Tempat Kulineran ala Street Food di Penang, Wajib Dicoba!
sumber: shutterstock.com

,

Tempat Kuliner ala Street Food di Penang, Wajib Banget untuk Dicoba!

Kuliner di Penang? Ya wajib banget dong kalau kamu lagi berlibur ke kota satu ini! Lupakan diet karena ada aneka penganan lezat yang membuat perut merasa senang, sayang sekali untuk dilewatkan. Berikut adalah rekomendasi tempat kulineran di Penang yang wajib kamu coba!

Lima Tempat Kuliner Terjangkau di Penang

Street food atau lebih dikenal dengan makanan pedagang kaki lima bisa kalian temukan dengan mudah di Penang. Harganya pun cukup terjangkau dan sudah pastinya enak! Biasanya kawasan kuliner ini sangat ramai di malam hari.

Ayo intip sama-sama kuliner Penang yang sudah tiket.com siapkan listnya untuk kamu, karena dijamin kamu pasti menikmati banget makanan-makanan lezat ini!

1. Kulineran di Gurney Drive, Makan Malam Sambil Menikmati Sunset

Tempat Kulineran ala Street Food di Penang, Wajib Dicoba!
Sumber: Shutterstock.com

Gurney Drive ini sangat hits sebagai tempat makan di malam hari. Letaknya di kawasan pinggiran laut di bagian utara George Town, Penang. Sobat tiket bisa dengan mudah menemukan berbagai pedagang kaki lima, bar, hingga restoran di area ini.

Saking banyaknya pilihan makanan, kadang-kadang wisatawan malah bingung hendak mencicipi makanan apa. Nah, buat kalian yang baru pertama kali mengunjungi Gurney Drive, kamu harus mencoba beberapa makanan berikut:

Lok-lok, semacam sup bening yang berisi daging dan seafood, serta sayuran. Kamu bisa pilih lok-lok manis dengan kecap, lok-lok dengan saus kacang, atau bahkan lok-lok pedas. Makanan ini cocok sebagai menu pembuka bagi wisata kuliner di sepanjang Gurney Drive.

Pasembur, adalah makanan khas Malaysia yang memiliki perpaduan budaya dengan India. Sobat tiket nantinya diminta memilih sendiri jenis makanan untuk masing-masing pasembur. Tersedia daging, seafood, sayuran, dan tahu sebagai pilihan.

Harga pasembur ini bervariasi tergantung dari banyaknya jumlah makanan yang kamu ambil. Setelah itu, makanan yang kalian pilih akan dipotong-potong dan kemudian disiram dengan saus kacang yang rasanya manis pedas.

Ada juga pedagang muslim di Gurney Drive, lho. Biasanya warung makan muslim dilengkapi tulisan hijau berwarna hijau dalam bahasa Arab yang berarti halal. Jadi untuk kamu yang beragama Islam nggak perlu khawatir cari makan halal di sini.

Bagaimana menuju Gurney Drive? Tenang, semua supir angkutan umum di sana tahu lokasi kuliner ini. Adapun transportasi paling murah untuk mencapainya adalah menggunakan bus. Silakan naik bus nomor 103 dari Komtar Centre ke Gurney Plaza.

Kamu hanya perlu berjalan ke belakang mall untuk mencapai pusat jajanan ini. Sobat tiket silahkan berjalan melewati pusat perbelanjaan, kemudian belok kiri dan ikuti jalan saja. Selanjutnya kamu akan segera bisa melihat jajaran penjual makanan di Gurney Drive.

2. Macalister Street, Tempat Makan dari Siang Sampai Malam

Jalan Macalister terletak di George Town, Penang. Jalan ini membentang dari Magazine Circus di sebelah Komtar hingga ke sisi bagian barat kota. Nama jalan ini diberikan sebagai penghormatan kepada Kolonel Norman Macalister, salah satu Gubernur Penang di awal abad ke 19.

Berbagai restoran, kafe, dan warung kaki lima banyak berjajar di jalan ini. Kamu bisa menikmati makan di restoran saat siang hari, dan beralih menikmati kuliner kaki lima saat malam hari. Beberapa makanan yang menjadi ikon pusat kuliner ini adalah Nasi Kandar Pelita dan Char Koay Tiaow,. 

3. Chinatown Penang, Surganya Penggemar Mie

Tempat Kulineran ala Street Food di Penang, Wajib Dicoba!
Sumber: Shutterstock.com

Area Chinatown terletak di George Town, Penang. Tempat kulineran yang termasuk di area Chinatown adalah Chulia Street yang merupakan jalan utama di Chinatown. Sama dengan Gurney Drive, area kuliner di Pecinan ini juga mulai hidup di malam hari.

Biasanya para pedagang mulai berjualan di jam 6 sore. Penganan khas yang dijual di area Chinatown adalah mie, pangsit, serta sate. Belum ke Chulia Street kalau belum merasakan curry mee, kway teow, dan char kway teow. Penasaran kan seperti apa sih makanannya?

Curry mee adalah mie dengan tekstur tipis yang disajikan dengan kuah kari yang kental. Hidangan ini juga dilengkapi dengan daging, ayam, dan udang. Sobat tiket yang menyukai selera pedas bisa menambahkan sambal ke hidangan istimewa ini.

Kway teow adalah mie yang disajikan dengan kuah kaldu dan dilengkapi dengan sayuran, seafood, serta daging. Tips memilih kway teow yang enak adalah, datangi gerobak pedagang yang terlihat sibuk melayani pelanggan karena sudah pasti enak!

Char kway teow hampir mirip dengan sup kway teow, namun penyajiannya dengan cara digoreng. Wisatawan asing biasanya lebih memilih char kway teow alias kwetiauw goreng daripada yang berkuah.

Kalau kamu memutuskan menginap di Jalan Chulia, maka cara tercepat untuk sampai ke sini adalah dengan berjalan kaki. Kamu hanya perlu keluar dari pintu hotel untuk menikmati kuliner lezat ini, biasanya dipenuhi pedagang saat sore hari.

4. Sri Weld Food Court, Tempat Paling Pas untuk Sarapan dan Makan Siang

Terletak di Lebuh Pantai No. 21, George Town, Sri Weld Food Court adalah salah satu pusat kuliner terbaik di Penang. Bedanya dengan makanan kaki lima yang lain adalah di sini buka sejak pagi hari. Jadi, sobat tiket bisa sarapan maupun makan siang di tempat ini.

Sri Weld Food Court buka sejak pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Sobat tiket harus pilih mejanya terlebih dahulu, baru memesan makanan kemudian. Setelah makanan diantar ke meja, baru kamu membayar makanannya.

Makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi food court ini adalah nasi lemak Ali yang dibungkus daun pisang. Harga per porsinya cukup murah, kurang lebih 1.8 RM. Selain nasi lemak, Laksa juga menjadi makanan favorit di food court ini. Harganya kurang lebih 4.5 RM per porsi.

Kalau sobat tiket belum kenyang, bisa juga cobain nasi kandar. Nasi ala India ini disuguhkan dengan kari di atas nasinya. Harga per porsinya sedikit lebih mahal dari makanan tradisional Malaysia lainnya, yaitu 8 RM.

5. Red Garden Food Paradise, Makan Malam Sambil Menikmati Alunan Musik

Tempat Kulineran ala Street Food di Penang, Wajib Dicoba!
Sumber: Shutterstock.com

Red Garden Food Paradise ini terletak di George Town, tepatnya di Lebuh Leith atau Jalan Leith no 20, Penang. Tempat makan ini juga mulai buka di sore hari, kurang lebih mulai pukul 5.30 sore.

Sobat tiket bisa menemukan berbagai jenis makanan di sini. Mulai dari seafood bakar, makanan Jepang, aneka mie seperti Hokkien mee, makanan Thailand, hingga makanan India.

Selain pedagang makanan kaki lima, terdapat juga panggung kecil yang disediakan bagi pagelaran live music setiap malamnya. Kalau beruntung, kamu juga bisa menikmati pertunjukkan akrobat mini, sulap, hingga tari-tarian. Makan malam jadi semarak di Red Garden Food Paradise.

Ayo Liburan ke Penang dan Menikmati Lezatnya Makanan Tradisional Malaysia

Berkunjung ke sini tidak lengkap tanpa mencoba berbagai kuliner Penang. Harganya yang terjangkau dipastikan tidak akan membuat kantong kamu jebol. Nah, supaya liburan ke Penang makin hemat, segera booking tiket pesawatnya!

Perut yang kenyang pastinya membuat perjalanan wisata kamu semakin menyenangkan. Tambah kuat dong ya pastinya jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata budaya Malaysia. Selamat liburan, sobat tiket!