,

5 Lokasi Street Food di Jepang Buat Kamu yang Suka Jajan

Setiap negara itu unik. Kamu pasti setuju, kan? Seperti misalnya Jepang, nih, yang sudah pasti akrab banget keunikannya di telinga. Jepang punya bunga sakura, kuil-kuil yang megah, dan tentu saja, kuliner yang enak. Katanya, street food di Jepang juga nggak kalah enaknya, lho! Mau bukti?

Jajan Camilan Murah di Street Food Jepang

Kamu pasti juga setuju kalau biaya hidup di Jepang itu nggak main-main mahalnya. Nggak heran kalau pendapatan masyarakat di sana juga tinggi. Namun, percaya deh, setingginya gaji, kalau biaya hidup juga mahal, ya tetap saja pas-pasan, kan?

Meski begitu, bukan berarti kamu nggak bisa menjajal kuliner-kuliner enak kalau berkunjung ke Negeri Matahari Terbit ini. Ada kok, tempat kamu bisa membeli makanan ringan dengan harga yang pas banget di kantong. Mau tahu mana saja? Nih, street food di Jepang yang bisa banget buat tempat jajan hemat:

1. Ameyoko Market, Belanja Murah Meriah

Tujuan pertama ada di Tokyo, yaitu di Pasar Ameyoko. Pasar ini katanya salah satu yang paling terkenal di Tokyo. Sobat tiket tahu nggak, kalau Ameyoko sendiri adalah sebuah singkatan dari Ameya Yokocho?

Lorong toko permen, itu arti dari Ameya Yokocho. Sudah pasti, segala macam permen Jepang yang unik bisa kamu temukan di sini. Ada juga yang bilang kalau Ame dari Ameyoko itu adalah Amerika. Kok bisa?

Dulu, banyak banget produk Amerika yang dijual di sini. Kala itu, tempat ini adalah salah satu situs pasar gelap di Jepang pada masa setelah Perang Dunia II. Entah mana yang benar, kamu bisa tanyakan sendiri sama penjual di sana.

Sekarang, Ameyoko Market disulap menjadi kawasan street food di Jepang yang menjual berbagai produk. Mulai dari pakaian, tas, kosmetik, makanan kering, sampai rempah-rempah Jepang ada di Ameyoko.

Lokasi: Sepanjang jalur Yamanote Line antara Stasiun Okachimachi dan Ueno

Cara ke Sana: Menggunakan kereta di JR Yamanote Line dan JR Keihin-Tohoku Line. Bisa juga dengan berjalan kaki dari Stasiun Ueno-Okachimachi di sepanjang Jalur Subway Edo

Jam Buka: Bergantung pada masing-masing toko, tetapi biasanya buka sekitar pukul 10.00 dan tutup pada pukul 22.00 waktu setempat. Kebanyakan toko libur di hari Rabu.

2. Street Food Jepang Super Enak di Asakusa Market

Sumber: Shutterstock.com

Distrik Asakusa sepertinya nggak pernah lepas dari pusat makanan enak dan murah di Jepang. Salah satu distrik yang ada di Tokyo ini memiliki atmosfer Tokyo tempo dulu yang begitu kental. Nakamise menjadi jalanan yang lengkap banget sama penjual camilan lokal, tradisional, dan aneka cendera mata.

Nah, karena pasar Asakusa itu luas banget, kamu pasti bingung harus mulai eksplor makanan enaknya dari mana dulu, ya, kan? Ngapain sih, bingung? Kalau kamu ingin mencoba gelato Jepang, Suzukien Nanaya Gelato bisa kamu datangi. Kalau ingin makan kue melon yang enak banget, coba ke Asakusa Kagetsudo.

Sementara itu, Umezono adalah tempat paling pas kalau kamu ingin makanan manis. Es kakigori yang terkenal banget itu juga ada di sini, lho! Bahkan, tempura yang renyah dan unagi juga bisa kamu beli di Pasar Asakusa.

Lokasi: Distrik Asakusa, Tokyo, Jepang

Cara ke Sana: Dari Stasiun Tokyo, naik JR Yamanote Line ke Stasiun Kanda lalu pindah ke Jalur Subway Ginza ke Asakusa. Dari Stasiun Shinjuku, naik JR Chuo Line oranye ke Stasiun Kanda, lalu pindah ke Jalur Subway Ginza ke Asakusa

Jam Buka: Bervariasi pada masing-masing toko.

3. Menikmati Aneka Makanan Segar di Ginza Tsukiji Street

Sumber: Shutterstock.com

Pasar luar Tsukiji memiliki banyak restoran di sepanjang jalur gang yang sempit. Lokasi street food di Jepang ini pas banget buat sobat tiket yang ingin menjajal enaknya makanan hasil laut dan beragam olahannya.

Kunjungan ke pasar ini paling baik dikombinasikan dengan makan sushi segar di pagi hari atau menyantap menu makan siang di salah satu restoran. Jangan heran, ya, restoran di kawasan ini buka dari pukul 05.00 pagi, tapi sudah tutup di siang atau menjelang sore hari.

Selain menikmati makanan hasil laut Jepang yang terkenal banget kesegarannya, kamu juga bisa menemukan beragam barang-barang pendukung di sini. Pisau, talenan, dan barang lain untuk membuat olahan makanan segar pasti ada. Harganya juga nggak mahal, kok!

Lokasi: Distrik Ginza, Jepang

Cara ke Sana: Dari Stasiun Tokyo, naik Marunouchi Subway Line dari Tokyo ke Ginza. Lalu, pindah ke Hibiya Subway Line ke Stasiun Tsukiji. Dari Stasiun Shinjuku, naik Oedo Subway Line ke Stasiun Tsukiji Shijo.

Jam Buka: Bervariasi bergantung masing-masing toko. Untuk sarapan, restoran buka pukul 05.00 sampai siang atau sore hari. Untuk makan siang, restoran buka menjelang makan siang hingga malam.

4. Hasil Laut yang Tidak Kalah Enak, Kuromon Market

Pasar Kuromon yang ada di Osaka ini setidaknya memiliki 150 toko yang mayoritas menjual makanan hasil laut dan daging. Namun, kamu juga bisa menemukan manisan tradisional, pakaian dengan harga murah, dan peralatan rumah tangga di sini.

Salah satu keunikan pasar ini adalah porsinya. Beberapa toko akan memberikan porsi lebih banyak untuk dibawa pulang, dan porsi yang lebih kecil untuk dimakan di tempat. Bahkan, ada juga restoran yang menyediakan lapak buat kamu yang ingin makan di sambil berdiri.

Soal makanan, kamu nggak perlu khawatir. Meski menjual hasil laut segar, ada juga kok makanan yang sudah siap santap. Rekomendasinya nih, ada kaki kepiting, tiram, yakitori, landak laut, sushi, unagi, takoyaki, hingga buah musiman.

Perhatikan ya, sobat tiket yang ingin makan di tempat. Jangan sampai kamu menghalangi lalu lintas orang lain yang lewat. Pasar ini ramai banget, jadi hargai sesama pengunjung. Jangan lupa, buang sampah di tempatnya. Kalau kamu tidak sopan, mereka tidak akan senang, lho!

Lokasi: 2 Chome-4-1 Nipponbashi, Chuo Ward, Osaka, Jepang

Cara ke Sana: Berjalan kaki dari Stasiun Nipponbashi di jalur Kereta Bawah Tanah Sennichimae dan Sakaisuji. Bisa juga berjalan kaki dari Stasiun Namba

Jam Buka: Bervariasi, biasanya mulai pukul 08.00 sampai 18.00 waktu setempat.

5. Pasar yang Sangat Sibuk, Nishiki Market

Lokasi street food Jepang yang terkenal berikutnya adalah Pasar Nishiki. Pasar yang lebih dikenal dengan nama Kyoto’s Kitchen ini sangat terkenal dengan makanannya, mulai dari hasil laut, hasil bumi, sampai beragam peralatan rumah tangga.

Pasar Nishiki memiliki suasana yang sangat menyenangkan, tetapi begitu sibuk. Toko-tokonya ada lebih dari 100, ada yang kecil dan sempit sampai luas. Sebagian besar menjual jenis makanan tertentu, dan hampir semuanya diproduksi dan dibeli secara lokal.

Beberapa toko bebas memberikan sampel atau menjual hidangan untuk disantap saat itu juga. Beberapa sisanya menjual makanan siap saji. Namun, jangan makan sambil jalan, ya, katanya nggak sopan.

Lokasi: Nishiki Market Shopping District

Cara ke Sana: Berjalan kaki dari Stasiun Shijo di Jalur Kereta Bawah Tanah Karasuma atau Stasiun Karasuma atau Kawaramachi di Jalur Hankyu.

Jam Buka: Beragam pada masing-masing toko, biasanya mulai pukul 09.00 sampai 18.00 waktu setempat.

Kuliner Jepang untuk Oleh-Oleh

Sudah puas menjajal makanan enak di street food Jepang? Belum? Kalau belum, masih ada nih, kuliner khas Jepang yang pas banget buat dibawa sebagai oleh-oleh untuk dinikmati di tanah asal.

Bagaimana, sudah nggak sabar buat segera terbang ke Jepang? Tunggu dulu, cek dulu deh tiket pesawat dan hotelnya. Coba pakai aplikasi tiket.com, kamu akan temukan beragam penawaran menarik buat perjalanan ke luar negeri.