,

Banyak Alternatif Transportasi untuk Eksplor Bangka Belitung, Jelajah Makin Mudah!

Provinsi Bangka Belitung terdiri dari ratusan pulau, lalu apakah hanya menggunakan perahu untuk berpindah tempat? Apa saja ya moda transportasi yang ada di Bangka Belitung? Daripada menerka-nerka, pastikan kamu memilih transportasi liburan yang pas dengan kebutuhan dan juga kantongmu.

Mulai dari Transportasi Klasik hingga Modern

Keindahan wisata alam serta buatan di Kepulauan Bangka Belitung seakan membuat wisatawan ingin terus menjelajah. Bangka Belitung termasuk salah satu daerah yang memiliki kendaraan umum khas bernama Pownis. Apa itu Pownis? Apa saja transportasi yang bisa digunakan? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Pownis, Si Klasik yang Tangguh

Nama Pownis sendiri adalah sebuah singkatan dari Perusahaan Oto Warga Negara Indonesia. Kendaraan berbentuk bus ukuran tanggung dengan mesin Mitsubishi, Daihatsu, dan GMC ini bisa mengangkut hingga 25 orang termasuk sopir. Rute yang dilalui adalah Pangkalpinang-Sungailiat. Uniknya, penumpang bisa menaikkan barang bawaan berupa karung bahkan kasur ke atap Pownis.

Kepala bus biasanya dicat warna merah dan kuning untuk badannya. Sayangnya, Pownis berhenti beroperasi sejak tahun 1990-an. Sebagian besar materialnya adalah kayu jati tebal, hal ini juga menjadi salah satu alasan pemilik Pownis tak sanggup merawat karena biaya perawatan yang mahal.

PT Timah Persero Tbk mengumpulkan Pownis yang tersisa kemudian direnovasi sehingga layak jalan. Sejak Januari 2017, dua Pownis digunakan sebagai transportasi wisata di Museum Timah Indonesia. Selain Museum Timah Indonesia, ada juga museum unik lainnya di Bangka Belitung yang sayang jika harus dilewatkan.

Sobat tiket bisa merasakan keseruan Pownis setiap hari sabtu dan minggu pukul 10.00 hingga 16.00. Perjalanan sekitar 60 menit mengelilingi 15 destinasi wisata sejarah bisa dinikmati secara gratis. Wah, jadi nggak sabar mau naik Pownis nih ya.

Tips: Luangkan waktu lebih dari 60 menit untuk proses antri dan perjalanan wisata dengan Pownis. Hubungi PT Timah Persero Tbk jika ingin menggunakan Pownis di luar jadwal yang tersedia. 

2. Manfaatkan Kendaraan Umum sambil Bercengkrama dengan Masyarakat

Buat para backpacker, moda transportasi satu ini cocok digunakan saat berlibur di Bangka Belitung. Damri sudah menyediakan bus untuk masyarakat Pangkalpinang dengan rute Pangkalpinang-RSUD Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang-Sempan, Pangkalpinang-Sebagin, Pangkalpinang-Briga, Pangkalpinang-Kundi, Selat Nasik-Tanjung Nyato, dan Tanjung Pandan-Kampit (via sijuk).

Kendaraan umum berupa angkutan umum atau biasa disebut bemo bisa kamu gunakan saat berada di Pulau Bangka. Bemo juga bisa kamu gunakan saat tiba di bandara menuju hotel. Meski di Pulau Belitung juga ada bus dan bemo, namun jumlahnya lebih sedikit sehingga lebih baik memanfaatkan transportasi lain.

Tips: Sebelum naik kendaraan umum, tanyakan terlebih dahulu rute yang dilalui dan pastikan sesuai dengan tujuanmu. Tanyakan tarif kepada sopir atau kernet. 

3. Butuh Transportasi yang Cepat? Ojek aja!

Ojek konvensional banyak ditemui di pelabuhan Tanjung Pandan. Beberapa ojek juga menawarkan untuk mengantar ke tempat-tempat wisata dengan tarif mulai Rp. 100.000* per hari. Jika sobat tiket berlibur di area Pangkalpinang, ojek online sudah ada di sana jadi tak perlu khawatir tidak menemukan ojek saat mau berkeliling.

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Sumber: Shutterstock.com

Adanya ojek sangat membantu sobat tiket yang kurang paham jalanan di Bangka Belitung. Memerlukan waktu yang lama jika harus menyetir sambil melihat peta untuk menikmati pesona wisata alam di Bangka Belitung yang eksotis. Cara tercepat adalah hanya dengan mengutarakan tujuanmu kepada sopir ojek.

Tips: Jika menggunakan ojek, sampaikan dengan jelas tujuan kepada pengemudi dan tanyakan tarif untuk perjalanan tersebut.

4. Sewa Sepeda Motor, Mobil atau Bus untuk Kenyamanan Liburanmu

Perjalanan ke Kepulauan Bangka Belitung ditempuh dengan pesawat? Tak perlu khawatir kendaraan yang akan digunakan selama liburan di sana karena sudah tersedia tempat persewaan motor, mobil, hingga bus. Tinggal sesuaikan saja dengan berapa orang rombongan sobat tiket.

Menjadi solo traveller atau berdua saja cocoknya menggunakan jasa persewaan sepeda motor. Harga yang ditawarkan masing-masing penyedia jasa berbeda-beda mulai dari Rp. 70.000* per hari atau mulai dari Rp. 420.000* per minggu. Persewaan sepeda motor sudah melengkapi kendaraan dengan 2 helm SNI, jas hujan, serta gembok pengaman.

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Kemudahan wisatawan untuk menyewa sepeda motor di Bangka Belitung juga diperhitungkan oleh persewaan sepeda motor. Sobat tiket hanya perlu menunjukkan sim C yang masih berlaku, menunjukkan tiket pesawat dan boarding pass, menjaminkan KTP serta 1 identitas lain yang masih berlaku, dan yang tidak kalah penting adalah bersedia difoto. 

Berlibur dengan keluarga bisa menyewa mobil untuk menjelajahi Kepulauan Bangka Belitung. Mobil dengan kapasitas maksimal 4 penumpang dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 200.000* per hari tanpa supir tanpa bbm. Semakin tinggi kapasitas penumpang semakin tinggi pula harganya.

Persyaratan untuk menyewa mobil cukup mudah yaitu menjaminkan 2 KTP, NPWP, memberikan uang jaminan sebesar Rp. 1.000.000* atau dengan barang yang setara, menunjukkan sim A dan bersedia difoto. Namun, persyaratan ini tentunya bukan persyaratan paten bisa sama bisa juga berbeda. Paling penting adalah pemilik KTP yang dijaminkan turut hadir di lokasi persewaan.

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Jika sobat tiket tidak hafal dengan jalanan di Bangka Belitung sebaiknya menyewa sekaligus dengan pengemudi. Bisa juga meminta pengemudi yang merangkap sebagai pemandu wisata kepada persewaan kendaraan. Tentunya dengan harga yang lebih tinggi ya.

Sobat tiket yang berlibur bersama kerabat dengan jumlah luar biasa tak perlu berkecil hati, karena ada juga persewaan bus di sana. Mulai dari mini bus hingga bus standar siap mengantarkan ke destinasi wisata pilihanmu. Kalau menyewa bus, pasti sepaket dengan sopir dan keneknya ya.

Sumber: Shutterstock.com

Tips: Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk menyewa kendaraan. Pastikan sobat tiket memilih penyedia jasa sewa kendaraan yang terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus. Tanyakan kondisi kendaraan, baik dari segi performa maupun tampilan. Baca dengan teliti perjanjian sewa menyewa kendaraan mulai dari jam persewaan hingga pertanggungjawaban jika terjadi kerusakan kendaraan.

5. Keliling Pulau Jangan Lupa Sewa Perahu

Bangka Belitung tentu tidak bisa terlepas dari transportasi yang satu ini, perahu. Perahu motor biasa disebut boat oleh masyarakat sekitar. Ada koordinasi khusus untuk menyewa boat, sehingga persewaan boat bisa dengan cara menghubungi biro perjalanan atau hotel sobat tiket menginap.

Titik keberangkatan boat berada di Tanjung Kelayang dengan tarif mulai dari Rp. 350.000* per boat. Satu boat muat diisi 10 orang penumpang. Siap-siap mencari gabungan penumpang jika kamu hanya sendiri atau dengan rombongan kurang dari 10 orang.

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Terdapat delapan pelabuhan yang tersebar di Kepulauan Bangka Belitung. Lima dari delapan pelabuhan adalah pelabuhan barang dan penumpang. Sedangkan 3 pelabuhan khusus untuk mengangkut barang.

Tips: Tanyakan dengan jelas dan detail tentang jadwal, lama perjalanan serta destinasi wisata saat menyewa boat. Jangan sampai terlambat datang ke lokasi titik keberangkatan.

Perjalanan menuju Bangka Belitung menggunakan pesawat tak perlu khawatir tentang transportasi saat disana. Ternyata banyak pilihan transportasi yang bisa kamu manfaatkan ya. Sekarang, waktunya tentukan jadwal liburanmu untuk menjelajahi keindahan Bangka Belitung. Tentunya pesan tiket pesawat di tiket.com dan nikmati kemudahan prosesnya.