,

10 Lokasi Wisata Alam Populer di Jakarta, Banyak yang Gratis!

Banyak yang bilang wisata di Jakarta itu-itu aja. Kalau enggak shopping ke mal ya hangout di resto atau kafe. Padahal, Jakarta punya alternatif wisata alam lho.

Berekreasi di alam juga ampuh melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan sambil bersantai di alam. Misalnya, berolahraga.

10 Lokasi Wisata Alam yang Tak Pernah Sepi di Jakarta

Jakarta punya wisata alam yang selalu ramai didatangi. Tak sedikit dari wisata ini yang gratis. Penasaran apa aja wisata alam di Jakarta? Simak ulasan berikut.

1. Taman Menteng

Sumber: Shutterstock.com

Taman Menteng dipenuhi lebih dari 30 spesies tanaman. Jadi kebayang kan betapa rindangnya duduk santai di sini? Taman luas ini juga memiliki beberapa fasilitas olahraga seperti lapangan futsal dan basket.

Rasa lelah setelah mengelilingi taman yang luas ini akan terobati dengan pemandangan rumah kaca di beberapa sisi taman. Para pengunjung sering hunting foto di rumah kaca berbentuk segitiga ini.

Kamu yang mau ikutan foto berlatar rumah kaca ini, sebaiknya berpose di malam hari. Karena lampu-lampu di dalam rumah akan menyala dan memberi kesan artsy.

Biaya: gratis.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat.

Cara ke sini: jalan kaki kurang dari 5 menit dari Halte Taman Menteng atau jalan kaki sekitar 20 menit dari Stasiun Cikini.

2. Taman Tebet

Berada di antara jalan Tebet Timur dan Tebet Barat, taman ini bisa diakses dari dua wilayah tersebut. Para pedagang kaki lima biasanya menjajakan dagangan di depan kedua pintu masuknya.

Taman Tebet menyediakan lapangan bulu tangkis dan outdoor gym. Taman ini punya desain keren dengan jembatan dan sungai kecil yang mengalir di bawahnya.

Menariknya lagi, di sebelah Taman Tebet, ada Taman Pintar Berlalu Lintas. Taman ini dirancang layaknya jalan raya lengkap dengan rambu jalan untuk tujuan edukasi. Kamu yang suka fotografi bisa melipir ke sini karena ada photobooth beberapa miniatur seperti miniatur bus sekolah.

Biaya: gratis.

Alamat: Jl. Tebet Barat Raya No.41, RT.1/RW.4, Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Cara ke sini: jalan kaki sekitar 15 menit dari Stasiun Cawang.

3. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Sobat tiket bisa menghirup udara segar sambil berjalan kaki atau bersepeda. Wisata air juga tersedia di sini. Dengan biaya mulai Rp100.000, pengunjung bisa menyewa perahu untuk 2 orang.

Jangan lewatkan beberapa spot instagramable seperti jembatan gantung dan menara untuk mengamati burung. Kamu bisa memantau beberapa jenis burung yang dilindungi lewat menara ini.

Selain burung, pengunjung juga bisa melihat binatang lain. Kalau beruntung, kamu bisa menemui ikan gelodok dan udang bakau yang khas ditemukan di hutan mangrove.

Bagi yang mau coba pengalaman berbeda, bisa bermalam dengan menyewa rumah panggung di atas air.

Biaya: tiket masuk Rp10 ribu (anak-anak) dan untuk dewasa Rp25ribu (weekdays) atau Rp30ribu (weekend)*

Alamat: Jl. Garden House, RT.4/RW.3, Kamal Muara, Jakarta Utara.

Cara ke sini: jalan kaki dari sekitar 15 menit dari halte TransJakarta Pantai Indah Kapuk. Pengguna KRL Commuter Line bisa turun di Stasiun Jakarta Kota dan menyambung bus TransJakarta.

4. Taman Tribeca

Taman Tribeca
Sumber: Shutterstock.com

Berbeda dengan taman lain, Taman Tribeca terletak di dalam mal. Tepatnya di mal Central Park, Jakarta Barat.

Pengunjung taman bisa melihat ikan koi di kolam pinggir taman. Kamu yang mau berlama-lama di dekat taman ini, bisa makan di kafe atau resto yang ada di sekitar taman.

Di malam hari, mata kamu bakal dimanjakan dengan lampu-lampu cantik di taman. Mendekati hari besar tertentu biasanya lampu-lampu di taman akan dihiasi dengan tema khusus. Pastikan kamu datang dan jangan lupa mengabadikan momen, ya.

Biaya: gratis.

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.28, RT.12/RW.6, Tj. Duren Selatan, Jakarta Barat.

Cara ke sini: posisi mal ada di seberang Halte TransJakarta S. Parman Podomoro City.

5. Pantai Ancol

Pantai Ancol sudah tersohor dimana-mana. Setiap liburan, pantai ini pasti ramai dikunjungi. Ancol memiliki beberapa pantai dan satu danau dengan total panjang sekitar 6,5 km.

Banyak aktivitas seru bisa dilakukan di sini. Kamu bisa berenang, piknik di pinggir pantai dengan beralaskan tikar, atau menyusuri jalan beraspal di sekitar pantai.

Kawasan Ancol juga terkenal akan pelabuhan kapal pesiar atau marina. Pengunjung bisa menyaksikan lalu lalang kapal di marina. Sekalian menonton ragam olahraga air seperti ski air dan selancar angin.

Biaya: tiket masuk Rp25 ribu per orang, biaya masuk motor Rp15 ribu dan mobil Rp25 ribu. Harga berlaku untuk weekdays dan weekend*

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Jakarta Utara

Cara ke sini: disarankan membawa kendaraan pribadi karena area Ancol yang luas. Kamu yang naik TransJakarta bisa berhenti di Halte Ancol dan jalan kaki sekitar 5 menit.

6. Taman Suropati

Kamu yang suka mendengar musik bisa mampir ke Taman Suropati. Setiap hari Minggu, ada komunitas biola yang berlatih di sini. Asyik kan, bisa menikmati alunan musik di alam terbuka?

Tak hanya di pagi atau sore hari, taman yang dekat dengan Taman Menteng ini juga masih aktif di malam hari. Sobat tiket yang mau jalan-jalan santai di malam hari bisa langsung ke Taman Suropati.

Lampu yang terang membuat pengunjung betah datang meski langit sudah gelap. Salah satunya, komunitas saksofon yang sering berlatih di malam hari.

Biaya: gratis.

Alamat: Jl. Taman Suropati, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat.

Cara ke sini: jalan kaki sekitar 15 menit dari Stasiun Cikini.

7. Taman Tabebuya

Sumber: Shutterstock.com

Tabebuya merupakan jenis bunga berwarna cerah mirip bunga sakura. Maka bukan hal aneh kalau taman ini banyak peminatnya.

Walau kamu berkunjung saat bunga belum mekar, pemandangan taman ini tetap cantik kok. Karena bukan hanya bunga Tabebuya yang merebut hati pengunjung. Bunga teratai yang memenuhi kolam taman juga jadi pemandangan yang asri.

Suasana taman yang sejuk dan tenang cocok untuk latihan meditasi dan yoga. Kamu bisa berlatih sendiri atau bergabung dengan kelompok yang aktif beryoga di sini.

Biaya: gratis.

Alamat: Jl. Moh. Kafi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Jakarta Selatan

Cara ke sini: Naik KRL ke Stasiun Lenteng Agung atau Stasiun Universitas Pancasila, setelahnya menyambung ojek. Untuk rute KRL selengkapnya, sobat tiket bisa cek di artikel Rute KRL Jakarta.

8. Danau Sunter

Setelah dipugar beberapa waktu lalu, Danau Sunter jadi wisata alam favorit baru. Danau tersebut kini bersih dan nyaman. Kamu bisa menikmati pemandangan dari pinggir danau dan melihat keasyikan warga yang memancing.

Uniknya, dinding pembatas salah satu sisi danau yang dekat pemukiman warga dihias dengan warna-warna cerah yang menarik mata. Pemukiman di tepi danau juga dicat warna-warni bahkan ada yang dilukis mural.

Kamu bisa berjalan di atas trotoar apung untuk melihat lebih dekat pemukiman warga. Capek berjalan, istirahat dulu di warung pinggir danau sambil menunggu matahari terbenam.

Biaya: gratis.

Alamat: berbatasan dengan Jl. Danau Sunter Selatan dan Jl. Danau Danau Permai Timur, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Cara ke sini: jalan kaki sekitar 20 menit dari Halte TransJakarta Danau Agung.

9. Taman Kota Waduk Pluit

Menghadap langsung ke Waduk Pluit, para pengunjung bisa cuci mata sambil menghilangkan stres. Lahan taman yang luas sering dimanfaatkan pengunjung untuk main layang-layang dengan leluasa.

Angin yang berhembus dari waduk cukup kuat untuk menerbangkan layang-layang. Tapi pengunjung juga harus hati-hati. Angin yang terlalu kencang justru bisa bikin layang-layang rusak.

Kalau embusan angin tidak bersahabat, isi waktu kamu dengan mengitari taman atau jogging di lintasan yang tersedia.

Biaya: gratis.

Alamat: Jl. Pluit Timur Raya No.12, RT.6/RW.5, Pluit, Jakarta Utara.

Cara ke sini: jalan kaki sekitar 10 menit Halte TransJakarta Pluit.

10. Kepulauan Seribu

Sumber: Shutterstock.com

Siapa yang bisa menyangkal keindahan Kepulauan Seribu? Pengunjung bisa memandangi keindahan bawah laut dengan snorkeling. Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Pari adalah beberapa pulau yang bisa kamu sambangi.

Beberapa pulau juga memiliki resort yang super nyaman seperti Pulau Macan, Pulau Putri, dan Pulau Bidadari.

Kamu yang tak punya banyak waktu, bisa ikut wisata satu hari ke 3 pulau dengan membayar kurang dari Rp150 ribu. Biasanya, rute wisata ini menuju Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust.

Meski singkat, kamu tetap bisa refreshing terutama saat melihat Benteng Martello di Pulau Kelor. Benteng peninggalan Belanda ini masih kokoh berdiri dan jadi salah satu lokasi foto yang enggak boleh dilewatkan.

Biaya: tergantung dari jenis kapal dan pulau yang dikunjungi.

Cara ke sini: naik kapal dari dermaga Ancol atau Muara Angke.

Ayo Jelajah Wisata Alam Jakarta!

Wisata alam di Jakarta keren-keren, kan? Kuy langsung jadwalin buat berwisata alam di weekend kali ini. Rasakan serunya berwisata alam. Jangan lupa, ada tiket.com yang selalu mempermudah liburan kamu.

*keterangan biaya saat artikel dibuat