,

Saatnya Makan-Makan! Ini 10 Tempat Kuliner di Jakarta yang Pasti Bikin Ketagihan   

Siapa yang enggak suka cobain berbagai macam makanan? Apalagi di Jakarta. Banyak makanan enak tersebar di seantero kota.

Memang, paling asyik itu makan enak setelah lelah beraktivitas seharian. Ketika weekend atau liburan, juga paling pas rileks sambil ditemani makanan enak.

Mencicipi Kuliner Lezat di Jakarta

Besok enaknya makan apa, ya? Pikiran ini hampir pasti terlintas di benak sebagian orang setiap hari. Kalau di Jakarta, pertanyaan ini muncul karena banyaknya pilihan makanan. Kamu yang masih belum tahu besok mau makan apa, silahkan baca ulasan berikut.

1. Mencicipi Lezatnya Nasi Uduk Gondangdia

Harumnya nasi uduk pasti bikin perut keroncongan. Apalagi kalau ditemani dengan lauk-pauk yang beraneka ragam.

Kamu yang makan di sini, akan menjumpai nasi uduk yang dibentuk seperti tumpeng. Nasi berbentuk kerucut mini ini dibungkus dengan daun pisang.

Makin sedap dengan lauk-pauk khas nasi uduk seperti ayam, tahu, tempe dan sate jeroan. Hati-hati,  jangan sampai kalap makan, ya.

Jam buka: 10.00 – 00.00.

Harga: nasi uduk mulai dari Rp7 ribu*

Alamat: Jl. Cikini IV No.12, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Cobain Juga Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Sobat tiket yang suka ngemil makanan manis, boleh coba Pisang Goreng Madu Bu Nanik. Sesuai namanya, pisang goreng ini dilumuri madu saat digoreng.

Jika dilihat langsung, warna pisang goreng seperti gosong. Tapi ketika digigit, rasa manis pisang plus madu pasti bikin ketagihan.

Tak hanya pisang madu, ada juga menu lain yang digoreng dengan madu. Di antaranya, nanas goreng madu, cempedak goreng madu dan sukun goreng madu. Tertarik mencoba?

Jam buka: 07.00 – 19.00.

Harga: Rp6 ribu*

Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No. 67, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

3. Enak Tanpa Tanding! Cicipi Nasi Bebek Mak Isa

Banyak pedagang nasi bebek asal Madura di Jakarta. Tapi banyak yang bilang kalau kelezatan nasi bebek Mak Isa ini sulit untuk ditandingi.

Daging bebek yang empuk dicampur bumbu hitam lezat jadi incaran banyak pengunjung. Tak terkecuali para pencinta makanan pedas.

Wajar sih karena bumbu bebek Mak Isa terkenal super pedas. Kamu yang kurang suka makanan pedas, silahkan minta sambalnya dipisah.

Jam Buka: 05.00 – 23.00.

Harga: mulai dari Rp18 ribu*

Alamat: Jl. Bekasi Timur Raya No. 44, Cipinang, Jakarta Timur.

4. Mencicipi Bubur Ayam Barito Yang Bikin Rela Ngantre

Bubur ayam biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam. Beda dengan bubur ayam barito yang tetap enak meski tanpa siraman kaldu ayam.

Ada taburan cheese stick di atas bubur melengkapi potongan ayam dan cakue, yang bikin bubur ini beda dari yang lain. Untuk menambah cita rasa, ada menu bubur ayam spesial dengan telur ayam setengah matangnya.

Kebayang kan seperti apa gurihnya bubur ayam dengan telur yang meleleh? Pantas aja banyak pengunjung yang rela makan di atas kendaraan pribadinya karena enggak kebagian tempat.

Jam buka: 17.00 – 23.00.

Harga: mulai dari Rp18 ribu*

Alamat: Jl. Gandaria Tengah III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Juga Bikin Nagih

Sumber: Shutterstock.com

Kamu bisa mencicipi seporsi nasi goreng kambing dengan semangkuk acar pedas di sini. Porsi nasi dan jumlah daging yang banyak pas untuk mengisi perut yang kosong.

Belum puas? Ayo tambah seporsi sate kambing. Soal rasa, kedua makanan ini enggak perlu diragukan lagi. Apalagi bau khas olahan kambing tidak terlalu tercium.

Tempat makan kaki lima ini baru buka pada sore hari. Tapi sobat tiket bisa memesan nasi goreng kambing untuk makan siang lewat outlet yang terletak Jl. Kebon Sirih Barat Dalam No. 1, Menteng. Outlet ini merupakan cabang yang buka mulai pukul 11.00.

Jam buka: 17.00 – 02.00.

Harga: nasi goreng kambing Rp41 ribu per porsi, sate kambing Rp60 ribu per porsi atau 8 tusuk*

Alamat: Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng, Jakarta Pusat.

6. Ngopi Sambil Bernostalgia di Kedai Kopi Es Tak Kie

Menyeruput kopi sambil bernostalgia, bisa dilakukan di kedai Kopi Es Tak Kie. Kedai yang terletak di kawasan Pecinan Glodok ini masih mempertahankan interior yang klasik sejak tahun 1927.

Varian kopi di sini hanya ada kopi hitam dan kopi susu. Tapi enggak perlu khawatir, campuran kopi robusta dan arabika asal Indonesia sering dipuji para pencinta kopi.

Selain kopi, ada beberapa menu makanan yang ditawarkan seperti nasi campur dan bakmi ayam. Kalau mau ke sini, pastikan tidak lewat jam makan siang ya.

Jam buka: 06.30 – 12.30.

Harga: mulai dari Rp17 ribu*

Alamat: Jl. Pintu Besar Selatan 3 No. 4-6, Taman Sari, Jakarta Barat.

7. Martabak Pecenongan 65A Yang Menggugah Selera

Disebut sebagai salah satu pelopor martabak di Jakarta, tempat ini menyajikan puluhan topping yang menggugah selera. Dari topping almond hingga sapi samyang.

Buat yang suka coba-coba, bisa membeli martabak pizza dengan kombinasi 6-8 rasa. Kamu juga bisa menentukan adonan martabak manis sendiri. Ada 6 pilihan rasa, di antaranya talas dan kopi.

Enggak cuma martabak manis dan asin, ada juga martabak tipis dalam kemasan. Jadi, sempatkan mampir untuk bawa pulang martabak pilihanmu, ya.

Jam buka: 11.00 – 00.00.

Harga: mulai dari Rp50 ribu*

Alamat: Jl. Pecenongan Raya No. 65A, Gambir, Jakarta Pusat.

8. Jamuan Makan ala Belanda di Tugu Kunstkring Paleis

Mempelajari sejarah kolonial Belanda di Jakarta juga bisa lewat kuliner, lho. Salah satunya dengan menjajal perjamuan makan ala Belanda, Rijsttafel.

Perjamuan yang bertemakan Betawi Rijsttafel ini menyajikan belasan makanan khas Indonesia dengan budaya Betawi. Para pelayan akan menghidangkan makanan dengan pikulan Betawi.

Suasana nostalgia makin terasa lewat iringan musik Ondel-Ondel. Para pelayan juga tampil maksimal dengan busana betawi ala tahun 1910.

Enggak mesti datang dalam jumlah besar kok untuk menikmati Rijsttafel. Pengunjung bisa merasakan perjamuan makan ini minimal dengan jumlah 6 orang.

Jam buka: 11.00 – 00.00.

Harga: melalui reservasi.

Alamat: Jl. Teuku Umar No.1, Menteng, Jakarta Pusat.

9. Es Krim Ragusa untuk Penyuka Hidangan Manis

Mau cobain yang seger-seger di Jakarta? Sobat tiket bisa melipir ke toko es krim Ragusa.

Toko yang berdiri sejak tahun 1932 ini menawarkan cita rasa es krim khas Italia. Variannya mulai dari yang klasik seperti cokelat dan vanila, sampai tutti frutti dan es krim berbentuk spageti.

Serunya lagi, pengunjung bisa menikmati manisnya es krim sambil mengamati berbagai foto Jakarta tempo dulu yang dipajang di dinding toko.

Jam buka: 10.00 – 22.30.

Harga: mulai dari Rp15 ribu*

Alamat: Jl. Veteran I No.10, Gambir, Jakarta Pusat.

10. Terakhir, Saatnya Mencicipi Gado-Gado Bon Bin

Hidangan dengan saus kacang memang jadi favorit banyak orang. Jadi enggak heran kalau Gado-Gado Bon Bin enggak pernah sepi.

Bumbu kacang yang halus dengan tekstur yang pas jadi nilai tambah hidangan ini. Makin enak saat disiram di atas sayur yang segar.

Kalau belum kenyang, ada beberapa menu lain yang bisa kamu coba. Ada juga nasi rames dan asinan yang juga menggoyang lidah.

Jam Buka: 10.00 – 17.00.

Harga: gado-gado Rp34 ribu*

Alamat: Jl. Cikini IV No. 5, Menteng, Jakarta Pusat.

Eksplorasi Rasa di Jakarta

Kuliner di Jakarta memang enggak pernah ada matinya. Jangan lupa dicatat ya berbagai tempat kuliner rekomendasi tiket.com. Karena pasti ada saatnya, kamu bingung dan bertanya enaknya makan apa ya hari ini?

*keterangan harga saat artikel dibuat