Kerajinan Khas Bali

,

5 Kerajinan Khas Bali, Cocok untuk Kamu yang Menyukai Gaya Ethnic!

Kerajinan Khas Bali – Setiap kali kamu menginjakkan kaki di sebuah kota atau negara, pastinya akan ada hal unik dan khas ya, sobat tiket. Bahkan, sesuatu yang khas itu seringkali berupa sebuah benda atau barang yang bisa dijadikan buah tangan.

Sama halnya saat kamu pergi ke Bali nih, sobat tiket. Pastinya, kamu akan menjumpai beberapa hal yang unik dan khas banget kan dari pulau ini? Yup, seperti kerajinan khas Bali yang unik, cantik, dan menarik perhatian para wisatawan.

Bali yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini menyimpan banyak keunikan yang seakan tidak ada habisnya ya, sobat tiket. Seperti kerajinan khas Bali berikut ini nih, yang pastinya bikin kamu pengen beli dan membawanya pulang sebagai cinderamata!

5 Kerajinan Khas Bali yang bisa jadi Oleh-Oleh

Selain keindahan pantai dan alamnya, Bali juga dikenal sebagai pulau penghasil kerajinan tangan yang unik lho, sobat tiket. Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan beberapa kerajinan tangan khas Bali berikut ini. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai pilihan untuk oleh-oleh deh!

1. Lukisan

Seringkali disebut sebagai pulau nya para seniman, tidak heran jika Bali menghasilkan banyak sekali karya seni yang mempesona. Kamu yang memiliki ketertarikan dengan seni seperti seni lukis, pasti akan menyukai karya-karya seniman Bali deh!

Lukisan-lukisan khas Bali ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan lukisan lainnya. Sehingga, para pecinta lukisan akan dengan mudah membedakan karya seni lukis khas Bali dengan yang lainnya.

Kerajinan Khas Bali - Lukisan

Nah, sobat tiket yang ingin membelikan oleh-oleh atau hadiah spesial ke orang tersayang ataupun ke rekan kerja, bisa memilih opsi yang satu ini nih. Selain anti mainstream, tentunya memberikan hadiah berupa lukisan memiliki arti yang mendalam lho. 

Kumbasari Art Market, Kuta Art Market, Ubud Art Market bisa menjadi beberapa opsi tempat untuk kamu yang ingin membeli beberapa kerajinan khas Bali ya, sobat tiket.

2. Ukiran Kayu

Bali memang seringkali diidentikan dengan seni pahat. Karena ada banyak tangan terampil dalam seni pahat berasal dari pulau ini. Tidak hanya berupa ukiran kayu, Bali juga penghasil seni pahat batu lho, sobat tiket.

Namun, seni pahat batu ini seringkali mengangkat tema religius yang banyak digunakan di Pura atau tempat peribadatan. Sobat tiket sedang mencari oleh-oleh yang tidak biasa? Ukiran kayu hasil karya masyarakat setempat bisa menjadi solusi yang tepat nih untuk kamu.

Ada beberapa daerah di Bali yang terkenal dengan produk pahatan kayu nya. Seperti Batubulan, Singapadu, Kemenuh, Selakarang, dan beberapa tempat lainnya. Ukiran kayu yang dijual pun mengangkat tema yang berbeda.

Tidak hanya yang bertema religion, tapi juga ada tema lainnya seperti replika flora dan fauna, tokoh kartun, dan lain sebagainya.

3. Kain Bali

Kain Bali menjadi kerajinan khas Bali berikutnya yang juga banyak digemari oleh para wisatawan. Kain khas Bali ini juga memiliki banyak macamnya lho, sobat tiket. Mungkin kamu lebih sering menjumpai kain Bali dengan motif bunga yang biasa digunakan untuk ke pantai ya?

Kain Bali

Kamu tau nggak nih, sobat tiket, kalau ternyata kain Bali tidak hanya sebatas kain yang biasa kamu jumpai di art market Bali? Namun, ada juga kain khas Bali yang juga digunakan sebagai pakaian adat masyarakat Bali. Namanya adalah Kain Endek, atau kain ikat dengan macam-macam motif.

Uniknya, kain khas Bali yang satu ini memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan motifnya. Bahkan, beberapa motif dianggap sakral dan hanya boleh digunakan untuk acara-acara keagamaan saja lho, sobat tiket.

4. Tas Rotan Bali

Wah kalau yang satu ini sih kamu sudah familiar banget kan, sobat tiket? Gimana nggak, kalau kamu ke Bali, pastinya akan sering banget melihat jenis tas rotan Bali satu ini. Selain memiliki model yang unik, ada beberapa pilihan warna yang cantik juga lho.

Kerajinan Khas Bali - Tas Rotan Bali

Untuk sobat tiket yang mau tampil modis saat jalan-jalan di Bali, bisa beli tas rotan Bali satu ini nih. Pastinya, ini menjadi salah satu kerajinan khas Bali yang digemari oleh para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan asing! Kamu udah punya belum nih, sobat tiket?

5. Patung

Kerajinan yang satu ini sih memang bukan termasuk kerajinan tangan khas Bali yang lazim untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ya, sobat tiket. Namun, untuk kamu yang memang kolektor patung, banyak banget jenis patung yang bisa kamu beli di Pulau Bali ini.

Kerajinan Khas Bali - Patung

Mulai dari patung kayu hingga patung batu bisa kamu jumpai di pulau ini. Bukan hanya sekedar patung-patung untuk tempat keagamaan, tetapi juga banyak pilihan patung untuk dekorasi rumah. Bali bisa menjadi surganya pahatan patung untuk kamu para kolektor patung deh, sobat tiket.

Liburan Seru di Bali, Mulai dari Pantai hingga Wisata Tersembunyi

Bali memang dikenal dengan surga pantainya yang indah dan mempesona. Namun di samping itu, pulau ini juga terkenal dengan masyarakatnya yang kreatif dan berprofesi sebagai seniman. Kamu pecinta seni? Maka Bali bisa menjadi tempat yang cocok untuk kamu.

Liburan di Bali nggak lengkap rasanya kalau kamu nggak mengunjungi 7 Tempat Wisata Unik di Bali ini. Mau jalan-jalan seru di Bali bersama orang tersayang? Pesan sewa mobil di Bali di tiket.com, dan eksplor Bali lebih banyak lagi!