,

5 Kebun Binatang Kece di Bali yang Menunggu untuk Kamu Jelajahi

Melihat tingkah laku hewan selalu jadi pengalaman yang menyenangkan. Makanya bukan hal aneh kalau kebun binatang termasuk salah satu tempat wisata favorit tak terkecuali juga di Bali.

Sobat tiket tahu enggak kalau kebun binatang di Bali hampir selalu dipenuhi turis domestik dan mancanegara. Bukan cuma karena Bali memang ramai dengan turis, tapi karena kebun binatang di Bali juga jempolan.

5 Kebun Binatang Top di Bali

Kebun binatang di Bali punya koleksi binatang yang banyak. Pelayanannya juga maksimal banget. Fasilitasnya tentu memadai. Pasti pada penasaran seperti apa sih kebun binatang di Bali. Nah, langsung aja lihat rekomendasi berikut.

1. Berkeliling Bali Zoo, Kebun Binatang Super Lengkap

Sumber: Shutterstock.com

Kamu bakal dibuat cukup kewalahan saat mengunjungi Bali Zoo. Karena banyak banget pilihan paket wisata yang menarik. Dengan membayar mulai dari Rp355 ribu*, pengunjung sudah bisa menyaksikan berbagai pertunjukan hewan dan mendapat akses ke wahana waterplay. Tapi jangan khawatir, waktu satu hari sudah cukup untuk menjelajah tempat ini.

Buat yang mau menjajal interaksi unik dengan hewan, ada beberapa pilihan paket. Mulai dari ekspedisi gajah, sarapan dengan orang utan, dan main lumpur dengan gajah. Pastinya juga tersedia safari malam.

Kerennya lagi, beberapa paket dilengkapi akses spa. Pas banget untuk membuang rasa lelah setelah keliling kebun binatang. Bagi yang liburan bersama anak kecil, bisa lho mengajak anak menunggangi kuda poni.

Untuk mengisi perut, kamu bisa menuju beberapa restoran yang ada. Salah satunya restoran Gayo yang menyajikan makanan Barat dan Asia. Kamu juga bisa melihat gajah yang tengah mandi di restoran berkonsep taman ini.

Satu tips sebelum memesan paket wisata adalah teliti dalam memilih. Baca keterangan paket dengan baik. Karena beberapa paket punya pilihan waktu di pagi atau siang hari.

Kamu yang enggak mau ribet memikirkan transportasi, bisa pilih paket dengan opsi hotel return transfer. Tapi perhatikan dulu wilayah mana saja yang dijangkau jasa ini.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp355 ribu*

Alamat: Singapadu, Gianyar. Sekitar 28 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

2. Mengejar Kupu-kupu di Kemenuh Butterfly Park

Sumber: Shutterstock.com

Enggak setiap hari kan sobat tiket bisa menjumpai kupu-kupu. Tapi kalau mampir ke sini, kamu dijamin puas deh memandangi kupu-kupu yang lucu. Koleksi kupu-kupu di sini banyak sekali.

Selain kupu-kupu hidup, ada pula kupu-kupu yang telah diawetkan di dalam museum. Kamu bisa lebih paham tentang berbagai jenis kupu-kupu di museum ini.

Sempatkan waktu untuk melipir ke ruang kepompong. Mana tahu kamu beruntung bisa melihat proses metamorfosis dari kepompong jadi kupu-kupu. Sekalian, kamu bisa menjadi saksi lahirnya seekor kupu-kupu.

Taman ini terletak di dekat area sawah yang luas. Kamu bisa menikmati pemandangan yang asri sambil menyantap makan siang di restoran yang tersedia di taman.

Tertarik menyusuri sawah? Kamu bisa memesan paket wisata trekking selama 2 jam di pagi hari yang akan berakhir di taman kupu-kupu.

Panorama lain bisa didapatkan dengan memilih paket air terjun. Perjalanan akan dimulai dengan mengunjungi air terjun Tegenungan dan berakhir di taman kupu-kupu.

Harga tiket masuk: dewasa Rp100 ribu* dan anak-anak Rp50 ribu*

Alamat: Jl. Raya Kemenuh, Gianyar. Sekitar 35 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

3. Gemasnya Penyu di Penangkaran Penyu Deluang Sari

Untuk tiba di tempat ini, pengunjung harus menaiki kapal dari Pantai Tanjung Benoa. Salah satunya dengan glass bottom boat atau kapal yang tembus pandang di bagian bawahnya.

Selama perjalanan sekitar 15 menit, kamu akan terhibur dengan cantiknya binatang laut. Tiba di tempat penangkaran, pengunjung bebas berfoto dengan berbagai macam penyu.

Ada penyu yang usianya telah mencapai puluhan tahun lho. Pengunjung dibebaskan memegang dan memberi makan penyu. Meski namanya penangkaran penyu, ada binatang lain juga kok di sini seperti burung, iguana, dan ular.

Banyak yang merekomendasikan tempat ini sebagai destinasi wisata keluarga. Para orang tua bisa sekaligus mengajarkan anak tentang pelestarian lingkungan.

Supaya liburanmu makin berkesan, kamu bisa main air di Pantai Tanjung Benoa sebelum atau sesudah dari tempat penangkaran ini.

Harga tiket masuk: dewasa Rp10 ribu* dan anak-anak Rp5 ribu*

Alamat: Tanjung Benoa. Pantai Tanjung Benoa sekitar 16 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

4. Terpesona oleh Burung Eksotis di Bali Bird Park

Sumber: Shutterstock.com

Ingin memanjakan mata dan telinga sekaligus? Bali Bird Park tempatnya. Pengunjung akan melihat burung beraneka warna dan kicauan yang merdu. Total ada seribu burung asli Indonesia dan mancanegara yang menanti kedatanganmu.

Bingung mau melihat koleksi burung yang mana dulu? Jangan panik, burung di taman ini terbagi sesuai tempat asalnya kok.

Mulai dari pulau-pulau besar di Indonesia, hingga Amerika Selatan dan Afrika Selatan. Nah, tempat yang wajib banget disinggahi adalah kawasan Papua, Bali, dan rumah burung hantu. Kenapa ketiga tempat ini?

Karena kamu sedang berada di Bali, sekalian dong mengenal burung khas Bali. Selanjutnya, kamu akan berdecak kagum melihat burung Papua yang eksotis. Kekaguman kamu bakal bertambah ketika masuk ke adaptasi rumah adat ala Toraja. Di dalamnya, kamu akan bertemu dengan sekelompok burung hantu.

Kejutan lain, kamu berkesempatan menyapa komodo yang menetap di taman ini. Tapi jadwal kunjungannya cuma di hari Selasa pukul 11.00 dan Jumat pukul 14.30. Jangan lupa dicatat juga jadwal pertunjukan burung dari situs resminya ya biar kamu enggak kelewatan.

Sama seperti taman hewan lain, Bali Bird Park juga punya paket wisata. Ada paket khusus untuk keluarga. Ada pula paket dengan tambahan makan siang. Tinggal sesuaikan dengan keperluan kamu.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp347 ribu*

Alamat: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Gianyar. Sekitar 26,5 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

5. Menjelajahi Bali Safari & Marine Park

Sumber: Shutterstock.com

Rekomendasi kebun binatang berikutnya adalah Bali Safari and Marine Park. Kebun binatang ini punya koleksi lebih dari 100 spesies hewan, lho. Kamu juga bisa melihat lebih dekat binatang langka seperti Komodo dan Jalak Bali di sini.

Bali Safari Park menawarkan beberapa pilihan paket wisata. Sobat tiket bisa coba paket sarapan sambil menyaksikan singa dari kaca tembus pandang. Paket lain yang enggak kalah seru adalah paket safari dengan mobil jip.

Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menonton pertunjukan harimau dan gajah, menyaksikan atraksi berbagai hewan, menunggangi gajah, sampai menonton pertunjukan teater Bali Agung. Puas berinteraksi dengan hewan, kamu bisa mengunjungi museum gajah di dalam kawasan Bali Safari Park.

Ada juga kelas gratis belajar tari bali. Kamu yang berencana datang ke sini, jangan lupa membuka situs resmi Bali Safari Park lebih dulu. Soalnya jadwal pertunjukan dan kegiatan di dalam kebun binatang super padat.

Oh ya, beberapa paket wisata juga harus dipesan minimal 2 hari sebelumnya. Bali Safari Park juga menyediakan jasa transportasi shuttle di beberapa lokasi tertentu seperti dari Kuta, Ubud, dan sekitarnya.

Kamu yang ingin menjelajah kebun binatang dari pagi, bisa juga bermalam di hotel Mara River Safari Lodge. Dari teras kamar, kamu bisa melihat binatang dari jarak dekat. Senangnya! Untuk jadwal safari di siang hari berlangsung pukul 09.00 – 17.30 dan safari malam pada pukul 18.00 – 21.00.

Harga tiket masuk: mulai dari Rp540 ribu*

Alamat: Jl. Profesor Ida Bagus Mantra, Gianyar. Sekitar 34 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Cara Praktis Berwisata ke Kebun Binatang di Bali  

Sobat tiket pasti tergoda kan untuk mampir ke kebun binatang saat liburan di Bali. Salah satu yang jadi pertimbangan pasti transportasi untuk pergi ke dan pulang dari kebun binatang. Solusinya, kamu bisa sewa mobil di tiket.com. Gampang banget caranya dan lebih praktis juga apalagi kalau kamu liburan bareng anak kecil.

*keterangan harga saat artikel dibuat