Taman Bermain Jakarta Pusat
Sumber: Shutterstock.com

,

5 Taman Bermain di Jakarta Pusat, Bikin Anak Ceria dan Aktif!

Menghabiskan hari libur atau akhir pekan paling asyik kalau berkunjung ke tempat wisata. Selain aktivitas di sana menyenangkan, kamu akan mendapatkan pengalaman baru tidak terlupakan. Salah satu destinasi menarik untuk sekeluarga adalah taman bermain. Anak-anak pun cenderung akan ceria dan aktif. Berikut lima rekomendasi di Jakarta Pusat, sobat tiket!

Taman Bermain di Jakarta Pusat

Taman bermain memang sangat berkaitan dengan anak-anak, tetapi orang dewasa pun dapat menikmati wahana di sana. Selain itu, sebagai orang tua, melihat si kecil ceria dan aktif bisa jadi hiburan tersendiri. Nah ini dia destinasi seru yang bisa kamu temukan di Jakarta Pusat.

1. Miniapolis

Taman bermain ini terletak di Plaza Indonesia lantai tiga dengan jam operasional setiap hari pada pukul 10.00 – 22.00 WIB. Terdapat empat pembagian wahana, meliputi: Zee and Milo’s Hideout, Mr. Cricks Ekspress, Carlo Carousell, dan Wish Garden.

Zee and Milo’s Hideout merupakan area permainan untuk si kakak, tetapi memungkinkan pula untuk balita. Di sini terdapat lorong-lorong sebagai persembunyian, sehingga dapat mengasah kemampuan motorik kasar.

Ada pula aktivitas memancing ikan dengan tarif Rp30.000*. Bermain pun semakin menyenangkan, karena pengelola menyediakan kolam bola, perosotan, rumah pohon, dan aneka wahana lain.

Berpindah ke Mr. Crick Ekspress, wahana satu ini merupakan kereta lucu berwarna-warni. Anak-anak akan diajak berkeliling dengan dua putaran. Orang tua bisa mendampingi, tetapi biarkanlah mereka mandiri sekaligus mengenal lingkungan sekitar bersama teman baru.

Ada apa di Carlo Carousell? Di sini anak-anak bisa menaiki kuda dan kereta putar. Tampilan cantik khas Venice, Italia, serta aksen lampu membuat wahana ini semakin menarik dan layak dicoba.

Terakhir, ada Wish Garden. Letak wahana ini tidak jauh dari loket atau kasir, hanya sekitar 20 meter. Di sini terdapat trampolin, sehingga anak bisa lebih aktif. Selain itu, ada pula bukit buatan, ayunan, perosotan, dan aneka permainan balok.

Harga tiket masuk di Miniapolis dibedakan ke beberapa kategori. Ada terusan, per wahana, member, dan nonmember. Tarif dimulai dari Rp40.000 sampai Rp220.000*. Kalau tidak punya waktu banyak, tiket per wahana bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebelum ke Miniapolis, sobat tiket perlu menyimak lima tips berikut ini: 1) khusus untuk orang tua, pakailah kaus kaki, karena ini merupakan peraturan dari pengelola, 2) bawalah air minum, 3) bawalah uang secukupnya, karena di sekitar wahana banyak hal-hal menarik, 4) datanglah lebih awal, apalagi kalau membeli tiket terusan, 5) pakailah baju yang nyaman.

2. Taman Menteng

Mencari taman bermain murah meriah? Datang saja ke tempat ini! Diresmikan sejak 28 April 2007 dan memiliki lahan seluas kurang lebih dua hektare, tempat ini pastinya menjamin kamu untuk bergerak bebas sambil menikmati suasana hijau.

Konsep Taman Menteng adalah Eco Friendly Garden, sama seperti Water Boom Lippo Cikarang. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekaligus dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana hiburan.

Fasilitas olahraga di Taman Menteng meliputi lapangan futsal, lapangan basket, dan jalur jogging. Letak lapangan futsal berada di sebelah utara, bersebelahan dengan lapangan basket. Sementara jalur jogging akan dipadati oleh pengunjung dewasa saat sore hari.

Bersantai di Taman Menteng paling asyik dilakukan di Rumah Kaca dan tempat nongkrong yang disediakan. Rumah Kaca yang dulu berfungsi sebagai tempat pembibitan tanaman, kini beralih fungsi menjadi sarana pameran budaya. Menarik sekali, sobat tiket!

Daya tarik lain di Taman Menteng adalah kolam ikan serta air mancur, jaringan internet gratis, dan terdapat spot foto untuk pre-wedding. Selain itu, melihat pemandangan sekitar dari gedung parkir berlantai empat tidak kalah menarik untuk dilakukan.

Berpindah ke area bermain anak, di sini terdapat perosotan, ayunan, dan melakukan outbond sederhana dengan melewati jembatan kayu yang dirangkai dengan tali. Suasana yang segar berkat 30 jenis tanaman dan kebersihan yang terjaga membuat pengunjung semakin betah menghabiskan waktu di sini.

Harga tiket masuk ke Taman Menteng sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp2.000*. Sementara itu, tempat publik ini dibuka mulai pukul 05.00 – 23.00 WIB.

3. Taman Suropati

Bermain di alam terbuka memang menyenangkan, apalagi jika suasana di sekitar terasa sejuk. Masih di daerah Menteng, ada destinasi yang bisa dikunjungi yaitu Taman Suropati. Selain bisa dijadikan tempat bermain, terdapat daya tarik dan aktivitas menarik di sini.

Mengajak anak berkeliling area taman dengan bersepeda adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Selain itu, dapat berinteraksi dengan burung dara dan merpati sambil memberi makan. Ada pula ayam kate dalam kandang. Taman ini cocok bagi orang tua yang mencoba mengenalkan alam pada si kecil.

Berkunjung ke Taman Suropati saat Minggu memberikan keuntungan tersendiri bagi pengunjung. Karena, kamu akan menjumpai komunitas biola bernama Chamber. Mereka akan menghibur pengunjung dari pagi sampai sore. Kegiatan mereka pun akhirnya tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Unsur seni di sini dihadirkan pula melalui pelukis yang menawarkan jasa mereka pada pengunjung.

Bersantai di Taman Suropati semakin asyik dengan adanya empat jalur pijat refleksi kaki dan pedagang makanan di sekitar. Berfoto di depan enam patung yang dibuat oleh warga negara ASEAN pun sayang untuk dilewatkan.

Selain kebersihan yang terjaga, keamanan Taman Suropati pun memadai, karena terdapat penjaga-penjaga yang mendiami rumah dinas.

Tidak dipungut biaya untuk menikmati suasana di Taman Suropati dan kamu bisa berkunjung 24 jam.

4. RPTRA Kampung Benda

RPTA merupakan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak. Dinamakan Kampung Benda, karena dahulu di sini ditumbuhi banyak Pohon Benda. Terletak di gang sempit bawah tol dan rel kereta, tempat ini merupakan solusi tepat mengatasi kekurangan lahan gerak untuk anak-anak.

RPTA Kampung Benda juga bersebelahan dengan sungai, sehingga tempat ini memiliki medan yang sedikit menanjak. Namun, disediakan jalur khusus untuk difabel, sehingga tetap bisa dilalui.

Adapun hal menarik yang bisa dilakukan di sini yaitu melihat sekaligus belajar tanaman obat keluarga, jogging di trek khusus, bermain bulutangkis, melihat pertunjukan di amfiteater, pijat refleksi kaki, dan membaca di perpustakaan.

5. Taman Ismail Marzuki (TIM)

TIM merupakan taman berbentuk bangunan bertingkat sebagai sarana edukasi berupa bidang sejarah, budaya, dan astronomi. Tidak dipungut biaya lho untuk masuk ke sini! Namun, dikenakan tarif untuk fasilitas tertentu. Kamu bisa berkunjung Senin – Jumat mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB (Senin-Kamis) dan 07.30 – 16.30 WIB (Jumat).

Jakarta Pusat Banyak Pilihan Tempat Bermain

Taman bermain mana yang akan sobat tiket kunjungi terlebih dahulu? Bagi kamu yang berasal dari luar kota dan ingin mengunjungi rekomendasi di atas, ada beberapa opsi hotel terbaik di Jakarta Pusat untuk bermalam.

Semakin tidak sabar untuk liburan? Rencanakan semua akomodasinya terlebih dahulu ya untuk mempermudah urusan kamu. Selain tiket hiburan, tiket.com menyediakan berbagai jenis akomodasi lain seperti sewa mobil. Berkeliling Jakarta Pusat semakin mudah, bukan? Selamat bersenang-senang, sobat tiket!

*Harga saat artikel dibuat