tempat makan hits di Jembatan Ampera
Sumber: Shutterstock.com

,

Jalan-jalan ke Jembatan Ampera, Makan Dulu di 5 Tempat Makan Hits Ini!

Jembatan Ampera memang dikenal sebagai ikon kota Palembang. Sobat tiket belum sah ke Palembang kalau nggak menghabiskan waktu di jembatan sepanjang 1.117 meter ini. Jembatan Ampera ibarat magnet bagi wisatawan yang datang ke Palembang. 

Pada momen-momen spesial, sering digelar berbagai panggung hiburan di sekitarnya. Sobat tiket juga bisa menyusuri deretan objek wisata dekat Jembatan Ampera. Misalnya, Benteng Kuto Besak, Pasar 16 Ilir, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, dan Kampung Kapitan.

Namun, ada satu cara lagi mengagumi kemegahan Jembatan Ampera yang bisa sobat tiket coba. Ya, kamu bisa memandangi jembatan berwarna merah ini sambil makan-makan enak, lho!

5 Tempat Makan Enak di Sekitar Jembatan Ampera

Saat matahari masih tinggi, sobat tiket bisa menyaksikan bagaimana Jembatan Ampera berdiri kokoh dengan puluhan kapal hilir mudik di Sungai Musi. Begitu malam tiba, jembatan yang didirikan tahun 1957 ini langsung bersolek.

Kelap-kelip lampu di sepanjang badan jembatan membuat Jembatan Ampera tampil gemerlap. Banyak orang bilang, wisata ke Palembang lebih komplit kalau sudah menikmati keindahan Jembatan Ampera saat malam hari sambil menyantap lezatnya kuliner khas Palembang.

Kali ini, tiket.com punya rekomendasi 5 tempat makan di sekitar Jembatan Ampera yang wajib dicoba. Penasaran?

1. Sensasi Makan Unik di Rumah Makan Terapung Mbok Sri 

rumah makan di Jembatan Ampera
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket ingin pengalaman makan unik dan berbeda? Coba deh datang ke Rumah Makan Terapung Mbok Sri. Tepatnya di belakang Plaza Pasar 16 Ilir. Di kawasan ini banyak banget kapal yang disulap sebagai warung terapung bersandar menanti pembeli.

Rumah Makan Terapung Mbok Sri berupa kapal berwarna jingga pudar dengan sentuhan warna biru. Menu andalannya pindang, sejenis makanan berkuah mirip sup dengan citarasa segar dan asam.

Pindang ikan patin jadi favorit pengunjung. Namun, tersedia juga pindang lain, seperti pindang ikan gabus dan pindang tulang sapi. Harganya juga terjangkau, sobat tiket. Seporsi pindang ikan lengkap dengan nasi, sambal, dan lalapan bisa kamu beli mulai harga Rp20.000. Pindang tulang sapi komplit harganya Rp30.000.

Sobat tiket bakal merasakan sensasi makan berbeda karena goyangan kapal. Plus, kamu bisa melihat hilir mudik perahu ketek, kemegahan Jembatan Ampera, dan kesibukan di tepi Sungai Musi. Seru kan?

2. Riverside Restaurant, Serasa Makan di Atas Kapal Sambil Berlayar

rumah makan di Jembatan Ampera
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket penasaran nggak gimana rasanya makan di atas kapal 3 lantai? Datang ke Riverside Restaurant aja! Jika di warung terapung suasananya lebih tradisional, hal sebaliknya bisa kamu temui di restoran ini. 

Berdiri sejak 2008, sobat tiket mudah kok menemukan restoran ini. Bangunan berbentuk kapal besar tiga lantai ini terlihat menonjol dan bisa menampung pengunjung hingga 500 orang. Karena pondasi besi bajanya ditancapkan ke dalam sungai, restoran ini tampak terapung di atas sungai.

Datang ke Riverside Restaurant lebih seru bareng keluarga, teman, atau pasangan. Malam hari adalah waktu tepat, karena sobat tiket bisa berfoto dengan latar Jembatan Ampera yang gemerlap. Boleh dibilang, restoran ini salah satu spot foto terbaik di sekitar Jembatan Ampera.

Kuliner khas Palembang seperti pindang ikan patin jadi menu favorit Riverside Restaurant. Sobat tiket boleh cicipi juga sajian seafood yang ada karena rasanya nggak kalah lezat. Udang goreng quackers dan kepiting asam manis cukup populer. Pas disantap bareng nasi hangat dan baby kailan goreng atau cah kangkung. Hmmm…enaknya!

3. Seafood Mewah ala Kampung Kapitan Seafood Restaurant

Sobat tiket mau mengagumi Jembatan Ampera dari Seberang Ulu? Kamu bisa naik kapal khusus yang bersandar di dermaga dekat Riverside Restaurant. Kapal itu akan berlayar selama 10 menit dan membawa kamu tiba di Kampung Kapitan Seafood Restaurant.

Setibanya di Kampung Kapitan, sobat tiket akan disambut ramah oleh pelayan. Kamu boleh memilih kursi di bagian teras atau bagian dalam restoran. Lebih keren duduk di teras sih, karena dari sini pemandangan Jembatan Ampera terlihat jelas. 

Menu andalan restoran ini tentu saja aneka hidangan seafood yang lezat. Harga makanan di Kampung Kapitan Seafood Restaurant tergolong premium, rata-rata berkisar antara Rp40.000 hingga Rp90.000. Kalau sobat tiket pesan ikan, harga yang dikenakan sesuai berat ikan, bukan per porsi. 

Meski demikian, harganya berbanding lurus dengan cita rasa mewah yang ditawarkan. Jangan lupa, sobat tiket berada di spot terdekat dengan Jembatan Ampera. Boleh dikata, pemandangan inilah yang jadi nilai plus Kampung Kapitan Seafood Restaurant. 

4. Lezatnya Pempek di Warung Terapung Cek Merry

Ketika sobat tiket sedang bersantai menanti senja di Plaza Benteng Kuto Besak, coba mampir ke Warung Terapung Cek Merry. Kapal apung ini mempunyai kabin terbuka. Maka, kamu bisa lebih jelas memandangi kesibukan lalu lintas Sungai Musi.

Satu kapal apung bisa muat hingga 20 orang pengunjung. Sensasi goyangan kapal saat ada kapal lain melintas memang lumayan bikin deg-degan sih awalnya. Lama-lama kamu bakal terbiasa, apalagi kalau sudah menyantap pempek lezat yang dihidangkan.

Ya, Warung Terapung Cek Merry  menawarkan kuliner ikonik Palembang, pempek. Kamu bisa memesan pempek apa saja yang disukai. Mulai dari pempek kapal selam, lenjer, kulit, adaan, lenggang, hingga model dan tekwan. 

Soal harga, dijamin ramah di kantong, sobat tiket! Harga pempek mulai Rp2.000 hingga Rp10.000 saja. Kamu juga bisa cicipi camilan lain seperti ketan sarikayo, martabak, dan risoles. Duh, kebayang kan enaknya ngobrol-ngobrol seru dengan teman atau keluarga sambil ngemil pempek di atas warung terapung?

5. Santai Sore di Dermaga Point

Sobat tiket, tempat makan di Jembatan Ampera ini cukup terkenal di kalangan milenial Palembang. Berada sekitar 100 meter di sisi barat ujung utara Jembatan Ampera, kamu bisa melihat langsung tiga landmark kota Palembang: Jembatan Ampera, Sungai Musi, dan Jembatan LRT.

Uniknya lagi, Dermaga Point mengusung konsep ruang terbuka yang menjorok di atas sungai. Teras lebar ini jelas jadi spot favorit pengunjung untuk berfoto dengan latar dua jembatan sekaligus. Buat kamu yang ingin makan di ruangan tertutup juga ada kok!

Supaya sobat tiket bisa melihat pemandangan spektakuler Jembatan Ampera, datang ke Dermaga Point saat malam hari ya! Semakin malam biasanya semakin ramai. Banyak pengunjung yang datang untuk nongkrong bareng teman, atau sekadar foto-foto.

Di Dermaga Point kamu bisa memesan makanan dan minuman dari berbagai gerai makanan dan minuman. Menu khas Palembang, Padang, hingga internasional tersedia di sini. Tinggal pesan saja mana yang paling cocok dengan selera kamu. 

Pesan Tiket Pesawat ke Palembang di tiket.com Aja!

Nah, sekarang sobat tiket sudah tahu kan mana aja tempat makan di Jembatan Ampera yang wajib dicoba. Langsung aja pesan tiket pesawat ke Palembang lewat tiket.com. Lalu, cek lagi daftar tempat wisata kuliner di Palembang yang bakal bikin perut kamu kenyang seharian! Siap wisata kuliner sekarang?