,

Bukan Hanya Alam, Lombok Juga Punya 5 Tempat Wisata Budaya Menarik Ini 

Selain Bali, Lombok juga menjadi tujuan wisata yang digemari banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Serupa dengan Bali, Lombok menawarkan eksotisme wisata alam seperti pantai dan gunung, kuliner, hingga budaya.Tidak heran jika Lombok seringkali diberi julukan “surga dunia” di Indonesia.

Nggak hanya bisa mencoba wisata yang populer dan digemari wisatawan pada umumnya. Sobat tiket juga bisa mencoba berwisata seru dengan cara yang berbeda. Kaya gimana caranya? Kamu bisa berwisata budaya dengan mengunjungi desa-desa tradisional yang ada di Lombok, lho.

Rekomendasi Wisata Budaya di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Setelah membahas soal indahnya wisata alam di Lombok, kamu juga bisa mencoba mengunjungi destinasi wisata budaya, lho. Satu hal yang menarik, kamu bisa melihat dan mengenal tradisi serta budaya Lombok dalam jarak dekat. Penasaran buat berkunjung? Yuk simak rekomendasinya dari tiket.com di bawah ini!

1. Mengintip Kehidupan Tradisional Suku Asli Lombok di Desa Sade

Wisata Budaya di Lombok
Sumber: Shutterstock.com

Puas menikmati keindahan wisata alam Lombok yang tiada dua, saatnya mencoba pengalaman berwisata budaya. Salah satu destinasi wisata budaya yang populer adalah Desa Sade. Di sini, kamu bisa melihat uniknya bangunan-bangunan rumah tradisional khas Lombok yang masih ditempati suku Sasak.

Rumah tradisional ini dibuat dari tiang-tiang kayu penyangga, alang-alang kering sebagai atap, dan dinding bambu. Menariknya, penghuni desa Sade ini semuanya masih dalam satu keturunan, lho. Alasannya karena mereka melakukan perkawinan antar saudara. Mereka merupakan suku asli pulau Lombok.

Jika ingin melihat bagaimana kehidupan budaya suku Sasak, desa ini bisa menjadi persinggahan kamu. Saat datang, para wisatawan akan disambut hangat penduduk yang sudah siap memandu. Mereka akan senang hati memperkenalkan wisatawan agar mengenal Desa Sade lebih dekat.

Nah, selain melihat dan mengenal tradisi yang masih kental, kamu bisa membeli kain tenun tradisional khas Lombok. Selain itu, kamu juga bisa menenun menggunakan alat tradisional. Menariknya, desa ini pastinya masih mempertahankan semua tradisi suku mereka, termasuk menenun.

Puas mengeksplorasi tenun, hal berikutnya yang bisa kamu jelajahi adalah rumah-rumah tradisional. Satu hal yang paling unik dari rumah ini, lantainya dibuat dari kotoran Kerbau yang dicampur dengan tanah dan jerami, lho.

Desa Sade terletak di Lombok Tengah, berada di pinggir jalan menuju Pantai Kuta Lombok. Jadi memang mudah banget untuk dijangkau. Tips saat berwisata di sini, kamu bisa menggunakan mobil sewaan, agar puas menjelajah destinasi wisata budaya berikutnya.

2. Menyusuri Peninggalan Kerajaan Lombok yang Megah di Taman Narada

Ingin mengetahui sejarah Lombok dan kerajaannya di masa lalu? Taman Narada ini pas banget buat kamu jelajah. Menariknya, wisata budaya satu ini merupakan peninggalan dari Agung Ngurah Karang Asem. Tempat ini menyimpan peninggalan sejarah raja Mataram Lombok abad ke-18.

Ada beragam bangunan bersejarah yang indah, misalnya Balai Loji, Terang, dan Pamerajan yang merupakan bagian dari kediaman raja di masa lalu. Ada pula Pura Lingsar dan Kalasa yang merupakan tempat ibadah. Jika ingin pengalaman berbeda, kamu bisa menikmati keindahan dari puncak Pura Kalasa, lho.

Buat yang penasaran, Taman Narmada ini terletak di Desa Lembuak, jaraknya 10 kilometer di sebelah timur dari Kota Mataram. Sempurna buat jadi destinasi anti mainstream di Lombok, nih!

3. Menyaksikan Upacara Adat Bau Nyale yang Unik di Pantai Kuta

Wisata Budaya di Lombok
Sumber: Shutterstock.com

Lho, Pantai Kuta bukannya ada di Bali? Tenang, sobat tiket, Pantai Kuta yang ini memang lokasinya ada di Lombok. Bedanya, pantai ini relatif lebih bersih dan tenang dibandingkan Kuta Bali. Keindahan pantai ini bakal membuat kamu berdecak kagum.

Hamparan pasir putih berkilauan akan terlihat sejauh mata memandang. Selain itu, jernihnya air laut di pantai ini membuat kamu bisa melihat terumbu karang yang ada di bawah laut. Di bagian sebelah barat pantai ini terdapat Bukit Mandalika, lho. Dengan menaikinya, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Kuta dari ketinggian.

Seperti pantai eksotis di Lombok lainnya, kamu bisa menikmati kegiatan seru seperti snorkeling, berselancar, menyewa perahu, berenang, dan melihat matahari terbenam. Namun, ada yang berbeda dari pantai ini, lho.

Jika kamu mengunjungi pantai ini bulan Februari dan Maret, kamu bisa menyaksikan kegiatan upacara Bau Nyale yang diadakan setahun sekali. Sambil menikmati pantai, kamu juga bisa menikmati wisata budaya di sini.

Upacara adat ini biasanya diadakan di Pantai Seger yang letaknya di timur Pantai Kuta, berjarak kurang lebih 2 km. Kegiatan upacara Bau Nyale ialah penangkapan cacing nyale yang dilakukan oleh masyarakat setempat guna untuk mengenang kisah putri Mandalika.

Pantai ini berada di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Jaraknya kurang lebih 72 km dari Kota Mataram ke arah tenggara. Perjalanannya menggunakan kendaraan dan bisa ditempuh dalam waktu 90 menit. Sebelum tiba, kamu juga bisa mengunjungi Desa Sade, lho, sobat tiket.

4. Mengenal Gerabah Tradisional Lombok di Desa Banyumulek

Kalau tadi kita berkunjung ke Desa Sade buat melihat pembuatan tenun, kali ini ada Desa Banyumulek yang berbeda. Di sini, kita bisa melihat pembuatan kerajinan gerabah tradisional. Desa Mulek terkenal sebagai sentra gerabah di Lombok, lho, sobat tiket.

Ada beraneka ragam gerabah dengan banyak bentuk, mulai dari yang kecil hingga paling besar. Selain gerabah, ada kerajinan tangan lainnya yang terbuat dari tanah liat. Seperti hiasan dinding, pajangan, vas bunga, gantungan kunci, dan masih banyak lainnya.

Kamu nggak hanya bisa membeli kerajinan yang ada, namun juga melihat penduduk desa yang jadi pengrajin sedang membuat gerabah. Tanah liat yang jadi bahan baku ternyata didapatkan dengan mudah dari sekitar desa. Jika tertarik kemari, desa ini berada di Lombok Barat. Nggak jauh dari Kota Mataram, lho.

5. Membeli Kain Tenun Beraneka Ragam di Desa Sukarara

Wisata Budaya di Lombok
Sumber: Shutterstock.com

Desa lain yang juga terkenal sebagai sentra kain tenun Lombok adalah Desa Sukarara. Lokasinya nggak jauh dari Desa Sade, lho. Saat memasuki desa ini, mata kamu akan dimanjakan oleh warna-warni kain tenun Lombok yang sangat semarak dan indah.

Nggak hanya kain tenun, kamu juga bisa membeli aneka kerajinan tangan khas Lombok. Buat yang mau berburu oleh-oleh, Desa Sukarara ini pas banget. Selain itu, dengan membeli barang kerajinan warga desa, kamu sudah membantu perekonomian mereka.

Oh iya, satu hal yang menarik dari pembuatan kain tenun di desa ini, pewarna yang digunakan adalah pewarna alami. Sehingga warna dari tenunan ini nggak mudah luntur, sobat tiket. Pembuatannya yang menggunakan cara dan peralatan tradisional pun memakan waktu lama. Nggak heran deh harganya mahal, tapi worth it dong pastinya!

Fakta menarik lainnya, para perempuan dari Desa Sukarara ini harus bisa menenun sebagai syarat diperbolehkan menikah. Bahkan, mereka sudah bisa menenun sejak kecil atau remaja. Saat kemari, kamu bakal melihat anak kecil dan remaja perempuan sedang menenun, lho.

Kain tenun yang dijual pun bentuknya beragam, mulai dari sapu tangan, selendang, rok, baju, hingga kain lembaran. Harganya juga bervariasi, bergantung pada ukuran dan kerumitan motifnya.

Untuk menuju desa ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, umum, atau sewa mobil. Perjalanan dengan kendaraan pribadi, maka kamu harus menempuh jalur Mataram-Cakranegara-Kediri-Sukarara. Sedangkan kamu yang ingin menggunakan angkutan umum bisa memilih jurusan Mataram-Bertais dan Bertais-Praya.

Kemudian, turunlah di terminal bus Renteng. Dari sini kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Sukarara dengan menggunakan Cidomo. Selain itu, kamu juga bisa lanjut mengunjungi Desa Penujak dan Desa Beleka yang jaraknya tidak jauh.

Serunya Menjelajah Wisata Budaya Lombok

Selain mengunjungi pantai Senggigi atau mendaki Rinjani, masih ada banyak pilihan berwisata yang bisa dicoba. Misalnya dengan mendatangi desa-desa budaya di atas. Puas menjelajahi tradisi dan mengenal budaya Lombok, sempurnakan liburan dengan mencoba beragam kuliner khas Lombok ini.

Tertarik buat liburan di pulau kecil nan eksotis ini? Pesan kamar hotel di Lombok di tiket.com untuk akomodasi kamu selama di sana.