Sumber: Shutterstock.com

,

3 Kuliner Halal di Bali yang Harus Kamu Coba, Lezatnya Bikin Ketagihan!

Kuliner Halal di Bali – Pesona Pulau Bali yang indah telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi pariwisata Indonesia. Selain dikenal dengan atraksi Tari Kecaknya yang mendunia, kecantikan alam Bali Dwipa juga telah membuat turis asing dari berbagai negara jatuh cinta.

Tak hanya itu saja. Daya tarik tradisi dan budaya Bali juga kerap memantik inspirasi bagi banyak orang. Tak terkecuali para musisi dalam negeri dan internasional. Keindahan pantai dan lautnya membuat Anggun C. Sasmi dan Deep Forest membawakan Deep Blue Sea dengan aransemen yang kental bernuansa etnik Bali.

Demikian juga dengan video klip Damainya Cinta dari Gigi Band yang menyertakan keelokan penari Bali. Selain itu, ada juga Andre Hehanusa yang menyanyikan Kuta Bali dan Maribeth—penyanyi Filipina yang populer dengan lagu Denpasar Moon pada masanya.

Bali memang memikat. Tak hanya alam, budaya dan keseniannya saja yang memukau. Kini wisata kulinernya pun semakin mendapat sorotan. Berbagai makanan khas Bali yang halal seperti bubur mengguh, nasi jinggo, serombotan, hingga sate lilit—semuanya mengundang lidah untuk bergoyang.

Kuliner Halal Pilihan dengan Rasa yang Menggugah Selera

Sobat tiket penggemar makanan pedas? Jika ya, maka makanan khas Bali akan cocok dengan seleramu karena kebanyakan dari kulinernya rata-rata mempunyai citarasa yang pedas. Seperti halnya kuliner khas Nusantara lainnya, bumbu masakan Bali juga sarat akan rempah-rempah yang sedap.

Tak lengkap jika berlibur ke Bali tanpa mencicipi kulinernya yang menggiurkan. Pasalnya, Bali punya sejumlah masakan sedap yang menggugah selera. Mau coba?

1. Bebek Bengil Dirty Duck Dinner

Sumber: Shutterstock.com

Bebek Bengil Dirty Duck Dinner dikenal dengan hidangan bebek gorengnya yang maknyus. Ada cerita di balik nama restoran yang unik ini. Menurut masyarakat setempat, ‘bengil’ berarti ‘kotor’. Restoran ini dinamai demikian karena saat finishing, ada sekelompok bebek yang lewat.

Gara-gara mereka, lantai pun jadi kotor dipenuhi tapak kaki bebek. Sejak saat itu nama tersebut melekat. Tak disangka, branding ini malah dikenal kuat hingga ke mancanegara. Turis asing menyebut Bebek Bengil sebagai Dirty Duck Dinner.

Tempatnya yang asri didukung dengan interior tradisional. Di bagian belakang restoran, kamu akan disuguhkan dengan view tengah sawah yang hijau dan bikin tenang.

Kamu juga bisa memilih untuk duduk di kursi atau lesehan. Tak hanya kids friendly, di tempat ini juga terdapat kolam kecil dengan tanaman cantik yang menambah indah ambience restoran. Kulineran pun jadi semakin nikmat.

Satu porsi Bebek Bengil terdiri dari nasi, bebek peking yang empuk dan juicy, sayur lawar, tiga jenis sambal, serta potongan jeruk dan semangka. Tak hanya bebeknya gorengnya saja yang terkenal, restoran yang sudah berdiri sejak 1990 ini juga menyajikan berbagai menu ala Eropa seperti steak, pasta, dan spaghetti.

Tersedia juga berbagai sambal beragam varian seperti matah dan ulek. Tapi tenang, citarasa sambalnya cukup bersahabat kok. Sehingga recommended untuk kamu yang nggak terlalu doyan pedas.

Menariknya lagi, terdapat Bali United Store di Restoran Bebek Bengil ini. Cocok nih buat sobat tiket penggemar bola. Untuk menambah seru liburanmu, kamu bisa jalan-jalan dan kulineran ke sini.

Alamat: Padang Tegal, Jl. Hanoman, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WITA.

Harga*: Rp 125.000/ porsi untuk bebek bengil.

2. Warung Mak Beng Sanur

Sumber: Shutterstock.com

Buat kamu yang suka menyimak info wisata kuliner, mungkin sudah nggak asing lagi dengan restoran seafood bernama Warung Mak Beng Sanur ini. Berdiri sejak 1941, lokasinya terbilang strategis karena dekat dengan hotel Grand Inna Bali Beach.

Yap, restoran yang selalu ramai pengunjung ini juga berdekatan dengan Pantai Sanur. Menu terfavorit di sini ialah sop kepala ikan lautnya yang terkenal. Selain itu, ikan laut gorengnya pun menjadi kesukaan wisatawan yang datang.

Harganya sangat terjangkau, yakni Rp55 ribu saja untuk satu porsi. Seporsi makanannya terdiri dari nasi putih, ikan goreng, serta sup kepala ikan. Meski tak ada menu lain di sini, namun tamu yang datang harus mengantri dulu lho, agar dapat menikmati menu yang sedap ini.

Tak perlu khawatir, sup ikannya tidak berbau amis. Karena ikan jangki yang segar, empuk, dan lembut ini telah dibumbui dengan perasan jeruk nipis serta daun salam yang harum. Belum lagi campuran rempah-rempah dan bumbu khas Bali yang dimasak secara tradisional. Alhasil rasanya pun jadi tambah maknyus dan menggiurkan.

Ikan gorengnya pun tak kalah nikmat karena ditambah dengan sambal terasi yang sedap.

Alamat: Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 22.00 WITA.

Harga*: Rp 55.000/ porsi.

3. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Sumber: Shutterstock.com

Satu lagi kuliner khas Bali yang halal dan lezat nggak ada dua adalah ayam betutu. Khas dari Gilimanuk, ayam betutu ini makin bikin penasaran karena tingginya minat wisatawan untuk mencicipi.

Layaknya setiap kawasan Nusantara pada umumnya, tiap daerah di Bali juga mempunyai kuliner khasnya masing-masing. Untuk Gilimanuk, ayam betutu ini yang paling disukai. Sehingga jangan heran jika tempat makan yang menyediakan menu ini akan tampak ramai pengunjung.

Ayamnya dimasak dengan cara diungkep (direbus dan ditumis kental) sehingga tekstur dagingnya terasa lembut. Bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit hingga berbagai rempah lainnya yang meresap membuat daging ayamnya jadi semakin sedap.

Umumnya, seporsi ayam betutu dihidangkan dengan bumbu tradisional yang lengkap. Terdapat kacang goreng, rebusan kangkung, kuah dengan bumbu rempah, serta sambal matah.

Sedikitnya, ada dua tempat makan ayam betutu yang terkenal enak dan bisa kamu kunjungi di Gilimanuk, yakni Ayam Betutu Men Tempeh 1978 dan Ayam Betutu Bu Lina 1 Halal. Tak hanya nyaman, suasana kedainya pun terasa santai dan bikin betah.

Ayam Betutu Men Tempeh 1978

Alamat: Terminal Lama, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali, 82252.

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 22.00.

Harga: Rp 95.000/ ekor ayam.

Ayam Betutu Bu Lina 1 Halal

Alamat: Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali, 82252.

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 22.00.

Harga*: Kisaran Rp 28.000 – Rp 113.000.

Pastikan kamu sudah menyediakan uang tunai ya. Karena rata-rata pembayarannya hanya menerima cash.

Menjajal Kuliner Halal yang Lezat di Bali

Nggak heran kalau jadi banyak wisatawan yang tambah cinta sama Bali. Apalagi kalau sudah menjajal kuliner halalnya yang lezat. Tak hanya kaya akan rempah-rempah dan sarat bumbu yang sedap. Kamu pasti setuju jika masakan tradisional Bali disebut punya citarasa yang khas.

Untuk sobat tiket yang udah nggak sabar lagi mau berkunjung ke sini, pesan tiket pesawat ke Bali dari tiket.com sekarang juga untuk pengalaman liburan yang berkesan. Supaya lebih praktis dan mudah mencari tempat bermalam, cek juga 10 Rekomendasi Penginapan di Bali yang Ramah di Kantong.

*Harga saat artikel dibuat