, , ,

Lima Kuliner Ini Bisa Bikin Kamu Betah Di Belitung

Coba bayangkan suara desir ombak yang menerjang rangkaian batu karang besar, dan suara angin yang menerjang pohon kelapa yang tidak seberapa rindang itu. Ya, selain hal-hal yang berbau film Laskar Pelangi, semua ini bisa jadi menandakan bahwa kamu sedang berada di Belitung. Pulau di sebelah timur Sumatera ini memang tidak hanya menarik, namun menyimpan banyak potensi untuk membuatmu betah.
Salah satunya adalah kuliner. Tahukah kamu bahwa Belitung memiliki banyak kuliner yang tidak hanya enak, namun juga bisa bikin kamu betah nggak mau pulang dari Belitung. Berikut ini adalah lima sajian kuliner khas Belitung tersebut.

1. Lempah
Orang Bangka-Belitung biasa menyebutnya dengan Gangan. Bagi orang Belitung sendiri, makanan ini sudah seperti makanan sehari-hari. Rasanya menjalani hari tidak terasa lengkap jika tidak menikmati kuliner yang satu ini. Disajikan berkuah, menu satu ini biasanya menggunakan bahan-bahan seperti ikan, sayuran dan rempah-rempah khas Belitung. Aromanya yang kuat, pastinya membuatmu tidak bisa lepas dari Belitung.

lempah_kuning
Sumber Foto: http://yuleko.com/indahnya-pantai-bangka-belitung.html/lempah_kuning

2. Rusip
Terdengar seperti nama orang yah? Bukan, ini bukan nama nelayan terkenal di Pulau Belitung, melainkan nama sebuah kuliner unik khas Belitung, hasil percampuran dua budaya, Belitung dan Jawa. Ya, Rusip adalah makanan sejenis sambal, yang proses pembuatannya cukup lama. Ikan teri difermentasi, kemudian dicampur dengan gula jawa. Kebayang kan enaknya jika dimakan dengan nasi hangat?

Rusip
Sumber Foto : http://iriyadi.com/rusip-makanan-tradisonal-khas-bangka/

3. Lakso
Sekilas bentuknya seperti pempek yang berbentuk menyerupai kerupuk putih yang biasa ada di warung. Disajikan dengan kuah kaldu, menjadikannya tidak hanya enak di mulut, namun juga segar dan nikmat. Cocok sekali untuk menemani saat santai kamu, ataupun teman mengobrol saat liburan. Apalagi jika dimakan sambil menikmati sunset di pinggir pantai.

laksa-bangka-belitung
Sumber Foto: http://kuliner.ilmci.com/resep/2015/15/laksa-bangka.aspx

4. Kericu
Kamu penggemar seafood? Coba deh makanan yang satu ini. Kericu adalah kerupuk seafood, yang berbentuk lonjong. Makanan ini biasanya dibuat dari telur cumi-cumi yang dihaluskan. Lalu,cumi tersebut dicampur berbagai bahan seperti tepung sagu, lengkuas, bawang merah dan putih, kemudian digoreng sampai kering. Hmmm, renyah dan gurihnya pasti bikin kamu ketagihan.

Kericu
Sumber Foto: https://cauchymurtopo.wordpress.com/2012/11/07/catatan-kecil-tentang-negeri-serumpun-sebalai/dsc00235/

5. Pantiaw
Yang satu ini, pantang banget buat kamu lewatkan. Dari bentuknya, makanan berkuah ini berbentuk seperti lakso, hanya saja jika lakso lebih seperti bakso, maka Pantiaw mungkin lebih sedikit mirip dengan soto. Makanan ini sungguh nikmat untuk disantap siang hari, apalagi jika ditambahkan dengan suiran ayam dan tomat serta jeruk nipis.

Sumber Foto: http://avidaendriani.it.student.pens.ac.id/bangkabelitung/images/kuliner/pantiaw.jpg
Sumber Foto: http://avidaendriani.it.student.pens.ac.id/bangkabelitung/images/kuliner/pantiaw.jpg

Kamu punya menu kuliner khas Belitung lain yang membuat kamu betah atau ingat Belitung? Yuk, sharing cerita kamu di kolom comment.