Tempat Wisata di Semarang

,

Mencari Tempat Wisata di Semarang? Coba Berkunjung ke Ungaran

Tempat Wisata di Semarang – Kota Semarang terletak di bagian utara dari provinsi Jawa Tengah, sekaligus merupakan ibukota dari provinsi tersebut. Meskipun kota ini lebih ramai untuk kunjungan bisnis daripada wisata, namun nyatanya Semarang memiliki banyak sekali tempat menarik yang bisa kamu kunjungi untuk berekreasi. Di mana saja tempat wisata yang harus dikunjungi saat kamu sedang liburan di Semarang?

Tempat Wisata di Semarang – Ungaran dan Sekitarnya

Pada dasarnya, kota Semarang bisa dibagi menjadi dua bagian yakni Semarang Bawah dan Semarang Atas. Semarang Bawah bisa dibilang adalah pusat semua aktivitas warga Semarang serta rumah dari beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota ini seperti Gereja Blenduk.

Sedangkan Semarang Atas adalah wilayah yang berada di arah utara, dekat dengan Gunung Ungaran. Kali ini tiket.com akan membantumu menjelajahi tempat wisata di Semarang paling populer agar liburanmu bisa semakin berkesan.

1. Simpang Lima

Tempat Wisata di Semarang

Mari kita mulai dengan mengeksplor Semarang Bawah terlebih dahulu. Dimulai dengan jantung kota Semarang yakni Simpang Lima. Tempat wisata di Semarang yang satu ini merupakan sebuah tanah lapang berukuran sangat besar. Simpang Lima lebih ramai oleh wisatawan ketika malam hari karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini.

Di kawasan Simpang Lima kamu bisa makan malam di warung yang tersedia atau sekadar jalan-jalan menikmati suasana malam. Ada banyak warung makan yang bisa kamu pilih di sini dengan pilihan menu yang sangat bervariasi mulai dari pecel hingga nasi ayam yang sangat terkenal.

2. Kota Lama

Tempat Wisata di Semarang

Kota Lama adalah sebuah kawasan yang berada di Kota Semarang sekaligus menjadi salah satu ikon yang tak bisa dipisahkan. Kota Lama bisa menjadi tempat wisata di Semarang yang sangat menarik untuk dikunjungi karena di sini kamu bisa melihat warisan masa pendudukan Belanda.

Tempat ini memiliki potensi pariwisata yang sangat tinggi sehingga kamu bisa menemukan banyak tempat menarik dengan kombinasi antara tempat-tempat modern dengan bangunan bergaya kuno. Di sini terdapat beberapa tempat menarik seperti Dream Museum Zone, taman, kafe, dan restoran keren.

3. Gereja Blenduk

Tempat Wisata di Semarang

Masih di kawasan Kota Lama terdapat sebuah gereja yang menjadi pusat perhatian dari tempat ini. Gereja tersebut terkenal dengan nama Gereja Blenduk. Dibangun pada tahun 1753 dengan konsep bangunan bergaya joglo, gereja ini merupakan gereja tertua yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Satu hal yang paling menonjol dari tempat wisata di Semarang ini adalah bentuk kubahnya yang berukuran besar dan berwarna merah yang unik di mana orang Jawa menyebutnya dengan istilah mblenduk. Bangunan ini masih sangat terawat hingga saat ini dengan desain interior yang sangat indah.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat Wisata di Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang paling populer. Masjid yang sangat besar ini memiliki ukuran luas hingga 10 hektar yang dibangun dengan arsitektur khas Jawa dan warna oranye yang mendominasi.

Selain itu, bangunan masjid ini juga mengadopsi beberapa pengaruh arsitektur luar seperti Romawi dan Arab yang bisa kamu lihat dari bentuk bangunannya. Ditambah lagi di kawasan ini terdapat Menara Al Husna yang memungkinkan kamu untuk bisa melihat Kota Semarang dari ketinggian 9 meter.

5. Lawang Sewu

Siapa yang tak kenal Lawang Sewu? Bangunan yang semakin terkenal dari sebuah acara horor di televisi swasta Indonesia ini merupakan landmark paling ikonik dari Kota Semarang. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa bangunan yang berasal dari abad ke-19 ini sangat angker karena pernah dijadikan sebagai penjara hingga eksekusi mati.

Meskipun demikian, arsitektur Lawang Sewu ini cukup antik dan juga cantik untuk dijadikan sebagai objek foto. Nama Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang artinya harfiahnya adalah “seribu pintu”. Kamu pastinya harus datang ke tempat wisata di Semarang yang satu ini.

6. Umbul Sidomukti

Tempat Wisata di Semarang

Mulai beralih ke daerah Semarang Atas atau Ungaran, ada banyak juga atraksi seru yang bisa kamu kunjungi di sini. Salah satunya adalah Umbul Sidomukti yang terletak di kaki Gunung Ungaran. Sebagai tempat wisata di Semarang Atas yang paling populer, Umbul Sidomukti menghadirkan tantangan outbound yang sangat seru seperti flying fox dan menyeberangi jurang dengan jembatan tali.

7. Candi Gedong Songo

Tempat Wisata di Semarang

Gunung Ungaran juga merupakan tempat wisata di Semarang yang populer serta rumah dari Candi Gedong Songo. Dalam bahasa Jawa, Gedong Songo artinya adalah “sembilan bangunan”. Meskipun demikian, nama tersebut tidak menunjukkan jumlah candi yang ada di sini melainkan memiliki arti khusus lain dalam kebudayaan Jawa.

Candi ini memang di bangun di tanah yang tinggi dan posisi yang menyebar sehingga kamu perlu sedikit mendaki untuk bisa mendatangi semua candi yang ada. Akan tetapi dengan letak tersebut, pastinya kamu akan mendapatkan pengalaman seru sekaligus pemandangan pegunungan yang sangat sepadan dengan usaha kamu untuk naik ke sini.

8. Cimory On the Valley

Tempat Wisata di Semarang
Source: cimory-on-the-valley.business.site

Dengan konsep restoran keluarga yang terletak di perbukitan dan nuansa alami, Cimory on the Valley adalah tempat wisata di Semarang yang cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, teman-teman, atau juga pasangan kamu. Di sini tersedia banyak fasilitas rekreasi yang sangat seru seperti kebun binatang mini, tempat bermain anak-anak, dan lain sebagainya.

Dengan iklim yang sejuk ditambah juga dengan pemandangan alam yang indah, kamu bisa merasa sangat betah untuk berada di sini. Jika musim liburan tiba, tempat ini akan sangat penuh oleh pengunjung.

Ayo Liburan ke Kota Semarang!

Menarik bukan semua tempat wisata di Semarang yang telah disebutkan di atas. Ayo segera jadwalkan liburanmu untuk datang ke Kota Semarang dan kunjungi semua destinasi favorit tersebut. Untuk urusan kuliner, Semarang juga memiliki beberapa menu jagoan yang lezat untuk dicicipi. Urusan tempat menginap, serahkan pada tiket.com yang bisa menyediakan akomodasi hotel dengan harga murah tentunya!