Makanan Khas Malaysia

,

Makanan Khas Malaysia yang Harus Dicoba, Semuanya Enak!

Makanan Khas Malaysia – Jalan-jalan ke negeri jiran Malaysia memang sangat seru. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di sini. Mulai dari yang menawarkan keindahan alam, hingga wisata modern.

Satu hal lagi yang tak boleh kamu lewatkan ketika kamu sedang liburan ke Malaysia adalah makanan khasnya. Ada banyak pilihan kuliner yang enak-enak di Malaysia dan mungkin kamu akan sukai karena cita rasanya yang hampir mirip dengan masakan di Indonesia.

Makanan Khas Malaysia yang Terkenal

Dari banyaknya makanan khas Malaysia yang ada, di sini tiket.com sudah merangkum mana saja yang wajib untuk kamu coba. Beberapa makanan Malaysia di bawah juga terkenal, jadi mungkin kamu pernah dengar atau pun makan sebelumnya. Ayo simak daftarnya!

1. Nasi Lemak

makanan khas malaysia

Nasi lemak adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan santan. Makanan khas Malaysia yang satu ini terkenal sebagai pilihan makanan untuk sarapan. Biasanya nasi lemak disajikan dengan bungkusan daun pisang.

Selain itu nasi lemak juga masih dilengkapi dengan lauk untuk membuat rasanya semakin lezat. Beberapa pelengkapnya antara lain adalah teri goreng, telur rebus, timun, kerupuk, dan juga sambal.

2. Nasi Kerabu

Makanan khas Malaysia yang satu ini juga sangat populer dan sering sekali diincar oleh orang-orang yang pergi liburan ke negeri jiran. Nasi kerabu bisa dibilang memiliki tampilan yang unik di mana warna dari nasi ini adalah biru.

Untuk makan nasi kerabu, biasanya ditemani dengan beberapa lauk tambahan seperti ikan goreng, ayam goreng, telur asin, kerupuk, ayam bakar, sayur-sayuran, dan tak lupa kerupuk. Jadi, kalau ke Malaysia jangan lupa cicipi masakan yang satu ini ya.

3. Ayam Laksa Penang

Ayam Laksa Penang adalah makanan khas Malaysia yang bahan utamanya menggunakan mi atau bihun. Kemudian disiram dengan kuah yang teksturnya cukup kental dan rasanya adalah paduan antara asam dan pedas.

Ayam laksa penang merupakan kombinasi masakan yang khas dari Melayu dan juga China. Makanan ini rasanya sangat khas dan cocok untuk kamu santap di siang atau malam hari. Kalau kamu suka makanan pedas, maka kamu wajib coba makanan ini.

4. Char Kway Teow

Karena memang dua negara yang bertetangga, maka tak jarang kita akan menemukan beberapa makanan khas Malaysia yang memiliki tampilan dan rasa menyerupai makanan dari Indonesia. Salah satunya adalah Char Kway Teow ini.

Makanan ini mirip seperti kwetiau yang sering kamu temukan di pedagang pinggir jalan. Rasanya pun hampir sama karena menggunakan bahan pelengkap seperti telur, daging ayam, udang, sosis, bakso dan lainnya.

5. Ayam Percik

Makanan Khas Malaysia

Ayam percik merupakan olahan daging ayam yang dimasak dengan menggunakan banyak macam rempah. Cara membuatnya pun cukup sederhana, di mana daging ayam direndam dalam bumbu, kemudian dipanggang hingga matang.

Saat dipanggang, ayam ini diberi bumbu tambahan dengan cara dipercikkan. Nah, dari situlah ayam percik ini mendapatkan namanya. Kemudian setelah selesai dipanggang, ayam tersebut masih dibalur dengan bumbu lagi untuk menambahkan kelezatan rasa yang tak terlupakan.

6. Ayam Pongteh

Ayam pongteh tak hanya merupakan makanan khas Malaysia, namun juga cukup populer di Singapura. Jika dilihat sekilas, tampilannya hampir mirip dengan ayam semur yang mungkin sudah pernah kamu makan sebelumnya.

Kuahnya berwarna cokelat gelap dan cukup kental. Aromanya pun sangat wangi dan bisa membuat kamu langsung menjadi lapar. Makanan ini akan menjadi sangat enak ketika disajikan dengan nasi putih hangat.

7. Nasi Daun Pisang

Kalau sebelumnya kamu sudah pernah dengar nasi kucing yang berasal dari Jawa Tengah, maka di Malaysia ada makanan khas yang konsepnya hampir mirip yakni nasi daun pisang. Namun jika ditarik sejarahnya, sebenarnya makanan ini berasal dari India, yang kemudian dibawa oleh pedagang asal India ke Malaysia.

Penyajiannya cukup sederhana. Satu porsi nasi putih dibungkus menggunakan daun pisang yang juga diberi beberapa lauk tambahan seperti daging ikan atau ayam, sayur, dan juga sambal.

Makanan Khas Melayu yang Lezat dan Wajib Kamu Coba

Nah, untuk melengkapi liburanmu ke negeri jiran, jangan lupa untuk mencicipi semua makanan khas Malaysia yang sudah disebutkan di atas. Pastinya tidak akan sulit menemukan tempat yang menjual makanan tadi.

Lalu kalau kamu mau tahu ke mana sebaiknya kamu pergi ketika liburan ke sana, jangan lewatkan artikel tempat wisata di Malaysia ini. Kalau mau nginep nyaman, pastinya jangan lupa pesan hotel di Malaysia di tiket.com pastinya bikin kamu bisa nginep dengan nyaman.