Street Food Jakarta

,

7 Street Food Jakarta Paling Terkenal, Jajanan Enak dan Murah

Street Food Jakarta – Meskipun merupakan sebuah kota metropolitan yang besar dan banyak gedung-gedung menjulang tinggi ke langit, namun kota Jakarta tetap dipenuhi dengan jajanan yang berada di pinggir jalan dan nyatanya penggemar jajanan ini pun sangat banyak.

Meskipun jauh dari kata mewah, namun nyatanya penggemar makanan jalanan ini berasal dari berbagai kalangan, bukan hanya sebatas dari kalangan tertentu saja. Alasannya adalah hidangan yang dimasak dengan cara tradisional dan rasanya sangat nikmat, ditambah harga yang murah.

Berburu Tempat Street Food di Jakarta yang Legendaris

Ada banyak sekali pilihan makanan jalanan di Jakarta. Mungkin beberapa di antaranya sudah pernah kamu cicipi sebelumnya. Nah, kalau kamu mau tau mana saja street food Jakarta yang terkenal, mari kita simak daftarnya di bawah ini.

1. Bubur Ayam Barito

Street Food Jakarta

Bubur ayam memang sudah jadi makanan yang sangat lumrah di Indonesia. Meskipun demikian, tempat makan Bubur Ayam Barito ini menjadi salah satu street food Jakarta yang viral dan selalu ramai oleh orang yang ingin menyantapnya.

Tidak salah memang orang mencari tempat ini. Wangi bubur ayamnya sudah bisa langsung kamu cium begitu memasuki tempat ini. Ditambah lagi dengan pelengkap yang sangat banyak seperti kacang, cakwe, daging ayam, kerupuk, pastinya membuat perutmu keroncongan.

Alamat Bubur Ayam Barito: Jalan Gandaria Tengah III, RT 3/RW 4, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12130

2. Warmindo Abang Adek

Indomie juga merupakan salah satu makanan yang bisa dengan mudah kamu temukan di manapun. Bahkan di Jakarta ada banyak sekali warung yang menjual makanan ini. Namun ada satu warung mie yang berbeda, yakni Warmindo Abang Adek.

Warung mie yang satu ini menghidangkan mi dengan tingkat kepedasan yang di luar batas wajar. Tempat ini kemudian menjadi terkenal karena mie-nya yang sangat pedas dengan tingkat mulai dari 10 hingga 100. Kamu yang suka pedas bisa coba untuk makan di sini.

Alamat Warmindo Abang Adek: Jalan Mandala Utara No. 8, RT 16/RW 4, Tomang, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta, 11440

3. Gulai Tikungan

Gulai Tikungan yang berada di Jalan Mahakam ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan setiap malamnya di sepanjang jalan tersebut dipenuhi oleh mobil yang parkir dan ingin menikmati hidangan gulai di sini.

Rasa gulai yang pedas dan gurih di tempat ini membuat orang ketagihan dan tidak cukup untuk memakan satu piring saja. Gulai Tikungan ini buka hampir setiap hari mulai dari jam 5 sore hingga jam 4 pagi.

Alamat Gulai Tikungan: Jalan Mahakam No. 28, RT 1/RW 6, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12130

4.  Mie Ayam Gondangdia

Jajanan jalanan yang satu ini benar-benar sudah jadi legenda di Jakarta. Pertama kali dibuka pada tahun 1968, Mie Ayam Gondangdia ini memiliki pelanggan yang benar-benar setia bahkan ada beberapa yang sudah diturunkan hingga ke generasi selanjutnya.

Tidak salah memang, mie ayam Gondangdia ini memiliki rasa yang masih benar-benar asli asal China. Kamu bisa pesan satu mangkuk mie ayam di sini lengkap beserta dengan bakso atau pangsit.

Alamat Mie Ayam Gondangdia: Jalan RP. Soeroso No. 36, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10350

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini sudah ada sejak tahun 1958. Kini tempat ini menjadi salah satu street food Jakarta yang legendaris. Namun demikian warung makan ini masih tetap menjaga kesederhanaan dan juga kualitas makanannya.

Dikelola oleh cucu dari pemilik aslinya, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini memiliki karakter yang kuat dengan penggunaan bumbu dan rempah yang kaya sehingga membuat orang selalu ingin datang kembali ke sini lagi dan lagi.

Alamat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih: Jalan Kebon Sirih Barat I No. 09, RT 1/RW 1, Kebon Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10340

6. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy berawal dari satu warung di pinggir jalan. Namun kini sudah menjadi street food Jakarta yang sangat terkenal dengan banyak cabang di ibukota. Meskipun yang dijajakan hanya roti bakar, namun nyatanya banyak sekali orang yang ingin makan di sini.

Roti bakarnya pun bukanlah roti bakar biasa. Ada banyak varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Cocok bagi kamu yang ingin cari cemilan ketika sedang ngobrol bersama dengan teman-teman.

Alamat Roti Bakar Eddy: Jalan Raden Patah No. 11 RT 2/RW 1, Selong, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12110

7. Nasi Uduk Kebon Kacang

Street Food Jakarta

Nasi uduk juga merupakan salah satu makanan yang sudah sangat lumrah di Jakarta, khususnya sebagai pilihan menu untuk sarapan. Nah, tapi ada satu pedagang nasi uduk yang terkenal yaiut Nasi Uduk Kebon Kacang.

Menjadi street food Jakarta yang legendaris, tempat ini sudah buka sejak tahun 1960. Banyaknya pilihan lauk seperti ayam, tempe, jeroan, dan sebagainya membuat nasi yang rasanya gurih ini bisa menjadi jauh lebih nikmat lagi.

Alamat Nasi Uduk Kebon Kacang: Jalan Kebon Kacang Raya No. 5, Kebon Kacang, Tanah Abang, DKI Jakarta 10240

Jajanan Jalanan Super Lezat dengan Harga Terjangkau

Banyak sekali pilihan makanan dengan kearifan lokal yang dijajakan di pinggir jalanan ibukota Jakarta. Dari yang sudah disebutkan, sudahkan kamu mencoba semua makanan di atas? Kalau belum, kamu bisa langsung datang ke alamat yang tertera dan langsung cicipi menu legendarisnya. Beberapa tempat di atas bisa kamu kunjungi dengan transportasi umum seperti jalur KRL yang melalui kawasan Gondangdia. Kalau mau keluar kota, kamu bisa pesan tiket kereta api melalui tiket.com!