,

Mencicipi Rasa Khas Makanan Legendaris Surabaya, Pasti Enak! 

Apa sih, kriteria makanan yang kamu cari saat wisata kuliner? Selain harga murah, cita rasa makanan tentu jadi faktor utama. Cita rasa lezat bukan muncul tiba-tiba, lho! Resep dan jam terbang tentunya mempengaruhi kelezatan kuliner yang jadi legenda.

Surabaya adalah salah satu kota yang dikenal memiliki banyak makanan legendaris. Dengan resep turun temurun masih dilestarikan hingga kini, cita rasa makanan khas Surabaya semakin ternama dan jadi incaran wisatawan. Apa saja sih makanannya?

Makanan Khas Surabaya yang Menggoyang Lidah

Berkunjung ke Surabaya belum lengkap rasanya, kalau belum berwisata kuliner. Apalagi yang kamu cicipi adalah makanan khas legendaris dan masih digemari hingga sekarang. Dari yang asin, gurih, hingga pedas, ini beberapa makanan legendaris yang masih jadi favorit warga Surabaya: 

1. Lontong Balap Pak Gendut

Sumber: shutterstock.com

Jalan-jalan ke Surabaya, ya pasti Lontong Balap yang dicari! Sebagai salah satu makanan legendaris yang ada di Kota Pahlawan, makanan ini cukup banyak penjualnya. Kalau mau icip rasa yang otentik dan paling terpercaya, mampir ke Lontong Balap Pak Gendut aja! 

Lontong Balap Pak Gendut sudah ada sejak tahun 1958, dan dijual menggunakan pikulan dari kampung ke kampung. Karena cita rasa lezatnya, hingga saat ini Lontong Balap Pak Gendut masih jadi primadona di Surabaya. 

Salah satu kunci utama dari cita rasa Lontong Balap Pak Gendut adalah kuah bening yang begitu segar dan khas. Dengan resep turun temurun, kuah lontong yang segar ini berpadu dengan lembutnya lontong, renyahnya kecambah, dan gurihnya lento (perkedel kacang tolo). Rasanya nyaman banget di lidah! 

Lontong Balap Pak Gendut memiliki memiliki dua toko. Toko pusatnya berada di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11 Surabaya (depan PDAM, Dekat Stasiun Gubeng), dan cabang utamanya berada di Jl. Embong Malang No. 38 Surabaya (seberang UFO Outlet). Kamu yang sedang berkunjung ke Surabaya harus mampir, ya! 

2. Rujak Cingur Ahmad Jais

Sumber: shutterstock.com

Bagi sobat tiket yang sedang mencari makanan unik di Surabaya, bisa langsung mencoba kelezatan Rujak Cingur. Sesuai namanya, cingur sapi, adalah salah satu komponen yang ada di dalam makanan ini. Selain cingur, ada juga berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang bikin rasanya unik banget. 

Jangan heran ya saat kamu menemukan buah, sayur, dan daging menjadi satu dalam satu hidangan. Meski terdengar aneh, tapi cita rasa makanan ini boleh diuji. Kalau mau makan rujak cingur yang rasanya paling legendaris di Surabaya, kamu bisa mampir ke Rujak Cingur Ahmad Jais. 

Sejak pertama kali buka di tahun 1970-an, kedai rujak cingur yang dimiliki oleh Lim Sian Neo ini sudah menjadi incaran banyak pencintanya. Dari waktu ke waktu, resep yang digunakan tetap sama dengan cita rasa yang sungguh menggugah selera. 

Hal yang membuat rujak cingur ini khas adalah bumbu rujak khasnya dengan campuran kacang mete. Hal ini juga lah yang membuat makanan ini cukup mahal. Untuk bisa mencicipi kenikmatan Rujak Cingur Ahmad Jais, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp65.000* untuk satu porsi. 

Meski harganya selangit, cita rasanya tentu sepadan. Sayur dan buah segar, bertemu dengan gurihnya cingur yang empuk, dan disiram dengan kuah kacang mete dengan campuran petis di dalamnya. Wah, kamu pasti ketagihan, deh! 

Kedai Rujak Cingur Ahmad Jais berada di Jl. Achmad Jais No. 40, Peneleh, Genteng, Jawa Timur. Bagi sobat tiket yang mau berkunjung bisa mampir ke kedai yang buka dari jam 11 pagi hingga jam 5 sore ini. Siapkan diri untuk menunggu lama ya, karena kedai ini cukup ramai dengan pengunjung yang mengantre. 

3. Tahu Campur Cak Kahar

Sumber: shutterstock.com

Masih dalam pencarian makanan legendaris yang ada di Surabaya, Tahu Campur Cak Kahar nggak boleh terlewatkan, sobat tiket! Dijual lewat kedai sederhana, cita rasa Tahu Campur yang dijual di sini nggak kalah lezat dari makanan mewah! 

Tahu Campur Cak Kahar sudah jadi kegemaran warga Surabaya dari Tahun 1960. Resep lezat tahu campur ini berasal dari tangan dingin Ibu Aminah, nenek kandung dari Cak Kahar. Karena rasa makanannya yang khas, kedai Tahu Campur Cak Kahar hingga kini masih ramai pengunjung. 

Satu porsi tahu campur di kedai ini cukup besar dan dijamin bakal bikin kamu kenyang. Untuk porsi tahu campur yang cukup besar, harga Tahu Campur Cak Kahar ini sangat murah meriah. Cocok banget buat kamu yang mau makan banyak tapi hemat! 

Selain tahu campur, kedai ini juga menjual menu makanan lain yang rasanya nggak kalah jempolan, seperti Tahu Telur dan Tahu Tek. Kamu bebas pilih menu yang disuka, karena semua makanan yang dijual di tempat ini wajib banget untuk dicoba. 

Kalau sobat tiket ingin mampir, kedai Tahu Campur Cak Kahar berada di Jalan Embong Malang No 78 H, tepat di depan Hotel JW Marriot Surabaya. Kamu bisa datang pada sore hingga malam hari, karena kedai ini baru akan buka di jam 5 sore hingga 11 malam. Lapar malam hari nggak perlu bingung cari makanan lagi, deh! 

4. Rawon Nguling

Sumber: shutterstock.com

Rawon adalah makanan khas yang bisa kamu temui di daerah Jawa Timur, termasuk di Surabaya. Cita rasa rawon yang khas dengan kuah gurih berwarna hitam membuat makanan ini laris manis dan jadi kesukaan warga Surabaya. 

Rawon Nguling adalah salah satu kedai rawon yang jadi primadona di Surabaya. Kedai Rawon Nguling yang ada di Surabaya merupakan cabang dari kedai yang berada di perbatasan Pasuruan dan Probolinggo. Sejak dibuka di tahun 1942, cita rasa Rawon Nguling ini sangat legendaris dan terkenal hingga ke Surabaya. 

Penampakan rawonnya mungkin terlihat biasa. Hanya nasi, potongan daging, kecambah, dan kuah berwarna coklat kehitaman. Tapi kalo urusan rasa, sudah pasti nggak ada duanya. Salah satu kunci dari kenikmatan rawon ini adalah daging sapi yang empuk dan seakan lumer di mulut, serta kuah gurih yang bikin kamu mau lagi dan lagi! 

Bagi sobat tiket yang ingin mencicipi kelezatan Rawon Nguling, kamu bisa mampir ke kedai Rawon Nguling terletak di beberapa daerah Surabaya. Beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah di Jalan Rajawali dan Jalan Kutai. 

Ngapain Lagi ya, Enaknya?

Liburan di Surabaya kurang lengkap kalau cuma wisata kuliner. Karena, ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan bersama teman, keluarga, hingga pasangan di kota ini. Pesona alam indah dan wisata budaya yang kaya bisa juga jadi agenda liburan tidak boleh kamu lewatkan. 

Kalau sobat tiket ada rencana ke Surabaya dalam waktu dekat, kamu bisa cobain 5 Hal Unik saat Staycation di kota ini. Semuanya dijamin seru dan bikin liburan semakin menyenangkan. 

Urusan memesan tiket pesawat, serahkan pada tiket.com aja! Kamu bisa pilih waktu keberangkatan dan kelas kabin pesawat dengan mudah dan anti ribet! Jangan lewatkan juga berbagai promo menarik yang bisa meringankan biaya liburan. Segera unduh aplikasi tiket.com dan rasakan kemudahan liburan seru bersama orang tercinta!