Transportasi Publik di Singapore

,

Transportasi Publik di Singapore, Keliling Singapore Nggak Pake Mahal

Transportasi Publik di Singapore – Singapura memang dikenal sebagai salah satu negara maju yang terkenal dengan negara yang bersih serta kemajuan moda transportasi publiknya. Tidak heran, kalau penduduk maupun wisatawan asing yang berkunjung ke negara ini lebih senang menggunakan transportasi publik untuk menuju suatu tempat.

Selain lebih murah, transportasi publik di Singapore juga terjamin nyaman dan aman. Jadi, kamu udah tau kan, alasana kenapa penduduk asli sini lebih sering menggunakan transportasi umum atau bahkan berjalan kaki untuk menuju suatu tempat.

Sobat Tiket udah tau belum nih promo OTW atau Online Tiket Week dari tiket.com? Ada diskon sampai 50% dan cashback hingga 5juta lho! Kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat ke Singapore hanya 500ribu! Nah, kalau Sobat Tiket udah ikutan dan siap buat berangkat ke Singapura, wajib buat kamu baca artikel ini.

Karena, tiket.com akan kasih tau kamu transportasi publik di Singapore yang bisa memudahkan kamu saat jalan-jalan disana. Mau tau apa aja transportasi publik di Singapore yang bisa kamu gunakan? Serta tips simpel untuk bisa menggunakan transportasi publik di Singpore? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Transportasi Publik di Singapore yang Bisa Memudahkan Kamu Jalan-Jalan di Singapore

  1. Taxi

Taksi memang menjadi transportasi umum yang ada di setiap negara. Dengan menggunakan taksi, kamu jadi tidak perlu menyetir sendiri atau membawa kendaraan saat ingin mengunjungi berbagai tempat. Di Singapore, menggunakan taksi sebagai transportasi publik di Singapore biasa digunakan untuk mengantar kamu ke destinasi terdekat.

Nah, untuk kamu yang baru sampai di Singapore dan ingin menuju ke hotel, kamu juga bisa memilih taksi sebagai transportasi publik di Singapore yang bisa mengantar kamu ke hotel. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin menggunakan transportasi publik di Singapore yang satu ini.

Transportasi Publik di Singapore - Taxi

Ada 2 jenis taksi, yaitu premium dan regular yang dibedakan dari warna nya, untuk harga tentu dikenakan tarif yang berbeda sejak buka pintu. Selain itu, taksi disini juga mengenakan charge 25% pada peak hour (7 – 10 pagi), dan midnight surcharge sebesar 50% (9 malam – Subuh). Naik taksi di Singapore juga tidak bisa sembarang memberhentikannya ya, Sobat Tiket. Kamu harus menuju taxi stand. Karena ada beberapa tempat yang tidak mengizinkan sembarang stop mobil.

  1. Bus

Bus bisa menjadi pilihan transportasi publik di Singapore untuk kamu yang memilih untuk ringkas saja tanpa perlu capek keluar masuk stasiun dan melakukan transit. Selain menjadi transportasi publik di Singapore yang lebih murah, bus juga memiliki akses yang lebih banyak ke tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau MRT dan LRT.

Transportasi Publik di Singapore - Bus

Jenis bus yang paling mendominasi di Singapore adalah SMRT dan SBS Transit, serta ada beberapa bus kecil. Meskipun bus umum, tapi menggunakan bus di negara ini tetap nyaman kok, Sobat Tiket. Sebelum menggunakan bus, kamu perlu membaca rute agar tidak salah jalan atau tidak salah naik bus. Perhatikan nomor dan jalur bus, jangan lupa juga untuk membaca peta apakah bus yang kamu naiki akan berhenti di halte yang kamu tuju.

Sedangkan untuk pembayaran, kamu bisa menggunakan cash ataupun stored value card. Untuk cash, sebaiknya gunakan uang pas, karena kamu harus memasukkan uang tersebut ke dalam kotak yang ada di samping pengemudi dan tidak ada kembalian. Sedangkan untuk card, kamu hanya perlu tap di mesin yang tersedia saat naik, dan juga saat turun dari bus.

  1. MRT (Mass Rapid Transit)

Datang ke Singapura, kamu nggak perlu pusing untuk menuju tempat-tempat popular yang ada disini. Dengan menggunakan MRT, kamu bisa menjangkau lokasi popular tersebut kok, Sobat Tiket. Ada berbagai macam jalur yang tersedia di MRT Singapore ini, 3 jalur popular diantaranya adalah East West Line (Garis Hijau), North East Line (Garis Ungu), dan Downtown Line (Garis Biru).

Untuk biaya menggunakan transportasi publik di Singapore ini, kamu bisa menggunakan cash ataupun dengan kartu yang bisa dibeli di seluruh stasiun MRT. Untuk pembayaran cash, kamu bisa menggunakan vending machine untuk menentukan pilihan tujuan dan jumlah tiket. Setelah membayar, mesin akan mengeluarkan sebuah single journey ticket berupa kartu yang bisa kamu gunakan.

Transportasi Publik di Singapore - MRT

Kalau Sobat Tiket lebih memilih untuk mengguakan cashless, ada 2 tipe kartu yang bisa kamu pilih, yaitu EZ-Link dan STP (Singapore Tourist Link). Untuk EZ-Link, kamu harus mengisi saldo terlebih dahulu ya, Sobat Tiket. Biasanya, kartu yang kamu beli sudah terisi saldo kok, seperti 5 SGD untuk kartu seharga 10 SGD. Kartu ini juga berlaku selama 5 tahun lho.

Nah, kalau kamu hanya akan berada di Singapore selama 3 hari aja, kamu bisa memilih STP untuk unlimited amount yang bisa digunakan untuk penggunaan transportasi publik di Singapore. Kartu ini bisa diperoleh di Terminal 2 Changi Airport dan Stasiun MRT tertentu. Kamu juga bisa mengembalikan kartu dan menukarkannya dengan sisa saldo dan deposit di stasiun manapun.

  1. LRT (Light Rapid Transit)

Transportasi publik di Singapore yang satu ini tidak jauh berbeda dengan MRT. Namun bedanya hanyalah kapasitas yang lebih kecil, serta daerah operasionalnya yang hanya mencakup wilayah pinggiran Singapore. Sedangkan yang lainnya sama dengan menggunakan MRT. Untuk harga yang perlu kamu keluarkan saat menggunakan LRT, tergantung dengan jarak tempuh dari tujuan kamu.

Transportasi Publik di Singapore - LRT

Berbeda dengan MRT, LRT justru hanya memiliki 1 atau 2 gerbong saja. Naik transportasi publik di Singapore seperti LRT ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pemandangan Singapura yang lain. Seperti pemandangan yang hijau, sepi, dan tenang yang mengitari gedung-gedung apartemen warga lokal Singapura.

  1. Sky Train

Sky Train merupakan monorail yang menghubungkan langsung ke seluruh terminal yang ada di Changi Airport. Kamu yang ingin transit dari satu terminal ke terminal lainnya bisa menggunakan transportasi umum satu ini. Nggak perlu bayar kok, Sobat Tiket, alias gratis.

Sobat Tiket juga bisa lho menggunakan transportasi umum lainnya seperti MRT yang terdapat di terminal 2 Changi Airport ini. Kalau kamu berada di terminal 1 atau 3, kamu bisa menggunakan Sky Train untuk menuju Terminal 2. Sky Train ini juga memiliki waktu kedatangan yang cepat kok dari 1 kereta ke kereta yang lainnya, hanya butuh waktu 3 menit aja lho, Sobat Tiket.

  1. Sentosa Express

Sobat Tiket yang mau ke Pulau Sentosa, transportasi publik di Singapore satu ini bisa menjadi pilihan kamu. Sentosa Express merupakan transportasi yang menghubungkan Pulau Sentosa dengan daratan utama Singapore. Sentosa Express ini merupakan transportasi yang hanya memiliki 4 stasiun. Harga dari tiket Sentosa Express ini sekitar 4 SGD untuk pulang pergi.

Transportasi Publik di Singapore - Sentosa Express

Menjadi transportasi favorit untuk menuju Sentosa Island, tidak heran kalau stasiun yang menjadi jalur kereta ini selalu dipenuhi oleh wisatawan. Hanya terdiri dari 2 gerbong dan memiliki interval waktu yang cukup lama dari satu kereta dengan kereta berikutnya, membuat stasiun selalu terasa sesak. Karena, jumlah penumpang yang dapat diangkut untuk sekali perjalanan tidak banyak.

Sobat Tiket yang belum tau kalau tiket.com lagi ngadain promo OTW alias Online Tiket Week, buruan deh cek sekarang juga. Karena, kamu bakalan dapet harga diskon sampai 50% plus cashback hingga 5juta! Liburan ke Singapura udah bukan cuma mimpi aja. Karena kamu bisa wujudin dengan mendapatkan harga tiket pesawat ke Singapore dan harga kamar hotel di Singapore yang super murah!

Transportasi Publik di Singapore - OTW Online Tiket Week

Jadi, tunggu apa lagi? Buruan ikutan promo OTW-nya tiket.com buat terbang ke Singapore sekarang juga! Kapan lagi bisa jalan-jalan ke beragam destinasi favorit sekalian belanja ke Surga Belanja di Singapura, dengan harga tiket pesawat dan hotel promo dari tiket.com?