,

6 Museum Unik di Bangka Belitung, Koleksinya Keren dan Anti-Mainstream!

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri – Soekarno

Saat liburan di Kepulauan Bangka Belitung, nggak ada salahnya mampir ke beberapa museum unik baik di Pulau Bangka maupun Belitung untuk mengetahui mengenai sejarah mereka. Selain refreshing, liburan juga bisa menambah pengetahuan kamu. Bisa bikin kamu makin cinta sama Indonesia!

Museum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata harga tiket masuknya terjangkau kok. Selain itu, banyak dari museumnya menempati bangunan yang dibangun pada zaman kolonial Belanda. 

Buat yang suka sama bangunan tua, pas banget nih buat safari museum di Bangka Belitung. 

Museum Unik di Kepulauan Bangka Belitung

Museum-museum unik di Pulau Bangka dan Pulau Belitung menawarkan koleksi-koleksi benda bersejarah mulai dari peralatan menambang timah, kain tradisional, hingga senjata peninggalan zaman kolonial Jepang dan Belanda. Ada juga museum sastra yang didirikan oleh Andrea Hirata!

Berikut rekomendasi tiket.com tentang berbagai museum yang bisa kamu kunjungi selama liburan di Bangka Belitung. 

Museum di Pulau Bangka

Dibawah ini adalah beberapa museum yang harus kamu samperin saat ke Bangka. 

1. Museum Timah Muntok

Sumber: Shutterstock.com

Museum Timah Muntok adalah salah satu museum yang harus kamu kunjungi saat ke Pulau Bangka untuk mengetahui sedikit banyak tentang pertambangan timah dan perkembangan budaya Melayu. Untuk kesana, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan mobil atau motor. 

Bangunan museum ini merupakan kantor penambangan timah pada zaman penjajahan Belanda bernama Hoofdbureau Banka Tinwinning Bedriff yang juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan Belanda di Pulau Bangka yang terletak di Kota Muntok. Berarsitektur Eropa, gedung museum bercat putih ini sudah ada sejak tahun 1915. 

Dibuka untuk umum sejak 7 November 2013, museum ini memiliki 176 koleksi dan 9 galeri yang menampilkan tidak hanya mengenai penambangan tapi juga sejarah Bangka, Perang Dunia ke II hingga sejarah pengasingan Bung Karno. 

Sumber: Shutterstock.com

Prasasti, alat cetakan timah, balok timah berusia ratusan tahun bisa kamu temukan disini, sobat tiket. Replika alat-alat pertambangan timah, atribut prajurit di masa perang dunia, alat tenun hingga tayangan audio visual soal berbagai peristiwa bersejarah juga ada. Foto-foto Kota Muntok tempo dulu juga dipajang di museum ini. 

Lokasi          : Tanjung, Mentok, Kabupaten Bangka Barat

Jam Buka     : 08.00-16.00 (Jumat Tutup)

Tiket Masuk  : Gratis

2. Museum Cual Ishadi

Apa kamu tau apa itu cual? Cual adalah kain tenun tradisional Bangka Belitung yang merupakan perpaduan antara teknik songket dan tenun ikat. 

Nah, Museum Cual Ishadi merupakan satu-satunya museum tenun di Pangkal Pinang yang menjadikannya salah satu destinasi wisata sejarah Bangka Belitung. Jaraknya cuma 2,5 km dari pusat kota Bangka alias 6 menit dengan berkendara. 

Ada total koleksi 20 jenis kain cual kuno dengan rentang usia 150 tahun hingga 200 tahun lho disini. Corak kain tenun cual biasanya berupa flora dan fauna. Beberapa cual menggunakan benang sutera dan benang emas 18 karat, sobat tiket. Kamu bisa beli kain tenun cual disini yang harganya di kisaran 2,6 juta rupiah sampai dengan 20 juta rupiah per lembar! 

Kalau mau buat kenang-kenangan aja, ada kok kain cual yang harganya lebih terjangkau. Kamu bisa lihat di galeri yang satu kompleks dengan museum ini. Ada cafe juga lho disini. Bisa ngopi-ngopi santai nih habis keliling museum dan galeri. 

Lokasi          : Jl. A. Yani No.44, Batin Tikal, Kec. Taman Sari, Pangkal Pinang

Jam Buka    : 10.00-17.00

3. Wisma Ranggam

Wisma Ranggam atau Pesanggrahan Muntok merupakan bangunan bersejarah di Kota Muntok, Bangka Barat yang dibangun pada tahun 1890 oleh pemerintah kolonial Belanda. Sebenarnya wisma ini bukan museum cuma patut dikunjungi soalnya banyak tokoh penting diasingkan disini saat Indonesia baru merdeka! 

Bangunan museum ini arsitekturnya bergaya Eropa dan merupakan tempat pengasingan Menteri Luar Negeri Agus Salim, Wakil Perdana Menteri M Roem, Menteri Pengajaran Ali Sastroamidjojo, dan lainnya dari tahun 1948 sampai 1949. Wisma ini punya enam belas kamar yang satu diantaranya pernah ditinggali oleh Presiden Soekarno!

Wisma ini punya halaman yang luas banget dan bersih. Bisa buat foto-foto keren! Daerah Wisma Ranggam suka disebut sebagai Kampung Eropa lho. Bangunan wisma ini dibangun pada tahun 1890. 

Wisma Ranggam merupakan cagar budaya Indonesia! Untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam berkendara dari pusat kota Pangkal Pinang. 

Lokasi          : Sungai Daeng, Mentok, Kabupaten Bangka Barat

Jam Buka    : 24 Jam

Tiket Masuk : Rp2.000/orang

Museum di Pulau Belitung

Nah kalau yang ini beberapa museum oke yang wajib kamu kunjungi saat berada di Pulau Laskar Pelangi. 

5. Museum Kata Andrea Hirata

Suka sama novel dan film Laskar Pelangi? Mampir kuy ke Museum Kata Andrea Hirata di Belitung Timur! Museum ini merupakan museum sastra pertama di Indonesia yang didirikan sendiri oleh sang penulis novel. 

Di Museum Kata, kamu bisa melihat foto-foto cuplikan adegan film laskar pelangi dan juga quote-quote inspiratif terukir di dinding museum. Ada juga 200 literatur dari berbagai genre seperti literatur musik, film, hingga literatur arsitektur! 

Bangunan museum juga instagramable banget karena unik dan dicat warna-warna pelangi. Kamu juga bisa kirim surat atau kartu pos lho dari sini. Kalau udah keliling, mampir ke Warung Kupi Kuli yang masih satu kompleks sama museum ini buat menikmati kopi khas Belitung. 

Museum Kata berjarak sekitar 68 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk kesana dengan naik kendaraan bermotor.

Lokasi          : Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur

Jam Buka    : 09.30-17.00 

Tiket Masuk : Rp50.000/orang

6. Museum Tanjung Pandan

Kalau mau ngeliat koleksi benda-benda tradisional Belitung zaman dulu, kamu bisa ke Museum Tanjung Pandan. Selain itu, kamu juga bisa melihat hewan-hewan yang diawetkan seperti buaya muara dan ikan arapaima yang banyak ditemukan di sungai-sungai di Belitung. 

Berbagai koleksi senjata peninggalan Jepang dan Belanda seperti samurai, senjata laras panjang, sampai pedang bisa kamu temukan disini. Senjata kerajaan seperti tombak lade, keris serta golok juga ada. Koleksi tertua yang dipajang di museum ini adalah sebuah samurai tahun 1514!

Disini juga ada berbagai logam bersejarah dan perhiasan serta ratusan jenis batuan. Koleksi keramik dan tembikar hingga perabotan zaman kolonial Belanda juga dipajang disini. Lengkap!!

Jarak museum ini dari pusat kota Tanjung Pandan cuma 4 km dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 10 menit aja. Oh ya, ada kebun binatang kecil juga di kompleks museum ini. 

Lokasi          : Jl. Melati No.41A, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung

Jam Buka    : 08.00-18.45 (Minggu Tutup)

Tiket Masuk : Rp3.000/orang

6. Museum Badau

Museum Badau menyimpan benda-benda peninggalan Kerajaan Badau yang pada zaman dulu disegani di Belitung. Koleksi tersebut tersimpan rapi di dalam lemari kaca. Beberapa koleksinya adalah guci, periok  tanah, gentong yang terbuat dari tembikar. 

Koleksinya yang paling terkenal dan katanya punya kekuatan magis karena bisa gerak sendiri adalah dua buah tombak yang disebut Tombak Log 13. Katanya sih tombak ini yang satu berjenis kelamin laki-laki dan yang satu lagi perempuan. Keduanya nggak bisa dipisahkan. Serem tapi so sweet juga. 

Halaman museum ini cukup asri lho karena banyak pepohonan. Selain itu, ada patung tentara kerajaan badau yang lagi bawa tombak. Bagus buat spot foto! Museum ini bisa dicapai dalam waktu 20 menit berkendara dari pusat kota Tanjung Pandan. 

Kalau kamu kesini siang-siang dan melihat museumnya tutup, coba hubungi saja salah satu juru kuncinya di nomor +6281933370844 karena jam bukanya memang tidak pasti, sobat tiket. 

Lokasi          : Jl. Abdul Rahman No.1, Desa Badau, Kecamatan Badau, Belitung

Jam Buka    : 07.00-12.00 (tentatif dan Minggu tutup)

Tiket Masuk : Rp2.000/orang

Menarik kan? Sempatkan mampir ya buat nambah pengetahuan kamu soal Bangka Belitung. Kamu juga bisa baca artikel tiket.com tentang Museum Kata Andrea Hirata. Lengkap deh penjelasannya. Langsung pesen tiket pesawat dan booking hotelmu di tiket.com ya. Pasti nggak nyesel deh liburan ke Bangka Belitung.