Top 10 Kuliner Singapura, Kebangetan Kalau Belum Coba!
Source: Shutterstock.com

,

Liburan ke Singapura? Catat Top 10 Kuliner Ini, Kebangetan Kalau Nggak Coba! 

Berlibur tanpa berwisata kuliner rasanya tidak sah. Jalan-jalan ke Singapura, tapi belum pernah coba 10 kuliner di bawah ini, rugi banget pokoknya!

Berikut ini, tiket.com kasih rekomendasi buat kamu list kuliner-kuliner apa saja yang wajib sobat tiket cicipi saat berlibur ke Singapura. 

Surga Makanan Beragam Etnis Budaya

Makanan Singapura dipengaruhi oleh beragam etnis seperti Melayu, Cina, India, Indonesia, Peranakan hingga Inggris dan Portugis. Wah, surga banget, ya! Pecinta kuliner wajib banget untuk mengeksplor makanan-makanan lezat berikut ini!

1. Chicken Salted Egg, Kentalnya Solid

Di Singapura, orang-orang amat menyukai makanan-makanan yang mengandung saus salted egg a.k.a saus telur asin di dalamnya. Mulai dari nasi goreng, ayam goreng hingga kripik, serba telur asin! Nah, kamu wajib nih cobain ayam salteg egg-nya!

Top 10 Kuliner Singapura, Kebangetan Kalau Belum Coba!
Source: Shutterstock

Paha ayam tanpa tulang yang telah dipotong kotak-kotak, digoreng tepung sampai krispi, dimasak bersama saus telur asin dan bumbu-bumbu lain yang menambah rasa gurihnya. Disajikan bersama nasi yang masih mengepul hangat-hangat.

Salah satu resto yang menyediakan menu ayam goreng telur asin ini adalah Taste Good, berada di Sim Lim Square lantai dua. Untuk menuju ke sini kamu bisa naik MRT lalu turun di Stasiun MRT Rochor. Buka setiap hari mulai pukul 12 siang, pas banget untuk menu makan siangmu!

2. Yang Berkuah dan Hangat, Mee Siam

Sebab dipengaruhi oleh kuliner Cina dan melayu, di Singapura banyak jenis makanan berbahan dasar mie. Salah satunya Mee Siam atau Mie Siam dalam bahasa Melayu, yang populer di Melaka dan Johor Bahru. Mie yang dibuat adalah sejenis bihun beras yang tipis-tipis.

Bihun disiram oleh kuah khas yang terbuat dari kaldu udang, direbus bersama tauco, diberi topping tahu dan tauge. Ada rasa pedas dari cabai, gurih dari kaldu dan tauco serta rasa segar dari perasan air jeruk nipis. Mee Siam banyak ditemukan di setiap sudut Singapura, baik di restoran dalam mal maupun kedai kaki lima. 

3. Sensasi Seru Makan Chili Crab

Kepiting Saus Singapura merupakan inovasi sepasang suami istri yang mulanya berjualan kepiting rebus hanya dengan menggunakan gerobak dorong. Dimulai dari situ maka hingga kini Chili Crab menjadi kuliner khas Singapura yang mendunia. 

Top 10 Kuliner Singapura, Kebangetan Kalau Belum Coba!
Source: Shutterstock

Kepiting ditumis bersama irisan bawang putih dan bawang bombay, saus tomat dan sambal hingga meresap sempurna dan bercita rasa pedas nikmat. Sensasi seru saat makan kepiting, mengorek daging dan mencecap saus pedasnya, dijamin bikin ketagihan! Kuliner wajib coba satu ini bisa sobat tiket jumpai di setiap food court di Singapura.

4. Sarapan Nikmat Bersama Roti Kaya

Roti Kaya adalah roti panggang yang dioles srikaya, telur, gula, santan, mentega dan daun pandan sebelum akhirnya dibakar hingga renyah. Untuk varian roti kaya, sobat tiket bisa memesan setangkup roti kaya berisi selai dan mentega, atau bisa pakai keju dan telur.

Selain itu, ada roti kaya setipis wafer untuk teman minum teh atau roti kaya berbentuk bun dengan isian selai kaya yang melimpah.

Top 10 Kuliner Singapura, Kebangetan Kalau Belum Coba!
Source: Shutterstock

Enak, gurih, manis dan renyah. Oh ya, ada juga roti kaya kukus, lho! Beragam menu roti kaya untuk sarapanmu yang nikmat ini bisa ditemukan salah satunya di Ya Kun Kaya Toast.

5. Kari Kepala Ikan, Cita Rasa India

Rempah-rempah bumbu kari khas india di tengah-tengah keberagaman etnis di Singapura mencerminkan daya tarik berkunjung ke Lion City ini. Mulanya, orang-orang India di sana membuat kari kepala ikan ini untuk memuaskan lidah Tionghoa.

Kini, kuliner wajib coba satu ini bisa ditemui di berbagai restoran mulai dari restoran India, Cina dan Melayu yang tersebar di setiap sudut Singapura. Daging lembut dan tebal dari bagian pipi kepala kakap merah, bersatu dengan kuah kari yang pedas dan harum rempah-rempah.

Dalam semangkuk kari kepala ikan ini, ada bermacam sayuran juga yang bercampur dengan kuahnya lho, sobat tiket. Okra, zucchini, tomat ceri, cabai dan terung memberi sensasi renyah dan segar. 

6. Wonton Mee dan Resep Rahasianya

Disebut juga mie pangsit Tionghoa, yakni mie beserta kuah disajikan bersama pangsit isi daging. Ada juga varian mie wonton goreng yang disajikan bersama sayuran. Isian pangsit sendiri biasanya berupa daging babi seperti khas Tionghoa. Namun, ada juga isian ayam atau uang.

Top 10 Kuliner Singapura, Kebangetan Kalau Belum Coba!
Source: Shutterstock

Oh, iya, sobat tiket. Resep legendaris mie wonton konon katanya pernah mendapat tawaran 20 miliar rupiah. Tapi, rumah makan Kek Ko Wanton Noodle menolaknya. Wah, jadi penasaran seenak apa sajian dumpling satu ini dengan resep legendarisnya, ya?

7. Laksa Singapura yang Bikin Nagih

Satu lagi hidangan mie yang perlu banget kamu coba nih, sobat tiket. Laksa Singapura, merupakan mie bihun tebal bersama kuah berwarna kemerahan yang pedas, santan dan udang kering atau ebi. Laksa identik ditaburi dengan udang, tahu pong, suwiran ayam, tauge besar dan kue ikan.

Top 10 Kuliner Singapura, Kebangetan Kalau Belum Coba!
Source: Shutterstock

Setiap rumah makan menyajikan Laksa yang berbeda-beda. Ada yang sudah dipotong-potong sehingga bisa dimakan menggunakan sendok, ada yang memerlukan sumpit untuk mengambil mie yang panjang.

8. Roti Prata, Dicelup di Kuah Kari

Roti Prata atau Roti Canai ini berasal dari India, dan umum dicelup ke dalam kuah kari kepala ikan khas Singapura sebagai sumber karbo. Bentuknya pipih, lembut di dalam dan renyah di luar.

Roti prata klasik mempunyai rasa gurih, namun, semakin inovatif, roti satu ini juga sering dibuat versi manisnya, rasa keju, coklat atau bahkan durian. Suatu keseruan sendiri jika sobat tiket menyaksikan langsung pembuatannya, baik saat di kaki lima maupun restoran.

Pembuat roti akan memutar-mutar adonan hingga lebih tipis lima kali lipat dibanding sebelumnya. Kamu ingin menjadikan roti prata hidangan utama atau hidangan penutup, dua-duanya sama enak!

9. Nikmati Pedasnya BBQ Stingray

Daging ikan pari yang khas dengan kelembutannya, dibakar, dimakan bersama sambal terasi dan perasan jeruk nipis. Sambal terasi di kuliner Singapura ini, tidak dicocol melainkan dituang ke atas daging yang ikan pari yang lebar dan pipih. Iris-iris, santap, nikmat!

Top 10 Kuliner Singapura, Kebangetan Kalau Belum Coba!
Source: Shutterstock

Salah satu yang menjual ikan pari bakar a.k.a BBQ Sambal Stingray ini adalah di Lau Pa Sat, pusat makanan di Singapura. Sobat tiket tinggal naik MRT dari Raflles Place untuk menjangkau 18 Raffles Quay. Cobain sensasi pedasnya!

10. Beef Capcay yang Gurih Manis

Capcay sayur sudah biasa, namun, capcay daging? Ini inovasi yang jadi makanan wajib coba di SIngapura lho, sobat tiket. Irisan daging terpilih, dimasak bersama kecap manis dan saus tiram, ditambah sayur-mayur. Manis, gurih, dan ada sedikit pedas dari cabai iris.

Jika capcay sayur memiliki 10 jenis sayur dalam seporsi, capcay daging hanya memerlukan sedikit sayuran. Di antaranya, pokcoy, paprika serta jamur kuping. Hmm, terbayang lezatnya!

Liburan ke Singapura On a Budget

Setidaknya sekali seumur hidup, cobalah semua makanan khas Singapura di atas. Untuk membantu berhemat, coba ke 16 Tempat Wisata Paling Menarik di Singapura, Gratis! Makin hemat, pesan tiket pesawatnya di tiket.com juga, ya.