,

Nggak Melulu Pempek, 12 Makanan Khas Palembang Ini Juga Wajib Kamu Cicipi!

Bicara soal Palembang, ada banyak hal yang menarik terkait dengan kota tertua di Indonesia ini. Palembang yang jadi kota terbesar kedua setelah Medan di Sumatera menawarkan sejumlah keunikan yang menarik untuk dijelajahi wisatawan.

Makanan khas Palembang menjadi salah satu hal yang jadi daya tarik tersendiri. Menariknya, akulturasi beragam budaya di kota ini melahirkan aneka kuliner yang beragam macamnya. Bukan hanya pempek, kuliner khas Palembang ternyata ada banyak banget, lho!

12 Makanan Khas Palembang, Ayo Jelajahi Rasanya!

Jika kamu tertarik buat mengeksplor aneka kuliner dari ibu kota Sumatera Selatan ini, kamu bisa menyediakan waktu khusus buat wisata kuliner. Soalnya bakal ada banyak banget pilihan yang bisa kamu coba, nih. Mulai dari makanan berat, hingga yang manis dan ringan.

Nah, kalau kamu tertarik banget dengan aneka kuliner Palembang, yuk cek rekomendasinya dari tiket.com berikut!

1. Tekwan

Makanan khas palembang
Sumber: shutterstock.com

Kalau kamu menggemari pempek, pasti bakal suka nih sama tekwan. Sebenarnya, tekwan sendiri menggunakan bahan yang hampir sama dengan bahan pempek. Bedanya, tekwan ini disajikan dengan kuah kaldu udang yang gurih dan sedap. Adonan tekwan dibentuk bulat kecil menyerupai bakso ikan.

Nantinya tekwan ini disajikan bersama taburan seledri, bawang goreng, daun bawang, bihun, potongan bengkuang, dan jamur kuping. Kuliner ini sering kali disebut baksonya Palembang, lho. Siapa yang udah nyoba?

2. Pindang Patin

Nggak kalah populer dari pempek, pindang patin ini juga jadi kuliner primadona khas Palembang. Ikan patin ini akan disajikan bersama kuah santan bercita rasa asam, manis, pedas, dan gurih jadi satu. Kuliner ini dibuat dari daging ikan patin yang dimasak dengan bumbu cabe merah, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, nanas dan bumbu lainnya. Paling sedang sih disantap bareng nasi putih hangat plus sambal mangga atau tempoyak, nikmat!

3. Mie Celor

Makanan khas palembang
Sumber: shutterstock.com

Mie celor jadi menu sarapan yang paling gemari di Palembang. Seporsi mie celor ini terdiri dari mie yang dicelup kemudian disiram dengan kuah kaldu santan yang kental. Selain itu ada pula tambahan tauge dan telur rebus. Keunikannya, mie ini memiliki bentuk tebal seperti udon. Rasa kuah yang gurih dari kaldu rebusan kepala udang membuat Mie Celor memiliki cita rasa juara.

4. Sambal Tempoyak

Mau coba sambal khas Palembang? Jawabannya adalah sambal tempoyak. Sambal unik ini dibuat dari fermentasi durian dengan cita rasa asam, pedas, dan manis dengan aroma dan rasa durian di ujungnya. Cara membuatnya, daging durian akan ditumis bersama irisan cabai dan bawang.

Di Palembang sendiri, sambal ini menjadi teman dari sup pindang atau bahkan lauk seperti ayam goreng plus nasi hangat. Tapi lebih cocok disajikan bareng sajian ikan air tawar khas Palembang sih. Ada yang udah pernah coba bercita rasa unik ini?

5. Martabak Har

Makanan khas palembang
Sumber: shutterstock.com

Pernah dengar Martabak Har khas Palembang? Martabak ini sekilas mirip dengan martabak telor pada umumnya. Bedanya, martabak har hanya menggunakan telur yang dibalut kulit martabak. Ciri khasnya, martabak har ini disajikan siraman kuah kari dengan cita rasa rempah pekat yang kentang dan daging.

Asal mula mengapa kuliner ini bernama martabak HAR karena bermula dari menu masakan di rumah makan HAR. Rm HAR sendiri merupakan singkatan dari nama sang pemilik yakni Haji Abdul Rojak.

6. Burgo

Burgo dibuat dari tepung beras dan tepung sagu yang dimasak menyerupai dadar tipis. Setelah itu, adonan burgo akan digulung kemudian dipotong-potong. Sekilas burgo ini bentuknya seperti kwetiauw dengan ukuran lebih besar.

Burgo kemudian disajikan bersama kuah santan yang diracik bersama rempah seperti ketumbar, kencur, kunyit, lengkuas, bawang putih, dan kemiri. Setelah itu seporsi burgo akan dilengkapi dengan ikan yang disuwir, potongan telur, dan ayam rebus. Nggak lupa tambahan sambal dan jeruk nipis agar lebih nikmat.

7. Es Kacang Merah

Makanan khas palembang
Sumber: shutterstock.com

Selesai mencicipi aneka makanan berat khas Palembang, kamu bisa mencicipi kesegaran Es Kacang Merah yang sudah tersohor. Kesegaran yang berpadu manisnya bakal memanjakan lidah. Es kacang merah ini dibuat dari perpaduan kacang merah, es serut, sirup merah, dan susu kental manis. Mencicipi es ini di tengah teriknya cuaca Palembang emang pas banget!

8. Laksan

Kamu pasti tahu pempek lenjer dong? Dalam kuliner ini, pempek lenjer bakal disajikan dengan cara unik. Pempek tersebut akan dipotong-potong setebal 1 cm. Kemudian dimasak bersama kuah santan. Bentuk dan rasanya kuahnya mirip dengan lontong sayur yang gurih dan nagih.

9. Celimpungan

Celimpungan ini bahan utamanya mirip dengan pempek, namun hanya muncul di saat lebaran saja. Bahan dasarnya adalah ikan dan tepung sagu, bentuknya bulat putih namun lebih besar dari tekwan. Celimpungan akan disajikan dengan kuah kari kental yang nikmat, lho. Kuah kari dan olahan ikan memang pas banget dijadiin satu. Duh jadi ngiler nggak sih, sobat tiket?

10. Gulo Puan

Makanan khas Palembang yang memiliki keunikan tersendiri adalah Gulo Puan. Dalam sejarahnya, makanan ini termasuk makanan ningrat lho, sobat tiket. Dahulu hidangan ini hanya bisa dinikmati para bangsawan dan mereka yang sudah haji. Sayangnya, kini kuliner ini mulai jarang terlihat.

Gulo puan sendiri terbuat dari susu kerbau dan gula, biasanya gulo puan jadi bahan campuran makanan lain. Namun kamu juga bisa mencobanya langsung. Jadi penasaran, susu kerbau itu gimana ya rasanya?

11. Lenggang

Lenggang ini dibuat dari olahan ikan yang dicampur telur yang sudah dikocok. Kemudian, adonan tersebut akan diletakkan di atas daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang. Keunikan cara pembuatannya membuat lenggang memiliki cita rasa nggak kalah menarik. Terutama aroma khas daun pisang yang dipanggang menciptakan sensasi sendiri!

12. Kue Maksuba

Terakhir ada kue maksuba yang merupakan kue khas dari Palembang. Kue ini berbahan dasar utama telur bebek dan susu kental manis, lho. Telur yang digunakan dalam proses pembuatan ada sebanyak 28 butir.

Adonannya pun kemudian diolah mirip seperti kue lapis. Rasanya tentu saja manis dan legit, nggak beda jauh dari kue lapis. Meski sekilas mirip, namun kue maksuba memiliki tekstur dan rasa yang berbeda. Oh iya, kue ini juga sering disajikan saat hari raya maupun acara penghormatan.

Palembang Ternyata Punya Segudang Kuliner Khas Wajib Coba

Sebagai kota yang kaya akan akulturasi budaya, Palembang hadir dengan beragam pilihan kuliner yang semuanya menarik. Kalau kamu liburan kemarin, bisa nih menjelajah secara khusus aneka kuliner yang ada. Setelah selesai berburu kuliner, kamu juga bisa menjelajahi wisata malam di Palembang biar liburan makin seru.

Gimana, seru kan liburan di Palembang? Kalau sobat tiket udah memutuskan mau ke sini, yuk segera pesan tiket pesawat ke Palembang di tiket.com. Ada promo menanti kamu!