,

5 Restoran Terbaik di Nagoya Buat yang Doyan Makan

Memiliki lebih dari dua juta penduduk, Nagoya adalah kota terpadat nomor empat di Jepang. Tidak ketingalan, kota ini juga menjadi sentra metropolitan dan industri. Nggak heran ya kalau banyak banget restoran terbaik di Nagoya yang menyuguhkan makanan khas dengan rasa yang pastinya otentik banget.

Restoran Terbaik di Nagoya Buat Kamu yang Demen Makan

Nagoya berperan sebagai ibu kota dari Prefektur Aichi sekaligus kota utama di dataran Nobi. Pun, kota ini menjadi salah satu dari tiga dataran besar Honshu dan berkembang sebagai kota kastil Owari.

Owari sendiri adalah salah satu dari tiga cabang keluarga Tokugawa yang berkuasa selama zaman Edo. Sebagian besar kota berikut bangunan bersejarahnya hancur pada perang tahun 1945. Namun, kini Nagoya telah sangat berkembang, terbukti dengan banyaknya tempat makan super enak, berikut beberapa di antaranya:

1. Makan Tonkatsu di Misokatsu Yabaton-Yabacho Restaurant

Yabaton-Yabacho Restaurant adalah restoran terbaik di Nagoya kalau kamu ingin mencicipi kuliner tonkatsu. Kuliner dengan bahan dari potongan daging babi yang digoreng dan dihidangkan dengan nasi dan irisan kubis ini memang bisa kamu dapatkan di seantero Jepang.

Namun, beda rasanya kalau kamu makan di Restoran Yabaton-Yabacho. Kalau biasanya tonkatsu dihidangkan saus khusus, di Nagoya, sausnya diganti dengan saus miso. Rasanya sedikit manis, tetapi sangat cocok dengan potongan daging goreng ini.

Restoran Yabaton-Yabacho sendiri sudah beroperasi sejak lebih dari 70 tahun silam, lho! Sudah pasti turun temurun, ya kan? Kunci enaknya miso katsu di restoran ini ada pada saus misonya, yang katanya dari kacang kedelai yang sudah difermentasi selama 18 bulan. Wow!

Lokasi: Restoran Yabaton-Yabacho, 3-6-18 Osu, Naka-ku, Nagoya, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 11.00 sampai 21.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Berjalan kaki selama 5 menit dari Stasiun Kamimaezu Jalur Subway Tsurumai atau dari Stasiun Yaba-cho Jalur Subway Meijo.

2. Menjajal Misonikomi di Yamamotoya Ookute

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket tahu nggak sih, masyarakat Nagoya itu suka banget sama miso? Nggak heran dong kalau di kota ini kamu akan mudah banget menemukan makanan miso. Tadi ada tonkatsu dengan miso atau misokatsu, sekarang ada misonikomi.

Misonikomi adalah mi yang disiram dengan kuah miso. Nah, miso yang dijadikan kuah ini menggunakan pasta miso merah atau haccho-miso. Miso ini unik, karena dibuat dari bahan dasar kacang tetapi tidak diberi tambahan gandum koji.

Nggak kalah uniknya dari makanan misonikomi adalah cara penyajiannya. Setelah direbus sampai matang, hidangan diletakkan pada wadah panci kecil dan dinikmati panas-panas. Enak banget, ya!

Kalau kamu pensaran banget dan ingin mencobanya, ada satu restoran yang katanya terkenal banget sama menu ini. Namanya Yamamotoya Ookute. Restoran ini menawarkan pilihan mi dan kuah miso dengan beragam topping. Katanya, restoran Yamamotoya ini sudah ada sejak tahun 1925, lho!

Lokasi: 5-9-2 Okute, Chikusa-ku, Nagoya-shi, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 11.00 sampai 22.00 waktu setempat. Kalau hari Senin libur nasional, restoran ini tutup sampai hari Selasa

Cara ke Sana: Berjalan kaki selama 3 menit dari Pintu Keluar 1 Stasiun Fukiage di Jalur Subway Sakuradori.

3. Oyakodon Paling Juara di Tetsuemon

Sumber: Shutterstock.com

Kalau diartikan, Oyakodon itu berarti “semangkuk nasi untuk orangtua dan anak”. Di Jepang, ini mencerminkan adanya telur dan ayam pada satu hidangan. Kuliner khas Nagoya ini memang sangat sederhana dan begitu digemari oleh masyarakat lokal.

Bukan tanpa alasan, di balik kesederhanaan hidangan ini, ada kelezatan rasa yang tidak ada duanya. Oyakodon ini sebenarnya hidangan berupa paha ayam yang empuk banget yang disajikan dengan siraman kecap manis. Lalu, ditambahkan telur di atas semangkuk hidangan nasi Jepang. Hmm, sudah kebayang kan enaknya?

Nah, menu lengkap oyakodon khas Nagoya ini bisa kamu nikmati bersama keluarga dan buah hati tercinta di Tetsuemon. Katanya, Tetsuemon adalah salah satu restoran terbaik di Nagoya yang menyajikan oyakodon. Kuy, cobain!

Lokasi: Nagoya Umaimon Street, 1-1-4 Meieki, Nakamura-ku, Nagoya, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 11.00 sampai 23.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Berjalan kaki selama sekitar 1 menit dari Stasiun JR Nagoya.

4. Sekai no Yama-chan, Tempat Makan Ayam Goreng Tebasaki Favorit

Berikutnya, adalah Restoran Sekai no Yama-chan yang menawarkan menu tebasaki. Kalau belum tahu, tebasaki itu sejenis sayap ayam yang digoreng dengan bumbu pedas ala Jepang.biasanya, hidangan satu ini dijadikan teman minum bir atau sake.

Di Jepang sendiri, sayap ayam itu nggak dimasukkan dalam masakan, lho, sobat tiket. Katanya, bagian ayam ini memiliki daging lebih sedikit daripada yang lainnya. Namun, di Nagoya, ada cara ajaib untum membuat sayap ayam jadi hidangan paling enak.

Tebasaki diolah dengan cara digoreng sebanyak dua kali. Tentu saja agar sayap ayam menjadi lebih renyah ketika disantap. Saking enaknya kuliner satu ini, di Nagoya, kamu juga bisa menemukan es krim dengan varian rasa tebasaki, lho! Bagaimana rasanya, ya?

Lokasi: 4-24-24 Meieki, Nakamura-ku, Nagoya, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 00.15 waktu setempat pada hari kerja. Pukul 17.00 sampai 11.15 untuk hari Minggu dan hari libur nasional

Cara ke Sana: Cukup berjalan kaki selama sekitar 7 menit dari Stasiun Meitatu Nagoya

5. Restoran Miya Kishimen, Mencoba Makanan Khas Zaman Edo

Restoran terbaik di Nagoya yang direkomendasikan buat kamu adalah Restoran Miya Kishimen. Menu yang ditawarkan di restoran ini yaitu kishimen, mi dengan tekstur yang tipis dan menjadi olahan khas sejak zaman Edo.

Hidangan kishimen dibuat dengan kuah yang telah diberi bumbu saus kacang kedelai dan sake manis. Di bagian topping-nya, rekomendasinya adalah bayam, tahu dan kacang goreng, atau siomay ikan.

Sebelum disajikan, hidangan ini akan ditaburi dengan ikan bonito kering. Katanya, supaya rasanya lebih nikmat. Pasti sudah terbayang ya, bagaimana sensasi mencicipi makanan tradisional Jepang yang sudah ada sejak ratusan tahun silam ini?

Restoran Miya Kishimen ini letaknya tidak jauh dari kolam Minamishinike yang berada di dataran Atsuta Jingu Shrine. Pemandangannya cantik banget, jadi kamu akan semakin betah bersantap di tempat ini.

Lokasi: Atsuta Jingu Shrine, 1-1-1 Jingu, Atsuta-ku, Nagoya, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Cukup berjalan kaki selama 5 menit dari Stasiun Jingumae di Jalur Meitetsu. Bisa juga berjalan kaki selama 8 menit dari Stasiun JR Atusta.

Makanan Khas Jepang yang Menggoyang Lidah

Bagaimana, sudah puas mencoba kuliner paling mantap di Nagoya? Kalau perut masih muat, kamu bisa nyobain kuliner khas Jepang lainnya. Kalau sudah kulineran, siapa sih yang tahan godaan? Ya kan?

Urusan tiket pesawat dan menginap selama di Jepang, sobat tiket nggak perlu khawatir deh! Ada tiket.com, tempat beli tiket dan sewa akomodasi yang siap sedia kapan saja. Klik, pesan, bayar, dan waktunya liburan!