Sumber: Shutterstock.com

,

5 Tempat Belanja Oleh-Oleh Paling Lengkap di Jakarta

Selama ini, Jakarta dikenal dengan pusat pemerintahan serta perniagaan Indonesia. Jakarta juga punya potensi di bidang pariwisata. Tak hanya daerah pesisirnya saja yang memikat, berbagai museum dan tempat bersejarahnya pun bisa dijelajahi para wisatawan.

Tak jarang turis mancanegara datang untuk berlibur di Jakarta. Turis lokal dari berbagai daerah Nusantara pun kerap bertandang ke kota yang kini berusia 492 tahun ini. Pasalnya terdapat berbagai objek wisata menarik yang bersarang di kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di Indonesia ini.

Berburu Oleh-oleh sambil Pelesiran di Jakarta

Pelesiran ke ibu kota tentu tak akan terasa lengkap jika belum berburu oleh-olehnya. Wisata belanja memang selalu menjadi agenda yang menyenangkan saat liburan. Agar tidak membuang waktu, pastikan juga kamu sudah punya destinasi tempat oleh-oleh mana saja yang hendak kamu sambangi. Seperti beberapa rekomendasi tempat ini nih, sobat tiket.

1. ITC Mangga Dua

Sumber: Shutterstock.com

ITC Mangga Dua menjajakan banyak sekali produk menarik. Kisaran harganya pun sangat beragam. Sejumlah barang bagus kerap dibanderol dengan harga murah yang bisa bikin galau memilih dan kalap mata seketika.

Sebagai salah satu surga belanja pecinta produk fashion dan busana perempuan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara telah memasukkan kawasan bisnis ini ke dalam 12 destinasi wisata pesisir ibukota. 

Gedung kawasan ITC Mangga Dua juga terhubung dengan jembatan niaga ke mall lain seperti Mangga Dua Mall dan Orion Mall. Jadi kalau sobat tiket mampir ke sini, dijamin puas dan seru berkeliling dan hunting oleh-oleh favorit.

Alamat: Jl. Mangga Dua Raya No. 43, RT 11/ RW 05, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 18.00.

2. Mpok Romlah Oleh-oleh Jakarta

Mau oleh-oleh dari Jakarte? Nyang khas dari Betawi ade di mari. Di sini sobat tiket bisa memboyong puluhan produk Betawi asli. Mulai dari makanan, minuman sampai souvenirnya.

Dengan kisaran harga Rp 32 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan Biji Ketapang, Akar Kelapa Rp 28 ribu, Kembang Goyang Rp 33 ribu, Geplak Betawi Rp 29 ribu, Dodol Betawi Rp 15 ribu, serta Kue Satu (45 ribu)*.

Untuk souvenirnya juga cantik-cantik lho, sobat tiket. Tersedia tas kanvas, handbag Jakarta, tas pouch, tas map, serta celemek a la Mpok Romlah yang dibanderol dengan murah meriah! Wah, mesti melipir ke sini deh pokoknya.

Alamat: Jl. Swadaya II No. 20B, RT 7/ RW 5, Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

Cabang: Terdapat di Harmonic Exchange Mall, Jl. Hayam Wuruk VI No.2, RT 6/ RW 2, Kb. Klp., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120, Indonesia.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 20.00.

3. Pasar Tanah Abang

Sumber: Shutterstock.com

Pasar Tanah Abang kerap disebut pusat grosiran yang terbesar di Indonesia yang terkenal hingga ke Malaysia. Banyak reseller yang menjadikan Tanah Abang sebagai pusat pembelian stok barang.

Pasar yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan ini juga dibagi dalam beberapa gedung, yakni Gedung A, B, C, D, E, F dan G. Di lantai B1, terdapat berbagai pilihan kain dan juga beraneka gorden bervariatif, sesuai budget dan selera. Ada juga bedcover, kebaya, batik, pashmina, gamis, jilbab, mukena, blouse hingga sprei dan bantal yang cantik.

Di lantai Ground (G), ada berbagai kemeja, kaos, polo shirt hingga sepatu dan tas khusus bagi pria. Sementara di lantai Semi Lower Ground (SLG), tersedia beragam busana wanita segala merk dan tipe. Banyak produk yang dijual dengan harga miring dan diskon. 

Alamat: Jl. Kebon Jati, Kebon Kacang, Tanah Abang, RT 1 RW 9, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat 10240.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 22.00.

4. Thamrin City

Di sini kamu juga bisa berbelanja berbagai macam kebutuhan. Pusat perbelanjaan ini menyediakan beraneka macam dan jenis busana, peralatan elektronik hingga mainan. Namun yang paling banyak dicari oleh wisatawan adalah kain batiknya.

Kain dan busana batik di Thamrin City rata-rata dibanderol harga ramah dan bersahabat. Namun untuk batik tulis, harganya akan lebih tinggi ketimbang yang batik cetak lantaran proses pembuatannya yang lebih rumit.

Kamu yang mau berburu mulai dari Batik Flores hingga Batik Bali misalnya, semua ada di sini. menariknya lagi, Thamrin City juga menyediakan serba-serbi handycraft asli Nusantara. Mulai dari topeng-topengan, miniature unik hingga wayang juga bisa didapatkan di Thamrin City.

Di sini juga terdapat Ladies Corner yang menjadi surganya para hijabers. Ayo Ladies, buruan serbu lantai 2 yang menyediakan berbagai mukena, gamis, pashmina, abaya, sepatu hingga tas bagi para muslimah.

Tenang, lokasi Thamrin City mudah dicapai, yakni sekitar 700 meter dari Stasiun Karet.

Alamat: Jl. Thamrin Boulevard, Waduk Melati, Jakarta Pusat.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 22.00.

5. Pasar Baru

Sumber: Shutterstock.com

Passer Baroe/ Pasar Baru ini juga sudah berdiri sejak 1820, sewaktu Belanda masih menjajah Tanah Air. Belanja sepatu? Kamu bisa mampir ke Sin Lie Seng. Toko ini menjadi salah satu toko sepatu tertua di kawasan perdagangan Pasar Baru yang sudah ada berdiri sejak 1943.

Terdapat juga toko kain yang legendaris bernama Bombay Textile yang telah berdiri sejak tahun 1951. Di sini, kamu bisa memborong belanjaan berupa beraneka bahan kain brokat hingga kain kemeja berbagai jenis model.

Toko lainnya yang selalu ramai pengunjung adalah Go-Lo. Tak hanya menyediakan berbagai kebutuhan yang sangat lengkap, semua produk dijual murah meriah dengan diskon. Kamu yang mau melipir ke Go-Lo, baiknya datang sebelum jam 2 siang agar tidak begitu ramai. 

Untuk serba-serbi aneka baju saree, datangi T&D. Mulai dari saree untuk pesta dan acara khusus tersedia di sini. Termasuk juga saree modern dengan hiasan manik-manik yang indah dalam berbagai warna juga tersedia di T&D. Kamu bisa memesan custom dengan tarif Rp1 juta* per saree. Selain itu, tersedia juga beragam gamis untuk busana muslim. 

Lokasinya yang strategis memudahkan pengunjung untuk datang bertandang. Kamu bisa mencapainya dengan menggunakan kereta komuter hingga naik Transjakarta atau transportasi online.

Alamat: Jl. Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta 10710.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 18.00.

Puas Belanja Oleh-oleh Murah Meriah!

Puas-puasin berbelanja oleh-oleh di ibukota nggak harus yang mahal. Karena di ketiga tempat tadi, kamu bisa kenyang belanja buah tangan dengan harga murah meriah. Jangan lupa letakkan tas uang/ dompet di tempat yang aman selama belanja. Pastikan juga kamu sudah membawa daftar belanjaan dan uang tunai dalam jumlah cukup ya.

Sobat tiket yang mau terbang ke Jakarta sekarang bisa lebih gampang dengan pesan tiket pesawat dari tiket.com. Yuk berangkat sekarang dan nikmati perjalanan liburan ke ibukota dengan praktis dan mudah. Selepas belanja dan jalan-jalan, kamu juga bisa mampir ke salah satu dari 5 Tempat Spa di Jakarta, Cocok Banget untuk Melepas Lelah!

*Harga saat artikel dibuat