,

10 Tempat Wisata Keluarga di Jakarta dan Sekitarnya  

Berlibur bareng keluarga nggak harus selalu menunggu libur panjang lho. Kamu bisa merencanakan liburan singkat di akhir pekan.

Apalagi, kini makin banyak alternatif tempat wisata keluarga di Jakarta dan sekitarnya. Tugas kamu, tinggal menyatukan berbagai selera anggota keluarga dan kosongkan jadwalmu.

Tempat Wisata Seru di Jakarta buat Keluarga

Butuh referensi tempat wisata anti garing di Jakarta dan sekitarnya? Pengen cari tempat di mana kamu bisa duduk bareng keluarga menikmati semua yang ada di tempat itu? Jangan khawatir, berikut daftar tempat liburan yang harus kamu kunjungi.

1. Museum Layang-Layang

Kapan terakhir kali sobat tiket main layang-layang? Kalau jawabannya udah lama banget dan kangen sama permainan masa kecil ini, boleh lho datang ke Museum Layang-Layang.

Di sini, kamu bisa bikin dan menerbangkan layang-layang kreasi sendiri. Pastinya, kamu enggak mau dong layang-layangmu kalah bagus dari yang lain? Kamu bisa mengambil inspirasi corak dari ratusan layang-layang Indonesia dan mancanegara di museum ini.

Cara membuat layang-layang gampang banget kok. Apalagi nanti ada pemandu yang mengajarkan cara menerbangkan layangan.

Jam buka: setiap hari 09.00 – 16.00.

Tiket masuk: Rp15 ribu*

Alamat: Jl. H. Kamang No.38, Cilandak, Jakarta Selatan.

2. Houbii

Bermain trampolin sangat seru dan cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Pas untuk kegiatan wisata bareng keluarga.

Kalau masih bingung mau main trampolin di mana, coba deh ke Houbii. Di sini, kamu bisa coba variasi gaya di atas trampolin. Bisa juga main dodgeball di arena trampolin.

Kamu yang tertarik dengan kegiatan ekstrem, enggak boleh lupa naik seluncuran setinggi 7 meter dengan sudut 90 derajat. Atau rock climbing tanpa tali pengaman, ya.

Jam buka: weekdays pukul 12.00 – 21.00, weekend pukul 08.00 – 21.00.

Tiket masuk: mulai dari Rp110 ribu*

Alamat: Jl. Metro Pondok Indah Blok bb No. 3, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

3. Kebun Binatang Ragunan

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket yang suka mengamati tingkah hewan yang lucu bisa ajak semua anggota keluarga ke Ragunan. Kebun binatang favorit warga Jakarta ini punya koleksi satwa yang cukup lengkap.

Nah, salah satu lokasi yang harus kamu datangi adalah Pusat Primata Schmutzer (PPS).

Di sini, terdapat 25 jenis primata. Ada primata asli Indonesia seperti lutung dan orang utan sampai gorila dan simpanse Afrika.

Uniknya lagi, primata ini dibiarkan hidup seperti di habitat aslinya. Jadi, kamu bakal berasa seperti di hutan sungguhan. Asyik, kan?

Jam buka: kebun binatang Selasa-Minggu pukul 07.30 – 16.00, PPS pukul 09.00 – 16.00.

Tiket masuk: kebun binatang untuk dewasa Rp4 ribu, anak-anak Rp3 ribu. PPS untuk dewasa dan anak-anak Rp6 ribu (weekdays), Rp7,5 ribu (weekend)*

Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

4. Gunung Pancar

Bermalam di alam bisa jadi pengalaman berkesan bersama keluarga. Salah satunya, lewat kegiatan camping maupun glamping di Gunung Pancar.

Bayangkan betapa damainya rehat dikelilingi hutan pinus. Pengunjung juga bisa menghangatkan tubuh di pemandian air panas dengan membayar sekitar Rp20 ribu*

Sudah sampai di hutan, kamu enggak boleh ketinggalan buat trekking. Anggap aja berolahraga sambil refreshing melihat pemandangan yang hijau.

Jam buka: setiap saat untuk gerbang pintu masuk.

Tiket masuk: weekdays Rp5ribu, weekend Rp7,5 ribu. Camping mulai dari Rp95 ribu, glamping mulai dari Rp355 ribu dengan minimal 4 orang*

Alamat: Sentul, Bogor.

5. Trans Snow World

Main salju enggak harus urus paspor dan visa terlebih dulu, kok. Cukup bawa keluargamu ke Trans Snow World.

Sobat tiket tinggal pilih mau main ski, naik kereta gantung, atau naik kereta luncur. Ada beberapa pilihan kereta luncur, dari yang berbentuk skuter sampai balon donat. Lucu, ya?

Biar makin kompak, ajak keluargamu bikin boneka salju atau main perang salju. Dijamin, semuanya pasti betah berlama-lama di suhu yang dingin.

Jam buka: setiap hari pukul 09.00 – 23.00.

Tiket masuk: Rp200 ribu (weekdays), Rp275 ribu (weekend)* 

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 180 Margahayu, Bekasi.

6. SnowBay Waterpark

Sumber: Shutterstock.com

Bermain di waterpark seharian enggak pernah terasa lelah. Apalagi kalau banyak pilihan wahana permainan seperti di SnowBay.

Total terdapat belasan wahana air. Mulai dari berendam santai sampai naik seluncuran 7,5 meter. Pengen berkhayal seolah sedang di pantai? Lompat aja ke wave pool dan bersiap diterjang 6 jenis ombak.

Kamu yang membawa anak kecil, bisa main air di Rainbow Ride. Orang tua bisa berendam di jacuzzi sambil mengawasi anak-anak bermain seluncuran mini.

Buat yang suka tantangan baru, wajib coba cold spa. Berani coba berendam di kolam air es?

Jam Buka: setiap hari pukul 09.00 – 18.00.

Tiket masuk: Taman Mini Indonesia Indah Rp20 ribu per orang. Snowbay Rp140 ribu (weekdays), Rp180 ribu (weekend)*

Alamat: area TMII. JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

7. Pulau Putri

Masuk dalam 10 destinasi Bali Baru, enggak ada alasan untuk menolak berlibur di Kepulauan Seribu. Kali ini, tiket.com rekomendasikan Pulau Putri untuk sobat tiket dan keluarga.

Karena pulau ini punya pasir putih yang cantik dan resort yang nyaman. Kerennya lagi, Pulau Putri punya akuarium bawah laut dan kapal yang bagian bawahnya terbuat dari kaca.

Tujuannya, supaya pengunjung seolah berasa seperti di dalam laut. Ada juga seluncuran dan kebun binatang mini. Untuk wisata air seperti snorkeling dan diving, udah pasti ada dong.

Jam buka: setiap saat.

Tiket masuk: one day tour mulai dari Rp800 ribu untuk dewasa*

Alamat: gugusan pulau di Kepulauan Seribu.

8. BSD Xtreme Park

Buat yang mau berwisata sambil memacu adrenalin, berolahraga ekstrem bisa jadi pilihan. Tenang, kamu tetap bisa pergi bareng keluarga ke BSD Xtreme Park.

Soalnya, banyak jenis olahraga ekstrem yang sesuai untuk anak-anak. Tersedia lapangan sepeda dan skate park sampai lintasan Go-Kart.

Tapi kamu enggak boleh melewatkan permainan di arena Rock & Rope. Di sini, ada fasilitas flying fox, spider web hingga slacklines.

Jam buka: weekdays pukul 15.00 – 20.00, weekend pukul 06.30 – 19.30.

Tiket masuk: wristband Rp30ribu, permainan mulai dari Rp20 ribu*

Alamat: BSD City, Jl. Damai Foresta, Desa Sampora, Cisauk, Tangerang.

9. Kuntum Farmfield

Sumber: Shutterstock.com

Mau menjajal kegiatan beternak dan berkebun bareng keluarga? Mampir aja ke Kuntum Farmfield di Bogor. Di sini, kamu berasa punya peternakan dan perkebunan sendiri.

Sobat tiket bisa kasih makan langsung ke kerbau albino dan memanen sayur. Capek kerja di bawah panas matahari seharian, bolehlah santai dulu sambil menunggang kuda keliling kebun.

Kalau lewat di depan kolam, mancing dulu kuy. Nanti ikannya boleh dibawa pulang, lho.

Jam buka: setiap hari pukul 08.00-18.00.

Tiket masuk: Rp50 ribu (weekdays), Rp60 ribu (weekend)*

Alamat: Jl. Raya Tajur No.291, Bogor.

10. Dunia Fantasi

Siapapun yang ke taman bermain pasti pulang dengan wajah bahagia. Jadi tunggu apa lagi, segera berangkat ke Dufan.

Punya lebih dari 30 wahana bermain, kamu pasti menemukan wahana yang kamu banget. Suka basah-basahan? Ada arung jeram dan niagara-gara.

Hobi menaklukkan ketinggian? Tinggal tunjuk mau naik wahana hysteria, halilintar, dan masih banyak lainnya. Tapi, kalau cuma mau main yang santai aja, ada? Banyak! Ada juga istana boneka dan wahana khusus anak-anak.

Jam buka: weekdays pukul 10.00-18.00, weekend pukul 10.00-20.00.

Tiket masuk: mulai dari Rp180 ribu*

Alamat: area Taman Impian Jaya Ancol. Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Jakarta Utara.

Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Sesibuk apapun kamu, harus selalu punya waktu bareng keluarga. Salah satunya, bisa dengan berlibur bersama. Belum buat perencanaan liburan keluarga? Enggak perlu panik. Karena tiket.com akan selalu membantu perjalanan liburanmu.

*keterangan harga saat artikel dibuat