Main-Main di 4 Air Terjun di Medan ini, Bikin Happy!

,

Main-Main di 4 Air Terjun di Medan ini, Bikin Happy!

Wisata alam selalu jadi destinasi favorit untuk liburan. Bersentuhan langsung dengan alam senantiasa melepas penat, bahagia pun datang. Tak terkecuali air terjun, main basah-basahan di bawahnya bakal bikin sobat tiket pulang liburan dengan hati ringan.

Air Terjun di Medan, Menyegarkan Jiwa dan Raga

Di Medan, nggak cuma Danau Toba yang bisa kamu kunjungi. Wisata air terjun juga nggak kalah menarik. Perpaduan tebing-tebing yang hijau, kolam air yang jernih dan air terjun yang seolah menari-nari akan menghipnotis kamu, menyegarkan jiwa dan raga.

1. Air Terjun Sipiso-Piso di Tengah Hutan Pinus

Air terjun ini berada di tengah perbukitan dan hutan pinus. Diberi nama Piso, yang dalam bahasa Batak memiliki arti ‘pisau’. Karena ketinggiannya, air terjun satu ini memang tampak seperti pisau dari ketinggian. 

Dengan tinggi 120 meter dan berada di tengah-tengah bukit setinggi 800 meter dari permukaan tanah, air terjun Sipiso-Piso merupakan salah air terjun tertinggi di Indonesia. Merupakan salah satu wisata populer di Kabupaten Karo, keindahannya membuat air terjun ini terkenal.

Main-Main di 4 Air Terjun di Medan ini, Bikin Happy!
Sumber: Shutterstock.com

Oh, ya. Untuk dapat mencapai air terjun ini, sobat tiket harus menyiapkan stamina untuk menuruni seribu anak tangga. Wah, wah, pengorbanan banget, ya!

Sebelum sampai di Air Terjun Sipiso-Piso, pemandangannya pun tak kalah memanjakan mata. Lahan pertanian dan perkebunan jeruk di sepanjang jalan akan membuat liburanmu berkualitas!

Cara menuju kesini: Dari Medan naik bus turun di Simpang Merek, diteruskan naik becak hingga menuju lokasi. Kekurangannya, rute ini mengharuskan sobat tiket naik becak selama tiga jam. Agar lebih efisien, tiket.com menyarankan kamu untuk sewa mobil menuju Air Terjun Sipiso-Piso.

HTM: Rp5.000 / orang

Jam buka: Pukul 07.00 – 17.00

2. Berpetualang di Hutan Demi Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Sobat tiket pasti tertarik datang ke air terjun dua warna ini karena namanya, kan? Dua Warna, menjadikan siapa pun penasaran apakah benar air terjun ini memiliki dua warna? Yap, benar banget, sobat tiket!

Air Terjun Sibolangit ini benar-benar memiliki dua warna air, yaitu putih keabuan dan biru. Warna biru terdapat dalam air yang berdiam di kolam sementara warna putih terdapat dalam air yang memancar dari atas. Perpaduan dua warna ini disebabkan oleh kandungan fosfor dan belerang di dalam air.

Main-Main di 4 Air Terjun di Medan ini, Bikin Happy!
Sumber: Shutterstock.com

Nggak cuma warna, kedua air tersebut pun memiliki suhu yang berbeda. Air biru memiliki suhu yang dingin sementara air berwarna putih keabuan memiliki suhu yang hangat. Nah, untuk mencapai air terjun ini, sobat tiket harus menyusuri hutan dulu, nih!

Agar tidak tersesat dan alasan keamanan, mengingat trek dalam hutan pun cukup terjal, sobat tiket sangat disarankan untuk memakai jasa pemandu. Biaya yang dibutuhkan adalah Rp100.000 hingga Rp300.000, serta biaya tiket masuk air terjun ini adalah Rp25.000 per orang.

Cara menuju ke sini: Jarak tempuh Medan – Sibolangit adalah 75 kilometer. Sangat dianjurkan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa, demi alasan kenyamanan.

HTM: Rp25.000 / orang

Jam buka: Pukul 07.00 – 17.00

3. Berwisata Dengan Gajah di Air Terjun Tangkahan

Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mempunyai kawasan wisata Tangkahan yang nggak cuma berupa air terjun, tapi, juga sebagai tempat berwisata dengan gajah. Di sini sobat tiket bisa memandikan gajah atau menungganginya berkeliling kawasan wisata. Harus berani, ya, sobat tiket!

Main-Main di 4 Air Terjun di Medan ini, Bikin Happy!
Sumber: Shutterstock.com

Terdapat Danau Bah Alip di sini, danau berwarna biru jernih yang bisa sobat tiket nikmati sambil bersantai di atas hammock atau bersantai di atas banana float. Jangan lupa, air terjun Tangkahan yang deras banget itu!

Meski cuma setinggi tiga meter, tapi, airnya segar dan hangat. Cocok untuk menghilangkan pegal-pegal. Untuk mencapai air terjun ini sobat tiket harus menyeberangi sungai karena berada di tengah hutan.

Kalau tidak mau basah-basahan, ada opsi lain untuk menikmati kawasan wisata Tangkahan ini, yaitu naik rakit. Rasakan sensasi menyusuri Sungai Batang Serangan yang memiliki arus sangat deras. Pastikan untuk selalu hati-hati ya, sobat tiket.

Karena memang berada dalam kawasan wisata, berkunjung ke Air Terjun Tangkahan ini tidak perlu khawatir tentang penginapan. Sobat tiket bisa menyewa kamar, jika berniat tinggal lebih lama di sini.

Cara menuju ke sini: Dari Bandara Kualanamu, naik bus Damri ke Terminal Pinang Baris, kemudian menyambung naik bus ke Tangkahan. Lama perjalanan adalah empat  sampai lima jam.

HTM: Rp2.000 / orang

Jam buka: Pukul 08.30 – 16.30

4. Kecantikan Magis Air Terjun Efrata

Air terjun ini cantik seperti namanya. Terletak di Pulau Samosir, Air Terjun Efrata tidak kalah pamor dibanding Danau Toba. Meskipun rute menuju air terjun terjal dan berkelok-kelok, namun, semua terasa terbayar ketika sudah sampai di lokasi.

Terletak di balik perbukitan Danau Toba, Air Terjun Efrata menjadi permata yang tersembunyi. Rimbunnya pepohonan menambah asri air terjun setinggi 100 meter ini. Tebing yang dilewati air terjun Efrata bertingkat-tingkat dan berupa bebatuan cadas hitam.

Main-Main di 4 Air Terjun di Medan ini, Bikin Happy!
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket harus merasakan sensasi main basah-basahan di dalamnya, mengingat debit air terjun yang amat deras. Jika kamu sampai di sini saat malam hari, tidak masalah, berkemping saja. Kondisinya yang damai, serta munculnya kunang-kunang saat di gelap malam, menciptakan pengalaman bermalam yang berbeda. 

Cara menuju ke sini: untuk sampai di Pulau Samosir, sobat tiket harus menyeberang naik kapal Ferry melalui jalur Ajibata. Harga penyeberangan adalah Rp115.000 untuk per orang dan sebuah kendaraan. Jika ingin lebih murah, kamu bisa memilih kapal penumpang yang hanya perlu membayar Rp10.000 dari Pelabuhan Tigaraja. 

Terdapat juga speedboat yang bisa kamu sewa dengan membayar uang sebesar Rp500.000 untuk menyeberang dari Pelabuhan Tigaraja ke Pulau Samosir. Sesampainya di Pulau Samosir, disediakan motor sewaan untuk menuju Air Terjun Efrata seharga Rp100.000 per hari.

Tidak ada petunjuk pasti menuju Air Terjun Efrata, sobat tiket hanya perlu rain bertanya biar nggak sesat di jalan. 

HTM: Rp2.000 per orang dan Rp5.000 untuk parkir motor.

Jam buka: 24 jam

Lelah Berpetualang Berburu Air Terjun, Saatnya Pulang Dengan Penerbangan Terbaik

Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Lepas lelah berburu air terjun, tiket.com amat menyarankan sobat tiket untuk pulang menggunakan penerbangan terbaik. Tentu saja, pesan tiket pesawatnya di tiket.com!

Eh, tapi, sebelum pulang, jangan sampai terlewat untuk kulineran, ya. Selain makanan khas Medan, ada juga nih, 7 Chinese Food di Medan, Enaknya Bikin Kamu Mau Nambah Terus! Liburan senang, perut kenyang! Selamat mengunjungi air terjun di Medan!