,

7 Fakta Kota Jakarta Yang Berulang Tahun Ke 492

Jakarta, kota metropolitan yang menjadi tumpuan sebagian penduduk Indonesia. Sebagai pusat dari bisnis dan pemerintahan, Jakarta merupakan salah satu kota tersibuk dan terpadat di dunia. Menjelang hari ulang tahun kota tercinta ini, tahukah kamu beberapa fakta menarik seputar kota Jakarta?

Fakta Menarik Kota Jakarta

Jakarta tumbuh sebagai kota yang berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Pesatnya kemajuan bisnis serta sumber daya manusianya yang dinamis membuat kota ini semakin maju pesat. Dibalik itu semua, banyak hal menarik seputar Jakarta yang belum kamu ketahui. Apa saja itu? Simak di sini:

1. Kota yang Memiliki Banyak Gedung Pencakar Langit

Merupakan pusat bisnis dan pemerintahan di Indonesia, tidak heran kota Jakarta memiliki banyak sekali gedung bertingkat. Tahukah sobat tiket? Fakta menarik seputar ibukota Indonesia ini, ternyata masuk ke dalam urutan ke 7 sebagai kota dengan jumlah gedung tinggi terbanyak di dunia. Jika sobat tiket melintasi sekitar Jakarta Pusat, kamu akan melihat deretan gedung tinggi berbaris rapi.

2. Surganya Mal

Terkenal sebagai kota metropolitan, gaya hidup penduduk Jakarta bisa dibilang termasuk dinamis dan modern. Banyak Mal atau pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai kebutuhan mulai dari primer hingga tersier. Pernahkah sobat tiket menghitung berapa banyak jumlah mal yang tersebar di kota Jakarta? Kurang lebih mencapai hingga 132 lho, menakjubkan bukan?

3. Salah Satu Kota Berpenduduk Terpadat di Dunia

Jakarta merupakan pusat meleburnya berbagai jenis masyarakat yang datang dari suku, ras dan etnis yang berbeda-beda. Menjadi kota yang selalu diimpikan oleh para pendatang dari luar kota, tidak heran banyak orang yang datang ke kota ini untuk mengadu nasib. Sehingga, kota ini termasuk dalam salah satu kota dengan penduduk terpadat di dunia. Menurut survei pada tahun 2017, jumlah penduduk kota Jakarta mencapai 10,37 jiwa, wow!

4. Sempat Ganti Nama Hingga 13 Kali

Sebelum dikenal dengan nama Jakarta, ternyata ada fakta menarik dibalik nama tersebut. Tahukah sobat tiket, kalau kota ini mengalami hingga 13 kali pergantian nama? Pada Abad ke 14 mulanya dinamakan dengan Sunda Kelapa sebagai pelabuhan Kerajaan Pajajaran. Kemudian, seiring berjalannya waktu berganti menjadi Jayakarta, Stad Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemeente Batavia, Jakarta Toko Betshu Shi, dan masih banyak lagi.

5. Museum yang Melimpah

Jakarta memang terkenal sebagai kota Metropolitan dengan gaya hidup masyarakatnya yang modern dan dinamis. Namun dibalik semua kemajuannya, kota ini juga tetap mempertahankan nilai sejarah dan budayanya. Bagi kamu yang ingin mencoba jalan-jalan selain pergi ke mal, coba pergi ke museum saja! Terdapat sekitar 74 museum* di Jakarta, kamu bisa asyik jalan-jalan sambil banyak belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan.

6. Maskot Kota

Sebagian masyarakat pasti hanya tahu Monas atau Monumen Nasional sebagai ikon dari kota ini. Tahu nggak, ternyata bukan monas melainkan Elang Bondol dan Salak Condet. Kaget ya, tapi ada maknanya lho! Elang Bondol adalah hewan yang hidup di Kepulauan Seribu dan melambangkan sifat ulet serta tangguh. Sementara Salak Condet merupakan buah asli khas dari kota Jakarta.

7. Salah Satu Kota Termacet di Dunia

Jika ditanya mengenai kota Jakarta, apa yang pertama kali terpikirkan oleh sobat tiket? Pasti macet menjadi salah satu jawabannya. Sebagian masyarakat mengandalkan transportasi pribadi seperti mobil atau motor untuk beraktivitas sehari-harinya. Tidak heran, dengan perbandingan banyaknya penduduk di dalam maupun luar Jakarta, kemacetan tidak akan terelakkan.

Mau Datang ke Jakarta?

Terlepas dari fakta di atas, kota Jakarta selalu memiliki tempat spesial bagi para masyarakatnya. Setiap tahunnya ada acara untuk menyambut ulang tahun Jakarta yang bernama Pekan Raya Jakarta. Simak fakta menarik seputar event yang diselenggarakan setiap tahunnya ini di sini.

Buat sobat tiket yang berasal dari luar kota dan mencari tempat menginap di Jakarta, wah pas banget nih. tiket.com punya promo hotel spesial hut Jakarta yang ke 492. Kamu bisa pakai untuk liburan di Jakarta, deh! Cuci baju sampai bersih, cukup sekian dan terima kasih, selamat ulang tahun yang ke – 492, Jakarta!

*Jumlah saat artikel ditulis