wisata alam Jogja

,

Menikmati Kesegaran Suasana Alam di 10 Destinasi Wisata Yogyakarta Ini

Apakah kamu suka mengunjungi tempat-tempat wisata yang menyajikan kesejukan dan kesegaran suasana  alam? Di tengah rutinitas harian yang padat, bersantai sejenak sambil menikmati udara bersih dan pemandangan alam adalah suatu kemewahan tersendiri.

Salah satu destinasi wisata yang menyajikan keindahan alam penuh pesona adalah Jogja. Selain terkenal dengan ragam budayanya, kota ini ternyata memiliki sejumlah objek wisata yang masih alami dan natural. Kamu dapat liburan sambil relaksasi di tempat-tempat ini.

Destinasi Wisata Alam yang Bikin Terpesona di Jogja

Ketika sedang merancang itinerary liburan, sangat penting untuk menentukan objek wisata apa saja yang akan dikunjungi. Begitu pula jika ingin ke Jogja, kamu wajib tahu destinasi wisata alam terbaik yang sedang hits. Sepuluh tempat berikut dapat menjadi rekomendasi bagi kamu.

1. Pantai Indrayanti

Sebagian wilayah Jogja terletak di pesisir selatan Pulau Jawa. Salah satu spot yang menjadi favorit wisatawan di kawasan ini adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini dihiasi oleh hamparan pasir berwarna putih yang membentang luas. 

Selain pesisir yang landai, pantai ini juga memiliki batu-batu karang yang berdiri megah. Kamu dapat berburu foto-foto instagramable saat berkunjung ke Pantai Indrayanti. Ingin menikmati olahan seafood yang lezat? Di pantai ini, ada banyak warung makan yang menyediakan sajian khas pesisir yang enak.

Alamat: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

2. Curug Pulosari

wisata alam Jogja
Sumber: Shutterstock.com

Ayo segarkan diri pada cuaca siang yang panas di Curug Pulosari. Objek wisata yang satu ini masih tampak alami dan indah. Udaranya segar dan bersih. Meskipun tidak terlalu tinggi, air terjun di Curug Pulosari menyimpan keindahan eksotis. 

Sayangnya, akses menuju Curug Pulosari cukup sulit. Kamu harus melewati jalanan yang curam dan licin untuk mencapai lokasi wisata. Namun, pemandangan yang akan kamu dapatkan setelah tiba di Curug Pulosari tidak mengecewakan.

Alamat: Krebet, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

3. Goa Pindul

wisata alam Jogja
Sumber: Shutterstock.com

Karena keunikannya, objek wisata Goa Pindul populer di kalangan wisatawan. Goa ini dialiri oleh sungai bawah tanah yang cukup dalam. Para pengunjung dapat melewati goa dari ujung ke ujung dengan menaiki ban.

Sembari “berlayar”, kamu dapat menyaksikan keindahan stalagtit yang menggantung dari atas. Meskipun kondisi dalam goa gelap, kamu tak perlu khawatir karena ada pemandu yang akan menuntun perjalanan.

Alamat: Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten, Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Goa Jomblang

wisata alam Jogja
Sumber: Shutterstock.com

Selain Goa Pindul, Goa Jomblang juga merupakan salah satu goa yang unik di Gunungkidul. Goa Jomblang berbentuk vertikal dengan tipe collapse doline. Goa ini terbentuk dari proses geologi yang terjadi ribuan tahun lalu. Akibat amblasnya tanah dan vegetasi di atasnya, tercipta sinkhole dengan kedalaman 60 meter.

Di goa ini, pengunjung dapat merasakan sensasi turun ke dasar goa secara perlahan-lahan. Dibutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk menuruni goa ini. Caranya adalah dengan menggunakan peralatan single rope technique (SRT).

Alamat: Jetis Wetan, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

5. Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi air terjun Kedung Kandang berada di dekat pintu masuk pendakian Gunung Api Purba. Untuk menuju ke tempat ini, kamu harus melewati jalan setapak menurun. Pada beberapa titik, ada tangga yang memudahkan perjalananmu.

Setelah 15-30 menit berjalan kaki, kamu akan menjumpai keindahan alam yang memesona. Air terjun mengalir menuju aliran sungai yang berbatu hitam. Kamu juga dapat memanfaatkan menara pandang untuk memotret panorama indah di sekitarnya.

Alamat: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

6. Pantai Timang

Kamu dapat menguji keberanian dengan berkunjung ke Pantai Timang, salah satu pantai unik lain di Gunungkidul. Pantai ini memiliki sebuah wahana berbentuk gondola yang akan menyeberangkan penumpang dari pesisir pantai ke sebuah pulau yang jaraknya sekitar 98 km.

Pulau yang disebut Watu Panjang atau Batu Panjang tersebut bukan daratan berpasir pada umumnya, terapi batu karang tempat persembunyian lobster. Karena itu, kamu dapat berburu lobster ketika berada di pantai ini. 

Alamat: Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

7. Kalibiru

Keindahan alam Kalibiru sempat menjadi fenomena. Pasalnya, tempat ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Namun, rute menuju tempat ini tidak mudah. Kamu perlu melewati jalanan yang menanjak hingga 2,5 kilometer untuk tiba di puncak Kalibiru. Meskipun sulit dicapai, objek wisata ini tetap ramai oleh para pengunjung.

Ada 3 spot yang disediakan oleh pengelola di area wisata ini sebagai tempat berfoto di Kalibiru. Untuk menggunakannya, kamu harus antre dan membayar. Hasil foto yang didapatkan pun sangat indah.

Alamat: Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, 

8. Curug Setawing

Rasakan indahnya suasana alam di Curug Setawing yang terletak di daerah Kulon Progo ini. Objek wisata yang menawarkan keindahan air terjun ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Apalagi jika kamu menyukai destinasi yang menyegarkan pandangan.

Menariknya, Curug Setawing memiliki tinggi sekitar 45 meter. Kamu dapat menggunakan fasilitas tangga untuk menuju dasar curug dengan lebih mudah. 

Alamat: Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

9. Plunyon Kalikuning

Udara lereng Merapi yang segar dapat kamu nikmati dengan bebas di kawasan wisata Plunyon Kalikuning. Sederet pepohonan menciptakan pemandangan alam yang hijau. Ada sebuah jembatan yang terbuat dari kayu menggantung di pepohonan. Jembatan ini menjadi spot foto favorit wisatawan yang datang ke Plunyon Kalikuning.

Suasana yang tenang dan adem adalah daya tarik tempat wisata ini. Bagi kamu yang ingin relaksasi selama liburan, berkunjung ke Plunyon Kalikuning sangat disarankan.

Alamat: Kedungsriti, Sidorejo, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

10. Puncak Becici

Keindahan Puncak Becici sudah terkenal dimana-mana. Karena itu, tempat wisata ini wajib kamu kunjungi saat berada di Jogja. Situasi di sekitar kawasan wisata ini sangat asri dan tenang. Deretan pepohonan pinus tampak mendominasi sepanjang perjalanan menuju puncak.

Dari Puncak Becici, kamu dapat menikmati panorama yang indah pada sore hari. Sejumlah kegiatan outbond juga dapat kamu lakukan di tempat ini. 

Alamat: Gunung Cilik, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Liburan Sembari Relaksasi di Jogja

Banyak orang mencari tempat untuk bersantai setelah menjalani aktivitas yang padat sepanjang minggu. Di Jogja, kamu dapat memilih sejumlah tempat wisata alam yang indah ini. Selain asri, beberapa objek wisata ini juga menawarkan aktivitas ekstra seperti outbond

Nah, supaya rencana liburan lebih lancar, kamu dapat memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh tiket.com. Melalui layanan ini, kamu bisa memesan tiket pesawat dengan mudah. Harganya pun lebih terjangkau. Nah, apakah kamu tertarik untuk berlibur ke Jogja sekarang?