dibuat dari tape sebagai bahan utamanya. Selain itu, ada campuran beras ketan putih yang menjadi perpaduan lain. Biasanya dijadikan salah satu hidangan lebaran, lho.

Menariknya, ada sebuah kepercayaan di balik makanan ini. Masyarakat Lombok meyakini, seseorang yang membuat makanan ini harus dalam keadaan suci atau nggak sedang haid bagi perempuan. Jika berada dalam keadaan kotor, maka Poteng Jaje Tujak ini akan dianggap rusak.

Bahkan pada proses pembuatannya, saat menaburkan bubuk tape ketan, lebih afdol jika dilakukan setelah salat hingga masih dalam keadaan berwudhu dan bersih dari hadas.

5. Dodol rumput laut

Jajanan tradisional lombok
Sumber: shutterstock.com

Liburan ke Lombok, nggak lengkap dong tanpa bawa oleh-oleh buat orang terdekat? Bingung mau kasih apa untuk orang-orang di rumah atau di kantor? Tenang, Dodol Rumput Laut bisa kamu andalkan sebagai buah tangan untuk mereka kok, sobat tiket. Apalagi, jajanan satu ini menjadi satu yang difavoritkan wisatawan.

Alasannya adalah karena cita rasa dan bahan utamanya yang unik. Dodol ini dibuat dari rumput laut, berbeda dengan kebanyak dodol yang dibuat dari tepung beras dan santan. Rumput laut yang digunakan berasal dari petani lokal, terutama berasal dari Teluk Ekas, Serewe, Lombok Timur.

Buat yang penasaran, dodol ini menciptakan tekstur kenyal dan nggak lengket yang pastinya legit. Tersedia dalam beragam warna yang bening dan menarik. Ada beragam rasa yang tersedia, mulai dari pisang, durian, melon, semangka, jagung, mangga, wortel, nanas, jahe, hingga jinten.

Varian rasa jinten ini yang paling wajib kamu coba. Ketika digigit, cita rasa yang bakal mampir di lidah adalah segar, pedas, dengan butiran jinten yang terasa. Unik banget kan?

6. Sate Pencok

Kalau tadi tiket.com sudah membahas Sate Bulayak, kali ini ada sate lainnya yang juga jadi kuliner khas di Lombok. Sate Pencok ini biasanya terbuat dari kulit sapi atau adonan tepung kanji yang dijadikan sate.

Tepung kanji sendiri biasanya digunakan supaya biaya pembuatannya lebih murah. Cara pembuatannya, adonan yang sudah kental dibentuk persegi kemudian ditusuk menggunakan lidi atau bambu kecil bernama ‘katik’. Sate ini biasanya dimakan bersama bumbu pelalah. Kamu bisa menemukan penjualnya di banyak tempat, biasanya mereka berkeliling menjajakan jajanan tersebut.

7. Sayur Ares

Kali ini ada Sayur Ares yang jadi kuliner tradisional Lombok yang terbuat dari sayur. Ares sendiri adalah sayuran khas Lombok yang merujuk pada pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Ares yang sudah dipilih pun akan diolah bersama kuah santan berempah.

Sayur ini memiliki rasa gurih, hasil perpaduan kuah santan dengan berapa bumbu rempah menyerupai kari. Bumbu ini terdiri dari ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas, dan jintan.

Biasanya, buat memperkaya cita rasa masyarakat Lombok biasanya menambahkan daging ke dalamnya. Oh iya, sajian ini pada awalnya merupakan makanan tradisional Suku Sasan yang merupakan suku mayoritas Lombok.

8. Beberuk Terong

Masih seputar kuliner pedas, ada hidangan Beberuk Terong yang jadi primadona di tanah Lombok. Terong ini diolah menjadi lalapan khas Lombok yang jadi pendamping menyantap nasi dan lauk. Sesuai namanya, hidangan ini memiliki cita rasa pedas dan segar.

Beberuk terong dibuat dari terong gelantik, berbentuk bulat kecil dan berwarna putih keunguan. Terong ini disukai karena memiliki tekstur renyah dan rasa yang tidak getir atau sepat. Biasanya, menu terong ini akan hadir bersamaan dengan kacang panjang, dan disiram sambal tomat.

Kuliner ini masih bersahabat kok buat kamu yang nggak doyan pedas. Beberuk terong akan terasa manis dan asam karena campuran bumbu lain di dalamnya. Sempurna buat teman nasi hangat!

Liburan Ke Lombok Makin Sempurna Sambil Berburu Kuliner Tradisional

Nggak hanya menikmati keindahan dari wisata alamnya, kamu wajib banget menjelajahi beragam kuliner khas Lombok. Pastinya, kuliner di pulau ini hadir dengan cita rasa menggoyang lidah yang khas banget.

Nggak lengkap banget kalau kamu ke Lombok tanpa mampir ke pantainya. Ini dia rekomendasi pantai di Lombok yang eksotis dan wajib banget kamu kunjungi. Hati-hati bikin kamu susah move on ya, sobat tiket!

Gimana, liburan di Lombok terdengar seru banget kan? Nggak usah ragu, yuk segera pesan tiket pesawat ke Lombok di tiket.com.