Transportasi Umum di Semarang

,

Keliling Kota Semarang, Ini Jenis Transportasi Umum yang Bisa Kamu Gunakan

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat berlibur ke suatu tempat adalah transportasi umum yang tersedia. Apalagi jika kamu tidak menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian, peran sarana transportasi umum sangat vital. Berjalan kaki saja tentu akan menyita banyak waktu.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa transportasi umum tidak sefleksibel kendaraan pribadi. Kamu harus mengikuti dan menyesuaikan itinerary dengan jadwal transportasi. Kamu juga perlu mengenal  karakteristik tiap jenis transportasi yang beroperasi sehingga lebih mudah untuk memanfaatkannya.

5 Jenis Transportasi Populer di Semarang

Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal, Semarang menawarkan beberapa alternatif sarana transportasi yang jamak digunakan. Memanfaatkan transportasi umum, kamu akan lebih mudah untuk mencapai berbagai objek wisata di kota ini. Apa saja di antaranya? Simak daftarnya berikut ini.

1. Mudahnya Mengakses Berbagai Tempat dengan Trans Semarang 

Trans Semarang adalah transportasi umum di Semarang dengan konsep BRT (Bus Rapid Transit). Seperti Transjakarta dan Trans Jogja, layanan Trans Semarang juga bertujuan untuk mengurai kemacetan yang disebabkan kenaikan jumlah kendaraan pribadi.

Selain itu, keberadaan Trans Semarang juga memudahkan para wisatawan untuk menjangkau berbagai objek wisata di Semarang. Saat ini, bus Trans Semarang melewati sejumlah titik pada rute di 7 koridor utama dan 1 koridor khusus.

Untuk memudahkanmu menggunakan sarana transportasi ini, berikut informasi rutenya:

  • Koridor I dilewati oleh bus Trans Semarang dari Terminal Mangkang ke Terminal Penggaron.
  • Koridor II dilewati oleh bus Trans Semarang dari Terminal Terboyo menuju Terminal Sisemut Ungaran.
  • Koridor III dilewati oleh bus Trans Semarang dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju Elizabeth.
  • Koridor IV dilewati oleh bus Trans Semarang dari Terminal Cangkringan menuju Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Tawang.
  • Koridor V dilewati oleh bus Trans Semarang dari Dinar Mas Meteseh menuju PRPP.
  • Koridor VI dilewati oleh bus Trans Semarang dari Undip Tembalang menuju ke Unnes Sekaran.
  • Koridor VII dilewati oleh bus Trans Semarang dari Genuk menuju Balaikota Semarang.
  • Koridor khusus bandara dilewati oleh bus Trans Semarang dari Bandara Ahmad Yani menuju Simpang Lima.

Transportasi umum yang diluncurkan pada 2 Mei 2009 ini dapat dibayar dengan metode tunai atau nontunai. Dengan nontunai, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan pembayaran digital. Tarif yang berlaku untuk pengguna umum saat ini adalah Rp3.500 per orang. 

Bagi warga Semarang, transportasi yang satu ini cukup populer. Selain karena tarifnya sangat terjangkau, armadanya juga nyaman karena menggunakan AC, jadwal operasional bus pun cukup tepat. Bus Trans Semarang beroperasi tiap hari pada pukul 05.30 – 17.30 WIB.

Seperti jenis transportasi berkonsep BRT lain, penumpang hanya bisa naik atau turun melalui shelter yang sudah disediakan. Penumpang juga bebas berpindah koridor atau bus tanpa perlu membayar lagi.

2. Bus DAMRI, Transportasi Nyaman yang Terjangkau

Alternatif transportasi umum lain di Semarang adalah bus DAMRI. Ini adalah transportasi umum milik BUMN yang menghubungkan sejumlah titik di wilayah Semarang. Berikut informasi rutenya.

  • Bus 1 jurusan Terboyo-Banyumanik melewati Jl. Kaligawe Raya, Jl. Pemuda, Jl. Teuku Umar, dan berakhir di Terminal Sukun.
  • Bus 2 jurusan Terboyo-Mangkang melewati Jl. Kaligawe Raya, Jl. Pemuda, Jl. Tugu Muda, Jl. Jend. Sudirman, dan berakhir di Terminal Mangkang.
  • Bus 3 jurusan Ngaliyan-Pucang Gading melewati Jl. Siliwangi, Jl. Pandanaran, Simpang Lima. Jl. M. T. Haryono dan berakhir di Terminal Penggaron.
  • Bus 4 jurusan Johar-Perumnas melewati Jl. Pemuda, Jl. Teuku Umar, Jl. Setiabudi, dan berakhir di Perumnas Banyumanik.

Menggunakan armada transportasi umum yang satu ini terbilang cukup nyaman. Tarifnya juga terjangkau dan disesuaikan dengan jarak tempuh. Selain menghubungkan beberapa titik dalam kota, bus DAMRI juga mengangkut penumpang ke beberapa kota di sekitar Semarang.

3. Lebih Fleksibel Bepergian dengan Bus Kota

Transportasi Umum di Semarang
Sumber: Shutterstock.com

Kamu juga bisa menggunakan sarana transportasi bus kota konvensional yang masih beroperasi. Ada sejumlah armada yang melayani berbagai rute di Kota Semarang. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • B.01 yaitu jurusan Terboyo-Pemuda-PudakPayung
  • B.02 yaitu jurusan Terboyo-Pemuda-Mangkang
  • B.04 yaitu jurusan Ngaliyan-Pucang Gading
  • B.06 yaitu jurusan Johar-Perum Banyumanik
  • B.09 yaitu jurusan Terboyo-Dr. Cipto-Cangkiran
  • B.10 yaitu jurusan Terboyo-Dr. Cipto-Gunungpati
  • B.12 yaitu jurusan Terboyo-Genuk-Elizabeth

Dengan bus kota, kamu dapat menuju ke sejumlah titik di Kota Semarang. Perbedaan dengan Trans Semarang adalah lebih fleksibel, baik tempat untuk naik maupun turun dari bus. Namun, jadwal kedatangan bus biasanya tidak menentu. Kondisi bus juga seadanya karena merupakan armada lama.

4. Angkot, Angkutan yang Beroperasi Hingga Malam

Jika sarana transportasi lain biasanya berhenti beroperasi pada sore hari, tidak demikian dengan angkot. Angkutan dalam kota ini dapat dijumpai hingga malam hari. Angkot beroperasi sesuai rutenya masing-masing. Kamu dapat naik dan turun di mana saja sepanjang rute yang dilewati.

Kelemahan menggunakan transportasi ini adalah berhenti cukup lama untuk menunggu penumpang di beberapa titik tertentu. Jadi, kamu harus sabar hingga angkot cukup penuh. 

Soal kenyamanan juga relatif. Jika angkot dalam keadaan penuh, penumpang biasanya harus berdesak-desakan. Namun, karena angkot biasanya digunakan untuk menempuh jarak dekat, hal ini bukan masalah besar. 

5. Sewa Mobil Jika Ingin Privasi

Transportasi Umum di Semarang
Sumber: Shutterstock.com

Selanjutnya, kamu pun bisa menyewa mobil untuk bepergian di dalam Kota Semarang. Opsi ini cukup menggiurkan karena tampak lebih nyaman dibandingkan beberapa pilihan lainnya. Hal yang paling utama, kamu bebas mengatur rute yang akan ditempuh. Kamu juga tidak terikat waktu khusus.

Selain fleksibel, kamu pun mendapatkan lebih banyak privasi. Jika bepergian secara rombongan, akan lebih mudah untuk berkomunikasi di dalam mobil. Membawa banyak barang keperluan pribadi pun tidak merepotkan karena ada bagasi pribadi yang bisa dimanfaatkan.

Akan tetapi, kamu tentu perlu menyediakan anggaran yang lebih besar untuk menyewa mobil. Biasanya waktu sewa adalah 12 jam atau 24 jam. Bukan hanya biaya sewa, kamu harus membeli bahan bakar dan membayar supir jika tidak bisa mengendarai mobil sendiri.

Mudahnya Menjelajah dengan Akses Lengkap

Banyak daerah yang sekarang sudah berbenah, termasuk dari segi transportasi dalam kota. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi para pengunjung yang datang untuk berwisata. Untuk menjangkau berbagai tempat wisata kini tidak perlu bingung lagi.

Nah, Semarang adalah salah satu kota yang memiliki sarana transportasi beragam dan cukup lengkap. Karena itu, menjelajah kota ini pun lebih mudah, hemat, dan praktis. Bukan hanya dalam kota, transportasi menuju Semarang, khususnya menggunakan pesawat, pun sangat mudah. 

Untuk itu, kamu bisa langsung cek di tiket.com untuk menemukan tawaran tiket dengan harga terjangkau dari berbagai maskapai. Semoga bermanfaat!